Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri Untuk CPNS Atau Pelajar

Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri

Mahirtransaksi.com – Cara mendapatkan sertifikat bela diri tentu saja tidak mudah, kamu harus mengikuti serangkaian pelatihan atau kursus bela diri untuk mendapatkan sertifikat.

Beberapa orang tua yang memiliki anak usia sekolah seringkali merekomendasikan olahraga bela diri ini sebagai kegiatan tambahan bagi anak.

Perlu diketahui bahwa olahraga bela diri adalah olahraga yang dilakukan dengan tujuan utama melakukan pertahanan dan pembelaan diri. Hal ini dilakukan terhadap bahaya yang mungkin mengancam.

Belajar bela diri nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi anak hingga dewasa kelak. Hal ini dapat menjadikan kamu terlatih untuk menghadapi situasi yang membahayakan.

Misalnya terhadap tindak penjambretan, perampokan, atau bahkan bullying. Belajar bela diri memang perlu dilakukan sejak kecil, namun tetap ada pengawasan dan pengarahan penuh dari orang tua.

Apa Itu Sertifikat Bela Diri?

Hal yang terpenting untuk dipahami bahwa belajar bela diri bukan hanya untuk adu kekerenan atau keberanian.

Namun olahraga bela diri ini digunakan sebagai alat perlindungan diri baginya. Jika kamu ingin mendapatkan pengakuan tentang penguasaan keterampilan teknik bela diri, terlihat dari sertifikat yang dimiliki.

Sertifikat bela diri adalah surat tanda bukti hak yang berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat mengenai data fisik dan data yuridis kepada seseorang berkat keahlian atau skill bela diri yang dimiliki orang tersebut.

Fyi, tidak semua orang berhak mendapatkan sertifikat bela diri, sertifikat ini hanya diberikan khusus bagi orang – orang yang telah melewati tingkatan pelatihan khusus bela diri.

Jenis – Jenis Sertifikat Bela Diri

Teknik ini digunakan untuk membela atau melindungi diri serta olah batin. Olahraga beladiri ternyata tak hanya menyehatkan tubuh, namun juga bisa menjaga kondisi psikis seseorang dalam kondisi stabil.

Ada 4 (empat) jenis beladiri yang bisa dicoba, yakni judo, taekwondo, karate dan pencak silat.

Jika sudah merasa menguasai teknik bela diri tersebut, biasanya kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu sudah menguasai ilmu bela diri tersebut.

Fungsi Sertifikat Keterampilan Bela Diri

Sertifikat bela diri memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks pelatihan bela diri. Fungsi ini dapat berbeda tergantung pada jenis bela diri dan organisasi yang mengeluarkan sertifikat.

Berikut beberapa fungsi umum sertifikat keterampilan bela diri yang wajib kamu tahu :

Pengakuan Pencapaian

Sertifikat bela diri digunakan untuk mengakui pencapaian individu dalam pelatihan bela diri yang menandakan individu telah melewati tahap sesuai peraturan yang berlaku.

Pencapaian ini mencakup berbagai tingkatan keterampilan, mulai dari sabuk berwarna rendah hingga tinggi dan bahkan gelar instruktur.

Motivasi Dan Pendorong

Sertifikat dapat menjadi sumber motivasi bagi peserta pelatihan bela diri. Ketika seseorang menerima sertifikat atas prestasinya tentunya akan mendorong untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan bela dirinya.

Selain itu, sertifikat keterampilan bela diri ini juga untuk menunjukkan bahwa seseorang telah menerima pelatihan yang memadai dan telah lulus ujian atau evaluasi yang sesuai.

Identifikasi Level Keterampilan

Sertifikat bela diri biasanya mencantumkan level keterampilan yang telah dicapai oleh pemiliknya yang memungkinkan instruktur dan pesaing dengan mudah mengidentifikasi tingkat keterampilan dalam bela diri.

Sertifikat bela diri juga dapat memberikan prestise kepada pemiliknya yang menunjukkan bahwa seseorang telah berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan yang telah mencapai prestasi yang diakui.

Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri

Olahraga merupakan salah satu kebutuhan tubuh agar bisa menjadi bugar dan sehat. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan sangat beragam. Salah satu yang perlu dicoba yakni olahraga beladiri.

Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri
Sertifikat Bela Diri

Olahraga ini yang identik dengan kaum pria, namun seiring berjalannya waktu wanita juga mulai banyak yang tertarik melakukannya. 

Jika melihat dari teknik dasarnya, gerakan beladiri untuk pria dan wanita sebenarnya tidak jauh berbeda karena pada dasarnya bela diri adalah salah satu olahraga yang memadukan aktivitas fisik dan seni.

Ikut Sekolah Bela Diri Khusus

Program sertifikat yang kamu pilih mungkin bergantung terhadap latar belakang dan tujuan karir masa depan.

Jika berharap untuk mengajar pada tempat yang mengkhususkan diri dalam program bela diri tertentu, kamu bisa mencoba mendapatkan sertifikat bela diri dengan mengikuti sekolah bela diri khusus.

Misalnya, jika kamu ingin fokus pada pertahanan diri wanita, kamu bisa memilih RAD, Federasi Seni Bela Diri Wanita Nasional, atau sertifikasi khusus yang lainnya.

Sertifikat bela diri cocok untuk instruktur yang ingin mengajar bela diri atau mempunyai tempat latihan bela sendiri nantinya.

Ikuti Kursus Sertifikasi Bela Diri

Sertifikat bela diri juga bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus sertifikati bela diri yang diadakan oleh perguruan – perguruan bela diri tertentu.

Untuk memulai proses sertifikasi, kamu bisa mengambil kelas dalam teknik yang akan kamu pelajari. Setelah kamu bisa menguasai keterampilan tekniknya maka kamu akan mendapatkan sertifikat.

Beberapa program sertifikasi mungkin juga membutuhkan sabuk hitam atau tingkat tinggi lainnya dalam latihan seni bela diri. Misalnya seperti taekwondo atau jujitsu. 

Selain itu, program sertifikasi tertentu meminta pesertanya untuk menjalani pemeriksaan latar belakang atau memberikan informasi pribadi sebelum mengizinkannya mendaftar.

Mengikuti Lembaga Pelatihan Bela Diri

Banyaknya lembaga pelatihan bela diri ini dapat membantu pesertanya dalam memperoleh keterampilan untuk ujian sertifikasi. Kamu bisa menghadiri kelas tatap muka dari sekolah seni bela diri atau melalui fasilitas pelatihan.

Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri
Pelatihan Bela Diri

Kamu juga bisa mengikuti lembaga pelatihan secara virtual dan menampilkan kelas online langsung atau modul pelatihan lewat Zoom. Beberapa pelatihan ini mungkin mencakup tentang teknik serta gerakan bela diri tertentu.

Lulus Ujian Bela Diri

Cara mendapatkan sertifikat bela diri bisa dilakukan dengan tes tertulis. Tes ini bisa diberikan secara langsung atau online.

Tentunya dengan pertanyaan mengenai tujuan metode pertahanan diri atau teknik tertentu. Selain itu, mungkin melibatkan pemeriksaan fisik.

Kamu perlu menunjukkan penguasaan metode. Jika kamu telah memenuhi persyaratan sertifikasi, nantinya akan menerima sertifikat atau lencana.

Menggunakan Jasa Pengurusan Sertifikat Bela Diri

Jasa pengurusan sertifikat bela diri adalah layanan yang membantu pengurus klub bela diri dalam mengurus sertifikat standar dan izin usaha klub bela diri.

Kamu dapat menemukan jasa pengurusan sertifikat bela diri ini dengan mudah di toko-toko khusus atau melalui platform online seperti Bukalapak dan Shopee yang akan membantu pengurus pembuatan sertifikat bela diri.

Sebelum menggunakan jasa pengurusan sertifikat bela diri, sebaiknya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu dan memilih jasa pengurusan sertifikat bela diri yang terpercaya.

Sertifikat Bela Diri Untuk CPNS

Bagi beberapa formasi CPNS biasanya mengharuskan peserta melampirkan sertifikat bela diri pada saat Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Beberapa formasi tersebut seperti penjaga tahanan, imigrasi, basarnas atau BIN terutama yang pesertanya dituntut harus memiliki skill bela diri karena berkaitan dengan jabatan yang akan diambil.

Cara mendapatkan sertifikat bela diri untuk CPNS dapat dilakukan dengan mengikuti kursus bela diri, mengikuti sertifikasi bela diri resmi, mengikuti lembaga pelatihan bela diri agar dapat sertifikat serta menggunakan jasa pengurusan sertifikat bela diri kilat.

Ada juga sebagai CPNS yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli sertifikat bela diri dari jasa yang tersedia di internet atau di kota – kota tertentu.

Tetapi pada dasarnya, memiliki sertifikat juga harus dibuktikan dengan skill / kemampuan peserta pada saat ujian seleksi CPNS.

Cara Membuat Sertifikat Bela Diri Online

Membuat sertifikat bela diri online adalah cara yang efisien untuk memberikan pengakuan resmi kepada peserta pelatihan bela diri. Berikut langkah-langkah membuat sertifikat bela diri online :

Pilih Format Sertifikat

Pertama pilih format sertifikat yang ingin kamu buat. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing dan desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Canva.

Desain Sertifikat Bela Diri

Buat desain sertifikat yang menarik dan sesuai dengan tema bela diri. Kamu dapat menggunakan gambar, grafik, logo organisasi dan teks yang sesuai dengan informasi sebagai berikut :

  • Nama penerima sertifikat.
  • Jenis bela diri atau tingkat pencapaian.
  • Nama instruktur atau lembaga yang mengeluarkan sertifikat.
  • Tanggal penerbitan sertifikat.
  • Tanda tangan instruktur atau pejabat yang berwenang.

Simpan Sertifikat Dalam Format Digital

Setelah kamu selesai mendesain sertifikat, simpan dalam format digital yang sesuai, seperti PDF. Pastikan untuk memberikan nama file yang jelas dan mudah diidentifikasi.

Setelah kamu memiliki sertifikat dalam format digital maka kamu dapat mencetaknya melalui email atau mengunggahnya ke situs web atau platform pelatihan online.

Penerbitan Sertifikat Fisik

Jika kamu ingin membuat sertifikat fisik maka kamu dapat mencetaknya menggunakan printer berkualitas tinggi dan kertas sertifikat. Pastikan mencetak dalam resolusi tinggi untuk hasil terbaik.

Setelah mencetak sertifikat dalam bentuk hard copy kemudian kamu harus meminta tanda tangan ke penyelenggara pelatihan atau kursus.

Tips Memiliki Sertifikat Bela Diri

Sertifikasi bela diri sangat penting karena bisa menunjukkan kepada calon pemberi kerja atau klien. Jika kamu telah menguasai metode bela diri tertentu dan juga bisa mengajarkannya kepada orang lain.

Jika kamu berencana akan bekerja pada fasilitas kebugaran, sekolah seni bela diri, atau organisasi komunitas.

Baca Juga : 13 Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School

Tentu saja memiliki beberapa sertifikasi bisa memungkinkan kamu untuk mengajar berbagai kelas. Bahkan juga bisa memberikan nilai bagi calon pemberi kerja.

Cara mendapatkan sertifikat bela diri tersebut perlu untuk kamu pahami. Pastikan memenuhi persyaratannya agar bisa lulus dan menerima sertifikat tersebut. 

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.