Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Barang Belum Sampai Tapi Status Sudah Diterima Di Shopee? Coba 4 Solusi Ini !

3 min read

Barang Belum Sampai Tapi Status Sudah Diterima Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Pada saat berberbelanja secara online konfirmasi pesanan diterima dapat dilakukan saat pesanan tiba. Tapi pernahkah kamu mengalami kendala barang belum sampai tapi status sudah diterima? Yap tentu akan menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani.

Berbelanja secara daring memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang saat ini. Karena kemudahan membuat pesanan yang dapat dilakukan lewat perangkat elektronik tentu menjadi alasan utamanya. Saat pesanan tiba, pembeli dapat langsung konfimasi pesanan telah diterima tanpa menghubungi Seller lagi.

Pesanan Belum Sampai Tapi Status Delivered

Namun sebagian pembeli mengeluhkan sistem konfirmasi pesanan saat berbelanja online khususnya di aplikasi Shopee. Sesuai dengan ketentuan Shopee, maka pembeli dapat klik fitur konfirmasi pesanan diterima saat pesanan sudah diterima oleh pembeli. Di sisi lain, pesanan akan secara otomatis diterima dalam waktu 1 x 24 jam untuk meneruskan dana ke Seller Shopee. 

Namun pada sabagian kasus, terdapat kendala yang dialami oleh pembeli yakni status pesanan yang berubah namun pesanan belum diterima. Biasanya permasalahan ini ditandai oleh status pesanan yang berubah menjadi “selesai” tetapi pesanan belum sampai ke alamat tujuan.

Barang Belum Sampai Tapi Status Sudah Diterima Di Shopee
Pesanan Belum Diterima Di Shopee

Terlepas dari kelalaian pembeli yang mungkin saja tidak sengaja klik pesanan diterima di Shopee, kasus pesanan belum sampai tapi status sudah diterima ini memang terjadi bukan karena kelalaian pembeli. Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Apakah pesanan dengan status delivered akan tetap sampai? Berikut ulasannya !

Penyebab Pesanan Terkonfirmasi Diterima Di Shopee

Sampai saat ini, belum penyebab pasti mengapa pesanan belum sampai tapi status pesana sudah diterima. Dan tidak semua pengguna Shopee yang mengalami hal ini. Tetapi ada kemungkinan 1 dari 30 pembeli yang mungkin akan mengalami masalah sejenis.

Maka dari point pertama ini dapat disimpulkan tidak ada penyebab pasti mengapa hal status pesanan Shopee diterima namun pesanan belum diterima ini bisa terjadi. Berikut 4 hal yang mungkin terjadi pada paket pesanan kamu jika mengalami kejadian ini :

1. Paket Sudah Diterima Orang Rumah

Kemungkinan yang pertama adalah paket pesanan kamu sudah diterima oleh orang rumah seperti adik, kakak atau kerabat tanpa sepengetahuanmu.

Jadi langkah pertama, pastikan bahwa tidak ada orang rumah yang telah menerima paket pesanan-mu dari kurir. Jika telah diterima maka bagus.

Dalam pengiriman kurir biasanya akan memberikan paket pesanan ke penerima atau orang lain yang dapat dipercayai dengan catatan mengetahui identitas pemesan/pembeli sebenarnya. Tujuannya agar kurir tidak repot mengantar paket pesanan dua kali karena penerima paket sulit ditemui.

Namun jika ternyata paket pesanan Shopee kamu belum tiba, maka coba lihat kemungkinan kedua ini.

2. Paket Telah Diterima Tetangga

Karena alasan pertama tadi, maka kemungkinan kedua mengapa pesanan kamu tidak sampai yaitu pesanan telah di titipkan ke tetangga kamu. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pada dasarnya kurir ksmu memiliki hubungan baik dengan tetangga-mu sehingga mempercayakan paket pesanan adalah hal yang mungkin terjadi.

Harapannya nanti tetanggamu yang akan meneruskan pesanan milikmu. Sekarang, coba tanyakan kepada tetangga di sebelah rumahmu. Jika pesanan juga tidak ada, maka ada kemungkinan poin ke 3 inilah penyebabnya.

3. Paket Tidak Dikirim Atau Masih Digudang Pengiriman

Perlu kamu ketahui bahwa ada sebagian petugas pengiriman “nakal” yang sengaja menyelesaikan pesanan demi mengejar target. Tentu tindakan ini sangat merugikan pembeli. Khususnya di Shopee, kasus ini sering dijumpai di jasa pengiriman J&T Express.

Barang Belum Sampai Tapi Status Sudah Diterima Di Shopee
Call Centre J&T Express

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa jasa pengiriman lain juga melakukannya. Paket Shopee tidak bergerak merupakan ciri –  ciri paket yang tidak dikirim atau masih disimpan di gudang. Artinya paket akan disimpan digudang dan tetap akan dikirimkan ke alamat tujuan. Namun akan membutuhkan tambahan waktu dari estimasi yang tertera di aplikasi Shopee.

Biasanya kejadian ini banyak terjadi di gudang jasa pengiriman dekat lokasi atau alamat pembeli. Nah sekarang, coba kunjungi pihak cabang jasa pengiriman yang kamu pilih. Lalu tanyakan informasi lebih jelas mengenai keberadaan pesanan-mu dengan menunjukkan bukti resi pengiriman.

Baca Juga : 3 Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee

Petugas pengiriman akan segera mencari data detail pengiriman paket kamu. Dan jika pesanan masih berada digudang, maka mintalah pesanan tersebut. Kamu tidak perlu membayar lagi, cukup tunjukkan KTP kamu sebagai bukti pengambilan paket.

Dan jika ternyata pesanan kamu tidak ada di cabang jasa pengiriman. Maka kemungkinan terakhir paket kamu telah hilang atau di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Paket Hilang Atau Dicuri

Jika pesanan kamu ternyata hilang, jangan panik. Jika kamu memakai garansi Shopee maka 100% dana kamu akan dikembalikan oleh Shopee. Dan jika kamu tidak menggunakan asurasi Shopee, maka pesanan kamu akan diganti setara 10 kali ongkos kirim. Lalu bagaimana cara klaim pesanan Shopee yang hilang?

Barang Belum Sampai Tapi Status Sudah Diterima Di Shopee
Prosedur Pengembalian Dana Di Shopee. Sumber : Help.shopee.co.id

Pertama kamu harus menghubungi penjual melalui Live Chat Shopee untuk mendiskusikan siapa yang akan memberikan laporan ke pihak Shopee. Jika tidak ada tanggapan penjual, kamu dapat meminta bantuan Shopee untuk menengahi permasalahan.

Nantinya Shopee akan memberikan solusi dan rencana pengembalian dana bagi kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual.

Informasi lengkap mengenai total pengembalian dana per masing – masing jasa pengiriman dapat kamu baca Disini.

Oh ya, untuk klaim pengembalian dana ini, kamu wajib memastikan bahwa pesanan kamu benar – benar hilang atau dicuri oleh orang lain.

Untuk memastikannya, kamu bisa memperpanjang masa garansi Shopee. Tindakan ini perlu jika sewaktu – waktu kamu menemukan pesanan kamu dengan alasan point 1 – 3 diatas.

Apakah Kamu Sudah Menemukan Paket Pesanan Milikmu?

Status sudah diterima namun barang belum sampai di Shopee memang akan membuatmu kecewa. Tapi tenang, karena kamu tidak akan dirugikan dari segi dana yang telah kamu keluarkan. Jika kamu belum menemukannya, segera lacak paket pesanan kamu melalui website Cekresi.com seabagai bukti bahwa paket pesanan shopee sudah dalam status Delivered.

Barang Belum Sampai Tapi Status Sudah Diterima Di Shopee
Riwayat Pengiriman Melalui Situs Cekresi.com

Oh ya, kamu juga bisa melacak pesanan melalui aplikasi Shopee. Caranya cek detail pemesanan lalu pilih Lacak. Maka Shopee akan menampilkan riwayat pengiriman pesanan serta resi pengiriman. 

Berikut tips menemukan paket pesanan yang telah diterima namun barang belum sampai yang dapat kamu coba :

  • Saat memilih jasa pengiriman, pilihlah jasa pengiriman yang memiliki kredibilitas yang baik.
  • Selalu aktifkan serta perpanjangan masa garansi Shopee agar bisa klaim pengembalian dana jika pesanan kamu mengalami masalah.
  • Hubungi Call Centre jasa pengiriman Seperti J&T Express atau JNE untuk memastikan pesanan kamu sebelum kamu cek langsung ke Gudang pengiriman.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp. 99 [99% Berhasil]

Nah sekian dulu ulasan 4 solusi mengatasi barang belum sampai tapi status sudah diterima di Shopee ini. Jika kamu mempunyai pengalaman yang sama segera tuliskan di kolom komentar agar pengguna Shopee yang lain dapat menemukan solusi yang tepat berdasarkan pengalaman-mu. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *