Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami Dan Permanen

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Mahirtransaksi.com – Apakah kamu tahu sekarang ada yang lem yang dapat digunakan sebagai perekat gigi palsu. Berikut cara membuat lem gigi palsu alami beserta harganya di apotik yang wajib kamu tahu !

Gigi palsu merupakan alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang atau tanggal yang terkadang membuat tidak nyaman untuk mengunyah. Alhasil aktivitas makan jadi terganggu dan jadi kurang nikmat.

Selain mengurangi kenikmatan saat menyantap hidangan, gigi yang ompong membuat kamu merasa kurang percaya diri. Kamu jadi malu untuk tampil di depan umum tanpa gigi yang lengkap.

Maka dari itu orang-orang menggunakan gigi palsu untuk menggantikan gigi yang hilang tersebut. Ada banyak jenis gigi palsu yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Teknik pemasangannya pun berbeda-beda, ada yang dikaitkan menggunakan kawat, ada juga yang dilem menggunakan lem khusus gigi palsu.

Apa Itu Lem Gigi Palsu?

Lem gigi palsu merupakan alat untuk merekatkan gigi palsu di antara gigi yang tanggal atau hilang. Fungsinya adalah agar gigi palsu menempel di mulut dan bisa digunakan untuk mengunyah.

Lem Gigi Palsu Alami

✅ Alat ⚡ Gelas ukur, timbangan, sendok, panci dan kompor.
✅ Bahan ☑️ 80 gram tepung pati berkonsentrat tinggi, 120 gram air dingin, 4 cc phenol liquid, 4 gram bubuk tawas, 8 cc glyserine.
✅ Harga Lem Gigi Palsu ⚡ Rp25.000 – Rp150.000
✅ Toko Lem Palsu ⭐ Apotik
✅ Cara Buat Lem Gigi Palsu Alami Klik Disini ⭐⭐⭐⭐⭐

Meskipun lem gigi palsu bisa merekatkan, namun tidak semua lem gigi palsu bisa digunakan secara permanen. Ada juga lem gigi palsu yang bersifat sementara. Sehingga bisa dilepas dan dipasang kembali kapanpun diinginkan.

Saat menggunakan gigi palsu yang direkatkan dengan lem, sebaiknya jangan digunakan untuk mengunyah makanan yang terlalu keras.

Bahan Membuat Lem Untuk Gigi Palsu

Lem gigi palsu tersedia di e-commerce, toko online, apotek maupun mini market dan super market. Harganya bervariasi tergantung merknya. Namun kamu juga bisa membuat lem gigi sendiri dengan bahan alami.

Berikut bahan membuat lem untuk gigi palsu permanen secara alami :

  • 80 gram tepung pati berkonsentrat tinggi agar konsentrasinya bagus saat sudah jadi.
  • 120 gram air dingin.
  • 4 cc phenol liquid.
  • 4 gram bubuk tawas.
  • 8 cc glyserine.

Bahan-bahan di atas bisa dengan mudah ditemukan di toko bahan kimia terdekat.

Alat Membuat Lem Gigi Palsu Yang Patah

Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatannya. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat lem gigi palsu yang patah mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, antara lain :

  • Gelas ukur.
  • Timbangan (timbangan digital lebih disarankan).
  • Sendok.
  • Panci (persiapkan dua buah panci).
  • Kompor.

Pastikan semua peralatan di atas dalam keadaan bersih sebelum digunakan untuk membuat lem gigi palsu alami.

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Jika semua peralatan dan bahan-bahan sudah siap, kini saatnya untuk mulai membuat lem gigi palsu permanen secara alami dengan bahan – bahan sederhana yang mudah ditemukan.

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami
Lem Gigi Palsu Alami

Berikut cara membuat lem gigi palsu alami yang wajib kamu coba :

1. Siapkan Semua Alat Dan Bahan Alami

Pertama kamu harus memastikan semua alat dan bahan yang sudah disebutkan diatas tersedia dan lengkap.

Perlu kamu ketahui bahwa bahan diatas harus benar – benar tersedia. Kamu dapat menemukan berbagai bahan dalam list diatas di toko kimia terdekat.

2. Buat Adonan Lem

Selanjutnya buat adonan bahan pembuatan lem gigi palsu dengan cara :

  • Masukkan tepung pati pada panci yang telah dibersihkan.
  • Kemudian tuangkan air dingin ke dalam panci yang lainnya yang telah kamu persiapkan.
  • Setelah itu masukkan bubuk tawas ke dalam panci berisi air dingin. Aduk-aduk bubuk tawas sampai larut dindalan air. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama karena bubuk tawas sulit larut di dalam air.
  • Aduk sedikit demi sedikit menggunakan sendok sampai bubuk tawas larut dengan sempurna. Jika proses ini dilakukan dengan benar, konsentrasi lem akan bagus.

3. Campurkan Adonan Lem Palsu Ke Tepung

Pastikan bubuk tawas yang sudah dicampur air sudah tercampur merata. Selanjutnya kamu harus mencampur adonan lem ke tepung pati yang telah disediakan di wadah.

Aduk terus menerus hingga rata dan tercampur sempurna. Sama seperti proses sebelumnya, pada proses kali ini semua bahan juga harus tercampur sempurna karena akan menentukan konsentrasi lem nantinya.

4. Panaskan Adonan Lem Gigi Palsu Di Kompor

Apabila adonan yang sudah dicampur tadi sudah larut selanjutnya letakkan panci berisi semua bahan campuran itu di atas kompor.

Aturlah api kompor dan sebaiknya gunakan api kompor sedang agar larutan tidak gosong. Sambil dipanaskan, aduk terus menerus dengan sendok.

5. Aduk Lem Sampai Mengental

Setelah 30 menit biasanya adonan yang dipanaskan tadi akan mulai mengental dan sedikit lengket. Apabila bahan lem gigi palsu sudah tampak mengental angkat panci dari kompor.

Pastikan lem gigi palsu tadi sudah halus dan rata. Jika kurang halus atau tidak rata, nantinya hasil lem gigi palsu akan kurang nyaman digunakan bahkan cenderung gagal.

6. Campur Lem Dengan Glycerine

Dinginkan lem selama 10 hingga 15 menit. Jika lemnya sudah dingin, saatnya untuk menuangkan glyserine ke dalam larutan lem.

Aduklah sekali lagi agar glyserine tercampur ke dalam lem sehingga menjadikan lem lunak.

7. Satukan Jadi Lem Permanen

Terakhir tuangkan beberapa tetes larutan phenol liquid pada lem permanen yang sudah jadi sambil terus diaduk agar semua bahan menyatu sempurna.

Setelah tercampur merata maka lem gigi palsu alami sudah siap untuk digunakan. Kamu sebaiknya menyimpannya di dalam jar plasti atau kaca.

Pastikan kamu menyimpan lem yang telah di buat di dalam jar atau pot lalu tutup dengan rapat. Simpan di suhu ruang dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Lem akan bertahan berbulan-bulan dan bisa digunakan berulang kali.

Cara Pasang Lem Perekat Gigi Palsu Permanen

Membuat lem gigi palsu merupakan ide yang menarik untuk dicoba. Setelah berhasil membuat lem ini, tentunya kamu dapat mencobanya sendiri.

Namun perlu kamu ketahui, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi sebelum menggunakan lem palsu alami ini untuk menghindari terjadinya infeksi pada gigi.

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami
Cara Pasang Lem Gigi Palsu

Berikut cara pasang lem perekat gigi palsu permanen :

  • Pastikan gigi palsu bersih dan dalam keadaan kering terlebih dahulu.
  • Usapkan lem gigi palsu secukupnya pada bagian yang ingin direkatkan.
  • Setelah itu masukkan gigi palsu ke dalam mulut, posisikan di gigi yang tepat. Gigit dan beri sedikit penekanan pada gigi palsu tersebut agar lebih rekat.
  • Tunggu sekitar 15 menit jangan langsung digunakan untuk makan dan minum.
  • Gigi palsu akan merekat kuat dengan lem alami yang kamu buat.

Kamu bisa menggunakan lem gigi palsu kapanpun kamu butuhkan. Untuk melepaskannya, kamu hanya perlu menggoyang-goyangkannya hingga gigi palsu terlepas.

Jangan lupa untuk membersihkan sisa lem yang menempel pada gigi palsu menggunakan sikat gigi yang lembut.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu keras seperti keripik keras, ayam goreng yang keras, atau daging-dagingan agar gigi palsu tak mudah terlepas.

Harga Lem Gigi Palsu Permanen Di Apotik

Saat ini harga lem palsu permanen di apotik sangat beragam tergantung merk dan penjualnya. Kamu bisa menemukan produk tersebut di apotek terdekat dari lokasimu saat ini.

Berikut daftar harga lem gigi palsu permanen di apotik hari ini :

No. Merk Lem Gigi Palsu Permanen Harga
1 Polydent Lem Gigi Palsu 20 Gram Rp37.000
2 Polydent Lem Gigi Palsu Fresh Mint 60 Gram Rp80.000
3 Polydent Lem Gigi Palsu 8,5 Gram Rp25.000
4 Fittydent Lem Gigi Palsu 40 Gram Rp150.000
5 Dental Lem Gic 1 Paket Rp40.000
6 Huge Lem Gigi Palsu Rp35.000

Harga lem gigi palsu permanen di atas merupakan harga rata-rata yang kami ambil dari berbagai sumber apotik, termasuk toko resmi di situs e-commerce. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak toko.

Keuntungan Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Dengan membuat lem alami sendiri, tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan salah satunya yaitu mengurangi biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli lem ini.

Baca Juga : 10 Cara Membuat Slip Gaji Palsu Mirip Asli Di HP Dan PC [Update]

Selain itu, berikut beberapa keuntungan membuat lem gigi palsu secara alami lainnya :

  • Tidak perlu membeli lem di apotik dengan harga yang cukup mahal.
  • Bersifat ekonomis sehingga akan lebih hemat dan bisa digunakan berkali – kali untuk gigi yang patah.
  • Lem tidak bernoda sehingga mudah untuk dibersihkan.

Itulah panduan pembuatan lem gigi palsu permanen secara alami yang mudah dan praktis. Fyi, kamu harus meriset ulang tingkat efektivitas panduan ini karena belum banyak sumber yang menyebutkan bahwa cara ini benar – benar berhasil.

Baca Juga : 11 Cara Membuat Chat WA Palsu Tanpa Aplikasi Terbaru

Selalu konsultasi ke dokter gigi terdekat untuk merawat kesehatan gigi kamu agar terhindar dari kerusakan gigi yang mengharuskan kamu menggunakan gigi palsu.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.