14 Aplikasi Cek Posisi HP Paling Akurat Dan Mudah Dipakai

Aplikasi Cek Posisi HP

Mahirtransaksi.com – Maraknya kasus pencurian HP yang sering terjadi, membuat kamu harus lebih waspada. Namun kamu dapat mengantisipasinya, dengan menggunakan aplikasi cek posisi HP berikut ini.

Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk melacak posisi dimana HP kamu berada. Penggunaan aplikasi cek posisi HP ini dapat membantu kamu mencari seseorang melalui nomor telepon ataupun berdasarkan lokasi.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui posisi HP seseorang. Tentunya cara ini akan sangat berguna jika sewaktu – waktu kamu kehilangan HP baik tertinggal maupun hilang dicuri orang.

Keunggulan Cek Posisi HP Lewat Aplikasi

Adanya aplikasi-aplikasi pencari HP ini bertujuan untuk membantu kamu mengetahui jika HP mu hilang, tercuri, atau ingin mengetahui dimana posisi anggota keluarga, teman-teman, hingga pasanganmu.

Namun saat ini seringkali aplikasi ini disalahgunakan untuk menguntit (stalking) hingga berbuat tindakan kriminal lain yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa seseorang.

Sehingga aplikasi yang tersedia di Appstore maupun Playstore sering dipandang dengan pemikiran yang merugikan pihak developer.

Untuk itu, kamu harus menggunakan aplikasi ini sesuai dengan manfaatnya, yaitu:

1. Melacak Lokasi Smartphone Yang Hilang

Hal ini merupakan manfaat yang paling utama dari menggunakan aplikasi pelacak lokasi HP. Jika HP kamu hilang, dicuri, atau lupa menaruh, kamu dapat menggunakan bantuan dari aplikasi ini.

Kamu dapat menggunakan GPS atau nomor telepon dari HP yang akan kamu cari. Setelah kamu melacak dan terbukti HP kamu dicuri, kamu dapat melaporkannya ke pihak yang berwajib.

2. Cek Posisi HP Teman Hingga Pasangan

Melacak posisi anggota keluarga, teman dekat, hingga pasangan melalui aplikasi cek HP dapat membantu kamu saat sedang berjauhan. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk melindungi dan mengawasi anggota keluarga dari bahaya yang akan terjadi.

Fitur dalam aplikasi ini salah satunya, kamu dapat mengetahui posisi seseorang secara real time dengan menggunakan lokasi dan nomor telepon.

Melalui maps yang ditampilkan, kamu dapat menjemput mereka tanpa harus lama mencari lokasi jika dibutuhkan.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi pelacak ini dapat menghapus secara otomatis seluruh data dalam smartphone mu yang hilang. Agar tidak terjadi penyalahgunaan data untuk tindak kejahatan.

Tentunya tindakan ini sangat penting mengingat data pribadi dapat disalahgunakan oleh orang lain, misalnya data dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman ilegal dan sejenisnya.

4. Cek Posisi HP Dalam Situasi Darurat

Selain itu, melalui maps yang ditampilkan kamu dapat menyelamatkan seseorang yang berada dalam situasi darurat.

Contohnya, jika kamu mendengar kabar kecelakaan atau terjadi bencana alam di lokasi teman, anggota keluarga, maupun pasangan, kamu dapat melacak lokasi mereka. Sehingga kamu dapat menjemput mereka atau mencari bantuan.

Aplikasi Cek Posisi HP Yang Akurat

Bukan hanya mengantisipasi jika sewaktu-waktu HP kamu hilang, beberapa aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk melacak dimana pasangan atau anggota keluargamu berada.

Cara mengetahui posisi HP lewat aplikasi dapat dilakukan dengan melakukan pencocokan data menggunakan lokasi / maps atau data inti HP seperti iMEI atau kartu SIM untuk melacak HP yang hilang.

Berikut beberapa aplikasi cek posisi HP yang akurat yang kami rekomendasikan untuk kamu coba :

1. Find My Device (Google)

Aplikasi Cek Posisi HP
Aplikasi Find My Device (Google)

Aplikasi cek posisi HP yang pertama adalah aplikasi Find My Device resmi dikeluarkan oleh Google yang memiliki fungsi utama untuk melacak lokasi smartphone secara akurat.

Peran dari GPS sangat berpengaruh agar aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk melacak HP. Jika GPS tidak bermasalah, maka kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk melacak dengan akurat dimana lokasi smartphone berada.

Terdapat beberapa fitur aplikasi Find My Device yang dapat kamu gunakan untuk menunjang proses pelacakan, yaitu:

Terhubung Ke Google Maps

Karena find my device adalah keluaran resmi dari pihak Google, maka tidak heran jika aplikasi ini terhubung secara otomatis dengan Google maps.

Jadi kamu dapat mengetahui jalan menuju posisi HP berada dengan bantuan Google maps.

Untuk penggunaannya, kamu cukup klik pilihan “Lokasi Perangkat”, kemudian pilih “Ikon Maps”. Kemudian kamu akan diarahkan pada Google maps beserta arah jalan menuju lokasi.

Fitur Waktu Lokasi Terakhir

Melalui fitur ini, kamu dapat mengetahui kapan terakhir kalinya smartphone yang akan kamu lacak online dan terdeteksi lokasinya.

Jadi ketika kamu menggunakan aplikasi ini, smartphone yang akan kamu lacak harus mengaktifkan data dan juga lokasinya.

Jika smartphone mu berada dalam kondisi  offline, maka hanya dapat melacak lokasi dan waktu terakhir dilihat (online) nya saja.

Tersedia Status Baterai, Sinyal Dan Detail Hardware

Kamu dapat mengetahui status baterai dan juga sinyal dari smartphone yang akan kamu lacak. Jadi ketika kamu melacak smartphone, maka akan muncul beberapa informasi mengenai sisa baterai dan juga sinyal apa yang sedang digunakan, apakah menggunakan data atau wifi.

Kamu juga dapat mengetahui jenis hardware apa yang digunakan, lho. Nantinya akan terpapar merk HP apa yang digunakan.

Tersedia Fitur Putar Suara

Melalui fitur ini, kamu dapat membunyikan suara dari smartphone yang akan kamu lacak. Jadi ketika kamu mengaktifkan fitur putar suara, maka perangkat yang kamu lacak akan menimbulkan suara yang keras.

Suara yang berbunyi dapat membantu kamu untuk mencari dimana smartphone berada. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan klik opsi “Putar Suara”, kemudian kamu dapat menghentikan suaranya kapanpun saat smartphone sudah ditemukan.

Bisa Mengirim Pesan

Fitur mengirim pesan dapat kamu gunakan untuk menuliskan suatu pesan atau nomor telepon ke smartphone yang akan kamu lacak. Nantinya smartphone yang hilang akan secara otomatis terkunci dan memuat pesan yang kamu ketik.

Jadi jika ada orang yang menemukan smartphone mu, tidak perlu merasa bingung lagi karena akan mendapat pesan untuk mengembalikan. Sangat membantu bukan?

Fitur Menghapus Perangkat

Fitur ini adalah fitur darurat dari aplikasi find my device. Jika smartphone mu tercuri, maka kamu dapat menghapus seluruh data yang ada di dalamnya, kemudian me-restart smartphone.

Hal ini dapat berguna jika kamu tidak ingin data-data yang ada pada smartphone dicuri oleh orang yang menemukan atau yang mencuri HP mu. Namun karena ini merupakan fitur darurat, usahakan kamu untuk menghindari fitur ini jika tidak berada dalam kondisi darurat.

2. GPS Pelacakan Nomor HP

Aplikasi Cek Posisi HP
Aplikasi GPS Pelacakan Nomor HP

Aplikasi GPS Pelacakan Nomor HP adalah aplikasi cek posisi HP yang cukup canggih dan dapat membantu kamu untuk melacak lokasi smartphone berdasarkan nomor HP.

Ukuran file aplikasi ini kecil, yaitu 6 MB, jadi dapat kamu install di smartphonemu.

Untuk penggunaannya, kamu hanya cukup mendaftar dengan nomor telepon yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu dapat melacak lokasi HP dengan nomor yang kamu inginkan melalui pilihan “Kirim Undangan”.

3. Zenly – Cek Posisi HP

Aplikasi Cek Posisi HP
Aplikasi Zenly – Cek Posisi HP

Zenly adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk membagikan lokasi kamu berada dengan orang lain. Namun kamu harus berteman terlebih dahulu dengan orang-orang yang ingin mengetahui keberadaanmu.

Saat HP mu dalam keadaan online atau aktif jaringan internet, maka aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk melihat dimana lokasi teman-temanmu berada saat ini.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti mengirimkan pesan, gambar, rekaman suara, hingga mengirim emoticon.

4. Life360 – Pelacak Lokasi HP

Aplikasi Cek Posisi HP
Aplikasi Life360 – Pelacak Lokasi HP

Aplikasi Life360 dikenal karena keakuratannya saat melacak lokasi seseorang yang ingin kamu ketahui, ataupun lokasi dimana HP mu berada.

Pada aplikasi ini terdapat reminder otomatis yang dapat memberitahukan kamu jika salah satu keluarga ataupun teman, bahkan pasanganmu bepergian.

Kamu juga akan mendapatkan notifikasi jika terjadi bencana yang ada di dekatmu. Pada aplikasi ini juga terdapat paket premium yang menawarkan fitur-fitur lainnya yang lebih beraneka macam, lho!

5. i-Sharing: GPS Location Tracker

Aplikasi Cek Posisi HP
Aplikasi i-Sharing GPS Location Tracker

Aplikasi i-Sharing: GPS Location Tracker dapat kamu unduh melalui smartphone untuk mendapatkan informasi terkait lokasi terkini. Baik itu dari anggota keluarga, teman-temanmu, hingga pasanganmu.

Bukan hanya untuk mengetahui dimana lokasinya berada, namun kamu juga dapat mengetahui apakah teman atau keluargamu telah sampai atau pergi dari lokasi tujuan. Tentunya aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk melacak smartphone kamu jika hilang.

Rekomendasi Aplikasi Cek Lokasi HP

Selain beberapa aplikasi cek posisi HP diatas, kamu juga dapat memilih beberapa aplikasi cek lokasi HP dibawah ini karena sudah terbukti akurat mengetahui letak HP terakhir.

Pada dasarnya posisi dan lokasi memiliki arti yang berbeda. Posisi merupakan letak HP sesuai koordinat terakhir yang dapat dilacak oleh fitur maps atau iMEI. 

Baca Juga : 7 Aplikasi Cek Sudah Vaksin Atau Belum Resmi Dan Terpercaya

Sedangkan aplikasi cek lokasi HP merupakan aplikasi yang memiliki fitur untuk mengetahui lokasi device terakhir saat HP digunakan. 

Tentunya cek lokasi HP lebih akurat dibanding posisi karena standar lokasi merupakan koordinat yang paling akurat yang menyatakan letak device tersebut.

Oleh sebab itu, silahkan coba beberapa rekomendasi aplikasi cek lokasi HP berikut ini :

  • Spyic
  • Spyine
  • TeenSafe
  • Minspy
  • FoneMonitor
  • Spyier
  • DDI Utilities
  • Spyzie

Mana Aplikasi Melacak Lokasi HP Terbaik?

Untuk menentukan aplikasi melacak lokasi HP terbaik saat ini hanya dapat dilakukan dengan mencoba satu persatu aplikasi cek posisi HP diatas. Tetapi sampai saat ini, aplikasi untuk mengetahui posisi HP terbaik yaitu aplikasi Find My Device karena dibuat langsung oleh Google.

Baca Juga : 8 Aplikasi Cek Uang Palsu Atau Asli Di Android / iOS

Setelah mendapatkan lokasi HP yang hilang, selanjutnya silahkan kunjungi lokasi sesuai titik di aplikasi diatas untuk menemukan HP kamu yang hilang.

Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi cek posisi HP sesuai dengan manfaatnya. Semoga bermanfaat !