Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

11 Cara Cek Barcode Nike Original Atau Tiruan Terbaru 2023

Cara Cek Barcode Nike Original

Mahirtransaksi.com – Cek barcode Nike original sangatlah penting untuk memastikan keaslian produk Nike kamu. Terutama jika kamu gemar mengoleksi sepatu sport original dari brand ternama seperti Nike.

Kamu tentunya tidak ingin tertipu dengan barang tiruan alias KW. Apalagi sekarang banyak produk tiruan yang sulit dibedakan dari produk original.

Padahal dari segi kualitas dan daya tahan, tidak akan ada produk tiruan yang bisa menyamai mutu Nike original. Itulah mengapa kamu perlu memastikan apakah Nike yang ada di rak sepatumu adalah produk yang asli.

Sekilas Tentang Nike

Nike adalah produsen sepatu dan peralatan olahraga yang berdiri sejak tahun 1964. Pendirinya adalah Philip Knight, seorang atlet sekaligus pengusaha asal Oregon, Amerika Serikat.

Ide awal Knight adalah mengimpor sepatu dari Jepang untuk menyaingi Adidas dan Puma yang notabene berasal dari Jerman. Alasannya ialah karena sepatu buatan Jepang lebih murah dibandingkan buatan produsen Eropa.

Knight menjual sepatu dengan berkeliling di stadion atletik. Di era 1970-an, Knight melihat peluang bisnis dari olahraga jogging.

Ia kemudian mulai menjual sepatu olahraga kepada kalangan non-profesional. Tidak hanya itu, Nike juga membangun image baru sepatu olahraga sebagai bagian dari fashion.

Ide cemerlangnya itu berhasil membawa Nike pada puncak kesuksesan. Kini, Nike menjadi produsen perlengkapan olahraga nomor satu di dunia dan mensponsori banyak atlet dan klub besar.

Perbedaan Nike Original Dan Tiruan

Sebelum membeli produk Nike, ada baiknya kamu mengecek keaslian produk yang akan kamu beli untuk menghindari kerugian akibat salah beli produk.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lihat untuk membedakan Nike asli dan tiruan. Berikut tabel perbedaan Nike original dan dan tiruan yang wajib kamu tahu :

Faktor Penentu Nike Original Nike Palsu (Tiruan)
Harga Sepatu Nike asli rata-rata dijual dengan harga Rp4 juta. Sepatu Nike palsu memiliki harga yang jauh di bawahnya.
Box Penjualan Nike original selalu dijual dalam kemasan box. Box Nike tiruan biasanya tipis, tidak rapi, serta teks dan warnanya agak buram.
Label SKU Nike pasti mencantumkan label berisi barcode dan kode Stock Keeping Unit (SKU) Nike palsu tidak memiliki label atau Barcode SKU
Logo Logo Nike asli dijahit dengan simetris, rapi dan kencang. Logo nike palsu biasanya kurang simetris, bahkan tak jarang ada cacat di beberapa bagian.
Karet Sol Karet sol Nike original selalu lembut, rata, dan rapi. Nike palsu memiliki sol yang kasar dan penuh bintik-bintik.
Tali Sepatu Tali sepatu Nike asli pasti kuat, lembut, dan serat-seratnya kencang. Nike palsu memiliki tali yang cenderung kasar dan seratnya berbulu.
Tanggal Rilis Nike selalu mengumumkan tanggal rilis sepatu mereka. Seri sepatu Nike yang beredar di pasaran sebelum rilis resmi, maka produk tersebut dijamin palsu.
Warna Warna sepatu Nike asli biasanya agak gelap karena menggunakan bahan suede. Nike palsu justru berwarna merah mengkilap karena bahannya plastic leather.
Tekstur Tekstur Nike asli akan terasa lembut saat dipegang dan dipakai. Nike palsu biasanya lebih kasar dan kaku sehingga berisiko menimbulkan iritas pada kaki saat berolahraga.

Karena maraknya penjualan produk palsu, pastikan kamu membeli sepatu Nike dari toko resmi. Kamu bisa dengan mudah memeriksa alamat toko resmi di website Nike ataupun di toko online.

Cara Cek Barcode Nike Original

Namun jika kamu masih belum yakin dengan pengamatanmu, maka kamu bisa memeriksa lebih jauh dengan verifikasi barcode.

Setiap produk Nike pasti disertai dengan barcode dan kode khusus. Dengan barcode tersebut, kamu bisa memeriksa keaslian produk Nike sebelum membelinya.

Berikut beberapa cara cek Barcode Nike Original :

Scan Barcode Nike Original

Pertama kamu bisa cek barcode Nike Original dengan cara scan Barcode pada setiap produk Nike menggunakan aplikasi scanner untuk melihat kode Stock Keeping Unit (SKU).

Cara Cek Barcode Nike Original
Scan Barcode Nike Original

Setelah scan barcode, aplikasi akan membuka web browser dan menampilkan sebuauh gambar sepatu Nike. Jika barcode yang kamu scan tidak dapat dimuat di web browser, berarti sepatu yang kamu beli adalah barang tiruan.

Setelah browser menampilkan gambar, cocokkan gambar tersebut dengan sepatu Nike kamu. Jika produk di gambar tidak sama dengan sepatu yang kamu punya, berarti sepatu Nike kamu bukan original.  

Cek Nomor Seri Nike Original

Selain barcode, di label sepatu juga tertera beberapa digit kode unik yang disebut nomor seri. Kode tersebut juga bisa kamu gunakan untuk memeriksa keaslian sepatu Nike.

Cara Cek Barcode Nike Original
Nomor Seri Nike

Ketikkan kode nomor seri ke kolom pencarian di web browser. Jika kode valid, browser akan menampilkan gambar sepatu Nike yang sesuai dengan kode seri yang kamu masukkan tadi.

Cocokkan gambar hasil pencarian dengan sepatumu. Kalau sama, berarti sepatu Nike yang kamu beli adalah produk asli atau original.

Lihat Nomor Model Di Database Nike

Selain untuk cek barcode Nike original, situs resmi Nike juga menyediakan database berisi informasi produk yang sangat lengkap. Kamu bisa memanfaatkan database ini untuk cross-check keaslian sepatu.

Cara Cek Barcode Nike Original
Cek Nomor Model Produk Nike

Berikut beberapa situs database Nike original yang bisa kamu coba :

  • upcindex.com.
  • barcodespider.com.
  • goat.com.
  • grailed.com.
  • barcodelookup.com.

Masukkan saja nomor model sepatu Nike yang kamu punya. Kemudian, cocokkan tampilan sepatu kamu dengan gambar yang tertera di database Nike.

Pastikan Nomor SKU Nike Original Di Internet

Popularitas Nike membuat banyak situs berlomba-lomba untuk mengulas produk mereka. Dengan begitu, kamu bisa mengandalkan banyak sumber untuk mengetahui apakah sepatu Nike kamu original atau tidak.

Silahkan lakukan pencarian di internet menggunakan kata kunci nomor model Nike kamu. Kemudian, cocokkan hasilnya dengan sepatu yang kamu punya dengan hasil yang muncul di Google.

Apa Itu UPC Nike?

UPC Nike adalah kode Universal Product Code (UPC) yang digunakan untuk mengidentifikasi produk Nike secara global untuk membedakan produk Nike asli atau palsu.

Beberapa contoh produk Nike yang memiliki kode UPC adalah sepatu Nike, pakaian olahraga Nike dan aksesoris Nike.

Kode UPC Nike terdiri dari 12 digit angka yang dapat ditemukan pada kemasan produk Nike atau dapat dicari melalui pencarian online menggunakan situs pencarian UPC seperti upcitemdb.com atau barcodespider.com.

Dengan menggunakan kode UPC Nike, konsumen dapat dengan mudah menemukan informasi tentang produk Nike, termasuk nama produk, atribut produk, gambar produk dan informasi belanja online.

Cara Cek Barcode Nike Original Lewat Kode UPC

Kode UPC (Universal Product Code) Nike adalah sistem pengidentifikasi semua produk Nike Original yang digunakan secara luas di seluruh dunia.

Kode UPC Nike terdiri dari serangkaian angka dan garis-garis vertikal yang mewakili informasi khusus tentang suatu produk, seperti merek, jenis produk dan nomor identifikasi unik.

Kode ini biasanya tercetak di label atau kemasan produk. Nah kamu bisa mengecek keaslian produk Nike menggunakan Kode UPC, dengan cara :

  • Pertama periksa label atau kemasan produk Nike yang kamu miliki. Biasanya, kode UPC tercetak di bagian belakang kemasan produk atau pada label yang terpasang pada produk.
  • Catat kode UPC yang tertera pada produk Nike tersebut. Kode UPC biasanya terdiri dari serangkaian angka dan garis-garis vertikal.
  • Selanjutnya buka situs web resmi https://www.nike.com/id/.
  • Cari opsi Verifikasi Keaslian di situs web Nike.
Cara Cek Barcode Nike Original
Cek Kode UPC Produk Nike
  • Masukkan kode UPC produk Nike yang ingin kamu periksa ke dalam kotak yang tersedia di halaman verifikasi keaslian.
  • Klik tombol Verifikasi untuk memulai proses verifikasi keaslian.
  • Tunggu sejenak saat sistem memproses informasi dan memeriksa keaslian produk Nike original berdasarkan kode UPC yang kamu masukkan.
  • Setelah proses verifikasi selesai, kamu akan menerima hasil yang menunjukkan apakah produk Nike tersebut dianggap asli atau tidak.

Jika produk Nike tidak lulus verifikasi keaslian disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan resmi Nike untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dan verifikasi yang lebih mendalam.

Aplikasi Cek UPC Nike Original

Android dan iOS biasanya sudah menyertakan aplikasi qr scanner. Namun jika ponsel kamu tidak menyediakannya, kamu bisa mengunduhnya secara manual lewat PlayStore dan AppStore.

Untuk memudahkanmu dalam memindai barcode sepatu Nike, kamu bisa menggunakan aplikasi cek barcode UPC Nike Original berikut ini :

QR & Barcode Scanner

Rekomendasi aplikasi scanner barcode Nike Original yang pertama adalah QR & Barcode Scanner. Aplikasi buatan Easy inc. ini memiliki rating 4.7 dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali.

Cara Cek Barcode Nike Original
Aplikasi QR & Barcode Scanner

Kamu bisa menggunakan aplikasi simple ini untuk melakukan scanning berbagai macam qr code, termasuk barcode sepatu Nike yang asli, dengan cara :

  • Pertama unduh dan instal aplikasi QR & Barcode Scanner melalui
  • Buka aplikasi yang telah terinstall lalu pilih menu pindai, maka kamera akan terbuka untuk scan barcode.
  • Arahkan kamera ke barcode produk Nike yang ingin kamu cek keasliannya lalu tunggu hingga proses scanning selesai.
  • Terakhir akan muncul informasi mengenai data produk Nike yang kamu scan.

Barcode Scanner Pro

Barcode Scanner Pro adalah salah satu aplikasi scan barcode yang tersedia di Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk cek kode UPC sepatu Nike asli atau tiruan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menyimpan scan barcode dari produk lain dan membandingkannya dengan barcode scanner yang lain mengenai produk yang sama.

Barcode Scanner Pro

Barcode Scanner Pro adalah aplikasi scanner besutan Geeks.Lab. Dibandingkan dengan aplikasi scanner lain, Barcode Scanner Pro memiliki fitur dan konfigurasi yang lebih lengkap.

Sejauh ini, Barcode Scanner Pro sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4.6 dari 184 ribu reviews. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk scan barcode Nike original dengan cara :

  • Unduh dan instal aplikasi Barcode Scanner Pro lewat App Store atau Google Play Store.
  • Buka aplikasi Barcode Scanner Pro setelah berhasil diinstal.
  • Arahkan kamera perangkat ke barcode Nike original yang ingin kamu pindai.
  • Barcode Scanner Pro akan secara otomatis mendeteksi barcode dan mencoba mengenali informasi yang terkait dengan barcode tersebut.
  • Aplikasi akan menampilkan informasi produk Nike original seperti nama produk serta harganya.

NeoReader

NeoReader adalah sebuah aplikasi scan barcode yang dapat digunakan untuk memindai semua jenis barcode standar, seperti Kode QR Data, Matrix, EAN, Kode Aztec, UPC Nike, PDF 417 dan lain-lain.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membaca eBook yang mendukung banyak format seperti EPUB, MOBI, AZW, AZW3, PDF dan TXT yang hanya dapat digunakan pada perangkat Onyx Boox.

QR bot

QR Bot adalah aplikasi scanner minimalis dengan ukuran instalasi yang sangat kecil. Walaupun begitu, kinerja dan fiturnya tidak kalah dari scanner lainnya.

Kalau kamu membutuhkan aplikasi scanner yang mudah dan sederhana, maka QR Bot adalah rekomendasi terbaik yang bisa kamu coba.

Berikut cara cek Barcode Nike original lewat aplikasi QR Bot :

  • Pertama install aplikasi QR Bot lewat Google Playstore atau Appstore.
  • Selanjutnya buka aplikasi QR Bot lalu klik Pindai.
  • Arahkan scan ke Barcode Nike original yang ingin kamu cek keasliannya.
  • Tunggu beberapa saat sampai informasi produk muncul.
  • Cek keaslian produk Nike berdasarkan informasi produk yang terlihat di layar.

Keuntungan Cek UPC Sepatu Nike

Nike telah menghadapi masalah dengan produk palsu atau tiruan di pasar jadi memastikan keaslian produk adalah hal yang penting.

Namun, cara memeriksa keaslian sepatu Nike telah berubah dari waktu ke waktu. Salah satu metode pemeriksaan keaslian produk Nike adalah dengan cek kode UPC yang memberikan beragam keuntungan.

Berikut beberapa keuntungan cek UPC sepatu Nike yang perlu kamu ketahui :

Memastikan Keaslian Produk

Dengan memeriksa kode UPC atau fitur keaslian lainnya pada sepatu Nike kamu dapat memastikan bahwa kamu membeli produk yang asli dan bukan barang tiruan atau palsu.

Produk palsu atau tiruan tidak hanya merugikan merek dan produsen, tetapi juga dapat mengakibatkan kualitas rendah dan potensi masalah kesehatan atau keselamatan produk.

Mendapatkan Informasi Produk

Pemeriksaan UPC atau kode lain pada sepatu Nike juga dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Adapun informasi yang biasanya terdapat di UPC sepatu Nike seperti detail model, varian warna, ukuran dan mungkin informasi lainnya tentang sepatu yang akan kamu beli.

Klaim Terhadap Garansi

Jika sepatu Nike yang kamu beli memiliki garansi atau dukungan purna jual maka memiliki informasi keaslian yang valid dapat membantu kamu mendapatkan manfaat dari layanan tersebut.

Beberapa merek juga memiliki kebijakan pengembalian atau pertukaran yang lebih baik untuk produk asli dengan syarat produk yang dibeli memang produk asli yang dibuktikan dengan kode UPC produk.

Tips Membeli Nike Original

Memastikan keaslian produk adalah langkah penting sebelum membeli sepatu Nike. Mengingat produk Nike tiruan semakin banyak beredar di pasaran, kamu harus ekstra teliti sebelum membawa pulang satu box Nike Shoes.

Berikut beberapa tips membeli Nike Original yang perlu kamu ketahui :

  • Beli Dari Toko Resmi – Pastikan kamu membeli produk Nike dari toko resmi, gerai resmi Nike atau situs web resmi Nike.
  • Perhatikan Kualitas Produk – Periksa dengan cermat kualitas produk dengan memastikan jahitan yang rapi, kualitas bahan, logo Nike yang tercetak atau dijahit dengan baik dan detail ciri khas produk Nike asli.

Baca Juga : 10 Cara Scan Barcode Di HP Samsung Semua Merk Dan Tipe

  • Pastikan Harga Produk – Harga yang terlalu murah dapat menjadi tanda peringatan bahwa produk tersebut tidak asli.
  • Cek Label Dan Kode Produk – Periksa label yang terpasang pada produk Nike seperti kode UPC, kode produksi atau nomor seri yang ada pada produk.
  • Verifikasi Keaslian Produk – Gunakan opsi verifikasi keaslian yang disediakan oleh Nike dengan memasukkan kode produk ke dalam situs web resmi Nike.

Baca Juga : 13+ Cara Gestun Limit Akulaku Sendiri Tanpa DP Langsung Cair

Salah satu cara untuk memeriksa keaslian sepatu adalah dengan cek barcode Nike original. Kamu bisa menggunakan aplikasi scanner mobile untuk mendapatkan informasi lengkap terkait sepatu atau produk Nike yang kamu beli.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.