Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

√ 8 Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

3 min read

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Pengiriman paket Shopee gagal? Tenang, kamu harus mengetahui penyebab percobaan pengiriman paket gagal di Shopee terlebih dahulu dahulu. Yuk, simak ulasan berikut ini !

Para pecinta belanja online tentu sudah mengenal aplikasi Shopee. Ya, Shopee adalah salah satu tempat belanja online terpopuler dan perbesar di Indonesia.

Sebagai Marketplace belanja online terbaik di Indonesia, Shopee hadir untuk memudahkan setiap penggunanya membeli ataupun menjual produk.

Ketika menggunakan aplikasi ini, maka setiap orang bisa membeli produk yang mereka butuhkan dari rumah hanya lewat satu aplikasi. Hal itu karena Shopee mendukung pengiriman paket lewat jasa ekspedisi / pengiriman barang.

Kenapa Pengiriman Paket Shopee Gagal?

Karena digunakan oleh hampir 27 juta pengguna aktif, terkadang terdapat beberapa kendala yang dialami pengguna saat proses pengiriman paket pesanan.

Ya, salah satunya pengiriman paket gagal di Shopee.

Pengiriman paket Shopee gagal disebabkan oleh beberapa faktor seperti keterlambatan pengiriman, paket Shopee hilang atau dikembalikan karena masalah pada ekspedisi atau karena alamat pengiriman yang tidak jelas.

Paket gagal di kirim tentunya tidak di-inginkan baik oleh pembeli maupun penjual.

Namun pada kenyataannya tetap saja banyak customer yang mengeluh mengalami kendala saat menunggu pengiriman pesanan.

Penyebab Pengiriman Paket Gagal Di Shopee

Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan percobaan pengiriman paket mengalami kegagalan. Berikut 9 penyebab pengiriman paket gagal di Shopee yang paling sering terjadi :

1. Melewati Jam Operasional

Tahukah kamu, hampir 78% kendala percobaan pengiriman paket Shopee gagal disebabkan karena paket pesanan Shopee sudah sampai drop point namun pengiriman telah melewati jam operasional.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Pengiriman Lewat Jam Operasional

Pada dasarnya setiap jasa pengiriman memiliki jam operasional pengiriman, biasanya jam operasional akan berakhir pada pukul 16.00. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadinya pada saat pengiriman paket.

Kamu hanya perlu menunggu status pesanan tersebut sampai berubah menjadi “Paket sedang diantarkan ke alamat penerima”.

Dengan begitu, pesanan akan diantarkan ke alamat penerima pada hari yang sama ketika status paket sudah berubah.

2. Penerima Paket Tidak Ada Di Rumah

Penerima paket tidak ada dirumah juga dapat menyebabkan percobaan pengiriman paket oleh kurir gagal di Shopee.

Kurir yang mengantarkan paket umumnya akan mengatasinya dengan cara berbeda – beda sesuai dengan keputusan mereka sendiri.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Penerima Tidak Ada Ditempat

Contohnya seperti menaruh di depan rumah kemudian menyembunyikannya di suatu tempat, menitipkan ke tetangga kamu, hingga menunda pengiriman.

Apabila terjadi penundaan pengiriman, maka status pesanan akan berubah menjadi “pengiriman paket Shopee gagal” dan akan dikirimkan ke-esokan harinya.

3. Jadwal Pengiriman Berubah

Hal ini memang tidak banyak terjadi akan tetapi bisa saja beberapa kurir menghubungi si penerima terlebih dahulu sebelum mengantarkan paketnya.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Jadwal Pengiriman Berubah

Tindakan ini dimaksudkan agar pengiriman tidak terjadi beberapa kali. Terutama pada saat penerima tidak sedang berada di tempat.

Ketika melakukan perjanjian tersebut, maka tentu tidak heran jika terdapat status percobaan pengiriman paket gagal. Hal ini disebabkan karena jadwal pengiriman sudah di-reschedule dengan penerima.

4. Alamat Penerima Tidak Ditemukan

Pada dasarnya, kurir ekspedisi menggunakan alamat yang tertera pada paket sebagai acuan dalam menentukan lokasi pengiriman.

Namun jika alamat pengiriman tidak jelas atau tidak ditemukan dapat menyebabkan percobaan pengiriman paket gagal pada aplikasi Shopee.

Oleh karena itu, pada pastikan alamat benar saat checkout di aplikasi Shopee untuk memudahkan kurir menemukan lokasi-mu. Selain itu, pastikan pula nomor HP kamu aktif agar kurir dapat menghubungi-mu jika memang alamat tidak jelas.

5. Paket Telah Di Ambil Di Drop Point

Apabila paket kamu tidak kunjung datang karena kurir sulit menemukan alamat tujuannya, maka tidak ada salahnya apabila mengambilnya langsung ke Drop Point (DP).

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Paket Sudah Di Ambil Di DP

Jika paket sudah di ambil di Drop Point / Gudang ekpedisi, maka status pesanan dapat berubah menjadi “paket gagal dikirim”.

Jadi, arti percobaan pengiriman paket gagal di Shopee adalah paket Shopee akan dikirimkan ke lokasi-mu namun gagal akibat pengiriman dibatalkan karena penerima mengambil sendiri paket di DP (Drop Point).

6. Pembeli Menolak Menerima Paket

Pembeli yang menolak menerima paket saat kurir sampai juga dapat menjadi penyebab kenapa paket Shopee gagal di kirim.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Pembeli Menolak Paket

Umumnya hal tersebut terjadi ketika pembeli melakukan pembayaran Cash On Delivery (COD) / bayar di tempat sehingga pengiriman gagal dilakukan.

Oleh karena itu, pastikan kamu memahami SOP dalam pembelian Shopee sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih saat checkout.

7. Nomor Telepon Penerima Tidak Aktif

Selain karena salah alamat, percobaan pengiriman paket gagal Shopee Express disebabkan juga karena Nomor HP penerima yang terdapat di kemasan paket salah atau tidak dapat dihubungi.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Nomor HP Pembeli Tidak Aktif

Contohnya saja ketika kurir tidak dapat menemukan alamat penerima, umumnya kurir akan menelpon pembeli.

Akan tetapi, jika ternyata nomor HP salah atau tidak aktif, maka paket Shopee akan dikembalikan ke Drop Point.

8. Pengiriman Overload

Selain beberapa hal di atas, penyebab status pengiriman gagal di aplikasi Shopee juga disebabkan karena pihak ekspedisi sedang mengalami penumpukan pengiriman (overload).

Baca Juga : 10 Cara Mencairkan Shopee PayLater Ke Rekening Bank [99% Berhasil]

Umumnya, keadaan ini terjadi pada event – event tertentu. Contohnya ketika harbolnas, mendekati lebaran, ataupun hari-hari besar lainnya.

Cara Mengatasi Pengiriman Paket Shopee Gagal

Jika kamu mengalami masalah pengiriman paket Shopee gagal, ada beberapa cara yang 99% efektif untuk mengasinya. Berikut cara mengatasi pengiriman paket gagal di Shopee :

1. Tunggu Paket Dikirim Oleh Kurir

Sebenarnya percobaan paket pengiriman gagal bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Artinya paket akan tetap dikirim ke alamat kamu ke-esokan harinya.

Baca Juga : 12 Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Terbukti Berhasil

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah menunggu kurir mengantarkan pesanan kamu. Jika paket sudah kamu teriman, maka otomatis status pesanan di Shopee akan berubah menjadi “diterima”.

2. Ambil Paket Di Drop Point

Jika paket tidak dikirim juga ke-esokan harinya, kamu bisa mengambilnya sendiri di Gudang atau Drop Point ekpedisi yang kamu pilih. Biasanya paket ada di Gudang terdekat dengan alamat-mu.

Baca Juga : 10 Penyebab Shopee Tidak Bisa Buat Pesanan

Saat mengambil paket, pastikan kamu mengetahui nomor resi pengiriman dengan melihatnya di status pengiriman Shopee. Pastikan pula kamu membawa KTP sebagai tanda pengenal.

3. Cek Posisi Paket

Terakhir, kamu bisa memastikan posisi paket Shopee dengan melacak status pengiriman melalui situs cekresi.com.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal Di Shopee
Cek Posisi Paket Lewat Cekresi

Dengan mengetahui posisi paket, tentunya kamu dapat memperkirakan kapan paket Shopee akan diantar ke tempat-mu.

Penutup

Jadi dapat disimpulkan bahwa maksud percobaan pengiriman paket gagal di Shopee adalah paket sedang diantar ke alamat penerima namun gagal karena alamat tidak jelas, nomor HP tidak aktif atau pengiriman telah melewati jam operasional sehingga paket Shopee dikembalikan ke Drop Point.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Di Shopee

Tidak perlu khawatir karena Shopee akan mengganti pesanan jika ternyata paket hilang atau tidak sampai dengan menghubungi CS Shopee lewat halaman Pusat Bantuan.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.