10 Aplikasi Cek Porsi Haji Online : Cari Nomor Haji Lewat HP

Aplikasi Cek Porsi Haji Online

Mahirtransaksi.com – Sekarang kamu bisa melihat porsi keberangkatan Haji serta mencari nomor porsi haji hanya menggunakan aplikasi Android / iOS. Berikut rekomendasi aplikasi cek porsi haji online yang dapat kamu coba !

Saat pandemi seperti ini, hadirnya aplikasi cek porsi haji menjadi salah satu keuntungan untuk kamu yang akan menjalankan ibadah haji. Karena, kamu tidak perlu lagi untuk datang ke badan yang mengurusi haji untuk mengetahui segala informasi.

Namun sebelum cek porsi haji lewat aplikasi, pastikan kamu sudah melakukan pendaftaran haji agar masuk dalam kuota keberangkatan haji sesuai jadwal yang ditentukan.

Cara Daftar Haji Online

Kalau dulu mendaftar haji harus datang langsung ke kantor Kementerian Agama, kali ini kamu dapat melakukan pendaftaran haji secara online.

Berikut langkah – langkah daftar haji secara online :

1. Buka Tabungan Haji

Memiliki tabungan haji menjadi salah satu syarat penting untuk kamu penuhi. Kamu dapat membuka rekening tabungan haji pada bank yang telah ditunjuk pemerintah, yaitu BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji).

Seperti bank pada umumnya, kamu membutuhkan dokumen dan data pribadi ketika akan membuat rekening haji. Kamu juga harus menyiapkan uang sebagai setoran awal untuk pembuatan tabungan haji.

2. Lengkapi Surat Pernyataan Daftar Haji

Setelah kamu memiliki rekening tabungan haji, kamu akan diminta untuk melengkapi surat pernyataan yang kemudian akan kamu tanda tangani.

Surat pernyataan tersebut adalah surat resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Adanya surat pernyataan ini juga menjadi syarat wajib untuk calon jemaah. Karena dengan surat tersebut, berarti kamu telah memenuhi persyaratan pendaftaran haji.

3. Lakukan Pendaftaran Online

Kamu sudah memiliki rekening haji, dan sudah menandatangani surat pernyataan, langkah selanjutnya tentu saja kamu bisa melakukan pendaftaran. Kamu dan keluarga dapat mendaftarkan diri secara online.

Pendaftaran haji secara online adalah mekanisme pendaftaran yang baru diresmikan di tahun 2021. Kamu dapat mengaksesnya melalui Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) milik Kementerian Agama.

4. Lakukan Setoran Pada Kementerian Agama

Jika kamu telah selesai melakukan pendaftaran, kamu dapat melakukan uang setoran awal yang ada di tabungan haji milikmu, kepada Kementerian Agama. Setoran tersebut menjadi syarat daftar haji yang harus kamu penuhi agar mendapat nomor antrean keberangkatan.

Pihak BPS BPIH akan memberikan kamu nomor rekening untuk tujuan setoran. Setelah kamu berhasil melakukan setoran, kamu dapat menyimpan bukti setoran sebagai tanda bukti keberangkatan haji nantinya.

5. Datangi Kantor Perwakilan Kementerian Agama

Kamu dapat mendatangi kantor perwakilan Kementerian Agama sesuai dengan domisilimu. Pihak kantor perwakilan Kementerian Agama nantinya akan memvalidasi seluruh data kamu dan anggota keluarganya yang akan menunaikan ibadah haji.

Kamu dapat menyiapkan dan membawa dokumen untuk syarat daftar haji, yaitu:

  • Fotokopi rekening tabungan haji 2 lembar.
  • Fotokopi KTP 5 lembar.
  • Fotokopi akte atau buku nikah, atau akte lahir, atau ijazah 2 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar.
  • Fotokopi surat kesehatan, yang mencantumkan tinggi badan, berat badan, serta golongan darah 2 lembar.
  • Foto ukuran 3×4 17 lembar, 4×6 3 lembar dengan latar belakang putih.
  • Lembar validasi dari bank asli 4 lembar.
  • Surat pernyataan dari bank bermaterai 1 lembar.
  • Surat kuasa dari bank bermaterai 1 lembar.
  • Map untuk menyimpan berkas 2 buah.
  • Slip setoran awal bank 1 lembar.

Setelah kamu melakukan seluruh tahapan tersebut, kamu akan melakukan validasi keberangkatan haji di Kantor Kementerian Agama. Kamu akan mengisi formulir pendaftaran haji yang berupa Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH).

Kamu dapat mengisi SPPH secara teliti, kemudian formulir beserta berkas dokumen kebutuhan dapat kamu serahkan ke petugas yang berada di kantor.

Saat proses tersebut selesai dan sudah lengkap, kamu akan diminta untuk mengambil foto diri serta perekaman sidik jari untuk kelengkapan SPPH.

Pemeriksaan dokumen SPPH membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena untuk mencegah terjadinya kesalahan yang dapat merugikan kamu. Setelah petugas selesai memeriksa, kamu akan diminta tanda tangan di atas SPPH.

Kemudian kamu akan menerima lembar bukti dan nomor porsi pendaftaran keberangkatan haji yang telah ditandatangani dan distempel petugas kantor Kementerian Agama.

Selain itu kamu juga menerima salinan bukti setoran awal, dan petugas akan menyampaikan estimasi keberangkatan mu.

Cara Cek Porsi Haji Lewat Situs Kemenag

Setelah mendaftar haji secara online, calon Jemaah haji harus menyetorkan sejumlah uang sebanyak Rp 25 juta ke Bank Penerima Setoran (BPS).

Jemaah haji akan diberi nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit. Nomor porsi haji tersebut tertera pada bukti setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH dari Bank.

Untuk mengecek porsi haji secara online, silahkan buka website resmi kemenag berikut https://haji.kemenag.go.id/v4/v3/ lewat PC, laptop maupun smartphone.

Setelah itu, cek porsi haji milikmu dengan cara :

  • Pilih menu basis data.
  • Kemudian pilih estimasi keberangkatan.
  • Masukan 10 digit nomor porsi di kolom pencarian.
  • Klik cari.
  • Tunggu proses loading lalu akan muncul jadwal keberangkatan atau porsi haji.

Aplikasi Cek Porsi Haji Online

Kamu dapat mengetahui segala informasi terkait porsi haji secara lengkap melalui aplikasi. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan ini tersedia di Playstore maupun Appstore dan dapat kamu unduh secara gratis.

Berikut ini beberapa aplikasi cek porsi haji online :

1. Haji Pintar

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Aplikasi Haji Pintar

Kamu dapat mencari aplikasi Haji Pintar dengan icon gambar berbentuk ka’bah di Playstore untuk cek porsi haji online serta jadwal keberangkatan dan nomor haji secara lengkap.

Setelah kamu mengunduh, kamu dapat melakukan login menggunakan paspor maupun KTP untuk mendapatkan informasi mengenai keberangkatan haji.

Kamu dapat mencari menu estimasi keberangkatan, kemudian pada bagian kolom pencarian masukkan nomor porsi. Kamu dapat menunggu hingga informasi yang kamu cari akan muncul.

Setelah itu, kamu akan mengetahui informasi data diri untuk keberangkatan haji. Seperti nama, nama ayah, provinsi, kabupaten, dan tahun keberangkatan.

2. Cek Keberangkatan Haji

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Cek Keberangkatan Haji

Aplikasi selanjutnya dapat kamu unduh melalui smartphonemu. Kamu dapat login terlebih dahulu, kemudian aplikasi akan mengarahkanmu untuk cek porsi haji.

Kamu dapat memasukkan nomor porsi haji untuk menemukan segala informasi yang kamu butuhkan.

Selain informasi tentang porsi haji, kamu juga dapat mengecek informasi lainnya seperti list kantor Kemenag RI, nomor porsi yang tersimpan, bantuan penggunaan, dan lain sebagainya.

3. Cek Porsi Haji

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Aplikasi Cek Porsi Haji

Aplikasi cek porsi haji ini dapat kamu temukan melalui Playstore. Aplikasi ini dikembangkan oleh Albania Studio.

Seperti aplikasi sebelumnya, setelah mengunduh kamu dapat login dan registrasi menggunakan data diri yang valid.

Kamu akan mendapatkan berbagai fitur dalam aplikasi ini, seperti cek porsi haji, cek visa umroh, info seputar haji dan umroh, dan lain sebagainya.

4. Cek Porsi Keberangkatan Haji Indonesia

Aplikasi Cek Porsi Haji Online
Cek Porsi Keberangkatan Haji Indonesia

Aplikasi ini berguna untuk membantu jamaah mengecek berapa jumlah porsi keberangkatan haji. Kamu dapat membaca segala informasi terkait ibadah haji melalui aplikasi cek porsi keberangkatan Haji Indonesia.

Terdapat menu cek porsi Haji Indonesia, serta urutan berhaji. Jadi kamu tidak perlu lagi merasa bingung untuk mendapatkan info seputar haji, deh!

Ibadah haji termasuk ke dalam salah satu Rukun Islam, dan dapat kamu lakukan jika mampu. Bagi kamu calon jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji dalam waktu dekat, kamu dapat mengetahui jadwal keberangkatan berdasarkan nomor porsi haji.

Baca Juga : 8 Aplikasi Cek Uang Palsu Atau Asli Di Android / iOS

Kementerian Agama menentukan jumlah kuota keberangkatan jemaah haji tiap tahunnya. Jika kamu sudah mendaftar namun kuota telah penuh, ada kemungkinan kamu akan didaftarkan untuk keberangkatan pada tahun selanjutnya.

Nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran yang kamu dapatkan ketika membayar setoran awal di bank untuk pembiayaan naik haji. Nomor ini dapat kamu gunakan untuk mengetahui kapan estimasi waktu keberangkatan kamu nantinya.

Cara Mendapatkan Nomor Porsi Haji

Sebelum kamu mendapatkan nomor porsi, tentu kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Lalu apa saja syarat untuk daftar haji?

Syarat Daftar Haji :

  • Beragama Islam.
  • Usia minimal 12 tahun ketika mendaftar.
  • Memiliki kartu keluarga.
  • Memiliki akte kelahiran atau surat kenal lahir, akte nikah, atau ijazah.
  • Jika usia di atas 17 tahun, telah memiliki KTP dengan domisili yang sesuai dan masih berlaku, atau bukti identitas lainnya yang sah.
  • Memiliki tabungan atas nama jemaah yang terdaftar.
  • Pas foto berwarna 3×4 cm berjumlah 10 lembar, dengan latar belakang warna putih, dengan ketentuan :
    • Warna baju atau kerudung harus kontras dengan latar belakang.
    • Tidak menggunakan pakaian dinas.
    • Tidak menggunakan kacamata.
    • Tampak wajah minimal 80 persen, dan
    • Bagi jemaah haji wanita menggunakan busana muslimah.

Jika kamu telah memenuhi ketujuh persyaratan di atas, kamu dapat menuju langkah pendaftaran selanjutnya. Langkah selanjutnya yang harus kamu penuhi yaitu dengan mengikuti prosedur daftar haji.

Baca Juga : 7 Aplikasi Cek Sudah Vaksin Atau Belum Secara Online

Setelah rangkaian prosedur tersebut, kamu dapat memeriksa nomor dengan aplikasi cek porsi haji.

Semoga tulisan kami dapat membantumu ya.

4.8/5 - (17 votes)
x