√ 8 Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin : Kesehatan / Ketenagakerjaan

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin

Mahirtransaksi.com – Apakah bisa membayar BPJS tanpa harus ke kantor BPJS? Bisa dong. Gunakan aplikasi bayar BPJS tanpa admin berikut ini untuk membayar tagihan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, pastinya mudah dan praktis !

Bagi kamu peserta mandiri BPJS Kesehatan, wajib untuk membayar iuran setiap bulan agar dapat menggunakan layanan serta fasilitas kesehatan.

Dalam hal ini, kamu bisa membayar iurannya melalui aplikasi maupun datang langsung ke kantor BPJS terdekat dari tempat tinggalmu.

Apa Itu BPJS?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS adalah lembaga khusus yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi masyarakat, PNS serta pegawai swasta.

Program ini mulai diselenggarakan pada tahun 2014 melalui dasar hukum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011.

Salah satu program yang diadakan oleh BPJS adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

JKN diselenggarakan melalui sistem asuransi, yang mengharuskan masyarakat wajib membayar iuran dalam jumlah ringan sebagai tabungan untuk biaya perawatannya ketika sakit di masa depan.

Keuntungan Memiliki BPJS

Memiliki BPJS pastinya memiliki keuntungan tersediri bagi kamu. Iuran yang kamu bayarkan sebagai tagihan BPJS kesehatan maupun BPJS ketenagakerjaan nantinya dapat digunakan ketika kamu membutuhkan dana darurat.

Mungkin beberapa orang masih bertanya-tanya, kenapa penting dan harus menggunakan BPJS? Tentu saja BPJS memiliki banyak kegunaan dalam berbagai hal, salah satunya untuk aktivitas peralihan hak tanah atau kepemilikan rumah yang memang harus memiliki BPJS Kesehatan.

Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki BPJS :

1. Biaya Berobat Ditanggung BPJS

Saat ini kurang lebih ada 155 penyakit yang diketahui dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga dapat menanggung ibu hamil.

Jika kamu seorang ibu hamil dan ingin melahirkan normal, maka BPJS akan menanggung penuh. Selain itu, operasi caesar dengan syarat untuk kebutuhan medis atau rekomendasi dokter juga dapat ditanggung oleh BPJS

2. Iuran Bulanan Terjangkau

Iuran bulanan ini adalah tagihan yang biasa kamu bayarkan melalui aplikasi bayar BPJS. Jika kamu merupakan seorang PNS, TNI/POLRI, Pejabat Negara, Pegawai Pemerintahan, dan Pegawai Swasta, akan langsung terbayar melalui pemotongan gaji.

Sedangkan untuk peserta BPJS Kesehatan Mandiri terbagi menjadi beberapa golongan, yang mana setiap kelas memiliki biaya dan ruang perawatan yang berbeda.

3. Metode Pembayaran Yang Mudah

Untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan Mandiri ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja. Selain melalui aplikasi online, kamu juga bisa membayar melalui Kantor BPJS Kesehatan, via ATM, Indomaret, Alfamart, dan loket pembayaran multi tagihan.

Namun agar lebih menghemat waktu dan lebih mudah, kamu dapat menggunakan layanan aplikasi bayar BPJS. Cukup melalui smartphone dan jaringan internet, kamu bisa membayar BPJS dari mana saja.

4. Mudah Menjadi Peserta BPJS

Biasanya asuransi swasta membutuhkan hasil medical check up dari para calon nasabah, untuk mengetahui kondisi kesehatan calon peserta tersebut.

Melalui hasil medical check up ini dapat digunakan sebagai acuan penentuan premi yang harus dibayarkan. Namun untuk BPJS, kamu tidak membutuhkan hal tersebut.

BPJS Kesehatan juga tidak menentukan tarif premi dan tidak membutuhkan hasil medical check up. Kamu hanya cukup memilih kelas kamar yang diinginkan, kemudian iuran akan menyesuaikan dengan pilihan kelas kamar tersebut.

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah perusahaan asuransi yang menyediakan perlindungan kesehatan. 

Karena bersifat asuransi, maka kamu wajib membayar tagihan biaya setiap bulannya. Biaya iuran ini berbeda – beda tergantung kelas BPJS yang kamu miliki.

Uniknya, sekarang kamu dapat membayar tagihan BPJS lewat aplikasi. Berikut rekomendasi aplikasi bayar BPJS tanpa Admin yang dapat kamu coba :

1. Mobile JKN – Bayar BPJS Kesehatan

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Mobile JKN

Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah salah satu aplikasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan.

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan kamu mendapatkan pelayanan kesehatan secara praktis dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet.

Tentunya kamu bisa melakukan pembayaran BPJS melalui aplikasi ini dengan sistem autodebet, atau secara otomatis tagihan akan langsung terbayarkan melalui saldo di rekening bank atau nonbank yang sudah kamu daftarkan.

Jadi kamu tidak akan lupa untuk membayar tagihan khususnya BPJS setiap bulannya. Jika kamu ingin menerapkan sistem autodebet melalui aplikasi mobile JKN, berikut panduannya :

  • Unduh aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
  • Login atau membuat akun terlebih dahulu.
  • Pilih fitur Menu Lainnya.
  • Klik Pendaftaran Auto Debit.
  • Kemudian kamu dapat memilih Pindah Kanal Auto Debit.
  • Klik Saya Setuju.
  • Setelah itu kamu dapat memilih metode pembayaran yang akan digunakan, seperti Bank BCA, Mandiri, BTN, atau BRI. Selain itu aplikasi ini menyediakan layanan non bank seperti kartu debit, kartu kredit, atau i.Saku.
  • Kamu dapat memberi ceklis Saya Setuju. Lalu pilih Selanjutnya.
  • Periksa terlebih dahulu tagihan iuran yang telah terdaftar pada akun kamu, kemudian pilih Daftar Auto Debit, dan isi data yang diminta, seperti nomor rekening serta nama pemilik rekening, dan nomor
  • Klik Daftar Auto Debit, dan masukkan kode OTP yang diberikan BPJS Kesehatan melalui nomor handphone
  • Verifikasi captcha, dan pilih Proses. Setelah itu, tagihan BPJS Kesehatan kamu akan secara otomatis terbayar tiap bulannya, melalui saldo dari rekening bank yang telah kamu daftarkan.

2. Payfazz – Bayar BPJS Online

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Payfazz

Payfazz adalah aplikasi pembayaran BPJS online untuk mencatat transaksi dan menyediakan berbagai fitur untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS kesehatan maupun ketenagakerjaan.

Kamu dapat melakukan pembelian token PLN, pulsa, membayar tagihan PDAM, hingga menjadi aplikasi bayar BPJS.

Kamu dapat mengunduh secara gratis aplikasi ini untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Seperti diketahui, jumlah iuran BPJS Kesehatan berbeda berdasarkan kelas, jadi sebelum membayar kamu bisa memeriksa kembali jumlah tagihan sudah sesuai atau belum.

Melalui aplikasi ini, kamu bukan bisa membayar saja melainkan juga dapat melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan. Untuk melakukan pembayaran pada aplikasi apapun, kamu harus menuliskan nomor peserta BPJS Kesehatan.

Cara pembayaran BPJS pada aplikasi ini juga cukup mudah. Setelah kamu membuka Payfazz, kamu dapat memilih menu BPJS pada bagian Pascabayar. Setelah itu kamu bisa memasukkan nomor peserta BPJS dan pilih Lanjut.

Kemudian kamu dapat memilih periode pembayaran yang diinginkan, serta tagihan pun akan keluar. Kamu bisa memilih metode pembayaran, dan lakukan proses pembayaran. 

3. Blibli

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Blibli

Blibli adalah salah satu e-commerce yang menjual berbagai macam produk kebutuhanmu sehari-hari. Selain itu, aplikasi blibli juga menyediakan berbagai fitur untuk pembayaran transaksi.

Layanan yang disediakan yaitu pembelian pulsa, token listrik PLN, pembayaran tagihan listrik PLN, tagihan air, Telkom, hingga BPJS. Caranya mudah, kamu dapat memilih menu BPJS Kesehatan, kemudian masukkan nomor peserta.

Nantinya kamu akan diberikan pilihan untuk metode pembayaran. Kamu bisa membayar melalui transfer ATM, internet banking, mobile banking, dan masih banyak lagi.

4. Livin’ By Mandiri

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Livin’ By Mandiri

Jika kamu tidak ingin mengunduh banyak aplikasi dan hanya memiliki mobile banking, tidak perlu khawatir lagi.

Sebab, aplikasi mobile banking milik Bank Mandiri ini memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai pembayaran.

Berikut cara membayar BPJS melalui Livin’ by Mandiri :

  • Masuk ke aplikasi Livin’ by Mandiri, pilih menu Bayar yang berada di halaman awal.
  • Klik BPJS, dan pilih jenis BPJS Kesehatan Keluarga.
  • Masukkan nomor virtual account, beserta periode bulan yang ingin kamu bayarkan.
  • Kemudian pilih Lanjutkan, setelah kamu periksa nominal pembayaran, klik Total.
  • Kamu dapat memasukkan PIN transaksi Livin’ by Mandiri, dan transaksi pun selesai!

5. BCA Mobile

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi BCA Mobile

Selain Bank Mandiri, aplikasi untuk membayar BPJS juga dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking milik Bank BCA. Fitur ini disediakan oleh mobile banking BCA agar lebih memudahkan kamu melakukan berbagai transaksi pembayaran.

Caranya, setelah kamu login  ke aplikasi kamu bisa langsung memilih fitur m-Payment, kemudian pilih BPJS Kesehatan.

Setelah memasukkan nomor peserta, nantinya akan muncul rincian tagihan beserta biaya admin yang harus kamu bayarkan. Kemudian pilih Kirim/Send, masukkan pin BCA mu.

6. Traveloka -Bayar BPJS Bebas Admin

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Traveloka

Selain m-Banking, kamu juga bisa membayar BPJS Kesehatan atau ketenagakerjaan tanpa biaya admin menggunakan aplikasi Traveloka. 

Traveloka merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan beberapa layanan seperti Tiket, pemesanan hotel maupun pemesanan guest house. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pembayaran tagihan salah satunya BPJS.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Pajak Online Resmi Di Seluruh Indonesia

Berikut cara membayar BPJS lewat aplikasi Traveloka :

  • Buka aplikasi Traveloka.
  • Cari dan pilih menu BPJS Kesehatan.
  • Masukan nomor kartu BPJS Kesehatan lalu pilih bulan yang kamu akan bayar.
  • Pilih Lanjutkan lalu akan muncul form identitas (Nama, No VA, jumlah total, bayar hingga, dan anggota keluarga yang jadi peserta BPJS)
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran (Kartu kredit Visa/Mastercard, ATM, Mandiri debit, dan Alfamart)
  • Terakhir pilih Bayar Sekarang.

7. Aplikasi Dana

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Dana

Membayar BPJS juga dapat dilakukan menggunakan e-wallet. Dana adalah adalah salah satu dompet digital yang menyediakan pembayaran BPJS.

Untuk membayar BPJS, kamu dapat memilih menu BPJS pada halaman Beranda aplikasi Dana.

Selanjutnya masukkan nomor kartu BPJS milikmu. Setelah muncul detail pembayaran, silahkan klik bayar lalu masukkan PIN Dana kamu untuk menyelesaikan pembayaran.

8. Mocipay – Bayar BPJS Gratis Admin

Aplikasi Bayar BPJS Tanpa Admin
Aplikasi Mocipay

Aplikasi pembayaran BPJS gratis biaya admin yang terakhir yang dapat kamu gunakan adalah Mocipay.

Mocipay sendiri adalah aplikasi PPOB yang menyediakan beragam tagihan salah satunya tagihan BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan.

Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftar akun Mocipay terlebih dahulu. Setelah itu, isi saldo Mocipay lalu klik menu BPJS di halaman beranda.

Baca Juga : 8 Aplikasi Bayar Pajak Motor Online : Cek / Bayar Pajak Kendaraan Resmi

Masukkan nomor BPJS lalu klik bayar tagihan untuk membayar iuran BPJS gratis tanpa biaya admin.

Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat menggunakan BPJS Kesehatan dan cara membayarnya. Semoga bermanfaat.

4.9/5 - (27 votes)
x