Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13+ Cara Membuat Bukti Transfer Palsu Di Android Dan Contohnya

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu

Mahirtransaksi.com – Cara membuat bukti transfer palsu di Android / iPhone bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi. Tetapi ingat, jangan gunakan cara ini untuk melakukan tindakan penipuan ya.

Akhir – akhir ini marak terjadi penipuan yang menggunakan bukti transfer palsu. Bukti transfer asli biasanya dikeluarkan oleh pihak Bank atau aplikasi pembayaran secara resmi.

Misalnya saja bukti transfer BCA palsu yang ditandai dengan ciri – ciri seperti tulisan tercetak tebal atau miring, tulisan pada struk ATM tidak terletak di tengah, besar kerta tidak pas dengan banyaknya tulisan serta pada rekening pengirim tidak tertulis lengkap dan jelas.

Namun terkadang pastinya sebagai manusia kita ingin bersenang-senang bersama keluarga atau teman atau istilah kerennya adalah prank.

Salah satu prank yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirimkan bukti transfer palsu kepada mereka.

Cara ini juga bisa kamu jadikan metode pembelajaran kepada teman – teman-mu agar tidak mudah tertipu dengan bukti transfer palsu yang sebenarnya sangat mudah dibuat.

Apa Itu Bukti Transfer Palsu?

Bukti transfer palsu adalah sebuah bukti transfer yang dibuat atau dimanipulasi oleh seseorang dengan tujuan menipu penerima atau pihak yang menerima bukti transfer tersebut.

Struk palsu dapat dibuat dengan cara mengedit screenshot dari layar perbankan online, mengedit email konfirmasi transfer atau bahkan mencetak dokumen palsu yang meniru tampilan surat resmi dari bank.

Dalam banyak kasus, bukti transfer palsu digunakan dalam upaya penipuan online, seperti penipuan penjualan online. Oleh sebab itu, penting untuk selalu berhati-hati dan memeriksa keasliann bukti transfer sebelum melakukan transaksi keuangan.

Perbedaan Bukti Transfer Palsu Dan Asli

Secara kasat mata, sangat sulit membedakan bukti tf yang asli dan palsu. Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui ciri – ciri bukti transfer yang asli dan ciri – ciri bukti tf yang palsu. 

Misalnya ciri – ciri bukti transfer palsu BRI, seperti :

  • Kualitas dokumen rendah atau mencurigakan.
  • Identitas pengirim yang diragukan atau palsu.
  • Detil transaksi yang tidak konsisten atau salah.
  • Tanda tangan palsu atau tidak valid.
  • Rekening tujuan yang tidak valid atau palsu.
  • Informasi transaksi yang tidak sesuai dengan catatan yang sah.
  • Tidak memiliki keaslian atau validitas yang terverifikasi.
  • Mungkin melibatkan tindakan hukum dan investigasi.
  • Relevansi waktu yang tidak sesuai dengan transaksi yang benar.
  • Dibuat oleh pihak yang tidak sah atau tidak terpercaya.

Berikut tabel perbedaan bukti transfer palsu dan asli yang perlu kamu tahu :

Faktor Penentu Bukti Transfer Palsu Bukti Transfer Asli
Definisi Dokumen palsu yang dibuat dengan tujuan menipu Dokumen resmi yang menunjukkan transaksi keuangan
Keaslian Tidak memiliki keaslian dan validitas Memiliki keaslian dan validitas yang terverifikasi
Sumber Dibuat secara palsu oleh pihak yang tidak sah Dikeluarkan oleh lembaga keuangan yang terpercaya
Identitas Pengirim Identitas pengirim dapat diragukan atau palsu Identitas pengirim tercatat dan terverifikasi
Informasi Transaksi Detil transaksi mungkin tidak konsisten atau salah Detil transaksi sesuai dengan catatan yang sah
Tanda Tangan Tanda tangan mungkin palsu atau tidak valid Tanda tangan yang sah dan terkait dengan pengirim
Rekening Tujuan Rekening tujuan mungkin tidak valid atau palsu Rekening tujuan terdaftar dan terkait dengan penerima
Kualitas Dokumen Kualitas dokumen biasanya rendah atau mencurigakan Kualitas dokumen biasanya tinggi dan profesional
Relevansi Waktu Mungkin tidak sesuai dengan waktu atau periode Sesuai dengan waktu dan periode transaksi yang benar
Reaksi Pihak Terkait Mungkin melibatkan tindakan hukum dan investigasi Diterima dan diakui oleh pihak terkait secara sah

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu

Jika kamu belum tahu, sebenarnya kamu dapat mengedit bukti transfer fisik maupun digital hanya menggunakan ponsel milikmu. Sebenarnya hal dibenarkan jika digunakan untuk edukasi terkait maraknya penipuan saat ini.

Jika kamu ingin membuat bukti transfer palsu hanya untuk menggoda teman atau kerabat, maka tentunya itu menjadi hal yang wajar.

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu
Contoh Bukti Transfer BRI Mobile Banking

Sebenarnya bukti transfer sendiri memiliki fungsi sebagai :

  • Bukti transfer bank sebagai bukti sahnya suatu transaksi.
  • Menjadi dokumen tanda bukti atas suatu pembayaran yang dilakukan.
  • Sebagai alat perekam pertama untuk setiap transaksi yang berlangsung dan dapat di pertanggung jawabkan secara akuntansi.

Perlu kamu tahu juga bahwa untuk mengedit bukti transfer membutuhkan beberapa aplikasi yang memiliki fitur edit teks seperti WPS Office. Sebab, kamu akan mengganti semua teks yang ada di dalam bukti transfer asli tersebut.

Nama Aplikasi WPS Office
Fungsi Edit Bukti Transfer Palsu
Hasil Dokumen JPG, PNG, PDF dan Word
Link Situs Web Klik Disini 

Secara sederhana, berikut cara membuat bukti transfer palsu :

1. Cari Contoh Bukti Transfer Asli

Pertama kamu harus memiliki bukti transfer asli baik berupa bukti fisik (struk) atau bukti transfer digital yang biasa di dapatkan dari e-banking atau aplikasi pembayaran.

Selanjutnya foto bukti transfer asli yang berbentuk fisik agar dapat di edit menggunakan aplikasi editing foto agar terlihat seperti baru.

2. Buka Aplikasi WPS Office

Kemudian install aplikasi editing foto di Android atau iPhone untuk mengedit bukti transfer. Misalnya saja aplikasi WPS Office yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah teks pada struk transfer.

WPS Office adalah aplikasi mirip Microsoft Office yang juga bisa digunakan untuk mengedit teks atau mengelola dokumen.

Salah satu fitur menonjol dari WPS Office adalah kemampuannya untuk membuka dan menyimpan dokumen dalam berbagai format, termasuk format yang kompatibel dengan Microsoft Office, seperti DOC, XLS dan PPT.

3. Upload Struk Transfer Ke WPS Office

WPS Office menyediakan kemampuan untuk mengunggah atau menyisipkan gambar termasuk struk pembayaran ke dalam dokumen.

Untuk mengunggah struk pembayaran, buka dokumen yang ingin kamu tambahkan struk tersebut kemudian pilih opsi Sisipkan di menu aplikasi.

Setelah struk pembayaran berhasil diunggah, kamu dapat menyesuaikan tulisan, ukuran dan posisinya di dalam dokumen sesuai kebutuhan.

4. Lakukan Pengeditan Teks Pada Dokumen Bukti Transfer

Untuk melakukan pengeditan, pilih opsi atau alat pengeditan teks yang tersedia di aplikasi, kemudian klik atau geser kursor ke bagian teks yang ingin diedit.

Pilih fitur erase / hapus kemudian hapus bagian nominal dan tanggal pada bukti transfer. Selanjutnya pilih fitur edit teks lalu tulis kembali nominal serta tanggal baru yang kamu inginkan.

Setelah itu, kamu dapat melakukan perubahan teks seperti menambah, menghapus, atau memformat teks sesuai kebutuhan atau mengubah atau menyesuaikan informasi pada bukti pembayaran.

5. Simpan Bukti Pembayaran Yang Sudah Di Edit

Setelah melakukan pengeditan pada bukti pembayaran atau dokumen lainnya di WPS Office kamu dapat menyimpan perubahan yang telah dilakukan dengan mudah.

Pilih opsi Simpan atau Simpan Sebagai di menu aplikasi lalu tentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan seperti penyimpanan lokal perangkat atau penyimpanan cloud.

Kamu juga dapat memilih format file yang diinginkan seperti DOC, PDF atau format lainnya sesuai dengan keinginan kamu.

6. Cek Kembali Bukti Transfer

Untuk memastikan integritas dan keakuratan bukti transfer yang telah diedit di WPS Office, kamu dapat melakukan pengecekan ulang sebelum menyimpannya.

Gunakan opsi tampilan pratinjau di aplikasi untuk melihat hasil pengeditan sebelum menyimpan perubahan tersebut secara definitif.

Periksa kembali setiap detail yang telah diedit seperti data pembayaran, jumlah, tanggal dan informasi penting lainnya untuk memastikan bahwa bukti pembayaran sudah sesuai dengan kebutuhan dan standar yang diinginkan.

Aplikasi Bukti Transfer Palsu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi buat bukti transfer palsu dapat kamu lakukan melalui aplikasi edit sederhana.

Selagi aplikasi tersebut masih memiliki fitur edit teks, maka kamu bisa menggunakannya untuk membuat bukti transfer palsu.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat bukti transfer palsu :

PixelLab – Buat Resi Palsu

Pertama ada aplikasi yang bernama PixelLab. Ini merupakan aplikasi editing di Android yang bisa kamu gunakan untuk membuat bukti transfer palsu secara mudah.

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu
Aplikasi Pixellab

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengubah latar belakang foto yang bisa kamu gunakan. Beberapa fitur yang ditawarkan PixelLab selain sebagai aplikasi buat bukti transfer palsu antara lain :

  • 3D Text dengan lebih dari 100 pilihan font.
  • Efek emboss.
  • Menambahkan stiker.
  • Edit background.

PixelLab sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google PlayStore dengan rating mencapai 4+.

Nama Aplikasi PixelLab – Text on pictures
Developer App Holdings
Rating Aplikasi 4.3 / 5 (474 ribu ulasan)
Link Download Klik Disini

PicsArt – Edit Font Bukti Transfer

PicsArt merupakan salah satu aplikasi bukti transfer palsu BRI yang dapat membuat struk palsu dengan menggunakan fitur edit teks pada struk transfer Bank. Kamu bisa menggunakan fitur edit tulisan yang ada di dalam PicsArt.

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu
Aplikasi Picsart

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mereka menyediakan berbagai macam gaya tulisan. Jadi, kamu bisa menggunakan huruf semirip mungkin dengan yang ada di foto bukti transfer tersebut.

Caranya juga cukup mudah, yaitu sebagai berikut :

  • Pilihlah foto bukti transfer yang ada di ponsel, bisa milikmu sendiri atau mencari di Google. Agar lebih mudah, cari yang backgroundnya berwarna putih.
  • Jika sudah, maka buka PicsArt.
  • Kemudian klik edit dan pilih foto bukti transfer yang sudah kamu dapatkan.
  • Setelah itu tutup tulisan yang ingin kamu ganti dengan kus putih.
  • Selanjutnya kamu hanya perlu menggantinya dengan nama dan nominal sesuai keinginan.
Nama Aplikasi Picsart AI Photo Editor, Video
Developer PicsArt, Inc.
Rating Aplikasi 4.1 / 5 (11,6 juta ulasan)
Link Download Klik Disini

Add Text On Photo – Tambahkan Teks Bukti TF

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki tipografi yang sangat menarik. Terdapat berbagai jenis tulisan di dalam Add Text on Photo, sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai aplikasi buat bukti transfer palsu.

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu
Add Text On Photo

Fitur menarik hadir di dalam Add Text on Photo ini adalah pilihan lebih dari 800 jenis font yang bisa kamu pilih untuk membuat bukti transfer Mandiri online palsu secara gratis.

Aplikasi ini juga tergolong memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak akan memenuhi memori hp.

Add Text on Photo sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapat rating 4.8 di Google PlayStore. Jadi, segera unduh dan buat bukti transfer palsu milikmu dengan Add Text on Photo.

Nama Aplikasi Add Text: Text on Photo Editor
Developer Gabo Apps
Rating Aplikasi 4.7/ 5 (132 ribu ulasan)
Link Download Klik Disini

Texty – Edit Bukti TF Palsu

Selanjutnya ada aplikasi bernama Texty. Kalau aplikasi ini memang hadir untuk menyunting teks yang ada di dalam foto.

Cara bikin bukti transfer m Banking BCA palsu dengan menggunakan aplikasi Texty sangat mudah dengan memanfaatkan fitur kustomisasi pada teks struk pembayaran transfer palsu sehingga terlihat seperti asli.

Cara Membuat Bukti Transfer Palsu
Aplikasi Texty

Kelebihan dari aplikasi Texty adalah :

  • Tersedia lebih dari 500 font berbeda yang bisa kamu gunakan secara gratis.
  • Tersedia secara gratis di PlayStore.
  • Dapat melakukan kustomisasi pada teks yang dibuat untuk disesuaikan dengan foto bukti transfer, mulai dari warna, mengubah opacity, dan lainnya.
  • Foto yang ingin kamu tambahkan teks dapat disunting dengan sedemikian rupa.
Nama Aplikasi Texty – Text on Photo
Developer Petales
Rating Aplikasi 4.7/ 5 (192 ribu ulasan)
Link Download Klik Disini

Font Studio – Bikin Resi Palsu

Font Studio merupakan aplikasi buat bukti transfer BRI palsu yang bisa kau gunakan secara gratis dengan beragam pilihan font sehingga struk transfer palsu Bank BRI nampak seperti asli.

Ada lebih dari 100 jenis pilihan huruf yang tersedia di dalam Font Studio untuk kamu kreasikan.

Tidak hanya itu, kamu bisa membuat bukti transfer palsu semakin sempurna dengan mengatur saturasi, kontras, efek blur, dan lain sebagainya.

Nama Aplikasi Font Studio – Photos In Text
Developer ClickLab Technology
Rating Aplikasi 4.1 / 5 (1,52 ribu ulasan)
Link Download Klik Disini

APK Edit Bukti Transfer

Selain membuat bukti transfer dari awal hingga final, kamu juga bisa mengedit bukti transfer yang sudah ada tanpa perlu membuatnya dari awal. Tentunya cara ini akan lebih mudah dan praktis karena tidak semua bagian harus dibuat.

Berikut beberapa rekomendasi APK edit bukti transfer yang dapat kamu gunakan :

Adobe Lightroom Mobile

Adobe Lightroom Mobile adalah aplikasi editing foto yang kuat dan populer di ponsel. Kamu bisa mengedit bukti transfer serta menambahkan atau menghapus bagian yang tidak diperlukan.

Berikut cara menggunakannnya :

  • Unduh dan instal aplikasi Adobe Lightroom Mobile dari Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi dan buat akun Adobe jika belum memiliki.
  • Impor bukti transfer yang ingin diedit dari galeri ponsel ke dalam aplikasi.
  • Gunakan berbagai alat dan fitur yang tersedia, seperti penyesuaian exposure, kontras, warna dan lainnya untuk mengedit foto.
  • Simpan hasil editan di galeri ponsel atau membagikannya ke media sosial.

VSCO

VSCO adalah aplikasi editing foto dan pengeditan video yang populer dengan berbagai filter dan alat pengeditan yang kreatif. Berikut cara menggunakannya :

  • Unduh dan instal aplikasi VSCO dari Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi lalu Impor bukti transfer yang ingin diedit.
  • Terapkan filter yang diinginkan dan gunakan alat pengeditan untuk memodifikasi pengaturan seperti kecerahan, kontras atau tools untuk menghubah huruf atau teks.
  • Terakhir, simpan hasil editan bukti tf palsu di galeri ponsel kamu.

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi editing foto yang dikembangkan oleh Google dengan berbagai alat pengeditan yang canggih. nBerikut cara menggunakannya :

  • Unduh dan instal aplikasi Snapseed.
  • Pilih foto bukti transfer palsu yang ingin diedit dari galeri ponsel kamu.
  • Gunakan alat dan fitur yang tersedia, seperti tuning otomatis, pengaturan exposure, penyesuaian warna dan lainnya untuk mengedit foto.
  • Gunakan kontrol swipe pada layar untuk menyesuaikan parameter editan dengan presisi.
  • Simpan hasil editan atau kirim hasil editan ke temanmu.

APK Buat Bukti Transfer Palsu M-Banking

Selain bukti transfer berupa resi maupun struk ATM, kamu juga bisa mengedit bukti transfer dari M-Banking. Fyi, terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan khusus untuk mengedit font sehingga font yang nantinya kamu buat tampak mirip dengan font asli.

Oleh sebab itu, simak beberapa rekomendasi aplikasi buat bukti transfer palsu M-Banking yang bisa kamu coba berikut ini :

Font Lab

Font Lab adalah aplikasi editor font untuk edit bukti transfer M-Banking palsu yang terintegrasi untuk Mac dan Windows yang membantu pengguna membuat font dari awal hingga akhir.

Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat dan mengedit font OpenType, font variabel, font berwarna dan font web untuk sistem penulisan Unicode apa pun yang terdapat di bukti transfer M-Banking.

Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan jarak, kerning, dan hinting serta mengonversi antara format font agar penulisan pada bukti transfer mirip dengan versi aslinya.

PicLab

PicLab adalah aplikasi editor foto bukti transfer palsu M-Banking yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan tipografi, filter dan efek foto pada foto bukti transfer.

Beberapa fitur PicLab antara lain :

  • Menambahkan teks pada foto dengan berbagai macam pilihan font, warna, dan latar belakang yang berbeda.
  • Filter dan efek foto untuk mempercantik tampilan gambar.
  • Koleksi yang terus tumbuh dari bentuk dan FX cahaya.
  • Menambahkan stiker dan emoji pada foto.
  • Memutar gambar dengan efek yang menarik.

Selain itu, PicLab juga memiliki versi Pro yang menawarkan fitur tambahan seperti lebih banyak font, filter, dan efek pada bukti transfer M-Banking serta bisa digunakan tanpa iklan.

Font Rush

Font Rush adalah aplikasi untuk menambahkan teks pada gambar atau foto bukti transfer palsu M-Banking dengan berbagai macam pilihan font dan latar belakang yang indah.

Berikut beberapa fitur Font Rush, antara lain :

  • Menambahkan teks pada gambar dengan lebih dari 200 pilihan font.
  • Menambahkan teks pada lebih dari 250 gambar latar belakang yang indah.
  • Tersedia fitur penambahan teks pada foto.
  • Mengatur ukuran, warna dan posisi teks.
  • Tersedia efek pada teks seperti bayangan dan gradien.

Meskipun Font Rush tidak sepopuler aplikasi lain seperti PicLab, aplikasi ini tetap menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang mencari aplikasi untuk menambahkan teks pada gambar dengan pilihan font yang beragam.

Contoh Bukti Transfer Palsu 

Bukti transfer palsu dapat kamu temukan hampir di semua jenis transaksi keuangan online baik pembelian, penjualan atau pembayaran yang menggunakan struk berupa gambar atau dokumen yang bisa dikirimkan secara online.

Berikut beberapa contoh bukti transfer palsu yang perlu kamu waspadai :

Screenshot Bukti TF Yang Di Edit

Ini mungkin tampak seperti tangkapan layar dari halaman perbankan online, tetapi jumlah transfer atau tanggal dapat diedit untuk menunjukkan jumlah atau tanggal yang salah.

Beberapa contoh bukti TF yang telah di edit menunjukkan sebuah screenshot palsu yang menunjukkan jumlah transfer yang salah atau nama penerima transfer yang keliru sehingga akan berbeda dengan bukti TF asli.

Email Konfirmasi Transfer Palsu

Orang yang menciptakan bukti palsu ini dapat membuat email palsu dengan tampilan yang mirip dengan email konfirmasi transfer yang sebenarnya. Email ini dapat menunjukkan jumlah transfer atau nomor referensi yang salah.

Email konfirmasi palsu menunjukkan sebuah email struk yang berisi informasi transfer palsu dengan indikasi adanya perbedaan pengirim email serta data waktu pengiriman yang tidak sesuai dengan waktu transfer dana.

Dokumen Struk Palsu Tiruan

Dokumen ini dapat menunjukkan informasi palsu tentang transaksi transfer. Orang yang membuat dokumen palsu dapat menambahkan detail palsu seperti nama bank palsu atau nomor rekening palsu.

Dokumen struk palsu tiruan menunjukkan sebuah dokumen struk yang meniru tampilan surat resmi dari bank. Walaupun terlihat mirip, namun pada dasarnya tidak ada yang dapat meniru dokumen asli kecuali pihak Bank itu sendiri.

Bukti Transfer Palsu M-Bangking

Dalam contoh ini, orang yang menciptakan bukti transfer palsu menggunakan rekening bank yang telah dibajak untuk membuat transfer palsu ke rekening penerima yang sebenarnya.

Bukti transfer palsu M-Banking menunjukkan sebuah bukti transfer dari M-Banking yang telah di edit sehingga akan sangat mirip dengan bukti transfer asli namun tetap memiliki perbedaan pada warna serta logo yang digunakan.

Contoh Fake Transfer BCA Yang Perlu Diwaspadai

Menurut informasi yang beredar, akhir – akhir ini sering terjadi penipuan yang menggunakan fake transfer Bank BCA palsu yang perlu kamu waspadai.

Penipuan bukti transfer BCA palsu dapat terjadi ketika seseorang membuat bukti transfer palsu yang menunjukkan bahwa mereka telah melakukan transfer uang, tetapi sebenarnya tidak pernah melakukan transfer tersebut.

Beberapa contoh penipuan Fake transfer BCA palsu yang sering terjadi adalah :

  • Penipuan penjualan online : Pelaku membuat bukti transfer palsu menggunakan aplikasi fake transfer BCA generator untuk menunjukkan bahwa mereka telah membayar barang yang dibeli, tetapi sebenarnya tidak pernah melakukan pembayaran.
  • Penipuan sewa apartemen : Pelaku membuat bukti transfer palsu untuk menunjukkan bahwa mereka telah membayar uang sewa, tetapi sebenarnya tidak pernah melakukan pembayaran.
  • Penipuan phishing : Pelaku meminta korban untuk memberikan informasi login ke akun bank mereka melalui email palsu atau situs web palsu, dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk membuat bukti transfer palsu.

Untuk menghindari penipuan bukti transfer BCA palsu, sebaiknya selalu melakukan verifikasi kebenaran bukti transfer sebelum melakukan transaksi, seperti memeriksa informasi rekening dan jumlah transfer dengan benar.

Resiko Menggunakan Bukti Transfer Palsu

Itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat struk transfer palsu di Android. Pada dasarnya tidak ada aplikasi yang secara terang-terangan hadir untuk membuat bukti transfer palsu karena memang takut disalah gunakan.

Baca Juga : 13 Cara Membuat Slip Gaji Palsu Seperti Asli Hanya Lewat HP

Ingat, gunakan beberapa rekomendasi aplikasi diatas secara bijak. Selain mengedit foto transfer palsu, kamu juga bisa mengedit foto aesthetic menggunakan aplikasi editing foto diatas.

Selamat mencoba !

Disclaimer : Sebagai penulis kami tidak merekomendasikan aplikasi bukti tf palsu diatas untuk melakukan penipuan. Kami berharap aplikasi diatas dapat kamu manfaatkan untuk memberikan edukasi mengenai beberapa jenis bukti transfer palsu.

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.