8 Rekomendasi Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP : Gratis + Akurat

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP

Mahirtransaksi.com Metode cek kolesterol melalui HP dapat dilakukan secara mudah di rumah. Berikut rekomendasi aplikasi cek kolesterol lewat HP yang paling bagus untuk kamu coba.

Bahaya kolesterol jahat dapat membahayakan tiap saat. Semakin lama dibiarkan, maka kolesterol akan membuat kesehatan semakin memburuk.

Kolesterol ialah lemak yang bermanfaat untuk badan. Tetapi, jika kandungannya pada tubuh terlampau tinggi, kolesterol akan menimbun di pembuluh darah dan mengganggu saluran darah.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek kandungan kolestrol pada tubuh, tak perlu ke dokter. Diantaranya dapat dilakukan lewat aplikasi di ponsel kamu.  

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol ialah lemak yang dibuat oleh badan, dan datang dari makanan hewani. Kolesterol membantu badan menghasilkan vitamin D, beberapa hormon, dan asam empedu untuk mengolah lemak.

Dalam kandungan yang sama sesuai, ini sebetulnya diperlukan oleh badan dalam membantu membuat beberapa sel baru supaya badan dapat terus berfungsi secara normal.

Test kolesterol ialah pengecekan klinis berbentuk tes darah untuk menghitung jumlah keseluruhan zat lemak (cholesterol dan trigliserida) pada darah.

Cek kolesterol bermanfaat untuk tentukan apakah seseorang mempunyai kolesterol tinggi atau tidak.

Harus dipahami, kandungan kolesterol yang tinggi bisa tingkatkan resiko berlangsungnya penyakit stroke dan jantung.

Nah, test kolesterol ini bermanfaat untuk mengetahui resiko tersebut. Karena biasanya kolesterol tinggi tidak memunculkan pertanda atau gejala.

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP

Untuk mengantisipasi kadar kolesterol dalam darah seseorang naik, biasanya ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk pengecekan. Misalnya datang langsung ke klinik atau rumah sakit.

Tapi jika kamu tidak ingin repot, sebaiknya periksa kadar kolesterol terlebih dahulu lewat HP.

Berikut rekomendasi aplikasi cek kolesterol lewat HP yang dapat kamu coba :

1. SmartCARD – Test Kadar Kolesterol

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP
Aplikasi SmartCARD

Aplikasi cek kolesterol lewat HP yang pertama disebutkan dengan smartCARD. Aplikasi ini diperkembangkan oleh David Erickson.

Aplikasi smartCARD secara optik mengetahui biomarker dalam setetes darah, keringat, atau air liur.

Tes kolesterol menggunakan aplikasi ini memakan waktu semenit dari saat seorang menempatkan setetes darah pada strip test hingga muncul hasil perhitungan kadar kolesterol.

Strip selanjutnya siap untuk analitis kalorimetri oleh aplikasi HP. Keuntungan melakukan ini lewat telepon ialah kenyamanan dan keringanan pemakaian.

Lampu kilat internnya memberi sinar yang seragam dan menyebar untuk menyinari strip tes di aplikasi smartCARD. Aplikasi di HP selanjutnya mengkalibrasi saturasi rona ke nilai warna gambar pada strip tes kolesterol.

2. Hemaviton InFOODgraphic – Cek Kolesterol Pada Makanan

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP
Hemaviton InFOODgraphic

Dalam maksud mengantisispasi bahaya kolestrol jahat kian menimbun pada dinding pembuluh darah, hermaviton cardio mengeluarkan aplikasi digital hemaviton InFOODgraphic.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena hanya dengan mengupload foto makanan yang akan dicek, maka kamu akan melihat kadar kolesterol di dalam makanan tersebut.

Aplikasi ini sudah bisa diakses oleh dekstop atau aplikasi mobile berbasis multiplatform, seperti Android atau iOS. Caranya kamu bisa mengupload foto makanan yang akan kamu makan pada aplikasi ini nantinya kamu akan memperoleh balasan info terkait kandungan kolestrol pada makanan tersebut.

3. Aplikasi Blood Pressure, Sugar And Cholesterol

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP
Aplikasi Blood Pressure, Sugar And Cholesterol

Blood Pressure, Sugar, Cholesterol, & BMI Tracker merupakan aplikasi android untuk cek koleksterol, kadar gula darah hingga BMI yang dapat kamu gunakan hanya menggunakan sensor sidik jari.

Aplikasi ini telah di unduh oleh lebih dari 10 ribu orang di Playstore. Oleh sebab itu, kamu dapat melakukan pengecekan kadar kolesterol dalam darah menggunakan fitur yang terdapat di aplikasi ini.

4. Cholesterol Tracker – Cek Kolesterol Apk

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP
Aplikasi Cholesterol Tracker

Nama aplikasi cek kolesterol secara online yang lewat HP yang dapat kamu gunakan adalah aplikasi Cholesterol Tracker.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengukur tingkat kolesterol di dalam gula darah dan menyimpannya dalam file aplikasi.

Tracker di dalam aplikasi ini juga berfungsi untuk melihat perkembangan naik turunya kolesterol pada saat pengecekan secara berkala dilakukan.

5. Kalkulator Kolesterol LDL – Pelacak Kolesterol

Aplikasi Cek Kolesterol Lewat HP
Aplikasi Kalkulator Kolesterol LDL

Kalkulator Kolesterol LDL adalah aplikasi cek kolesterol IOS maupun Android yang dirancang untuk menghitung kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dengan rumus Friedewald.

Aplikasi ini membutuhkan kadar kolesterol lain, yaitu kolesterol total, kolesterol high-density lipoprotein (HDL) dan trigliserida untuk menghitung kolesterol LDL.

Berdasarkan perhitungan kolesterol LDL tersebut, nantinya akan menentukan kadar LDL yang direkomendasikan berdasarkan pedoman ATP III.

Ada beberapa fitur Kalkulator Kolesterol LDL, yaitu :

  • Kalkulator LDL sederhana dan sangat mudah digunakan.
  • Perhitungan yang tepat dengan rumus Friedewald.
  • Tentukan tingkat LDL yang direkomendasikan berdasarkan pedoman ATP III.
  • Ada 2 kemungkinan unit kolesterol LDL, mg/dL atau mmol/L.

Kolesterol LDL juga terkadang disebut kolesterol jahat. Kadar kolesterol LDL yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol HDL atau kolesterol baik akan menyerap kolesterol dari tubuh Anda dan membawanya kembali ke hati. Hati kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

Kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui kadar kolesterol LDL dengan mudah.

Cara Cek Kadar Kolesterol Lewat HP

Untuk melakukan pengecekan kolesterol di rumah melalui HP, kamu harus mengikuti instruksi yang terdapat di dalam aplikasi misalnya melakukan scan sidik jari, foto bagian tubuh atau scan mata.

Baca Juga : 10 Aplikasi Cek Tekanan Darah Paling Akurat Di Android / iPhone

Secara umum, berikut cara cek kolesterol lewat HP menggunakan aplikasi cek kolesterol :

  • Pertama unduh aplikasi cek kolesterol yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Lakukan pendaftaran akun di aplikasi tersebut.
  • Silahkan ikuti instruk untuk pengecekan kolesterol.
  • Terakhir klik perintah proses analisa kolesterol.
  • Tunggu sampai persentase maupun angka kadar kolesterol kamu muncul di aplikasi tersebut.

Penutup

Akhir – akhir ini, mahasiswa dari PT Telkom University juga membuat aplikasi untuk cek kolesterol hanya lewat Handphone pengguna yang diberi nama “Cholme”.

Baca Juga : 13 Aplikasi Menghitung Masa Subur Wanita Akurat Di Android / iOS

Cholme merupakan aplikasi berbasis Android untuk mengukur kadar kolesterol menggunakan scanner / pemindai mata pengguna.

Adapun keunggulan aplikasi Cholme antara lain :

  • Biaya pemeriksaan kolesterol yang lebih murah.
  • Waktu yang dibutuhkan lebih cepat kurang lebih 1 menit.
  • Dapat dilakukan dimana saja.
  • Disertai edukasi dan peningkatan kepedulian terhadap keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk cek kolesterol online hanya lewat HP yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat !

4.9/5 - (14 votes)
x