Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Cara COD Di Shopee Terbaru Dan Terlengkap

4 min read

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru

Mahirtransaksi.com – Saat ini Shopee telah meluncurkan fitur belanja mudah yaitu COD (Cash On Delivery). Pernahkah kamu mencobanya? Jika belum silahkan lanjutkan membaca 10 Cara COD Di Shopee Terbaru beserta syarat dan Ketentuan Belanja bayar di tempat ini.

Belanja COD Di Shopee

Belanja merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi saat ini telah tersedia beberpa marketplace untuk belanja online. Jika biasanya kamu berbelanja COD secara offline sekarang kamu dapat belanja COD di Shopee.

Fitur COD Shopee ini di rilis sekitar awal tahun 2019. Artinya sudah ribuan pengguna Shopee yang merasakan manfaat fitur ini baik untuk penjual (Seller) maupun pembeli (Buyer) di aplikasi Shopee.

Pengertian Cash On Delivery (COD)

COD (Cash On Delivery) adalah salah satu metode pembayaran yang dilakukan antara penjual dan pembeli secara tunai ketika pesanan tiba.

Saat ini ada beberapa marketplace yang menyediakan fitur COD untuk pembayarannya seperti Shopee, Lazada, Blibli.com, Zalora.com, Bhineka.com dan Salestockindonesia.

Tetapi sistem COD di marketplace online sebenarnya tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung karena keterbatasan jarak dan jangkauan pemasarannya. Oleh karena itu, marketplace bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk menerima pembayaran secara tunai dari pembeli.

Keuntungan COD Di Shopee

Dengan adanya sistem COD ini, beragam keuntungan dapat dirasakan baik untuk penjual maupun pembeli. Khususnya di Shopee, manfaat sistem pembayaran COD untuk pembeli ini antara lain :

1. Mudah & Cepat

Alasan pertama mengapa memilih COD sebagai metode pembayaran saat belanja di Shopee tentunya karena kemudahan dan kecepatannya.

Jika sebelumnya kamu belanja harus membayar melalui Transfer ATM atau melalui merchant Alfmart/Indomaret, kini kamu cukup menyiapkan uang yang langsung dapat kamu serahkan ke kurir ketika pesanan kamu tiba.

Tentunya hal ini akan menghemat pengeluaran kamu saat membeli produk yang kamu inginkan di Shopee.

2. Melihat Kondisi Produk Secara Langsung Sebelum Membayar

Keuntungan COD yang kedua yaitu kamu bisa melihat kondisi produk yang kamu beli secara langsung. Jika kamu merasa produk yang kamu beli sesuai, maka kamu dapat membayarnya, jika tidak kamu dapat memilih untuk mengembalikan (retur) produk tersebut ke penjual.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk produk yang di packing. Kamu tidak diperbolehkan membuka bungkus packing sebelum membayar produk tersebut. Tetapi kamu masih tetap bisa mengembalikannya jika produk tersebut tidak sesuai spesifikasi yang ditawarkan pembeli.

3. Pembayaran Tunai

Biasanya untuk pelajar yang belum memiliki KTP dan Rekening Bank sendiri akan sulit berbelanja Online. Tapi dengan sistem COD, sekarang kamu dapat belanja online secara tunai tanpa Transfer melalui Rekening Bank.

Kamu hanya perlu memastikan uang kamu cukup dan membayarkan pesanan-mu saat kurir datang. Selain itu, memilih COD sebagai metode pembayaran Shopee tidak menambah biaya layanan untuk jasa pengiriman yang kamu pilih.

Sebenarnya masih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan pembayaran COD Shopee ini. Contohnya :

  1. Memudahkan kerjasama antar penjual dan pembeli karena dapat bertemu secara langsung. Ini berlaku jika penjual dan pembeli berada dalam satu lokasi yang berdekatan.
  2. Mengurangi resiko seller yang tidak bertanggung jawab dalam menjual dan mengirimkan produk ke pembeli.
  3. Meningkatkan kepercayaan pembeli kepada seller (penjual).

Syarat Dan Ketentuan COD Di Shopee

Sebelum kamu belanja COD di Shopee, pastikan kamu telah membaca syarat dan ketentuan belanja COD Shopee ini :

1. Minimal Belanja

Untuk menggunakan pembayaran COD (Bayar di tempat) ini kamu harus belanja minimal Rp.50.000 rupiah dan maksimal Rp.3.00.000 rupiah.

Artinya pembelian dibawah 50 ribu rupiah tidak dapat menggunakan fitur COD Shopee ini. Triknya, kamu bisa membeli beberapa produk dalam satu toko untuk mencapai minimal pembelian dengan sistem COD Shopee ini.

2. Jasa Pengiriman

Fitur COD Shopee saat ini hanya mendukung 3 Jasa pengiriman yaitu :

  • J&T Express.
  • Shopee Express.
  • JNE (Pengiriman dari luar negeri).

Garansi pengiriman produk hanya berlaku untuk J&T Express. Jika kamu belanja pastikan kamu memilih salah satu jasa pengiriman tersebut. Jangan lupa sesuaikan dengan penggun voucher gratis ongkir atau voucher cashback yang kamu gunakan.

3. Biaya Tambahan

Setelah update fitur COD Shopee ini per tanggal 20 Maret 2020. Shopee mengenakan biaya tambahan berupa biaya penanganan untuk setiap pembelian produk Shopee yang menggunakan metode pembayaran COD.

Baca Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Menggunakan ShopeePay

Besarnya biaya penanganan ini yakni 2% untuk pembeli biasa dan 8% untuk pembeli dengan sistem Dropship.

Cara Mengetahui Produk Yang Mendukung COD Di Shopee

Ada tiga cara mengetahui produk apa saja yang mendukung pembayaran di tempat (COD) ini. Berikut 3 cara tersebut :

#1 Cara Pertama

Buka aplikasi Shopee, lalu cari produk yang ingin kamu beli menggunakan keyword pada kolom pencarian. Setelah itu klik fitur COD di bagian atas pencarian. Otomatis Shopee akan menampilkan semua produk yang mendukung COD.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk COD

#2 Cara Kedua

Buka aplikasi Shopee. Lalu dibagian sudut kanan atas klik Filter pencarian. Kemudian di metode pembayaran kamu akan menemukan COD (Bayar Di Tempat). Klik Pakai untuk mengaktifkan filter COD. Lalu cari produk yang kamu inginkan.

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk COD

#3 Cara Ketiga

Cari produk yang kamu inginkan melalui fitur pencarian Shopee. Lalu lihat dibagian detail produk bertanda COD (Bayar Di Tempat).

Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk COD

Cara COD Di Shopee

Sebelum belanja COD Shopee, kamu harus memastikan terlebih dahalu produk yang akan kamu beli mendukung fitur COD. Jika sudah, selanjutnya lihat cara belanja Shopee COD melalui aplikasi dan website berikut.

Cara COD Di Shopee Melalui Aplikasi

Berikut cara belanja Shopee COD melalui aplikasi Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee. Lalu cari produk COD Shopee yang ingin kamu beli. Setelah itu klik Tambahkan Ke Kerangjang jika ingin membeli beberapa produk COD sekaligus atau Beli Sekarang jika ingin membeli satu produk.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cari Produk Shopee
  • Klik Checkout.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Klik Checkout
  • Isi Alamat Pengiriman dan Nomor HP yang masih aktif dan dapat di hubungi.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Isi Alamat Pengiriman
  • Pada Opsi Pengiriman, pilih Jasa Pengiriman J&T Express.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Pilih Jasa Pengiriman COD
  • Pilih Metode Pembayaran COD (Bayar Di Tempat). Klik Konfirmasi.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Pilih Metode Pembayaran COD
  • Klik Gunakan Voucher masukan Voucher Cashback atau Voucher Gratis Ongkir yang kamu miliki.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Gunakan Voucher Gratis Ongkir
  • Lalu Klik Buat Pesanan.
  • Cek status Pengiriman. Pastikan statusnya berubah menjadi “Dikemas”.
Cara Belanja COD Di Shopee Terbaru
Cek Riwayat Pemesanan
  • Tunggu pesanan kamu dikirimkan oleh seller.
  • Selesai.

Cara COD Di Shopee Melalui Website

Berikut langkah – langkah belanja COD di Shopee melalui website Shopee :

  • Buka website Shopee.co.id. lalu login menggunakan username & Password Shopee.
  • Setelah berhasil login. Cari produk COD Shopee yang kamu inginkan. Lalu Tambahkan Ke Keranjang/Beli Sekarang.
  • Selanjutnya klik Checkout.
  • Pada halaman checkout, isi alamat pengiriman. Kemudian pilih jasa pengiriman, lalu masukan voucher gratis ongkir yang kamu miliki.
  • Klik Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran COD (Bayar Di Tempat). Klik Konfirmasi.
  • Terakhir klik Buat Pesanan.
  • Cek Rriwayat Pemesanan untuk melihat status pesanan kamu. Pastikan statusnya berubah menjadi “Dikemas”.
  • Tunggu pesanan kamu dikirimkan oleh seller.
  • Selesai.

Tips Belanja COD Di Shopee

Karena kemudahannya, banyak pembeli Shopee yang menganggap sepele metode pembayaran COD ini. Perlu kamu ketahui bahwa menolak atau mengembalikan pesanan dapat menyebabkan fitur COD di akun Shopee kamu akan diblokir permanen. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips – tips dalam berbelanja COD yang harus kamu pahami :

  1. Sebelum membuat pesanan, konfirmasi deskripsi produk sedetail mungkin kepada seller agar nanti nya saat produk sudah ditangan-mu sesuai dengan deskripsi.
  2. Pastikan kamu memasukan alamat sejelas mungkin. Tuliskan RT, RW, Nomor Rumah serta ciri – ciri rumah agar kurir tidak kesulitan mencari lokasi-mu.
  3. Masukan nomor HP yang dapat dihubungi dan masih aktif. Ini memudahkan kurir menghubungi-mu saat kebingungan mencari alamat-mu.
  4. Jika produk tidak sesuai dan kamu ingin mengembalikannya, konfirmasi kembali kepada penjual (Seller).
  5. Setelah produk kamu terima dan kamu merasa puas dengan produknya, selalu tinggalkan ulasan terbaik untuk mendukung seller mendapat kepercayaan dari pengguna Shopee lainnya.

Nah pada akhirnya memilih metode pembayaran Transfer Bank, ShopeePay, Shopee PayLater atau bahkan COD ( Cash On Delivery) untuk belanja di Shopee sesuai keinginan-mu.

Baca Juga : Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Selalu baca Peraturan Komunitas Shopee agar akun-mu tetap aman. Dan terlebih lagi jaga komunikasi antara kamu dengan penjual agar tetap berjalan dengan baik.

Lihat Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Rp.0 Sepuasnya

Itulah ulasan cara COD Di Shopee Terbaru via aplikasi dan website Shopee yang bisa kamu coba di akun Shopee-mu. Jika kamu punya kendala saat COD Shopee sebagai pemula, kamu dapat membagikan pengalam COD Shopee-mu melalui kolom komentar yang tersedia. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *