14 Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar Terbaik [Update 2022]

Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar

Mahirtransaksi.com Daftar aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar berikut ini bisa kamu coba untuk membantu proses belajar di rumah tanpa mengeluarkan uang.

Bagi siswa-siswi baik SD, SMP, SMA, maupun mahasiswa, belajar memang menjadi hal yang penting dan sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Hal yang dipelajari juga beragam sesuai mata pelajaran, seperti Matematika, bahasa Inggris, IPA, IPS, Fisika, Kimia, dan masih banyak lagi. Dalam mempelajarinya pun para siswa tentunya tidak bisa melakukannya sendiri.

Mereka pasti membutuhkan pengajar yang bisa mengajar atau menjelaskan materi agar proses belajar menjadi lebih cepat dan siswa mudah memahaminya.

Bisakah Bimbel Secara Online?

Banyak cara belajar yang bisa digunakan untuk siswa misalnya dengan mengikuti kursus belajar,  les, maupun bimbel baik secara online maupun offline.

Dengan begitu pun proses belajar mereka akan lebih terarah dan bisa mendapatkan penjelasan langsung dari guru yang mengajar les.

Namun sayangnya, biasanya les atau kursus bimbel baik secara online maupun offline sering tidak tersedia secara gratis, melainkan siswa harus membayar untuk les dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini tentunya cukup disayangkan karena tentunya tidak semua orang bisa membayar les tersebut.

Nah dengan bimbingan belajar secara online akan menghemat biaya belajar karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pergi ke tempat bimbel.

Cukup dengan Handphone atau laptop saja, kamu sudah bisa mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh pengajar atau mentor di aplikasi bimbel yang kamu pilih.

Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah tersedia aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar yang bisa kamu manfaatkan. Dengan menggunakannya, maka kamu bisa melakukan bimbel tanpa perlu memikirkan soal membayarnya.

Untuk proses belajarnya pun kamu hanya perlu menggunakan ponsel atau komputer saja serta bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun kamu berada, asalkan terdapat jaringan internet.

Oleh sebab itu, simak rekomendasi aplikasi bimbel gratis tanpa bayar berikut ini :

1. Google For Education

Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar
Aplikasi Google For Education

Siapa sich yang tidak paham dengan google? Sejak Covid-19 jadi perbincangan hangat di semua negara, google keluarkan sebuah feature yang mempermudah untuk belajar lewat cara online.

Aplikasi Google for education ini mempunyai beberapa service seperti chromebooks dan G-Suite.

Google menyengaja membuat aplikasi ini bisa dijangkau sekalinya sambungan internet rendah. Pasti ini benar-benar memberikan keuntungan untuk mereka yang sulit mencapai koneksi internet super kuat.

2. Bimbel SMART

Aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar yang pertama ini berisikan materi video untuk mata pelajaran seperti IPA, Matematika, Fisika, dan Kimia. Dalam video akan dijelaskan pembahasan materi dan soal untuk belajar.

Aplikasi ini ditujukan khusus untuk mempelajari materi seputar IPA. Guru yang menjelaskan materi juga guru terbaik dan berpengalaman.

Bimbel SMART memiliki beberapa kelebihan seperti :

  • Video pembahasan materi mudah dimengerti dan dapat diakses secara gratis.
  • Terdapat konsep dan pembahasan soal.
  • Materi yang disampaikan lengkap dan jelas.
  • Terdapat latihan soal yang bisa dikerjakan siswa.
  • Memiliki channel Youtube yang mengupload video sehingga bisa bebas diakses siapa saja.

Kekurangan Bimbel SMART :

  • Materi yang dijelaskan terlalu minim dan banyak ke soal.
  • Terkadang muncul iklan yang tidak bisa dilewati saat menonton video.
  • Materi yang tersedia hanya seputar IPA dan Matematika.
  • Video pembelajaran tidak bisa diunduh.

3. Media Belajar Online (MBO)

Aplikasi media belajar online bukan hanya sebagai media evaluasi tetapi aplikasi ini juga menyediakan video evaluasi, sangat cocok untuk kamu yang lebih suka belajar secara visual audio.

Materi yang disediakan juga beragam mulai dari jenjang SD hingga perkualiahan dengan banyak pilihan tutor yang tersedia di dalamnya.

4. Rumah Belajar

Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar
Aplikasi Rumah Belajar

Rumah belajar adalah salah satu aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar yang diluncurkan oleh Kemendikbud.

Di dalamnya terdapat banyak konten belajar yang bisa digunakan untuk pendidik maupun peserta didik dari berbagai jenjang,mulai dari PAUD, SD, maupun SMA/SMK.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bermanfaat untuk siswa. Misalnya yaitu terdapat fitur Sumber Belajar yang mana di dalamnya tersedia video pembelajaran, rangkuman materi, dan juga soal latihan.

Lalu terdapat BSE atau Buku Sekolah Electronic yang sesuai dengan standar pendidikan yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Buku ini juga bisa kamu download secara gratis lho.

Kemudian fitur lainnya yaitu terdapat Laboratorium Maya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan percobaan dalam bentuk simulasi yang hasilnya sudah akan disesuaikan dengan hasil percobaan yang sama.

Selain itu, masih ada banyak fitur lainya seperti Peta Budaya, Kelas Maya, Wahana Jelajah Angkasa, Bank Soal hinggga Pengembagan Keprofesian Berkelanjutan.

Aplikasi Rumah Belajar ini memiliki beberapa kelebihan yaitu :

  • Bisa diakses secara online maupun offline.
  • Memiliki penilaian yang menarik seperti tugas atau kuis.
  • Materi disajikan dengan menarik dan lengkap sehingga mudah dipahami.
  • Pada Bank Soal akan menampilkan nilai yang diperoleh oleh siswa sehingga bisa semakin menantang.
  • Soal yang dikerjakan memiliki pembahasan sehingga bisa dipahami siswa.
  • Bisa mengunduh buku elektronik.

Rumah Belajar juga memiliki kekurangan seperti :

  • Semua materi belum tersedia.
  • Pilihan buku elektronik yang bisa di download terbatas.
  • Jumlah percobaan masih terbatas.
  • Tidak semua budaya di setiap provinsi disajikan.

5. Sekolahmu

Aplikasi Sekolahmu dapat kamu gunakan sebagai aplikasi belajar tanpa batasan yang dapat dijangkau untuk siswa.

Keunggulan pada aplikasi ini ada tool streaming langsung, di mana disitu kita dapat belajar langsung. Sudah pasti streaming langsung bisa dilihat sesuai tingkatan pengajaran pemakai.

Cukup satu aplikasi dapat untuk terhubung tingkatan pengajaran yang lain. Oh ya, rupanya aplikasi sekolahmu tawarkan beberapa aplikasi kurikulum sama sesuai keperluan loh.

6. Aku Pintar

Aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar ini bisa membantu kamu untuk memenuhi semua kebutuhan pendidikan. Aplikasi ini memiliki video pembelajaran, latihan soal dan pembahasannya, try out UN, PKN STAN, dan SBMPTN.

Konten belajar yang disediakan juga mulai dari jenjang pendidikan SMP SMA dengan kurikulum nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, Aku Pintar juga menyediakan info tentang beasiswa kuliah terbaru. Kemudian terdapat pula fitur Cari Kampus yang memuat penjelasan tentang berbagai kampus di Indonesia.

Kamu juga bisa mencari jurusan kuliah dan membandingkan aplikasi studi atau produk antar kampus di Indonesia sehingga bisa membantu dalam menemukan kampus yang terbaik untuk kamu.

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan tes minat bakat yang bisa digunakan untuk membantu kamu dalam menentukan jurusan saat akan masuk SMA maupun untuk membantu memilih jurusan atau aplikasi studi saat hendak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Dengan begini pun siswa tidak akan salah memilih jurusan dan benar-benar mengambil jurusan yang sesuai dengan minatnya.

Aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar Aku Pintar memiliki kelebihan yaitu :

  • Memberikan tes minat bakat secara gratis dan dikemas dalam tampilan yang interaktif.
  • Mudah diakses dan menyenangkan.
  • Pembahasan materi lengkap dan mudah dimengerti.
  • Banyak latihan soal untuk berbagai jenjang.
  • Siswa bisa berinteraksi langsung dengan siswa lain dan mentor.
  • Terdapat rekomendasi jurusan sesuai hasil tes minat dan bakat.
  • Bisa mengkonsultasikan masalah bersama konselor terbaik.

Aku Pintar juga memiliki kekurangan yaitu :

  • Terkadang server lemot.
  • Soal di setiap materi tidak terlalu banyak.
  • Terkadang koreksi jawaban soal salah.

7. Kippin School

Aplikasi belajar dalam rumah yang dapat kamu gunakan secara gratis berikutnya adalah aplikasi Kipin School. Materi evaluasi ditujukan untuk pelajar tingkatan SD sampai SMA/K.

 Aplikasi ini bukan hanya memberi materi evaluasi saja tetapi juga memberi mekanisme ujian dan contoh – contoh soal. Jumlah materi evaluasi yang dapat diunduh ada beberapa ratus buku yang diedarkan oleh kemendikbud.

Kelebihan kipin school ini ialah, dibarengi latihan masalah untuk menghitung kapabilitas proses evaluasi.

8. IndonesiaX

Aplikasi ini salah satunya aplikasi yang telah ada semenjak 2015 lalu. Ide aplikasi ini ialah mekanisme pelatihan.

Dalam aplikasi ini lebih banyak beberapa pelatih terbaik yang hendak memberi pelatihan belajar. Oh ya, pelatihan ini memiliki sifat gratis, maksudnya tidak lain usaha kurangi disparitas dan ketimpangan saat belajar.

9. Duolingo

Aplikasi bimbel online gratis ini bisa kamu gunakan untuk mempelajari Bahasa Inggris dan bahasa asing lain.

Dengan aplikasi ini kamu bisa belajar langsung bersama dengan penutur asli bahasa tersebut melalui video maupun streaming video sehingga kamu bisa mengetahui cara baca beserta logatnya.

Untuk mengasah kemampuan penggunanya, aplikasi ini juga menyediakan latihan membaca, menerjemahkan dan mendengar bahasa asing yang sudah dipelajari.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Tagihan Tanpa Biaya Admin [PLN, Air, TV Dll]

Terdapat pula soal latihan berupa pilihan ganda dengan penilaian langsung sehingga kamu bisa mengetahui jawaban salah atau benar.

Aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar ini memiliki kelebihan seperti :

  • Pembelajaran seru dan menyenangkan karena disertai dengan gambar sehingga tidak membosankan.
  • Bisa mempelajari berbagai bahasa asing.
  • Pembelajaran mudah dimengerti.
  • Memiliki sistem peringkat mingguan sehingga menambah semangat belajar.
  • Tidak ada iklan yang mengganggu.
  • Memiliki dark mode sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Kekurangan Duolingo :

  • Hanya bisa digunakan secara online dan tidak bisa secara offline.
  • Terkadang suara dari aplikasi menghilang.
  • Kurangnya penjelasan tentang suatu kalimat.

10. Meja Kita

Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar
Aplikasi Meja Kita

Sudah pasti tiap aplikasi mempunyai keunggulan masing-masing. Satu diantaranya aplikasi Meja Kita yang bisa kamu pasang di android  karena aplikasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai aplikasi komunitas belajar online.

Pas sekali untuk kamu yang mempunyai jiwa berorganisasi dan sukai lakukan dialog. Selain itu, kamu bisa juga ajukan pertanyaan atau lakukan bertanya jawab.

Segmentasi yang dapat manfaatkan aplikasi ini memiliki tingkat pendidikan mulai dari tingkatan SD, SMP sampai SMA/K.

11. Icando

Pernah dengar Aplikasi belajar Icando? Aplikasi ini salah satunya aplikasi bimbel online gratis yang direferensikan oleh Kemendikbud.

Aplikasi Icando aplikasi evaluasi yang dipakai memakai aplikasi kurikulum 2013 yang telah dikoreksi dan diperkembangkan secara mendalam.

Salah satunya hal yang memikat pada aplikasi ini sediakan minigames, di mana minigames ini menolong memaksimalkan semangat belajar.

12. Quipper School

Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar
Aplikasi Bimbel Online Gratis Tanpa Bayar

Aplikasi Quipper School dapat disebut aplikasi yang inovatif. Sama dengan aplikasi belajar yang lain, aplikasi ini konsentrasi di proses belajar mengajarkan.

Keunggulan yang lebih ditonjolkan semakin banyak berpihak pada pihak gurunya. Karena di sini guru dapat memandang dan menghitung kekuatan atau kekurangan-kelebihan dari pelajar tersebut.

14. Cerebrum

Aplikasi cerebrum ialah aplikasi belajar online gratis yang dapat kamu gunakan sebagai tempat evaluasi, mempunyai beberapa penawaran lain, seperti tryout, consultation, rasionalisasi, informasi dan penjurusan.

Di aplikasi ini kamu dapat menemukan materi – materi dengan beragam pilihan yang dapat kamu akses secara gratis tanpa harus membayar biaya sedikitpun.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi bimbel online gratis tanpa bayar yang bisa kamu gunakan. Dengan aplikasi ini kamu bisa belajar mengenai berbagai materi sepuasnya tanpa perlu membayar.

Kamu juga bisa memilih aplikasi mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu atau mencoba list aplikasi belajar online diatas satu persatu untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan masing – masing aplikasi.

4.9/5 - (19 votes)