Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Solusi Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee Hari Ini

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Pengiriman paket Shopee gagal? Tenang, kamu harus mengetahui penyebab percobaan pengiriman paket gagal di Shopee terlebih dahulu dahulu. Yuk, simak ulasan berikut ini !

Para pecinta belanja online tentu sudah mengenal aplikasi Shopee. Ya, Shopee adalah salah satu tempat belanja online terpopuler dan perbesar di Indonesia.

Sebagai Marketplace belanja online terbaik di Indonesia, Shopee hadir untuk memudahkan setiap penggunanya membeli ataupun menjual produk.

Ketika menggunakan aplikasi ini, maka setiap orang bisa membeli produk yang mereka butuhkan dari rumah hanya lewat satu aplikasi. Hal itu karena Shopee mendukung pengiriman paket lewat jasa ekspedisi / pengiriman barang.

Sekilas Tentang Pengiriman Paket Di Shopee

Pengiriman paket di Shopee merupakan bagian integral dari proses jual beli di platform e-commerce.

Shopee menyediakan beberapa pilihan metode pengiriman yang dapat dipilih oleh penjual dan pembeli, seperti JNE, J&T, POS Indonesia, TIKI tergantung pada lokasi penjual dan tujuan pengiriman.

Setelah pembeli melakukan pembayaran, penjual akan menerima notifikasi untuk memproses pesanan.

Penjual harus mencetak label pengiriman yang berisi alamat pengirim dan penerima, serta informasi pesanan lainnya. Label ini akan dilampirkan pada paket sebelum diantarkan ke kurir.

Shopee menyediakan estimasi waktu pengiriman yang dihitung berdasarkan jarak dan metode pengiriman yang dipilih. Faktor eksternal seperti cuaca buruk atau kendala logistik dapat mempengaruhi waktu pengiriman.

Setelah paket dikirim, pembeli dapat melacak status pengiriman melalui fitur pelacakan yang disediakan oleh kurir yang ditentukan. Hal ini memungkinkan pembeli untuk mengetahui lokasi paket secara real-time.

Arti Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Percobaan pengiriman paket gagal adalah kendala pada proses delivery pesanan karena pengiriman paket kepada penerima tidak berhasil atau tidak berhasil sampai tujuan.

Penyebab pengiriman paket gagal disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab kenapa pengiriman paket gagal :

  • Pengiriman Tidak Terlaksana – Paket yang seharusnya dikirimkan tidak berhasil mencapai tujuan karena berbagai alasan, seperti kesalahan alamat yang tidak valid, penerima tidak ada di tempat atau kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan.
  • Pengiriman Ditolak – Penerima paket menolak menerima kiriman tersebut, misalnya karena isi paket tidak sesuai dengan yang diharapkan atau karena penerima tidak ingin menerimanya.
  • Kegagalan Sistem Atau Layanan – Hal ini dapat menyebabkan percobaan pengiriman menjadi gagal, misalnya sistem pelacakan rusak atau layanan pengiriman mengalami kendala teknis.
  • Kerusakan Atau Hilangnya Paket – Paket dapat mengalami kerusakan atau bahkan hilang selama proses pengiriman, yang menyebabkan percobaan pengiriman dianggap gagal.

Kenapa Pengiriman Paket Shopee Gagal?

Karena digunakan oleh hampir 27 juta pengguna aktif, terkadang terdapat beberapa kendala yang dialami pengguna saat proses pengiriman paket pesanan.

Ya, salah satunya pengiriman paket gagal di Shopee.

Percobaan pengiriman paket gagal di Shopee disebabkan oleh faktor keterlambatan pengiriman, paket Shopee hilang atau dikembalikan karena masalah pada ekspedisi atau karena alamat pengiriman yang tidak jelas.

Paket gagal di kirim tentunya tidak di-inginkan baik oleh pembeli maupun penjual.

Namun pada kenyataannya tetap saja banyak customer yang mengeluh mengalami kendala saat menunggu pengiriman pesanan.

Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan percobaan pengiriman paket mengalami kegagalan di aplikasi Shopee baik dari faktor penjual, pembeli hingga kesalahan pada aplikasi Shopee itu sendiri.

Berikut penyebab percobaan pengiriman paket gagal di Shopee yang paling sering terjadi :

Pengiriman Melewati Jam Operasional

Tahukah kamu, hampir 78% kendala percobaan pengiriman paket gagal terlambat mengikuti jadawal mobil operasional disebabkan karena paket pesanan Shopee sudah sampai drop point namun pengiriman telah melewati jam operasional.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Pengiriman Lewat Jam Operasional

Pada dasarnya setiap jasa pengiriman memiliki jam operasional pengiriman, biasanya jam operasional akan berakhir pada pukul 16.00. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadinya pada saat pengiriman paket.

Kamu hanya perlu menunggu status pesanan tersebut sampai berubah menjadi “Paket sedang diantarkan ke alamat penerima”.

Dengan begitu, pesanan akan diantarkan ke alamat penerima pada hari yang sama ketika status paket sudah berubah.

Barang Pesanan Rusak

Percobaan pengiriman paket gagal barang rusak disebabkan karena pada saat pengemasan oleh penjual pesanan atau produk yang dipesan dinyatakan rusak sehingga harus diganti dengan produk lain yang terkadang membutuhkan waktu beberapa saat.

Selain itu, barang rusak sehingga pengiriman gagal juga sering terjadi di pihak jasa pengiriman sehingga pengiriman pesanan harus ditunda beberapa saat.

Penerima Paket Tidak Ada Di Rumah

Penerima paket tidak ada dirumah juga dapat menyebabkan percobaan pengiriman paket oleh kurir gagal di Shopee.

Kurir yang mengantarkan paket umumnya akan mengatasinya dengan cara berbeda – beda sesuai dengan keputusan mereka sendiri.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Penerima Tidak Ada Ditempat

Contohnya seperti menaruh di depan rumah kemudian menyembunyikannya di suatu tempat, menitipkan ke tetangga kamu, hingga menunda pengiriman.

Apabila terjadi penundaan pengiriman, maka status pesanan akan berubah menjadi “pengiriman paket Shopee gagal” dan akan dikirimkan ke-esokan harinya.

Jadwal Pengiriman Berubah

Hal ini memang tidak banyak terjadi akan tetapi bisa saja beberapa kurir menghubungi si penerima terlebih dahulu sebelum mengantarkan paketnya.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Jadwal Pengiriman Berubah

Tindakan ini dimaksudkan agar pengiriman tidak terjadi beberapa kali. Terutama pada saat penerima tidak sedang berada di tempat.

Ketika melakukan perjanjian tersebut, maka tentu tidak heran jika terdapat status percobaan pengiriman paket gagal. Hal ini disebabkan karena jadwal pengiriman sudah di-reschedule dengan penerima.

Alamat Penerima Tidak Ditemukan

Pada dasarnya, kurir ekspedisi menggunakan alamat yang tertera pada paket sebagai acuan dalam menentukan lokasi pengiriman.

Namun jika alamat pengiriman tidak jelas atau tidak ditemukan dapat menyebabkan percobaan pengiriman paket gagal pada aplikasi Shopee.

Oleh karena itu, pada pastikan alamat benar saat checkout di aplikasi Shopee untuk memudahkan kurir menemukan lokasi-mu. Selain itu, pastikan pula nomor HP kamu aktif agar kurir dapat menghubungi-mu jika memang alamat tidak jelas.

Paket Telah Di Ambil Di Drop Point

Apabila paket kamu tidak kunjung datang karena kurir sulit menemukan alamat tujuannya, maka tidak ada salahnya apabila mengambilnya langsung ke Drop Point (DP).

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Paket Sudah Di Ambil Di DP

Jika paket sudah di ambil di Drop Point / Gudang ekpedisi, maka status pesanan dapat berubah menjadi “paket gagal dikirim”.

Jadi, arti percobaan pengiriman paket gagal di Shopee adalah paket Shopee akan dikirimkan ke lokasi-mu namun gagal akibat pengiriman dibatalkan karena penerima mengambil sendiri paket di DP (Drop Point).

Pembeli Menolak Menerima Paket

Pembeli yang menolak menerima paket saat kurir sampai juga dapat menjadi penyebab kenapa paket Shopee gagal di kirim.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Pembeli Menolak Paket

Umumnya hal tersebut terjadi ketika pembeli melakukan pembayaran Cash On Delivery (COD) / bayar di tempat sehingga pengiriman gagal dilakukan.

Oleh karena itu, pastikan kamu memahami SOP dalam pembelian Shopee sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih saat checkout.

Nomor Telepon Penerima Tidak Aktif

Selain karena salah alamat, percobaan pengiriman paket gagal penerima tidak dapat dihubungi sering terjadi karena Nomor HP penerima yang terdapat di kemasan paket salah atau tidak aktif atau salah sehingga pengiriman dianggap gagal.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Nomor HP Pembeli Tidak Aktif

Contohnya saja ketika kurir tidak dapat menemukan alamat penerima, umumnya kurir akan menelpon pembeli.

Akan tetapi, jika ternyata nomor HP salah atau tidak aktif, maka paket Shopee akan dikembalikan ke Drop Point.

Pengiriman Overload

Selain beberapa hal di atas, penyebab status pengiriman gagal di aplikasi Shopee juga disebabkan karena pihak ekspedisi sedang mengalami penumpukan pengiriman (overload).

Umumnya, keadaan ini terjadi pada event – event tertentu. Contohnya ketika harbolnas, mendekati lebaran, ataupun hari-hari besar lainnya.

Salah Kirim Paket

Munculnya notifikasi percobaan pengiriman paket gagal di aplikasi Shopee juga disebabkan karena kurir salah membawa paket sehingga paket dikirimkan kembali ke Drop Point menunggu penggantian paket sebelum dikirimkan kembali ke pembeli.

Kesalahan ini biasanya terjadi karena paket di Drop Point menumpuk sehingga membuat kurir salah pick up paket yang seharusnya diantarkan ke alamat penerima.

Permintaan Perubahan Waktu Pengiriman Oleh Pembeli

Selain masalah yang kerap timbul di kantor Ekspedisi, biasanya juga ada sebagian pembeli yang meminta agar paket tidak dibawa kurir. Hal ini terjadi karena biasanya pembeli sedang tidak ada di alamat penerima.

Oleh sebab itu, paket yang seharusnya masuk jadwal pengiriman berubah status menjadi gagal karena paket tidak jadi dikirimkan ke alamat pembeli.

Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Jika kamu mengalami masalah pengiriman paket Shopee gagal, ada beberapa cara yang efektif untuk mengasinya. Berikut rangkuman solusi atasi percobaan pengiriman paket gagal di aplikasi Shopee :

Penyebab Pengiriman Paket Gagal Solusi
✅ Melewati Jam Operasional ⭐ Tunggu paket dikirim esok hari
✅ Penerima Paket Tidak Ada Di Rumah ⚡ Hubungi Drop Point Ekspedisi
✅ Jadwal Pengiriman Berubah ⭐ Tunggu paket dikirim kembali
✅ Alamat Penerima Tidak Ditemukan ⚡ Pastikan alamat pengiriman benar
✅ Paket Telah Di Ambil Di Drop Point ⭐ Tanyakan siapa penerima paket
✅ Pembeli Menolak Menerima Paket ⚡ Konfirmasi ke seller / penjual
✅ Nomor Telepon Penerima Tidak Aktif ⚡ Pastikan nomor HP selalu aktif
✅ Pengiriman Overload ⭐ Pastikan jadwal pengiriman paket
✅ Salah Kirim Paket ⚡ Hubungi jasa pengiriman
✅ Permintaan perubahan waktu oleh pembeli ⚡ Konfirmasi perubahan waktu pengiriman ke kurir

Berikut cara mengatasi percobaan pengiriman paket gagal di Shopee berdasarkan rangkuman diatas :

Tunggu Paket Dikirim Oleh Kurir

Sebenarnya percobaan paket pengiriman gagal bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Artinya paket akan tetap dikirim ke alamat kamu ke-esokan harinya.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah menunggu kurir mengantarkan pesanan kamu. Jika paket sudah kamu teriman, maka otomatis status pesanan di Shopee akan berubah menjadi “diterima”.

Ambil Paket Di Drop Point

Jika paket tidak dikirim juga ke-esokan harinya, kamu bisa mengambilnya sendiri di Gudang atau Drop Point ekpedisi yang kamu pilih. Biasanya paket ada di Gudang terdekat dengan alamat-mu.

Saat mengambil paket, pastikan kamu mengetahui nomor resi pengiriman dengan melihatnya di status pengiriman Shopee. Pastikan pula kamu membawa KTP sebagai tanda pengenal.

Cek Posisi Paket

Terakhir, kamu bisa memastikan posisi paket Shopee dengan melacak status pengiriman melalui situs cekresi.com.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Cek Posisi Paket Lewat Cekresi

Dengan mengetahui posisi paket, tentunya kamu dapat memperkirakan kapan paket Shopee akan diantar ke tempat-mu.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Apakah Akan Dikirim Kembali?

Jika terjadi masalah saat pengiriman pesanan maka percobaan pengiriman paket akan dikirim kembali bergantung pada kebijakan toko atau layanan pengiriman yang terlibat.

Percobaan pengiriman paket gagal akan dilakukan kembali hari berikutnya karena alamat penerima tidak valid atau tidak lengkap, jika alamat telah diperbaiki maka paket akan dikirimkan kembali.

Percobaan pengiriman paket gagal kemasan dalam luar paket tidak sesuai dengan prosedur maka penjual harus berkoordinasi dengan layanan pengiriman untuk mengajukan klaim asuransi, jika asuransi pengiriman telah diberlakukan.

Jika klaim disetujui, maka dapat ada pengiriman ulang atau pengembalian dana kepada pembeli.

Jika penerima tidak ada di tempat saat pengiriman pertama kali dilakukan, kurir akan meninggalkan pemberitahuan atau berusaha menghubungi penerima untuk menjadwalkan pengiriman ulang.

Jika penerima menolak untuk menerima paket, kemungkinan pengiriman ulang akan tergantung pada alasan penolakan.

Jika penolakan terjadi karena isi paket rusak atau tidak sesuai, penjual dapat menawarkan pengembalian atau mengganti produk sebelum mengirimkan ulang.

Namun, jika penerima hanya menolak tanpa alasan yang jelas, pengiriman ulang mungkin tidak dilakukan.

Penutup

Jadi dapat disimpulkan bahwa maksud percobaan pengiriman paket gagal di Shopee adalah paket sedang diantar ke alamat penerima namun gagal karena alamat tidak jelas, nomor HP tidak aktif atau pengiriman telah melewati jam operasional sehingga paket Shopee dikembalikan ke Drop Point.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Di Shopee

Tidak perlu khawatir karena Shopee akan mengganti pesanan jika ternyata paket hilang atau tidak sampai dengan menghubungi CS Shopee lewat halaman Pusat Bantuan.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.