Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

White Spot HP Adalah : 11 Penyebab Dan Cara Menghilangkannya

White Spot HP Adalah

Mahirtransaksi.com – White spot HP merupakan jenis masalah pada layar ponsel yang sangat umum terjadi. Penyebabnya pun beraneka ragam, tergantung pada jenis kasus dan indikasinya.

White spot dapat diartikan sebagai bintik kecil berwarna putih yang muncul di layar smartphone sehingga dapat mengganggu kenyamanan dalam menggunakan ponsel.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu juga harus menggunakan metode yang tepat sesuai dengan penyebab permasalahan. Tindakan yang keliru justru berisiko membuat white spot menjadi semakin parah.

Pengertian White Spot HP

White spot HP adalah kerusakan pada layar smartphone dimana muncul bintik putih atau noda kecil berwarna putih di tengah atau di tepi LCD yang menyebabkan layar ponsel jadi buram sehingga mengganggu kenyamanan pengguna.

Istilah white spot di sini mengacu pada area kecil yang tiba-tiba muncul dengan warna putih yang berbeda dari tampilan normal layar.

Fenomena ini bisa terjadi pada berbagai jenis smartphone dan dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah pada piksel layar, kerusakan hardware atau gangguan pada koneksi layar dan komponen lainnya.

Cara Cek Layar White Spot Pada HP

Cara untuk memeriksa white spot (dead pixel) pada layar HP adalah dengan menggunakan gambar tes khusus yang dirancang untuk mengidentifikasi piksel mati atau bermasalah.

Berikut cara cek White Spot pada layar HP menggunakan Dead Pixel Test Image

:

  • Buka browser di HP lalu cari gambar tes dead pixel dengan menggunakan kata kunci pencarian dead pixel test image atau pixel test pattern.
  • Pastikan kamu menggunakan gambar dengan latar belakang yang hitam atau gelap, sehingga white spot akan lebih mudah terlihat pada latar belakang gelap.
White Spot HP Adalah
Aplikasi Cek White Spot HP
  • Setelah menemukan gambar tes yang sesuai, buka gambar tersebut lalu perhatikan setiap bagian layar untuk melihat adanya white spot atau dead pixel.
  • Cobalah untuk melihat layar dari berbagai sudut dan cahaya untuk memastikan bahwa white spot yang mungkin ada tidak terlewatkan.

Tes pada layar penuh akan membantu kamu melihat white spot secara keseluruhan, sementara tes di bagian tertentu akan membantu mengidentifikasi white spot yang mungkin hanya muncul di area tertentu pada layar HP.

Penyebab White Spot HP

Meskipun white spot biasanya tidak mengganggu fungsi ponsel, namun kondisi ini dapat mengganggu pengalaman visual dan mempengaruhi kualitas tampilan pada layar.

Kamu harus mencari solusi atau melakukan perbaikan jika white spot terjadi dalam waktu yang lama atau areanya bertambah lebar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya white spot HP, seperti :

Dead Pixel Pada Layar

Dead pixel adalah piksel kecil pada layar yang tidak berfungsi dan tidak dapat menampilkan warna apa pun. Area ini biasanya tampak sebagai titik atau bintik gelap pada tampilan layer.

Namun, jika dead pixel berada di sekitar area yang mengelilingi piksel normal, maka hal ini bisa menyebabkan efek white spot HP.

Ketika piksel di sekitar dead pixel tetap aktif dan menampilkan warna dengan normal, kontras antara piksel yang normal dan dead pixel yang gelap bisa menghasilkan efek putih (white spot) pada area tersebut.

Tekanan Fisik Pada LCD

Tekanan fisik pada layar HP dapat menyebabkan terjadinya white spot pada ponsel yang sedang digunakan.

Saat tekanan fisik diberikan pada layar HP, dapat terjadi gangguan atau cacat pada piksel yang menyebabkan piksel menjadi mati sehingga muncul titik putih atau bintik putih pada layar yang disebut sebagai white spot HP.

Hal ini karena layar HP terbuat dari bahan yang cukup sensitif, ketika terkena tekanan fisik yang cukup besar atau berulang, maka piksel atau lapisan layar akan rawan rusak.

Masalah Konektor Pada Layar

Konektor adalah bagian yang penting dalam menghubungkan layar dengan komponen elektronik di dalam ponsel.

Jika ada masalah pada konektor, seperti koneksi yang longgar atau rusak, maka sinyal antara layar dan komponen elektronik bisa terganggu.

White Spot HP Adalah
White Spot Pada Layar HP

Gangguan pada koneksi antara layar dan komponen elektronik dapat menyebabkan piksel pada layar tidak berfungsi dengan normal, sehingga menyebabkan white spot HP.

Jika konektor yang menghubungkan piksel layar dengan driver atau komponen elektronik mengalami masalah, maka informasi piksel tersebut tidak akan sampai dengan baik, sehingga muncul white spot di HP.

Kerusakan Backlight

Backlight adalah lampu yang terletak di belakang layar untuk menerangi tampilan, sehingga memungkinkan kita melihat konten yang ditampilkan pada layar LCD Ponsel.

Jika terjadi kerusakan pada bagian backlight, maka cahaya yang seharusnya merata dan meresap ke seluruh layar akan terganggu sehingga akan menyebabkan area tertentu di layar menjadi lebih terang atau bahkan putih, menciptakan efek white spot yang mengganggu.

Area yang terkena kerusakan pada backlight akan menampilkan warna yang tidak seimbang dengan bagian lain dari layar, sehingga menciptakan titik-titik putih yang mencolok.

Cacat Produksi Pada HP

Cacat produksi dapat terjadi pada berbagai komponen layar, termasuk piksel, lapisan backlight, atau bagian lain yang terlibat dalam pembuatan layar.

Saat terjadi cacat produksi pada salah satu komponen layar, maka akan mempengaruhi kualitas tampilan dan menyebabkan munculnya white spot pada layar HP.

Cara Menghilangkan White Spot LCD HP

Selain cacat produksi, tentunya ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi White Spot pada ponsel. Untuk mengatasi masalah white spot, berikut beberapa cara menghilangkan White spot LCD HP :

Compress Layar Ponsel

Compress layar adalah metode kompresi pada area layar yang terkena white spot HP untuk mengembalikan pixel pada LCD sehingga White Spot menjadi samar atau hilang dari layar.

Berikut cara compress layar ponsel :

  • Cek area yang bermasalah sebelum melanjutkan proses kompresi.
  • Setelah mengidentifikasi white spot, letakkan jari atau tangan dengan lembut di atas area layar yang terkena white spot.
  • Lakukan proses kompresi beberapa kali di area tersebut.
  • Setelah melakukan beberapa kali kompresi, perhatikan apakah white spot mengalami perbaikan.
  • Jika white spot masih ada, kemungkinan besar itu adalah masalah yang lebih serius dan memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Kamu harus melakukannya dengan lembut, perlahan dan hati-hati. Kompresi yang terlalu kuat pada layar justru dapat memperlebar white spot atau menyebabkan white spot di area baru.

Jumper LCD HP

Jumper LCD adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi white spot HP dengan cara melakukan solder pada komponen yang rusak atau mengganti konektor yang tidak berfungsi dengan baik.

White Spot HP Adalah
Jumper Layar LCD HP

Dengan cara ini, kamu perlu menghubungkan kembali atau mengalihkan sirkuit pada papan sirkuit perangkat elektronik ponsel pada area yang terindikasi sebagai white spot.

Namun, perlu kamu ingat bahwa proses ini harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Reparasi yang melibatkan tindakan membuka dan memperbaiki perangkat HP secara fisik terlalu berisiko untuk orang awam.

Restart Ponsel

Yang paling sederhana, kamu dapat mengatasi white spot HP adalah dengan restart ponsel. Cukup matikan lalu nyalakan kembali HP kamu untuk menghilangkan white spot yang muncul secara tiba-tiba.

Berikut caranya :

  • Tekan dan tahan tombol Power pada ponsel hingga muncul menu pop-up.
  • Pilih opsi Restart Ponsel dari menu yang muncul.
  • Ponsel akan mati dan kembali menyala kembali.

Jika white spot tidak hilang setelah kamu restart, berarti penyebabnya adalah faktor yang lebih serius serta memerlukan penanganan yang lebih tinggi.

Pixel Fixing Software

Ada beberapa aplikasi atau program yang dapat diunduh untuk mencoba memperbaiki dead pixel pada ponsel yang memiliki bintik putih pada layar.

Aplikasi ini biasanya bekerja dengan mengubah warna piksel secara berulang-ulang untuk mencoba menghidupkan kembali piksel mati. Namun, keberhasilan metode ini tergantung pada tingkat kerusakan dan bisa tidak berhasil.

Perbaiki Konektivitas Layar

Jika kamu cukup percaya diri dalam reparasi hardware, maka kamu bisa mencoba memperbaiki konetivitas layar untuk mengatasi white spot HP dengan cara sebagai berikut :

  • Matikan ponsel.
  • Buka casing atau bagian belakang perangkat HP untuk mengakses komponen layar.
  • Cari konektor yang menghubungkan layar LCD dengan papan logika atau motherboard ponsel.
White Spot HP Adalah
Perbaiki Konektivitas Layar HP
  • Pastikan konektor layar terpasang dengan baik dan tidak longgar.
  • Periksa juga kabel yang menghubungkan LCD dengan motherboard. Pastikan kabel tidak rusak atau patah serta terhubung dengan baik.
  • Setelah memastikan konektivitas layar telah diperbaiki, pasang kembali casing atau bagian belakang perangkat HP.
  • Hidupkan ponsel dan perhatikan apakah white spot telah hilang.

Servis LCD Smartphone

Opsi terakhir yang bisa kamu pilih untuk mengatasi masalah white spot HP adalah dengan cara servis LCD ponsel. Kamu bisa mengandalkan Service Center resmi sesuai merek HP kamu atau menggunakan jasa servis pihak ketiga.

Di tangan teknisi profesional, layar HP kamu akan di-inspeksi oleh teknisi berpengalaman sehingga akan berfungsi normal kembali. Gunakan cara ini jika kamu belum siap untuk melakukan reparasi sendiri.

Apakah White Spot HP Bisa Hilang Sendiri?

White spot yang juga dikenal sebagai dead pixel merupakan area kecil di layar yang tidak dapat menghasilkan warna atau berfungsi seperti seharusnya.

Biasanya, white spot pada layar disebabkan oleh kerusakan fisik pada piksel atau komponen elektronik di balik layar.

White spot pada layar HP tidak akan hilang dengan sendirinya. Dead pixel merupakan kerusakan permanen dan tidak dapat diperbaiki secara otomatis.

Jika suatu piksel mengalami kerusakan, akan tetap berada di tempatnya dan tidak bisa menghasilkan warna atau berfungsi kembali tanpa ada penanganan khusus untuk mengatasinya.

Apakah White Spot HP Berbahaya?

White spot biasanya tidak berbahaya secara fisik dan tidak akan menyebabkan kerusakan permanen pada ponsel.

Namun, ada beberapa kasus di mana white spot dapat menjadi tanda awal masalah yang lebih serius. Misalnya, white spot bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada piksel atau komponen layar lainnya.

Baca Juga : 100+ Nomor HP Virtual Indonesia Untuk Verifikasi Gratis Online

Jika white spot HP disebabkan oleh masalah fisik atau kerusakan hardware yang lebih kompleks, maka seiring berjalannya waktu, masalah tersebut mungkin bisa semakin parah dan mempengaruhi fungsi keseluruhan layar.

Selain itu, white spot juga dapat menjadi tanda adanya cacat produksi pada perangkat HP, terutama jika white spot muncul pada perangkat baru yang masih dalam masa garansi.

Kesimpulan

Itulah penyebab dan solusi mengatasi white spot HP yang sering muncul pada layar atau LCD Ponsel. Perlu kamu ketahui bahwa banyak faktor yang menyebabkan munculnya titik putih pada layar HP ini.

Baca Juga : 10+ Cara Login 1 No WA Di 2 HP Tanpa Whatsapp Web Terbaru

Agar tidak mengalami masalah ini, kamu harus berhati-hati dalam mengoperasikan HP untuk menjaga kondisi dan kinerja ponsel kamu sehingga meminimalisir munculnya white spot pada LCD ponsel kamu.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.