Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

9 Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita Lewat HP Tanpa Ketahuan

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita

Mahirtransaksi.com – Jaringan wifi kamu lemot? Mungkin ada perangkat lain yang terhubung tanpa kamu ketahui loh. Gunakan aplikasi cek yang pakai wifi kita berikut untuk mengetahui siapa pencuri wifi kamu.

Menggunakan wifi biasanya jauh lebih stabil dibandingkan dengan jaringan data atau mobile. Namun jika banyak pengguna yang terhubung dengan wifi dapat membuat kecepatan menurun, untuk itu kita membutuhkan aplikasi cek yang mencuri wifi kamu.

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita

Masih masuk akal jika pengguna yang terhubung dengan wifi adalah anggota yang berada satu rumah dengan kita. Namun, bayangkan jika yang menggunakan adalah orang lain yang bahkan kamu tidak kenal.

Tentunya kamu akan kesal jika wifi yang digunakan tiba-tiba menjadi lambat, sedangkan kamu sedang sangat membutuhkan jaringan yang cepat. 

Oleh sebab itu, coba gunakan aplikasi cek yang pakai wifi kita yang kami rekomendasikan berikut ini :

1. Pixel NetCut WiFi Analyzer

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
Pixel NetCut WiFi Analyzer

Aplikasi ini dapat membantumu untuk mencari tahu apakah ada penyusup atau orang yang nge-hack jaringan internetmu. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini, dan menggunakannya dengan cara yang mudah.

Setelah membuka aplikasi, kamu dapat melakukan scan siapa saja yang sedang terhubung ke modem wifi. Selain itu, kamu juga dapat memutuskan koneksi mereka lho. Asalkan, smartphone kamu sudah harus di-root, ya.

2. Fing-Network Tools

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
Fing-Network Tools

Jangan khawatir jika smartphone mu belum di-root, karena kamu dapat melacak pencuri wifi dengan aplikasi Fing – Network Tools.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah, dan lacak siapa saja yang menggunakan jaringan internet mu.

Namun, fungsi aplikasi pun terbatas karena smartphone mu belum di-root. Jadi kamu hanya dapat melihat tipe dan merk smartphone pengguna yang sedang terhubung dengan wifi kamu.

3. WiFi Inspector

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
WiFi Inspector

Jika smartphone mu tidak di-root, tapi kamu ingin menangkap pencuri wifi, kamu dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini akan meninjau router kamu untuk memastikan siapa saja pengguna yang terhubung.

Kamu dapat menghindari jaringan internet yang tiba-tiba menjadi lambat dengan aplikasi ini. Sehingga aktivitasmu tidak akan terganggu lagi, deh!

4. Who’s On My WiFi

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
Who’s On My WiFi

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui jumlah perangkat yang terhubung dengan wifi-mu. Namun, kamu tidak dapat mengetahui apa saja nama perangkat pengguna.

Kamu hanya dapat melihat alamat IP dan jenis perangkat yang aplikasi tampilkan. Seluruh jumlah perangkat yang terhubung akan terlihat dengan jelas.

Jika tidak ada perangkat lain yang kamu rasa mencurigakan, maka sambungan wifi kamu masih aman, kok.

5. Who Uses My WiFi

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
Who Uses My WiFi

Who uses my wifi adalah salah satu aplikasi pendeteksi perangkat wifi terbaik. Karena, selain untuk melacak perangkat wifi apa saja yang terhubung, kamu juga mendapatkan fitur pemblokir perangkat.

Kamu dapat melihat dengan jelas merk, alamat IP, dan tipe perangkat yang terhubung. Cukup dengan satu kali klik, kamu akan mendapatkan informasi dengan jelas dan lengkap.

Terdapat fitur lainnya dalam aplikasi ini seperti port scanner, pengaturan router, dan lain sebagainya. Jadi Kamu dapat memblokir perangkat yang tidak kamu kenal atau tidak kamu inginkan untuk menggunakan wifi.

6. WiFi Scanner

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
WiFi Scanner

Bagi kamu yang ingin mengetahui history penggunaan wifi sesuai hari yang kamu inginkan, kamu dapat menggunakan aplikasi wifi Scanner.

Melalui aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap, seperti alamat IP, mac address, serta tipe perangkat yang terhubung.

Kamu dapat melihat fitur tes kecepatan internet, jadi kamu dapat mengetahui seberapa cepat jaringan yang sedang kamu gunakan.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini, dan memilih tombol pendeteksi seluruh perangkat yang sedang terhubung wifi.

7. SoftPerfect WiFi Guard

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
SoftPerfect WiFi Guard

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi koneksi jaringan yang tidak sah atau tidak kamu kenal. Aplikasi ini akan scan jaringan yang terhubung dengan wifi kamu, dan diulang setiap beberapa menit.

Aplikasi akan memunculkan pesan jika ada sambungan yang tidak diketahui. Jika terdapat perangkat yang kamu kenal, atau kamu izinkan untuk terhubung dengan wifi-mu namun memiliki tanda merah, klik dua kali pada IP perangkat tersebut.

Pilih centang pada kotak “I know this computer or device” untuk memberi tahu aplikasi bahwa kamu mengetahui perangkat tersebut. Kemudian kamu dapat mencari lagi apakah ada pengguna lain yang terhubung dengan wifi-mu.

8. Wireless Netword Watcher

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
Wireless Netword Watcher

Untuk menggunakan aplikasi Wireless Netword Watcher, kamu tidak perlu setting alamat IP karena aplikasi ini akan secara otomatis melakukan scan adaptor jaringan Wifi.

Proses scan pengguna wifi lain selain yang terkonfirmasi juga hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Setelah itu akan muncul detail pengguna wifi seperti :

  • Alamat IP.
  • Nama perangkat.
  • Alamat perangkat.
  • Jumlah perangkat yang terdeteksi.

9. Advanced IP Scanner

Aplikasi Cek Yang Pakai Wifi Kita
Advanced IP Scanner

Dengan menggunakan aplikasi Advanced IP Scanner, kamu bisa cek yang pakai wifi kamu denga pilihan remote untuk Wake-on-LAN dan shutdown, terhubung melalui HTTP/ FTP juga remote control dengan Remote Desktop dan Radmin.

Secara default Advanced IP Scanner akan mengatur ulang semua koneksi wifi, karena hanya range IP koneksi WiFi aman yang tidak akan direset.

Jika kamu hanya memiliki satu sambungan aktif, kamu tidak perlu mengatur range IP.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Melihat Siapa Yang Mencuri Wifi

Sebagai pemilik atau pengelola wifi, kamu memiliki kontrol penuh atas berbagai aktivitas yang ada di dalam jaringan. Namun, apakah pemilik wifi dapat melihat history yang telah dilakukan oleh para pengguna yang terhubung?

Seluruh data yang pernah diakses oleh pengguna wifi biasa disebut dengan history wifi. History wifi ini dapat kamu lakukan untuk tindakan pencegahan jika benar ada yang menggunakan wifi mu tanpa izin.

Berikut rekomendasi aplikasi untuk melihat siapa yang mencuri wifi kamu :

1. Menggunakan Wireshark

Wireshark adalah software atau perangkat lunak yang dapat melakukan analisis paket data pada jaringan secara real time, dan menampilkan hasilnya ke dalam format yang mudah untuk pengguna pahami.

Wireshark dapat melakukan paket color coding, filtering, sniffing, dan fitur-fitur lain yang memungkinkan kamu melihat secara detail traffic dan inspeksi jaringan secara individu. Jadi, kamu dapat memantau segala kegiatan transfer data yang terjadi pada jaringan wifi.

Baca Juga : 11 Aplikasi Cek Grammar Gratis : Check Grammar Bahasa Inggris Online

Kamu dapat mengunduh Wireshark melalui PC, dan pastikan sudah terkoneksi dengan jaringan wifi. Kemudian kamu dapat memilih wifi sebagai jaringan yang ingin dipantau pada tabel Interface List, kemudian pilih Start.

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan, ketik http di kolom filter, dan tekan Enter untuk melihat website yang sedang dibuka pada jaringan wifi.

Wireshark tidak dapat digunakan jika website yang diakses menggunakan HTTPS. Karena HTTPS lebih maan dibandingkan HTTP.

2. Custom Firmware Pada Router

Router adalah perangkat keras (hardware) yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan sama maupun berbeda. Agar dapat berfungsi lebih baik, router memiliki sistem operasi (firmware) di dalamnya.

Kamu dapat melakukan kustomisasi firmware, jika router yang kamu gunakan mendukung. Kemudian kamu dapat mencari custom firmware yang memiliki fitur URL logging sebagai cara untuk melihat history wifi.

3. Transparent Proxy Server

Transparent proxy server adalah server yang dapat mengarahkan traffic web melalui proxy yang telah kamu buat. Dengan menggunakannya, kamu dapat melihat history web para pengguna wifi, karena alamat URL dari tiap traffic yang melalui proxy buatanmu akan terlihat melalui log.

Baca Juga : 5 Aplikasi Cek Yang Unfollow Instagram Yang Aman

Ketika menggunakan internet, tentu akan lebih nyaman jika jaringannya tetap stabil sehingga kecepatannya tidak menurun. Semakin banyak pengguna yang terhubung akan mempengaruhi kecepatan dari wifi tersebut.

Bukan masalah ketika yang menggunakan adalah orang yang kita tahu, tapi jika tidak? Tentu akan merugikan kamu sebagai si pemilik wifi.

Sekarang, kamu dapat menggunakan aplikasi cek yang pakai wifi kita untuk mengetahui apakah ada penyusup di wifi kamu. 

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.