9 Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari Secara Online

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari

Mahirtransaksi.com – Tekanan darah atau tensi darah merupakan salah satu aspek penentu kesehatan hal yang wajib kamu pantau. Jika kamu tidak memiliki alatnya, maka kamu bisa menggunakan aplikasi cek tensi darah dengan sidik jari berikut ini.

Semakin hari penyakit semakin berkembang. Rasanya saat ini semakin banyak jenis penyakit yang dapat mengganggu kegiatan sehari – hari.

Ciri bahwa kamu berada dalam kondisi normal adalah memiliki tensi darah yang sesuai batas normal juga. Tidak hanya orang tua, para kaum muda juga bisa mengecek tekanan darah secara rutin.

Bisakah Cek Tekanan Darah Online?

Di dalam tubuh kita terdapat organ darah. Darah sendiri merupakan salah satu komponen terpenting dari tubuh karena fungsinya yang membawa nutrisi.

Manusia memiliki tekanan darah normal, masing-masing tergantung dari usia, berat badan, dan juga jenis kelamin. Jadi, apabila tekanan darah turun atau naik, bahkan sedikit saja, itu akan memberikan efek tertentu pada tubuh.

Misalnya seperti penyakit hipertensi atau darah tinggi. Penderita penyakit ini artinya memiliki tekanan atau tensi darah di atas normal. Penyakit ini bahkan sangat mematikan dan disebut sebagai silent killer.

Dalam berbagai kasus, hipertensi tidak menunjukkan gejala pada para penderitanya. Akan tetapi, hipertensi dapat berujung fatal seperti halnya kematian. Hal itu sebenarnya bisa dicegah jika kamu rutin mengecek tensi darah.

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari

Saat ini sudah ada berbagai aplikasi di hp yang dapat membantu kamu mengukur tensi darah di dalam tubuh.

Menggunakan aplikasi cek tensi darah di hp tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh, antara lain sebagai berikut :

  • Dengan aplikasi, maka mengecek tekanan darah menjadi lebih mudah kapanpun dan dimanapun.
  • Kebanyakan aplikasi tekanan darah dapat kamu akses secara gratis.
  • Dapat mendeteksi kelainan tekanan darah secara dini, seperti hipertensi atau hipotensi.
  • Mengetahui riwayat dari tekanan darah.
  • Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di hp dengan mudah dan cepat.

Berikut rekomendasi aplikasi cek tensi darah di Android / iPhone yang dapat kamu coba :

1. Soleil Organics

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Soleil Organics. Kamu bisa mendapatkan Soleil Organics di platform App Store dan sudah cukup populer.

Pengguna dari Soleil Organics sangatlah banyak karena meman aplikasi ini sangat bermanfaat.

Soleil Organics bisa membantu kamu mengecek tensi darah secara cepat dan juga cukup akurat. Berikut ini beberapa keunggulan lainnya dari Soleil Organics:

  • Soleil Organics memiliki tampilan muka yang sangat sederhana dan mudah dipahami oleh para pengguna baru sekalipun.
  • Tidak hanya sebagai aplikasi cek tensi darah di hp, Soleil Organics juga memberikan informasi yang dapat membantu kamu mengenai makanan yang tepat untuk dikonsumsi, seperti sayuran, buah, dan daging.

Namun, aplikasi ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak gratis. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu harus membayar sekitar Rp 12.000.

2. I Care Health Monitor

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Aplikasi Icare Health Monitor

Selanjutnya ada I Care Health Monitor yang merupakan aplikasi cek tensi darah dengan sidik jari yang populer. Aplikasi ini cukup terkenal karena memiliki banyak manfaat.

Ketika kamu ingin melakukan pengecekan tensi darah, maka hanya perlu membuka aplikasi I Care Health Monitor dan kemudian meletakkan jari telunjuk di smartphone karena pada dasarnya aplikasi ini adalah salah satu aplikasi cek tensi darah dengan sidik jari.

Setelah itu, silahkan tunggu hingga beberapa saat dan tekanan darah kamu akan muncul.

Inilah kelebihan dari aplikasi I Care Health Monitor:

  • Aplikasi I Care Health Monitor dapat kamu download dan akses secara gratis melalui Google PlayStore.
  • I Care Health Monitor tidak hanya untuk mengukur tekanan darah, tetapi juga membantu mengukur tingkat depresi, emosi, psikologi, dan lain sebagainya.
  • Cara penggunaan I Care Health Monitor sangat mudah.

Kekurangan I Care Health Monitor:

  • Aplikasi ini tidak benar-benar mengukur tekanan darah, melainkan hanya menganalisis saja.
  • I Care Health Monitor mengukur tensi darah berdasarkan usia dan berat badan dengan beberapa catatan tekanan darah lainnya.

3. BP Journal – Cek Tensi Darah Online

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Aplikasi BP Journal

Aplikasi cek tensi darah di hp selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah BP Journal. Aplikasi ini bisa membantu kamu membaca dengan mudah setiap arti angka saat tensi berlangsung.

Uniknya, hasil pengukuran tensi darah dari aplikasi ini dapat kamu simpan dalam bentuk PDF sehingga bisa kamu simpan dengan aman sebagai riwayat pemeriksaan. Jika sudah tersimpan, kamu dapat menggunakan itu saat berobat ke dokter pribadi.

Tidak hanya pasien, aplikasi BP Journal ini juga sangat membantu untuk para petugas kesehatan. BP Journal akan membantu memantau bagaimana perkembangan tekanan darah dari sang pasien. Dengan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya, BP Journal merupakan salah satu aplikasi kesehatan yang wajib kamu gunakan.

4. Qardio Heart Health

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Aplikasi Qardio Heart Health

Selain mengukur tekanan darah lewat HP, aplikasi Qardio Heart Health juga dapat digunakan untuk mencatat tekanan darah, detak jantung dan bisa dikombinasikan dengan berat serta tinggi badan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan gambaran status kesehatan jantung secara keseluruhan. Aplikasi Qardio Heart Health juga bisa dipasangkan dengan penggunaan Apple Watch.

5. Aplikasi Pemantau Tekanan Darah

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Aplikasi Pemantau Tekanan Darah

Selanjutnya ada aplikasi cek tensi darah di hp yang bisa membantu kamu dalam mencatat dan memantau tekanan darah. Pemantau Tekanan Darah merupakan aplikasi gratis yang sangat bermanfaat.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mencatat tekanan sistole, sistolik, dan bahkan hingga detak jantung.

Kamu juga bisa mengecek kadar gula darah hingga tingkat saturasi oksigen di dalam tubuh. Beberapa fitur unggulan dari Pemantau Tekanan Darah adalah :

  • Menghitung tekanan darah secara otomatis dengan sidik jari.
  • Menyimpan data hasil pengukuran dalam bentuk HTML, Excel, PDF, dan SCV.
  • Mencatat rekaman darah tampilan dari maksimum, minimum, hingga rata-rata.
  • Membantu memantau tekanan darah dengan lebih efisien.

6. Buku Harian Tekanan Darah

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Buku Harian Tekanan Darah

Aplikasi cek tensi darah di hp selanjutnya ini juga cukup populer. Buku Harian Tekanan Darah menyediakan 11 grafik berbeda yang membantu kamu dalam memahami perubahan tekanan.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui rata-rata dari tekanan darah kamu. Buku Harian Tekanan Darah juga merekomendasikan berbagai obat dapat membantu sesuai dengan kondisi tekanan darahmu saat itu.

7. Tekanan Darah

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Aplikasi Tekanan Darah

Kamu juga bisa menggunakan Tekanan Darah sebagai aplikasi cek tensi darah di hp. Beberapa keunggulan dari aplikasi ini adalah:

  • Mencatat hasil cek tensi dengan akurat.
  • Membantu melihat pelacakan dan analisis jangka panjang.
  • Memberikan grafik cerdas atau analisis yang terpercaya.

Sedangkan untuk kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak benar-benar mengukur tekanan darah, tetapi hanya berfungsi sebagai pelacak tekanan darah saja.

8. Aplikasi Anura

Aplikasi pengukur tekanan darah selanjutnya ini memiliki teknologi yang bernama Affective AI. Tidak hanya mengukur tekanan darah di dalam tubuh, aplikasi Anura juga membantu dalam mengukur detak jantung maupun risiko penyakit kardiovaskular.

Anura bekerja dengan menggunakan kamera video konvensional. Tujuannya adalah untuk memancarkan sinar ke area kulit.

Baca Juga : 10 Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Koin [Update]

Berkat keberadaan teknologi bernam Transdermal Optical Imaging, maka Anura dapat mengukur tekanan aliran darah hanya dengan melalui rekaman.

9. Blood Pressure

Aplikasi Cek Tensi Darah Dengan Sidik Jari
Aplikasi Blood Pressure

Aplikasi cek tekanan darah online berikutnya adalah Blood Pressure. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengukur tekanan darah secara online di ponsel kamu.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Playstore kemudian lakukan pengukuran tensi darah dengan memanfaatkan sensor sidik jari di aplikasi ini.

Penutup

Cara cek tensi darah tanpa alat secara online dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi cek tekanan darah yang tersedia lewat HP menggunakan metode foto / sidik jari untuk menentukan tensi darah tinggi atau rendah.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP : Gratis + Akurat

Kamu wajib memiliki setidaknya satu dari aplikasi-aplikasi di atas. Aplikasi tersebut juga sangat berguna untuk kamu yang sudah memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Dengan aplikasi di atas, maka kamu jadi lebih mudah melacak riwayat tekanan darah.

Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan dari aplikasi cek tensi darah di hp, maka kamu bisa langsung mendiskusikannya kepada dokter.

Biasanya juga aplikasi tersebut akan memberikan keterangan apakah kamu perlu penanganan lebih lanjut atau tidak. Semoga bermanfaat !

4.9/5 - (14 votes)
x