Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

9+Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website [Panduan Lengkap]

6 min read

Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu membeli barang di aplikasi Shopee? Jika ya, pasti kamu sudah mengetahui kemudahan berbelanja di aplikasi Shopee. Jika belum, kamu wajib mengetahui caranya sekarang juga. Oleh karena itu, ulasan kali ini akan membahas Panduan lengkap cara belanja di Shopee untuk pemula via aplikasi & Website Shopee.

Cara Belanja Di Shopee

Perkembangan teknologi saat ini membuat semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan instant. Termasuk dalam hal berbelanja. Berbelanja di marketplace merupakan sebuah terobosan baru untuk menciptakan kemudahan bertransaksi secara online. Salah satu marketplace yang paling digandrugi khususnya kalangan remaja saat ini adalah Shopee.

Memilih Shopee sebagai marketplace pilihan untuk berbelanja tentunya bukan tanpa alasan. Tak seperti marketplace lain sepeti Tokopedia atau Lazada, Shopee menyediakan banyak kemudahan mulai dari fitur transaksi, pembayaran, pengiriman sampai tahap pengembalian produk yang tidak sesuai (Refund).

Manfaat Berbelanja Di Shopee

Tidak seperti kegiatan belanja pada umumnya dimana pembeli dan penjual bertemu secara langsung, berbelanja di aplikasi Shopee dapat dilakukan secara daring (Online). Artinya kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk membeli barang/produk yang kamu inginkan langsung ke penjual.

Selain efektif dan efisian, kamu juga dapat bisa mendapatkan semua fitur yang tidak dapat kamu peroleh dengan berbelanja secara langsung. Selain manfaat tersebut, terdapat beberapa manfaat belanja di Shopee lainnya yang perlu kamu ketahui, berikut contohnya :

1. Belanja Mudah Dan Cepat

Untuk belanja di Shopee kamu hanya perlu unduh aplikasi Shopee atau belanja via website Shopee untuk menikmati kemudahan dan kecepatan berbelanja.

Fitur pencarian yang memungkinkan kamu menemukan produk yang kamu cari lebih cepat. Kemudian bayar dan tunggu produk yang kamu pesan sampai alamat tujuanmu.

2. Belanja Online 24 Jam

Ketika kamu belanja secara konvensional, ada saat saat tertentu dimana kamu dapat belanja dengan kunjungan rendah untuk mendapatkan produk yang kamu inginkan dengan mudah.

Namun itu tidak berlaku jika kamu belanja di aplikasi Shopee. Di Shopee, kamu bisa berbelanja kapan pun kamu mau. Sebab Shopee didukung fitur online 24 jam. Kamu bisa checkout pesanan kamu pagi, siang atau malam hari dan tunggu seller packing dan kirim produk-mu.

3. Fitur Pembayaran Lengkap

Fitur pembayaran merupakan pertimbangan utama ketika berbelanja secara online. Fitur pembayaran ini tentunya harus menjangkau seluruh masyarakat dengan segala keterbatasan pembayaran.

Nah di Shopee kamu bisa menemukan beragam fitur pembayaran yang dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan-mu. Misalnya Transfer Virtual Account Bank BRI, BNI, BCA & Mandiri. Kamu juga bisa bayar belanjaan kamu melalui Merchant pendukung seperti Alfamart & Indomaret.

Selain itu, Shopee juga menyediakan dompet digital ShopeePay untuk kamu yang menginginkan pembayaran dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Cara aktivasi ShopeePay klik Disini. Bahkan jika kamu tidak memiliki keterbatasan pembayaran, kamu juga bisa membayar saat produk yang kamu pesan sudah kamu terima dengan sistem COD (Cash On Delivery).

4. Fitur Pengembalian Barang (Return)

Pengembalian barang (Return) dapat dilakukan di aplikasi Shopee dengan catatan adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli terlebih dahulu. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu khawatir produk yang kamu terima tidak sesuai dengan spesifikasi yang kamu harapkan.

Dan menariknya, setelah barang yang kamu kembalikan di terima oleh seller, uang yang kamu bayarkan akan di kembalian 100% ke saldo ShopeePay kamu. Jadi kamu tidak perlu takut jika produk yang kamu terima rusak atau hilang, karena Shopee menyediakan fitur garansi 100% uang kembali jika produk tidak diterima atau rusak.

5. Fitur Shopee Terbaik

Selain ke empat manfaat di atas. Kamu juga dapat menikmati beragam fitur menarik Shopee ini jika kamu berbelanja di Shopee. Keunggulan Shopee yaitu :

  • Live Chat. Fitur komunikasi antar seller dan buyer secara gratis.
  • Jasa Pengiriman Terlengkap.
  • Voucher Cashback & Gratis Ongkir.
  • Pembelian multi-produk.
  • Pengiriman cepat & aman.

Cara Belanja Di Shopee Via Aplikasi

Jika kamu tertarik mencoba semua manfaat belanja di Shopee di atas. Kamu dapat mencoba belanja di Shopee secara langsung melalui aplikasi Shopee. Berikut cara belanja di Shopee via aplikasi :

1. Install Aplikasi Shopee

Langkah pertama tentunya kamu wajib memiliki aplikasi Shopee versi terbaru. Berikut langkah menginstall aplikasi Shopee :

  • Buka Google PlayStore untuk Android atau AppStore untuk iOS. Lalu cari aplikasi Shopee.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Install Aplikasi Shopee
  • Install aplikasi Shopee. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

2. Daftar Akun Shopee

Langkah berikutnya adalah mendaftar akun Shopee. Berikut langkah mendaftar akun Shopee agar dapat gratis ongkir :

  • Buka Aplikasi Shopee. Pada halaman Saya, Klik Daftar.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Klik Daftar
  • Masukan Nomor Handphone kamu yang masih aktif dan belum pernah terdaftar di akun Shopee lain. Klik Lanjut lalu input Kode Verifkasi. Selanjutnya kamu akan diminta memasukan kode OTP melalui panggilan telepon. Klik Hubungi Saya, lalu input kode Verifikasi (OTP).
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Verifikasi Nomor Handphone
  • Masukan Username serta password. Lalu konfirmasi Password. Kemudian klik Lanjut.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Masukan Username & Password Shopee
  • Selesai.

3. Klaim Voucher Shopee

Jika kamu pertama kali mendaftar akun Shopee, kamu akan mendapatkan voucher gratis ongkir Shopee Rp.0 dengan minimum pembelian.

Tetapi terlebih dahulu kamu harus klaim voucher gratis ongkir tersebut agar dapat kamu gunakan untuk belanja. Caranya Tap Halaman Saya > Voucher Saya > Klik Klaim Voucher Gratis Ongkir Shopee Rp.0.

Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Klaim Voucher Gratis Ongkir

Kamu bisa mendapatkan voucher gratis ongkir Rp.0 ini berkali – kali untuk belanja sepuasnya di aplikasi Shopee loh. Baca caranya Disini.

4. Membeli Produk Shopee

Langkah belanja di Shopee selanjutnya adalag membeli produk yang kamu inginkan. Berikut cara membeli produk di shopee :

  • Cari produk yang ingin kamu beli. Setelah itu klik Tambahkan Ke Kerangjang jika ingin membeli beberapa produk sekaligus atau Beli Sekarang jika ingin membeli satu produk.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Cari Produk Shopee
  • Klik Checkout.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Klik Checkout
  • Isi Alamat Pengiriman.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Isi Alamat Pengiriman
  • Pada halaman Checkout, Klik Opsi Pengiriman, lalu pilih Jasa Pengiriman.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Pilih Opsi Pengiriman
  • Klik Voucher Shopee > Gunakan Ongkir Rp.0.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Gunakan Voucher Gratis Ongkir
  • Selanjutnya Klik Metode Pembayaran, lalu Pilih metode pembayaran sesuai Keinginan-mu. Misalnya menggunakan Transfer Bank. Pilih Transfer Bank BRI (Di Cek Otomatis) lalu klik Konfirmasi.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Pilih Metode Pembayaran
  • Terakhir Klik Buat Pesanan lalu Salin Nomor Virtual Account pembayaran Shopee.
Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Buat Pesanan

Tips : Pilih Verifikasi pembayaran di cek otomatis agar pembayaran kamu dapat diverifikasi tanpa upload bukti pembayaran.

5. Membayar Belanjaan Shopee

Segera lunasi pesanan kamu dalam waktu 1×24 jam. Jika tidak pesanan kamu akan dibatalkan secara otomatis. Berikut cara membayar belanjaan Shopee :

Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Bayar Shopee Via M-Banking BRI
  • Buka BRI Mobile Banking.
  • Pilih Pembayaran > BRIVA.
  • Tempel nomor virtual account Shopee. Lalu masukan PIN ATM-mu. Klik Kirim.
  • Transfer pembayaran shopee berhasil.

6. Cek Riwayat Pemesanan

Proses verifikasi pembayaran biasanya membutuhkan waktu maksimal 10 menit. Jika berhasil di verifikasi, selanjutnya cek riwayat pesanan kamu. Klik halaman Saya lalu pilih Lihat Riwayat Pemesanan.

Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Cek Riwayat Pemesanan

Jika status riwayat pemesanan kamu berubah menjadi “Dikemas” maka pembayaran kamu telah berhasil dan produk akan dikirim. Jika status “Belum Bayar” silahkan refresh halaman untuk memuat status pesanan kamu.

Nah sampai tahap ini kamu sudah berhasil belanja di aplikasi Shopee. Selanjutnya tunggu pesanan kamu dikirim kan oleh seller.

Cara Belanja Di Shopee Via Website

Memilih belanja melalu website Shopee sebenarnya hampir sama dengan belanja via aplikasi Shopee. Perbedaan nya terdapat pada perangkat yang kamu gunakan untuk order produk Shopee. Berikut cara belanja di Shopee via website :

  • Buka website Shopee.co.id. lalu Daftar seperti cara pertama. Atau login menggunakan username & Password jika kamu sudah memiliki akun Shopee.
  • Setelah berhasil login. Cari produk yang kamu inginkan. Lalu Tambahkan ke keranjang/Beli Sekarang.
  • Pada halaman checkout, isi alamat pengiriman. Kemudian pilih jasa pengiriman, lalu masukan voucher gratis ongkir yang kamu miliki.
  • Klik Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Klik Konfirmasi.
  • Terakhir klik Buat Pesanan.
  • Copy nomor virtual account pembayaran Shopee. Lalu lakukan pembayaran melalui M-Banking.
  • Setelah pembayaran kamu sukses. Cek Rriwayat Pemesanan untuk melihat status pesanan kamu. Pastikan statusnya berubah menjadi “Dikemas”.
  • Selesai. Tunggu pesanan kamu dikirimkan oleh seller.

Membatalkan Pesanan & Menambah Garansi Shopee

Terdapat keadaan yang mengharuskan pesanan Shopee dibatalkan. Biasanya penyebabnya yaitu :

  • Stok Produk yang dipesan sedang kosong dan tidak ada alternatif varian sejenis lainnya.
  • Kamu ingin merubah varian produk.
  • Terdapat kendala saat kamu dihubungi seller untuk konfirmasi produk kosong.

Jika hal ini terjadi, kamu dapat membatalkan pesanan produk dan uang yang telah kamu bayarkan akan di kembalikan secara utuh ke rekening ShopeePay-mu. Tapi ingat, jika ingin membatalkan pesanan, Konfirmasi terlebih dahulu kepada Seller dan beritahu alasanmu membatalkan pesanan tersebut.

Kondisi lainnya dimana kamu harus menambah masa garansi Shopee. Misalnya estimasi produk diterima yang sudah melebihi waktu yang seharusnya. Atau produk yang tidak dapat dilacak melalui Resi. Cara membatalkan pesan dan menambah garansi shopee yaitu Tap riwayat pemesanan. Pilih batalkan pesanan atau Tambah masa garansi Shopee.

Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website
Membatalkan Pesanan & Menambah Garansi Shopee

Tujuan penambahan masa Garansi Shopee ini adalah :

  • Menjamin dana kamu aman dan diganti oleh pihak Shopee jika sewaktu – waktu produk yang kamu pesan hilang.
  • Mempermudah membuat pengaduan terkait kondiri produk yang diterima rusak atau lecet.
  • Menghindari resiko seller yang tidak bertanggung jawab dalam mengirimkan produk.

Memberi Penilaian Produk (Rating)

Saat pesanan Shopee sudah kamu terima dalam kondisi baik. Maka kurir akan akan meng-konfirmasi pesanan di terima oleh buyer. Selanjutnya kamu akan melihat status pesanan “Diterima” serta rincian penerima paket-mu.

Tujuan memberi penilaian (Rating) produk Shopee yaitu meneruskan dana ke penjual (Seller). Berikut cara memberikan rating Shopee :

  • Tap Halaman Saya. Tap Riwayat Pemesanan.
  • Pilih Pesanan Diterima > Nilai.
  • Klik bintang untuk menambah. Sertakan isi penilaian berupa kesan saat kamu menerima produk tersebut.

Kesimpulan

Jadi manakah yang kamu pilih? Belanja di Shopee via aplikasi atau Via website Shopee? Atau kamu mungkin lebih memilih belanja Shopee Via COD? Tentu semuanya akan kembali ke-kenyamanan kamu saat mencoba keduanya. Selain itu, kamu juga bisa belanja Shopee via indomaret. Artinya pembayaran dapat kamu lakukan melalui merchant Alfmart atau Indomaret.

Baca Juga : 5 Cara Isi Saldo ShopeePay Pakai OVO, Dana, Go-Pay, Jenius & LinkAja 

Sekarang kamu bisa belanja kapan saja dan dimana saja. Tapi ingat, selalu ikuti Pedoman Komunitas Shopee untuk menghindari akun Shopee diblokir atau dibatasi. Lalu bagaimana cara belanja Shopee gratis ongkir? Tentunya kamu harus menggunakan voucher gratis ongkir. Klik caranya Disini.

Baca Juga : Cara Bayar Shopee Pakai OVO (100%) Work

Nah sekian dulu ulasan panduan lengkap Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula Via Aplikasi & Website. Jika kamu punya kendala saat belanja di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar. Selamat berbelanja.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *