Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

10 Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School Tahun 2023

Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School

Mahirtransaksi.com – Cara mendapatkan sertifikat CPL Ir Flying School sangat penting untuk kamu ketahui khususnya bagi kamu yang saat ini sedang sekolah penerbangan sebagai pilot.

Faktanya sekolah pilot ataupun penerbangan di Indonesia saat ini banyak diminati terlebih bagi kaum laki-laki. Tentunya mereka yang sekolah di penerbangan merupakan laki-laki yang mempunyai jiwa berani karena harus siap menerbangkan pesawat komersial.

Tapi hal penting yang harus kamu ketahui adalah, supaya kita bisa masuk ke sekolah pilot atau penerbangan tersebut bukanlah suatu hal yang mudah. Sebab kamu juga harus memenuhi kriteria serta syarat tertentu agar bisa mengikutinya.

Sehingga, apabila kamu berhasil dan lolos nantinya akan mendapatkan sertifikat CPL Ir Flying School serta harus siap bekerja juga mendapatkan gaji yang tinggi.

Apa Itu Sertifikat CPL Ir Flying School?

Sebelum yang memilih sekolah pilot merupakan tantangan tersendiri terlebih bagi kamu yang masih awam.

Sehingga sebelum memutuskan untuk masuk ke sekolah penerbangan tersebut kamu harus mengetahui berbagai sertifikat yang dibutuhkan untuk menjadi pilot.

Banyak orang yang mengatakan seorang pilot itu pasti terlihat keren karena mereka bisa menerbangkan pesawat terbang. Terlebih lagi pilot juga mempunyai pendapatan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Dengan demikian itu tak heran apabila banyak orang yang mempunyai cita-cita sebagai seorang pilot.

Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School
Sertifikat Khusus Pilot. Sumber : Kumparan.com

Namun, untuk menjadi seorang pilot kamu harus menempuh pendidikan tinggi di sekolah penerbangan guna mendapatkan lisensi supaya nantinya bisa menerbangkan pesawat.

Sertifikat CPL Ir Flying School adalah sertifikat pemegang lisensi CPL yang biasanya diperkenankan guna menerbangkan pesawat bermesin tunggal serta dіреrkеnаnkаn mеmbаwа реnumраng (berbayar atau tidak).

Pilot yang sudah memiliki sertifikat ini juga dіреrkеnаnkаn untuk penerbangan komersial tаnра kru (sebatas раdа penerbangan baliho, penyemprotan kebun, реmаdаmаn арі, реѕаwаt ѕеwааn, laporan lalulintas, реmоtrеtаn udara bаhkаn іnѕtruktur terbang).

Pada intinya commercial pilot license tersebut menjadi syarat minimal menjadi pilot komersial. Di Indonesia sendiri commercial pilot license mensyaratkan 200 jam terbang.

Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School

Sampai saat ini, sertifikat lisensi pilot CPL Ir Flying School hanya bisa didapatkan melalui pendidikan / aviasi karena sertifikat ini hanya dikeluarkan bagi pilot yang sudah memiliki pengalaman menerbangkan pesawat.

Berikut beberapa cara mendapatkan sertifikat CPL Ir Flying School yang perlu kamu ketahui :

1. Sekolah Aviasi Pilot

Cara dapat sertifikat CPL Ir License yang pertama adalah dengan mengikuti sekolah aviasi khusus dirgantara. Biasanya di beberapa kota menyediakan sekolah khusus kedirgantaraan.

Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School
Sekolah Aviasi Pilot

Saat mendaftar sekolah aviasi, sebaiknya ambil jurusan khusus pilot untuk mendapatkan sertifikat CPL saat lulus.

Di sekolah khusus aviasi, biasanya kamu harus menempuh pendidikan selaman 4 tahun dengan biaya yang tergolong cukup mahal.

2. Lisensi Pilot Dari SMA

Berikutnya kamu juga bisa mendapatkan sertifikat CPL pilot dengan mengikuti pelatihan sejak jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun biasanya, kamu harus mengikuti pelatihan yang cukup lama untuk menjadi seorang pilot.

Tidak sedikit pula lembaga pelatihan pilot yang memiliki masalah dengan sistem manajemen sehingga menyebabkan peserta tidak kunjung mendapatkan pelatihan sebagai pilot.

Oleh sebab itu, kamu harus selektif dalam memilih lembaga pelatihan aviasi khususnya sekolah / lembaga khusus profesi pilot.

3. Lulus Dari Universitas Penerbangan

Sertifikat CPL Ir Flying School  juga dapat kamu dapatkan melalui sekolah pilot setelah lulus dari universitas. Dalam cara ini tidak mempermasalahkan mengenai latar jurusan kamu ketika SMA maupun di Universitas.

Saat ini banyak sekolah khusus penerbangan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari jenjang universitas. Dengan sekolah lagi khusus pilot, kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan lisensi CPL.

4. Ikut Lembaga Pelatihan

Sertifikat CPL juga bisa dikeluarkan oleh lembaga pelatihan khusus pilot resmi milik BUMN / Pemerintah.

Oleh sebab itu, kamu juga bisa mengikuti lembaga pelatihan ini untuk mendapatkan sertifikat sebagai pilot.

Tentunya semua tahapan pelatihan harus kamu ikuti untuk mengukur kemampuan kamu dalam mengemudikan pesawat terbang sebelum berhak mendapatkan sertifikat CPL.

Syarat Sekolah Pilot

Tapi mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat saja tidaklah cukup. Karena menjadi seorang pilot kamu juga harus memenuhi beberapa syarat khusus.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin sekolah khusus profesi pilot :

  • Pahami Biaya Sekolah Aviasi : Kamu harus menentukan pilihan setelah lulus SMA menjadi seorang pilot. Pastikan kamu menyesuaikan kemampuan biaya sekolah pilot yang tidak sedikit.
  • Pertimbangkan Sekolah Di Luar Negeri : Apabila kamu mempunyai biaya untuk mengambil sekolah khusus pilot. Pilihlah sekolah penerbangan yang ada di Indonesia ataupun luar negeri.
  • Persiapkan Fisik Dan Mental : Kamu juga harus mempersiapkan fisik dan mental untuk sekolah pilot karena sekolah pilot lebih mengedepankan kedisiplinan dan kerja keras.
  • Kuasai Matematika Dan Fisika : Untuk menjadi pilot, kamu harus memiliki kemampuan perhitungan yang mumpuni khususnya dibidang fisika dan matematika.
  • Kuasai Bahasa Inggris : Kamu juga harus bisa menguasai bahasa Inggris karena pada dasarnya semua sistem navigasi pilot menggunakan bahasa inggris.

Jenis – Jenis Lisensi Pilot

Selain CPL (Commercial Pilot License), ada beberapa jenis lisensi khusus pilot yang harus kamu ketahui. Tentunya setiap sertifikat memiliki fungsi dan tingkatan yang berbeda – beda.

Berikut jenis – jenis sertifikat pilot di Indonesia :

1. Lisensi PPL (Private Pilot License)

Sertifikati PPL (Private Pilot License) adalah lisensi khusus pilot yang sudah memiliki setidaknya 40 jam terbang dan telah lulus sekolah penerbangan khusus pilot.

Seorang pilot yang sudah memiliki sertifikat PPL berhak menerbangkan pesawat rekreasi atau pesawat bisnis pribadi hanya di siang hari dan tidak diperkenankan menerbangkan pesawat di malam hari.

Selain itu, pilot dengan sertifikat ini juga tidak dapat bekerja untuk maskapai penerbangan atau untuk menerbangkan pesawat komersial.

2. Lisensi CPL (Commercial Pilot License)

Sertifikat CPL (Commercial Pilot License) adalah lisensi khusus untuk pilot yang sudah memiliki setidaknya 200 jam terbang.

Seorang pilot yang memiliki sertifikat CPL (Commercial Pilot License) berhak menerbangkan pesawat komersial / berpenumpang.

Pіlоt pemegang lіѕеnѕі ini dараt bеkеrjа раdа mаѕkараі реnеrbаngаn. Namun, jаm terbang dаn jаrаk tempuh maksimal ріlоt bеrlіѕеnѕі CPL ini mаѕіh dibatasi араbіlа bеlum mеmіlіkі IR (Inѕtrumеnt Rаtіng).

3. Lisensi IR (Instrument Rating)

Pilot yang telah memiliki lisensi CPL harus menempuh jam terbang khusus untuk mendapatkan sertifikat IR (Instrument Rating) agar menjadi pilot profesional dan dapat menerbangkan pesawat di siang dan malam hari.

Pilot berlisensi IR juga harus dapat mengatasi kabut, mendung, dаn kondisi apapun yang dараt mеnghаlаngі реnglіhаtаn namun tеtар bеrаdа dі bawah IFR (Inѕtrumеnt Flіght Rules) dаn VFR (Vіѕuаl Flіght Rulеѕ) saat menerbangkan pesawat.

4. Lisensi MER (Multi Engine Rating)

Sertifikat terakhir yaitu MER (Multi Engine Rating) yaitu іzіn tеrbаng untuk mеnеrbаngkаn pesawat multі-еngіnе аtаu bermesin gаndа/bаnуаk atau pesawat berjenis boeng.

Baca Juga : 10 Cara Mendapatkan Chip Domino Gratis 1B Dari Neo+ 

Pilot berlisensi ini juga harus memiliki ketiga lisensi ѕеbеlumnуа yaitu PPL, CPL, dan IR. Seorang pilot yang sudah memiliki lisensi MER juga bisa menjadi instruktur penerbang pesawat terbang.

Tips Mendapatkan Lisensi Pilot

Pada intinya sertifikat CPL (Commercial Pilot License) dan Ir (Instrument Rating) Flying School bisa kamu dapatkan dengan sekolah aviasi khusus pilot atau mengikuti lembaga khusus penerbangan yang mengeluarkan sertifikat CPL.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Freezer Campina Gratis : Syarat Dan Ketentuan

Kamu juga bisa mencari tempat kursus / lembaga pelatihan yang menyediakan sertifikat CPL Ir Flying School lewat internet. Tentunya kamu harus memastikan lembaga tersebut kredibel ya.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.