Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

10 Cara Cetak Struk PLN Bulan Lalu Dan 3 Bulan Terakhir

Cara Cetak Struk PLN Bulan Lalu

Mahirtransaksi.com – Cara cetak struk PLN bulan lalu sampai 3 bulan terakhir bisa kamu lakukan dengan cara mudah. Sekarang ini untuk mencetak struk PLN yang sudah dibayar bisa kita lakukan di mana saja.

Zaman yang sudah banyak berkembang menjadikan banyak hal mudah yang bisa kita dapat. Saat ini kita melakukan banyak transaksi via online. Tagihan listrik pun termasuk hal yang bisa dibayar via online.

Bagi kamu yang sibuk atau tidak ada waktu untuk datang ke loket langsung. Teknologi pembayaran via online ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya adalah tugas kita.

Cara Cetak Struk Pembayaran PLN

Pembayaran tagihan yang bisa dilakukan secara online sangat menguntungkan bagi kita. Hal itu bisa menghindari denda karena telat membayar.

Selain itu kita bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja alias tidak terikat oleh jam kerja dan tempat.

Hemat waktu dan tenaga pastinya. Kita juga tidak perlu mengeluarkan ongkos berlebih, karena kita bisa membayar tagihan dari rumah.

Penggunaan M-banking dan E-wallet sangat membantu dalam transaksi ini.

Dengan semakin mudahnya urusan kita dalam pembayaran tagihan, akan membuat kita mudah juga dalam hal lain.

Misalnya mengatur pengeluaran dalam Rumah tangga. Kita bisa melihat dengan mudah data-data tagihan kita melalui gadget yang kita punya.

Cara Cetak Struk PLN Online

Memiliki data-data tagihan, struk belanja, pengeluaran uang sekolah, dan lain-lainnya akan sangat memudahkan kita dalam mengatur keuangan. Apalagi menjadi satu dalam genggaman (HP). Tapi, kadang memang data fisik juga kita perlukan.

Melihat data secara langsung bagi sebagian orang akan lebih memuaskan. Walaupun data-data tadi tersimpan secara digital, kamu juga bisa mendapatkannya dalam bentuk fisik. Caranya adalah dengan mencetaknya.

Cetakan ini sebenarnya bisa dalam bentuk digital juga. Struk yang sudah dicetak biasanya akan tersimpan di Dokumen HP atau PC. Jadi, saat kamu tidak memiliki koneksi internet data itu tetap bisa dilihat.

Tidak jarang juga yang butuh hasil fisik struk yang berbentuk kertas. Biasanya untuk melengkapi pemberkasan. Struk tagihan listrik menjadi salah satu struk tagihan yang dibutuhkan dalam suatu pemberkasan.

Listrik prabayar memang memudahkan kita yang tidak memiliki banyak waktu di rumah dan memiliki mobilitas tinggi.

Tapi terkadang kita juga bisa lupa membayar karena adanya kemudahan itu. PLN biasanya memberi tenggang waktu 3 bulan dalam pembayaran listrik pascabayar.

Bisakah Cetak Struk PLN Bulan Lalu?

Jika listrik tidak dibayar dalam 3 bulan maka otomatis listrik kalian akan diputus oleh PLN. Bagi kalian yang terlalu sibuk atau lupa, mungkin pemutusan aliran listrik ini bisa saja terjadi.

Untuk itu simak cara cetak struk PLN bulan lalu berikut ini :

Cara Cetak Struk PLN Bulan Lalu Via PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile adalah aplikasi yang dikeluarkan PLN untuk mempermudah pelanggan PLN dalam melakukan transaksi via online. Kamu bisa mengakses via smartphone.

Kamu bisa menggunakan aplikasi PLN untuk mencetak tagihan listrik selama 3 bulan terakhir.

Tapi untuk bisa mencetak tagihan tersebut kamu harus melakukan log in atau mendaftar dulu. Berikut ini adalah cara cetak struk PLN bulan lalu lewat aplikasi Mobile PLN :

  • Pertama Instal aplikasi PLN Mobile yang di HP kamu.
  • Setelah itu klik daftar jika belum mempunyai akun. Jika kamu sudah memiliki akun, silahkan klik tombol login.
Cara Cetak Struk PLN Bulan Lalu
Buka Aplikasi PLN Mobile
  • Selanjutnya pilih menu Tagihan Listrik di aplikasi PLN Mobile.
  • Masukkan ID Pelanggan dan Nomor Meter PLN.
  • Klik menu History Penggunaan. Setelah kamu klik nanti akan muncul riwayat tagihan / pembayaran PLN. Kamu bisa memilih bulan dan tahun struk yang ingin dicetak.
Cara Cetak Struk PLN Bulan Lalu
Buka History Pembelian
  • Terakhir file struk PLN bulan lalu yang akan dicetak akan dikirimkan via email sesuai dengan email yang kamu gunakan untuk login.
Cara Cetak Struk PLN Bulan Lalu
Download Struk PLN

Cara cetak struk tagihan listrik bulan lalu bisa kamu lakukan sesuai bulan yang kamu cari. Jika ingin melakukan pencetakan struk 3 bulan terakhir kamu bisa melakukannya 3 kali dengan memasukkan data bulan yang ada butuhkan.

Cetak Struk PLN Lewat HP Via Email

Email bisa kamu gunakan untuk mengecek tagihan PLN bulan lalu maupun 3 bulan terakhir. Email ini biasanya berupa E-billing. Untuk mendapatkan email E-billing sebelumnya kamu harus terdaftar E-billing.

Walaupun harus mendaftar E-billing namun kamu tetap bisa melihat struk PLN bulan lalu lewat HP melalui email E-Billing ini.

Cara Cetak Ulang Struk PLN Via Web PLN

Cara cetak struk tagihan PLN bulan lalu juga bisa kamu lakukan dengan masuk ke laman Web PLN. Kamu tidak perlu mendownload aplikasi.

Namun, kamu tetap harus login/mendaftar terlebih dahulu. Berikut cara cetak ulang struk PLN yang hilang lewat Web :

  • Pertama buka web resmi PLN di https://layanan.pln.co.id/.
  • Silahkan buat akun terlebih dahulu dengan cara mengisi data diri, ID Pelanggan, dan nomor Meter listrik.
  • Pilih menu Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token untuk mencetak struk tagihan PLN.
  • Lalu akan muncul informasi tagihan listrik bulan lalu sampai dengan 6 bulan ke belakang dengan rincian tanggal pembayaran, jumlah KWH serta denda keterlambatan jika ada.
  • Jika kamu ingin melihat rincian tagihannya secara detail, silahkan klik  Info tagihan.
Cara Cetak Struk PLN Bulan LaluStruk PLN Siap Dicetak
  • Kemudian akan muncul informasi total semua tagihan dengan lengkap  seperti RP PTL (Rupiah Pemakaian Tenaga Listrik) dan RP PPJ (Rupiah Pajak Penerangan Jalan).

Cara cetak struk PLN bulan lalu lewat web resmi PLN ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang tidak mau menginstall aplikasi.

Kita tahu sendiri bahwa aplikasi bisa menambah ruang penyimpanan. Untuk menghindari ruang penyimpanan penuh melalui web memang pilihan tepat.

Penutup

Kamu bisa memilih salah satu cara di atas untuk mencetak tagihan PLN yang hilang atau lupa cetak struk tagihan sebelumnya.

Tidak dipungkiri cara di atas masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun kamu bisa memilih cara yang menurut kamu paling baik dan efektif.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Tagihan Tanpa Biaya Admin [Update]

Dengan mengetahui cara mencetak struk PLN, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Bisa untuk melengkapi berkas. Bisa juga untuk menghitung jumlah pengeluaran dan lain-lain.

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.