73 Harga Ikan Channa Barca Anakan Dan Indukan Terbaru

Harga Ikan Channa Barca

Mahirtransaksi.com – Ikan channa barca merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak dijual sebagai ikan hias. Jika kamu tertarik dengan jenis ikan hias yang satu ini, maka sebaiknya simak harga ikan Channa Barca terbaru berikut ini !

Menurut wikipedia, Ikan channa atau gabus ialah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Salah satu jenis ikan yang viral karena dijual dengan harga selangit adalah ikan Channa Barca atau dalam bahasa Inggris disebut Barca snakehead.

Di Indonesia, ternyata harga ikan channa barca termahal bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor.

Apa Itu Ikan Channa Barca?

Ikan gabus merupakan jenis ikan pembohong yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah di Indonesia.

Ikan Gabus dan sejenisnya termasuk hewan dunia lama yaitu dari Asia (Channa) dan Afrika (Parachanna). Total ada sekitar 30 spesies dari dua genera.

Di Indonesia ada beberapa jenis Channa yang secara alami menyebar ke barat Garis Wallace. Tapi sekarang ikan gabus dikenal di timur juga.

Asal Usul Spesies Channa Barca

Terkadang ikan gabus terbawa banjir ke selokan di sekitar rumah atau ke kolam penangkaran ikan dan hama yang memangsa ikan peliharaan.

Harga Ikan Channa Barca
Ikan Channa

Jika ladang, kolam atau parit mengering, maka ikan ini akan pindah ke tempat lain, atau bahkan akan mengubur diri dalam lumpur sampai tempat habitat mereka berair kembali lagi.

Hal ini dikarenakan ikan gabus memiliki kemampuan bernafas langsung dari udara, menggunakan organ mirip labirin seperti lele atau betok namun lebih primitif.

Ciri – Ciri Ikan Channa Barca

Ikan Channa Barca merupakan spesies ikan endemik di bagian atas lembah Sungai Brahmaputra di timur laut India dan Bangladesh.

Channa barca relatif besar, panjang total tubuhnya bisa mencapai hingga 105 cm atau lebih dari 1 meter. Spesies ini dianggap sebagai ikan makanan yang lezat dan juga populer untuk dipelihara di sana.

Channa barca mencapai usia dewasa ketika panjangnya sekitar 12,5 cm, tetapi kebanyakan chana barca sekitar dua atau tiga kali lebih panjang sebelum mereka mencapainya.

Harga Ikan Channa Barca Terbaru

Ikan Channa Barca merupakan salah satu jenis ikan channa dengan harga termahal saat ini. Selain karena jumlahnya yang memang terbatas, channa barca juga memiliki keunikan tersendiri.

Adapun harga ikan channa barca saat ini berkisar antara 759 ribu rupiah untuk jenis ikan channa barca anakan (baby) hingga 55 juta rupiah untuk jenis ikan Channa Barca ukuran 44 cm fin grade A.

Bagi kamu yang tertarik memelihara ikan channa barca, simak terlebih dahulu daftar harga ikan channa barca terbaru berikut ini :

  • Ikan Channa Barca baby ukuran 2-3 cm harga sekitar Rp000 rupiah.
  • Ikan Channa sp. Debu Emas Batubara/Dwarf ukuran 10-15 cm Rp000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca baby ukuran 6 cm Rp250.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 12-13 cm Rp000.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 15 cm langka Rp17.000.000
  • Ikan Channa Barca ukuran 18-20 cm Rp500.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 25-26 cm Rp000.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 32 cm Rp000.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 40 cm goodmarking Rp37.000.000
  • Ikan Channa Barca ukuran 40cm Rp500.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 53 cm Rp000.000 rupiah.
  • Ikan Channa Barca ukuran 44 cm fin grade A Rp000.000 rupiah.

Informasi harga channa barca di atas dirangkum dari beberapa sumber seperti toko ikan, pasar kolektor ikan hingga beberapa situs jual beli ikan yang populer di Indonesia.

Perlu kamu ketahui bahwa harga ikan channa barca dapat berubah sewaktu-waktu dan mungkin akan berbeda di setiap tempat. Jika kamu mencari ikan channa barca untuk diternakkan, kamu membelinya ke sesama penghobi atau orang yang membudidayakan ikan channa barca.

Daftar Harga Ikan Channa Termahal

Sama seperti jenis ikan hias lainnya, ikan channa juga memiliki jenis yang sangat banyak. Setiap jenis tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga memiliki harga jual yang berbeda pula.

Untuk harga ikan channa sendiri dijual mulai harga 75 ribu rupiah hingga yang paling mahal sekitar 50 juta rupiah dimana harga ikan ini cukup fantastis untuk ukuran ikan hias.

Berikut daftar harga ikan channa dari yang termahal hingga termurah :

No.Jenis Ikan ChannaKisaran Harga (Rp)
1Ikan Channa Barca750.000 – 50.000.000
2Ikan Channa Argus250.000 – 4.000.000
3Ikan Channa Asiatica500.000 – 1.000.000
4Ikan Channa Auranti750.000 – 2.000.000
5Ikan Channa Marulioides100.000 – 200.000
6Ikan Channa Andrao200.000 – 350.000
7Ikan Channa Pulchra100.000 – 450.000
8Ikan Channa Stewartii500.000 – 2.500.000
9Ikan Channa Bleheri350.000 – 1.200.000

Berikut daftar harga ikan channa berdasarkan jenisnya :

1. Ikan Channa Barca

Channa Barca merupakan salah satu jenis ikan channa yang paling banyak diminati karena bagian ekor dan perut pada tubuh ikan ini akan berwarna hijau tosca yang disebabkan oleh cahaya.

Harga Ikan Channa Barca
Ikan Channa Barca

Ikan Channa Barca dijual mulai harga Rp25 juta rupiah hingga Rp50 juta rupiah tergantung ukuran dan warna ikan yang dijual.

2. Ikan Channa Marulioides

Ikan Channa yang satu ini merupakan salah satu ikan channa cantik dengan motif coklat kehitaman dibagian tubuh sampai ekornya.

Ikan Channa Marulioides saat ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp90 ribu rupiah untuk kisaran ukuran 5 cm sampai Rp650 ribu rupiah untuk kisaran ukuran sampai 25 sentimeter.

3. Ikan Channa Melasoma

Ikan Channa Melasoma saat ini memiliki kisaran harga mulai dari Rp150 ribu rupiah hingga Rp3 juta rupiah untuk spesies ikan Channa Melasoma albino.

Harga Ikan Channa Barca
Ikan Channa Melasoma

Ikan Ikan Channa Melasoma ini memiliki ciri menonjol dengan memiliki warna kuning kecoklatan pada tubuhnya dan dilengkapi dengan motif list putih pada ujung siripnya.

4. Ikan Channa Stewart

Ikan Channa Stewart saat ini dijual dengan harga yang berkisar antara Rp400 ribu rupiah hingga Rp2 juta rupiah.

Channa Stewartii memiliki warna yang menarik pada siripnya, yaitu biru, meskipun warnanya sedikit pudar karena warna coklat yang terdapat di sekujur tubuhnya serta warna biru bisa bersinar terang saat terkena cahaya di tempat gelap.

5. Ikan Channa Argus

Ikan Channa ini banyak ditemukan dari dataran utara China, lebih tepatnya di daerah Xijiang dan pulau Hainan. Ukuran maksimal ikan Channa Argus mencapai hingga 30 cm.

Harga Ikan Channa Barca
Ikan Channa Argus

Ikan Channa Argus memiliki kisaran harga Rp1,5 juta rupiah per ekornya. Ikan ini memiliki warna dan corak serta motif seperti ular sanca reticulatus yang membuat ikan ini semakin menarik untuk dipelihara.

6. Ikan Channa Aurantimaculata

Ikan channa selanjutnya adalah jenis Channa Aurantimaculata. Ikan ini berasal dari India dengan ukuran maksimal 40 cm.

Baca Juga : 65 Harga Karangan Bunga Terbaru : Bouquet Hingga Papan Bunga

Ikan Channa Aurantimaculata saat ini dijual mulai harga Rp750 ribu rupiah hingga Rp1,5 juta rupiah per ekornya serta memiliki warna coklat dan memiliki kombinasi garis vertikal oranye.

7. Channa Striata Albino

Ikan channa termahal terakhir adalah ikan gabus (haruan) albino bermata merah atau channa striata albino mata merah dan tersebar luas di perairan India dan Sri Lanka.

Memiliki mata merah dan warna putih yang khas di sekujur tubuhnya, membuat jenis channa ini disukai karena saat berada dalam keindahannya.

Baca Juga : 75 Daftar Harga Ikan Toman Anakan Hingga Dewasa Terbaru Hari Ini

Ikan Channa Striata Albino saat ini dijual mulai dari Rp120 ribu rupiah per ekor untuk ikan anakan hingga Rp1 juta rupiah per ekor untuk ukuran dewasa.