Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10+ Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia [Ulasan Lengkap]

5 min read

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia

Mahirtransaksi.com – Untuk alasan keamanan akun Tokopedia, maka setiap pengguna harus melengkapi & verifikasi data diri di Tokopedia. Oleh karena itu, simak ulasan lengkap cara melengkapi data diri di Tokopedia berikut ini !

Data Tokopedia terdiri atas data diri dan data akun. Data akun meliputi :

  • Nomor Telepon.
  • Email.
  • Password.
  • PIN.

Sedangkan data diri terdiri atas :

  • Nama Lengkap.
  • Tanggal lahir.
  • Jenis kelamin.
  • Akun Bank.

Saat mendaftar akun Tokopedia, dibutuhkan data diri berupa nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin serta data akun berupa nomor telepon, email dan password.

Dalam ulasan kali ini akan membahas lebih spesifik mengenai cara menambah data diri di Tokopedia.

Mengapa ini penting?

Dalam proses verifikasi data diri, kelengkapan dan kesesuaian data adalah point utama agar proses verifikasi akun kamu diterima. Oleh karena itu, kamu harus memastikan semua data akun dan data diri sudah sesuai dengan KTP kamu.

Melengkapi Data Diri Tokopedia

Data yang lengkap dan valid akan sangat penting untuk menunjang keamanan akun Tokopedia. Untuk memastikan data kamu sudah benar, maka dibutuhkan verifikasi data oleh Tokopedia.

Lalu mengapa harus verifikasi data diri?

Sebagai pembeli proses verifikasi data Tokopedia ini dibutuhka  sebagai alasan keamanan. Jika terjadi kendala dalam proses pembelian, Tokopedia akan meminta data diri berupa KTP sebagai proses verifikasi. Jika akun sudah terverifikasi, maka tindakan ini tidak akan diperlukan.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot mengatur alamat jika ingin membeli produk. Hal ini juga penting untuk menghindari kesalahan penulisan alamat atau Nomor HP saat proses checkout. Tentu akan menghemat waktu dan tenaga ya !

Keuntungan Melengkapi Data Diri Tokopedia

Disamping faktor keamanan, Seller juga akan mendapatkan beberapa manfaat dari verifikasi data diri ini, diantaranya :

1. Meningkatkan Performa Toko

Skor awal performa pada toko baru adalah 80 point. Setelah berhasil verifikasi data diri / toko maka skor performa akan bertambah 20 Point.

Skor performa toko ini akan berubah naik atau turun sesuai dengan kepuasan pelanggan saat berbelanja di toko-mu. Dengan verifikasi, tentunya kamu akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pembeli yang berkunjung ke toko-mu.

2. Berpeluang Menjadi Power Merchant

Dengan verifikasi toko, maka toko-mu akan berpeluang menjadi Power Merchant dan mendapatkan berbegai penawaran dan bonus menarik seperti bebas ongkir hingga 40 ribu untuk pelangganmu.

Selain itu, Toko dengan Power Merchant juga akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pembeli karena telah terverifikasi serta telah mendapatkan Badge Power Merchant.

3. Penarikan Dana Aman & Cepat

Dengan melengkapi data akun bank, Seller juga tidak perlu repot menambahkan nomor rekening baru saat ingin mengirim saldo penjual ke rekening bank.

Selain hemat waktu, proses ini juga relatif lebih aman dan cepat dibanding menginput rekening saat proses transfer karena akan membutuhkan proses verifikasi data akun bank.

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia Lewat Aplikasi

Sekarang sudah tahu kan pentingnya verifikasi data diri di Tokopedia. Tunggu dulu, seperti pembahasan di awal, sebelum mengajukan verifikasi data diri, kamu wajib melengkapi data diri Tokopedia terlebih dahulu.

Step 1 : Melengkapi Data Akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk verifikasi data diri Tokopedia adalah melengkapi biodata diri. Berikut langkah – langkahnya :

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia
Data Akun Tokopedia
  • Pertama masuk ke Pengaturan dengan cara klik Foto Profil.
  • Selanjutnya pilih Akun. Dihalaman Akun ini kamu dapat mengatur data sebegai berikut :
    • Nama Lengkap, Tanggal lahir, dan Jenis kelamin : Secara default telah tersimpan saat mendaftar akun Tokopedia. Jika kamu ingin mengubahnya, klik Ubah.
    • Email : Secara default sudah ditambahkan saat mendaftar akun Tokopedia, tetapi jika kamu ingin mengubah atau melakukan verifikasi email, lihat caranya Disini.
    • Nomor HP : Secara default sudah ditambahkan saat mendaftar akun Tokopedia. Jika kamu ingin mengubahnya, lihat caranya Disini.
    • Foto Profil : Klik Pilih Foto lalu pilih Galeri. Pilih foto yang akan dijadikan Foto profil akun/toko Tokopedia.
    • Ubah kata sandi : Password Tokopedia adalah password yang kamu gunakan saat ini. Jika ingin mengubah kata sandi, lihat caranya Disini.
    • Daftar Alamat : Kamu bisa menambah hingga 10 alamat berbeda. Tetapi hanya satu alamat yang digunakan sebagai alamat utama. Alamat utama digunakan sebagai alamat default pengiriman atau pengembalian (refund) produk Tokopedia. Untuk menambah alamat baru, klik Tambah Alamat lalu isi data alamat pada kolom yang tersedia.
    • Rekening Bank : Kamu dapat menambah maksimal 3 akun bank berbeda. Tetapi hanya satu rekening yang dapat dijadikan sebagai rekening utama. Lihat ulasan lengkap menambah akun bank Tokopedia ini.
  • Terakhir klik Simpan untuk menyimpan semua perubahan data akun Tokopedia atau kamu juga dapat menyimpan sesuai dengan data yang kamu ubah.

Step 2 : Melengkapi Data Pembayaran

Kamu dapat menemukan halaman pembayaran di pengaturan. Berikut cara mengatur pembayaran Tokopedia :

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia
Data Pembayaran Tokopedia
  • OVO : klik Aktivasi OVO Sekarang jika ingin mengaitkan OVO ke akun Tokopedia. Selanjutnya verifikasi nomor OVO agar fitur pembayaran OVO dapat digunakan.
  • OVO Paylater : OVO Paylater saat belum dapat digunakan dan masih dalam tahap pengembangan.
  • Saldo : Berisi informasi saldo hasil penjualan atau cashback yang dapat kamu tarik ke rekening bank.
  • Kartu Kredit & Debit Instan : Klik daftarkan kartu / tambah kartu untuk menambah kartu kredit yang dapat digunakan untuk belanja secara instan.

Step 3 : Fitur Beli Langsung

Beli langsung adalah fitur terbaru Tokopedia yang berisi pengaturan pembayaran serta alamat pengiriman favorit. Tujuannya untuk mempercepat proses pengisian data pembayaran dan alamat.

Berikut cara mengatur fitur beli langsung Tokopedia :

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia
Fitur Beli Langsung Tokopedia
  • Klik Tambah Pilihan untuk menambah metode pembayaran serta alamat favorit.
  • Klik icon gerigi (Pengaturan) jika ingin mengubah metode pembayaran serta alamat yang telah tersedia.

Step 4 : Pengaturan Notifikasi

Pengaturan notifikasi Tokopedia terdiri atas :

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia
Pengaturan Notifikasi
  • Push Notification : Notifikasi informasi promo, diskon, cashback dan informasi penawaran Tokopedia lainnya yang muncul melalui layar Pop Up ponsel.
  • Email : Notifikasi pembayaran dan pembelian yang dikirim melalui inbox email yang terkait ke akun Tokopedia.
  • SMS : Notifikasi yang muncul di bagian SMS terkait pembayaran, pembelian dan keamanan akun.

Step 5 : Mengaktifkan Fitur Keamanan Akun

Salah satu point penting yang wajib kamh aktifkan untuk meningkatkan keamanan akun Tokopedia adalah PIN & Google Authenticator. Untuk mengaktifkan kedua fitur keamanan Tokopedia ini, lihat ulasan lengkapnya dibawah ini :

Setelah kamu mengaktifkan kedua fitur tersebut, maka setiap proses perubahan data akun, pembayaran dan pembelian serta perubahan rekening bank akan membutuhkan verifikasi keamanan berupa PIN atau Google Authenticator.

Cara Verifikasi Data Diri Tokopedia

Setelah semua data telah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data diri / toko di Tokopedia. Untuk melakukan verifikasi, kamu perlu menyiapkan KTP sebagai tanda pengenal. Berikut cara verifikasi data diri Tokopedia :

Cara Melengkapi Data Diri Di Tokopedia
Cara Verifikasi Data Diri Tokopedia
  • Buka aplikasi Tokopedia, lalu klik Akun. Kemudian klik Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Selanjutnya pilih Akun. Scroll ke bawah lalu klik Verifikasi Data Diri.
  • Klik Mulai untuk melakukan verifikasi. Lalu ambil foto KTP. Selanjutnya ambil foto wajah (selfie) dengan cara klik Mulai Verifikasi Wajah.
  • Selanjutnya tunggu proses verifikasi dalam waktu 1 x 24 jam. Jika berhasil, maka notifikasi akan dikirim via email dan chat Tokopedia.

Untuk memastikan agar proses verifikasi berhasil, maka kamu perlu memperhatikan beberapa point penting berikut :

  • Pastikan kamu menggunakan identitas KTP asli milik mu dan sesuai dengan data data pribadi kamu.
  • Pastikan pula bahwa foto tidak buram dan terlihat jelas baik foto KTP dan Selfie.
  • Perhatikan posisi wajah saat verifikasi, usahakan agar wajah lurus dan tidak miring saat di foto.

Frequently Asked Question

Untuk melengkapi ulasan cara melengkapi data diri Tokopedia via aplikasi ini, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban (faq) yang paling sering ditanyakan :

Mengapa saya harus verifikasi data diri / Toko? Untuk meningkatkan keamanan akun maka Tokopedia menganjurkan pengguna melakukan verifikasi data diri. Selain itu, berbeagai keuntungan juga dapat diperoleh oleh pembeli maupun penjual jika telah melakukan verifikasi. Salah satunya adalah fitur Power Merchant untuk penjual.

Apakah identitas (KTP) dapat digunakan untuk verifikasi beberapa akun Tokopedia? Identitas (KTP) hanya dapat digunakan maksimal untuk 2 akun / Toko.

Bagaimana jika verifikasi Tokopedia ditolak? Berikut beberapa alasan mengapa proses verifikasi Tokopedia ditolak :

  • Identitas sudah pernah digunakan / identitas melebihi batas pengajuan.
  • Foto yang Anda unggah tidak jelas.
  • Wajah di foto KTP berbeda dengan wajah di foto diri Anda dengan KTP (selfie).

Baca Juga : Apakah Bisa Menghapus Rekening Utama Di Tokopedia?

Notifikasi proses verifikasi gagal akan dikirimkan melalui Email / Chat Tokopedia. Selanjutnya lakukan perbaikan sesuai dengan point kesalahan pada saat verifikasi, terakhir ajukan verifikasi data diri kembali.

Akhir Kata

Dalam proses penyelesaian masalah baik untuk buyer maupun Seller, Tokopedia akan meminta identitas dalam proses verifikasi. Untuk itu melengkapi data diri di akun Tokopedia merupakan cara efektif untuk meminimalisir pencurian atau penyalahgunaan akun. Berbagai keuntungan seperti hemat waktu, hemat tenaga, praktis dan mudah bisa kamu dapatkan jika telah melakukan verifikasi diri / toko.

Baca Juga : 15 Keunggulan Tokopedia Untuk Belanja & Jualan [Ulasan Lengkap]

Sekian dulu ulasan lengkap cara melengkapi data diri di Tokopedia melalui aplikasi ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar verifikasi data diri Tokopedia, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *