8 Aplikasi Bayar Pajak Motor Online : Cek / Bayar Pajak Kendaraan Resmi

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online

Mahirtransaksi.com Ingin membayar pajak motor tapi malas ke Samsat? Kini kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi bayar pajak motor online yang kami rekomendasikan dibawah ini !

Membayar pajak adalah salah satu kewajiban bagi warga Negara Indonesia. Untuk memudahkanmu dalam membayar pajak, kamu bisa menggunakan aplikasi resmi khusus untuk cek tagihan pajak serta membayarnya secara online.

Dengan menggunakan aplikasi, kamu dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya dibandingkan harus mengunjungi kantor Samsat terdekat dari lokasi-mu.

Manfaat Membayar Pajak Secara Online

Sebagai salah satu sumber utama pendapatan negara, pajak memiliki fungsi, yaitu:

  • Fungsi anggaran, yaitu berperan sebagai sumber anggaran atau tabungan dalam melaksanakan program pembangunan yang dilakukan negara, seperti pembangunan fasilitas kesehatan, transportasi, dan pendidikan.
  • Fungsi stabilitas, yaitu berperan sebagai penyeimbang situasi ekonomi negara. Seperti, semakin banyak penerimaan negara, maka semakin stabil pula perekonomian negara. Jika perekonomian stabil, maka tingkat inflasi menjadi rendah.
  • Fungsi mengatur, pajak memiliki peran sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan negara. Contohnya seperti tercapainya pertumbuhan ekonomi negara.
  • Fungsi redistribusi pendapatan, yaitu pajak yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memakmurkan masyarakat. Seperti, kesempatan wirausaha atau bertambahnya lapangan pekerjaan.

Setelah kamu mengetahui keempat fungsi dari pajak, kamu dapat melihat bahwa pajak memiliki banyak manfaat bagi negara dan masyarakat. Singkatnya, manfaat pajak yang dapat dirasakan bagi negara yaitu :

  • Untuk membiayai pengeluaran reproduktif yang berdampak langsung pada masyarakat. Seperti subsidi usaha atau program pengairan sawah
  • Untuk membiayai anggaran belanja negara
  • Untuk membiayai pengeluaran yang bersifat tidak self liquiditing, seperti objek rekreasi
  • Membiayai pengeluaran tidak produktif seperti pertanahan, infrastruktur, lingkungan hidup, budaya, pemilu, dan keamanan negara.

Sedangkan, manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat yaitu :

  • Masyarakat dapat melakukan segala aktivitas dengan mudah. Jika memiliki NPWP biasanya kamu akan lebih mudah melakukan suatu aktivitas, seperti salah satu syarat untuk melakukan pinjaman.
  • Masyarakat dapat menikmati kemudahan dalam berusaha.
  • Masyarakat memiliki peluang besar untuk berkembang melalui pendidikan dan ketersediaan lapangan kerja dan usaha
  • Melindungi masyarakat dari produksi luar negeri agar dapat lebih bersaing di dalam negeri. Seperti pemberlakuan pajak impor.
  • Masyarakat dapat menikmati kebijakan pemerintah dalam kondisi genting, seperti subsidi atau bantuan sosial.

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online

Jika membayar pajak secara online kamu akan terhindar dari keterlambatan pembayaran. Dengan menggunakan aplikasi resmi milik pemerintah ini, maka pembayaran pajak motor dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Namun, sebelum membayar pajak motor menggunakan aplikasi, kamu harus memastikan aplikasi yang kamu gunakan resmi dan terpercaya.

Berikut aplikasi bayar pajak motor online yang resmi dan terpercaya yang dapat kamu gunakan :

1. Aplikasi SIGNAL – Samsat Digital Nasional

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online
Aplikasi SIGNAL

SIGNAL adalah samsat digital nasional, suatu aplikasi yang dapat membantu kamu membayar pajak kendaraan bermotor secara aman dan mudah. Aplikasi ini dikembangkan oleh Korlantas Polri (Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia).

Kamu dapat membayar pajak kendaraan dari mana saja tanpa harus mendatangi kantor Samsat. Bukti pembayaran pajak kendaraan kamu akan dikirim langsung sesuai dengan alamat pemilik kendaraan.

Berikut cara bayar pajak motor online menggunakan aplikasi Signal :

  • Unduh aplikasi Signal di Playstore atau Appstore.
  • Buka aplikasi Signal lalu klik ikon foto produk untuk mulai daftar.
  • Isi data identitas diri seperti NIK KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat email aktif, dan nomor ponsel aktif.
  • Buat kata sandi untuk akun Signal, untuk kemudian masukkan lagi untuk mengonfirmasi.
  • Setelah itu, lakukan verifikasi KTP dan wajah.
  • Masukkan foto KTP.
  • Ambil foto selfie untuk melakukan verifikasi wajah biometric.
  • Aplikasi Signal akan mengirim pesan yang berisi kode OTP ke nomor ponsel kemudian masukkan kode OTP tersebut.
  • Verifikasi ulang akun Signal dengan klik tautan yang dikirimkan ke e-mail.
  • Setelah itu, daftarkan pula kendaraan yang kamu miliki untuk cek pajak yang harus dibayarkan.
  • Setelah data kendaraan lengkap, akan muncul detail tagihan pajak yang harus kamu bayarkan.

Jika kamu lupa atau terlambat, maka pembayaran pajak melalui SIGNAL masih dapat dilakukan hingga 2 bulan setelah jatuh tempo. Sangat menguntungkan bukan?

2. HiPajak – Cek Pajak Motor Online

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online
Aplikasi HiPajak

Jika kamu ingin membayar pajak kendaraan bermotor secara online, kamu dapat mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional atau HiPajak. Sebelum membayar, kamu dapat menyiapkan beberapa berkas dan mendaftar terlebih dahulu.

Kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi dan data penting seperti nomor polisi kendaraan, nomor polisi yang tertera di STNK, serta 5 digit nomor rangka kendaraan terakhir. Langkah selanjutnya, kamu akan mendapatkan kode bayar.

Proses pembayaran dapat kamu lakukan melalui internet banking atau via ATM, hingga e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak. Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan mendapat E-TBPKB dan bukti pengesahan STNK melalui e-mail.

TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan kamu dapatkan secara fisik dalam beberapa waktu kemudian. Karena pihak Samsat akan mengirimkan ke alamat yang tertera di STNK, proses pengiriman kurang lebih sekitar 7 hari.

3. Sambara – Cek Dan Bayar Pajak Kendaraan Resmi

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online
Aplikasi SAMBARA

Sambara adalah salah satu aplikasi yang dapat kamu pilih jika ingin membayar pajak kendaraan secara online. Selain untuk pembayaran pajak, kamu juga dapat mengetahui lokasi-lokasi Samsat di seluruh wilayah Jawa Barat.

Untuk membayar, kamu dapat memilih “Info PKB” dalam aplikasi Sambara, kemudian menulis nomor polisi kendaraan, dan klik cari. Nantinya kamu akan ditampilkan besaran jumlah pajak yang harus kamu bayar.

Kemudian kamu dapat memilih “Lanjut Daftar Online”, dan mengisi nomor KTP pemilik kendaraan, serta 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan yang bisa dilihat di STNK. Lalu kamu pilih proses, nantinya kamu akan mendapatkan kode bayar, deh.

Keuntungan Membayar Pajak Motor Online Lewat Aplikasi

Sebelum hadirnya layanan aplikasi membayar pajak secara online, pembayaran pajak kendaraan bermotor menjadi hal yang cukup memakan banyak waktu dan rumit.

Sehingga, hadirnya aplikasi ini dapat lebih memudahkan kamu untuk menghemat waktu dan terhindar dari adanya denda keterlambatan.

Apa saja keuntungan membayar pajak motor online dengan menggunakan aplikasi? 

1. Efektif Dan Efisien

Waktu adalah hal terpenting dalam keseharianmu, khususnya jika kamu berada di kota-kota besar di Indonesia. Maka dari itu, manajemen waktu yang baik dapat menjaga produktivitas secara optimal.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menunaikan kewajibanmu tanpa harus menyita waktu dalam aktivitas keseharian. Karena kamu dapat membayar pajak kendaraan kapan saja dan di mana saja.

Melalui sistem bayar pajak motor secara online ini, kamu hanya membutuhkan data seperti NIK, KTP, dan nomor polisi kendaraan. 

2. Data Kendaraan Lengkap

Ketika kamu menggunakan aplikasi membayar pajak kendaraan, kamu akan memasukkan data diri beserta kendaraan. Sehingga nantinya akan muncul informasi lengkap mengenai kendaraan yang kamu miliki.

Selain informasi terkait kendaraan, jumlah tagihan juga tertera di dalamnya. Jadi secara otomatis informasi data yang akan kamu cari akan muncul secara lengkap.

3. Pembayaran Pajak Secara Online

Karena menggunakan aplikasi secara online, tentunya kamu akan dimudahkan dengan melakukan proses pembayaran secara online pula.

Biasanya dalam tiap aplikasi akan menawarkan beberapa pilihan atau metode pembayaran, seperti mobile banking, internet banking, via ATM, hingga marketplace.

Baca Juga : 8 Aplikasi Cek Uang Palsu Atau Asli Di Android / iOS

Namun yang harus kamu perhatikan, jika ingin membayar melalui marketplace, pastikan terdapat layanan Samsat yang sesuai dengan regional kamu saat ini. Pilihlah marketplace terpercaya, ya!

4. Lebih Cepat dan Hemat

Melalui aplikasi online, tentunya proses pembayaran pajak kendaraan bermotor kamu akan jauh lebih cepat. Karena kamu dapat melakukan transaksi hanya dengan menggunakan jaringan internet dan smartphone.

Kamu juga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga jika menggunakan aplikasi online. Karena tidak perlu mendatangi kantor Samsat.

5. Lebih Akurat

Kamu dapat meminimalisir kesalahan saat input data yang biasa terjadi pada teller. Pada beberapa aplikasi, terdapat fitur berupa validation rules yang dapat meminimalisir kekeliruan saat proses transaksi.

Jadi dengan menggunakan aplikasi, entry data yang kamu lakukan akan lebih akurat, deh.

Selain prosesnya yang cukup memakan waktu dan rumit, banyak masyarakat yang menghindari pajak karena kurangnya literasi tentang fungsi membayar pajak.

Baca Juga : 7 Aplikasi Cek Sudah Vaksin Atau Belum Secara Online

Sedangkan pajak memiliki peran besar terhadap apa yang kamu nikmati saat ini, seperti jalan raya, hingga fasilitas umum lainnya.

Setelah kamu mengetahui manfaat membayar pajak dan kemudahan menggunakan aplikasi bayar pajak motor, usahakan jangan telat membayar, ya.

Semoga bermanfaat !

4.9/5 - (17 votes)
x