11 Aplikasi Top Up Saldo E-Toll Tanpa NFC : Cek / Isi Saldo Kartu Toll

Aplikasi Top Up Saldo E-Toll

Mahirtransaksi.comAplikasi Top Up Saldo E-Toll memiliki banyak manfaat selain untuk transaksi di jalan toll kamu juga bisa cek saldo E-Toll lewat HP tanpa menggunakan fitur NFC.

Bagi kamu yang sengan menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil tentunya harus mempersiapkan kartu E-Toll atau elektronik tolll.

Kartu ini berfungsi sebagai media pembayaran ketika memasukan jalan toll. Pembayaran jalan toll saat ini telah dilakukan secara cashless menggunakan kartu yaitu kartu E-Toll.

Jenis – Jenis Kartu E-Toll

Untuk meminimalisir antrian di gerbang jalan toll, maka pembayaran tidak lagi dilakukan menggunakan uang tunai. Saat ini kamu hanya membutuhkan aplikasi bayar e toll untuk mengisi kartu e-money.

E-money atau electronic money adalah uang elektronik berbentuk kartu yang digunakan untuk transaksi pembayaran.

Berikut jenis – jenis e-money untuk pembayaran toll :

1. e-Toll Card

e-toll card merupakan e-money yang dikeluarkan oleh Jasa Marga dan bekerja sama dengan Bank Mandiri. Sesuai namanya, kartu ini dapat kamu gunakan untuk pembayaran jalan toll.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu ini untuk berbelanja di berbagai tempat yang terhubung dengan Mandiri e-money, contohnya seperti Indomaret.

Untuk menggunakannya di jalan toll, kamu cukup tap kartu ke mesin reader gerbang toll.

2. BCA Flazz

Selain Bank Mandiri, terdapat beberapa bank lainnya yang mengeluarkan produk kartu e-money, salah satunya yaitu Bank BCA. Kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk berbelanja, lho.

Seperti berbelanja di beberapa gerai ritel, makan di restoran tertentu, atau transaksi transportasi umum, dan tentu saja untuk top up saldo e toll.

Selain top up melalui aplikasi, kamu juga bisa mengisi saldo melalui Indomaret, ataupun ATM BCA.

3. BRI Brizzi

Bank selanjutnya yang mengeluarkan produk e-money adalah Bank BRI. Kegunaannya sama seperti kartu e-money pada umumnya, kamu juga dapat mengisi saldo melalui ATM BRI.

Namun, pada kartu BRI Brizzi ini kamu memiliki batasan maksimal pengisian saldo, yaitu satu juta rupiah.

4. BNI TapCash

Bank BNI juga tidak mau kalah mengeluarkan produk e-money nya. Selain untuk top up saldo toll, kamu juga bisa menggunakan kartu ini untuk berbelanja.

Contohnya, kamu dapat berbelanja di Indomaret, ALfamart, dan gerai ritel lainnya. Kamu juga mengisi saldo di ATM BNI, tentunya.

5. Indomaret Card

Selain bekerja sama dengan Jasa Marga, Bank Mandiri juga bekerja sama dengan Indomaret untuk mengeluarkan kartu e-money. Kamu bisa mendapatkan kartu ini di Indomaret tentunya.

Selain untuk berbelanja di Indomaret, kamu juga bisa mengisi saldo untuk top up saldo toll.

Fungsi Kartu Elektronik E-Toll

Kamu sudah mengetahui jenis kartu e-money dan berbagai manfaatnya. Kali ini, kamu akan mengetahui kegunaan serta manfaat kartu uang elektronik secara lebih luas.

Berikut manfaat serta fungsi kartu elektronik E-toll :

  • Proses top up saldo yang lebih cepat dan praktis – jadi kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat bertransaksi, karena cukup dengan tap kartu kamu sudah bisa melakukan transaksi, deh.
  • Tidak perlu antri lama dan panjang – karena kamu tidak perlu menggunakan uang tunai lagi. Jadi kamu tidak perlu menunggu uang kembalian, atau menyediakan uang pas saat melewati gerbang toll
  • Tidak perlu membawa uang tunai berlebihan – karena saat ini hampir setiap tempat yang menjual produk atau jasa menyediakan top up saldo dengan transaksi non tunai.

Aplikasi Top Up E-Toll Tanpa NFC

Kartu e toll atau e-money membuat kamu tidak perlu repot menyiapkan uang tunai saat akan melewati jalan toll.

Kamu cukup menempelkan kartu pada tempat yang telah disediakan, kemudian pintu toll akan otomatis terbuka.

Namun kamu harus cukup rutin memperhatikan saldo pada kartu e-money, jika tidak memiliki saldo yang cukup tentu saja kamu tidak dapat menggunakan jalan toll.

Berikut rekomendasi aplikasi top up saldo E-Toll

1. Tokopedia Top Up E-Toll

Aplikasi Top Up Saldo E-Toll
Aplikasi Tokopedia

Tokopedia sebagai salah satu marketplace terkemuka menyediakan fitur untuk kamu mengisi e toll melalui smartphone.

Caranya mudah, ketika kamu membuka aplikasi Tokopedia, kamu dapat memilih menu tagihan pada awal halaman.

Kemudian kamu dapat memilih e-money, dan masukkan nomor e toll atau e-money kamu.

Pilih nominal top up yang akan kamu isi, lalu klik bayar. Tersedia berbagai metode top up saldo, kamu dapat memilih mana yang kamu inginkan.

Setelah kamu memilih metode top up saldo yang akan digunakan, jangan lupa untuk melakukan top up saldo. Selesai! E toll kamu sudah terisi, dan kamu siap untuk melanjutkan perjalanan, deh!

2. Shopee – Isi Saldo E-Toll Tanpa Admin

Aplikasi Top Up Saldo E-Toll
Aplikasi Shopee

Selain Tokopedia, Shopee juga merupakan marketplace yang bisa kamu gunakan untuk pengisian saldo kartu e toll. Setelah kamu memiliki akun di aplikasi ini, kamu bisa memilih fitur “Pulsa, Tagihan & Hiburan” yang berada di halaman awal, kemudian pilih “Uang Elektronik”.

Untuk pengisian kartu e toll, kamu harus menuliskan 16 digit nomor kartumu. Lalu pilih nominal top up dan metode top up saldo yang kamu inginkan.

3. Electronic Money Card Balance

Aplikasi Top Up Saldo E-Toll
Aplikasi Electronic Money Card Balance

Aplikasi Electronic Money Card Balance ini dapat kamu gunakan untuk mengecek saldo e toll, namun tidak dapat digunakan untuk mengisi saldo.

Meskipun kamu tidak dapat mengisi saldo, namun aplikasi ini mendukung pengecekan saldo e toll dari berbagai kartu.

Adanya aplikasi ini membuat kamu tidak perlu merasa khawatir lagi terkait sisa saldo. Jadi kamu bisa dengan aman keluar masuk jalan toll, deh!

4. Sakuku BCA – Isi Saldo E-Toll Online

Aplikasi Top Up Saldo E-Toll
Aplikasi Sakuku BCA

Sakuku adalah aplikasi e-wallet atau dompet elektronik yang dikeluarkan oleh Bank BCA.

Meskipun bukan berbentuk kartu, namun aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk melakukan berbagai transaksi digital maupun perbankan, tanpa harus membawa uang tunai.

Jadi jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu dapat berbelanja, melakukan pengisian pulsa, dan berbagai transaksi perbankan lainnya.

Fitur utama dari e-money ini memungkinkan kamu memiliki limit maksimum hingga 2 juta rupiah, serta untuk Sakuku Plus mencapai 10 juta rupiah.

Untuk minimum top up, kamu bisa mengisi 10 ribu rupiah, lho. Masa berlaku e-money ini juga tidak terbatas, enak kan?

5. LinkAja – Cek / Isi Saldo E-Toll

Aplikasi Top Up Saldo E-Toll
Aplikasi LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi uang elektronik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai transaksi non tunai secara mudah dan praktis.

Sebelumnya, LinkAja adalah layanan dompet digital T-Cash, namun sejak tahun 2019 namanya telah berubah.

Melalui aplikasi ini, kamu akan mendapat fitur untuk mengisi saldo dengan maksimum 2 juta rupiah untuk akun basic. Sedangkan jika akun full dapat mencapai 10 juta rupiah dengan masa berlaku yang tidak terbatas.

Baca Juga : √ 9 Aplikasi Pembayaran Online Gratis : Listrik, Air, BPJS Atau TV Berlangganan

Menggunakan aplikasi LinkAja dapat membantu kamu untuk melakukan transaksi top up saldo toll juga tentunya.

Kamu dapat mengakses aplikasi ini dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Hanya beberapa merk dan jenis HP tertentu saja yang memiliki fitur NFC.

Penggunaannya sama seperti bluetooth, atau infrared, kamu dapat menempel kartu e-money kamu di HP. Nantinya secara otomatis, kamu dapat mengetahui saldo dari kartu e-money.

Rekomendasi Aplikasi Cek Saldo E-Toll

Selain mengisi saldo E-Toll, kamu juga mengecek jumlah saldo di kartu e toll sebelum menggunakannya.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan saldo cukup agar tidak terkedala saat sampai di gerbang toll. Karena mengisi saldo e toll di gerbang toll tentu akan sangat merepotkan.

Baca Juga : 9 Aplikasi Beli Pulsa Bayar Nanti : Pinjam Pulsa Bayar Bulan Depan

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk cek saldo e toll secara online :

  • eSaldo Info
  • SaldoKu
  • e-Chis
  • BNI TapCash Go
  • BRI Mobile
  • BCA Mobile
  • Livin’ by Mandiri
  • Cards – Mobile Wallet

Setelah kamu mengetahui aplikasi untuk mengecek dan mengisi saldo e toll, saat ini kami akan menjelaskan terkait jenis e toll yang bisa kamu gunakan.

Karena selain untuk melewati jalan toll, kamu bisa menggunakan kartu ini untuk berbagai transaksi lainnya lho.

Ternyata banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi top up saldo e toll secara online hanya melalui ponsel yang kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat !

4.9/5 - (14 votes)
x