Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Cara Mengatasi GoPay Limit Transfer, Top Up Dan Tarik Saldo

Cara Mengatasi GoPay Limit

Mahirtransaksi.com – Salah satu cara mengatasi GoPay limit adalah dengan menaikkan limit bulanan dengan cara upgrade akun GoPay. Berikut langkah – langkah menaikkan limit GoPay !

Bagi pengguna GoPay ada limit yang pihak GoJek tetapkan dan menjadi batasan transaksi bulanan Akun tersebut. Jika limit bulanan ini tercapai, maka Akun tersebut tidak bisa lagi melakukan transaksi baik transfer, top up, maupun tarik saldo.

Bukan hanya GoPay, hampir semua e-wallet seperti Dana, OVO dan ShopeePay menetapkan limit bulanan akun. Fyi, limit akun GoPay merupakan akumulasi total transaksi selama sebulan.

Berapa Batas Limit GoPay?

Batas limit akun GoPay sebenarnya sudah pihak GoJek jelaskan secara rinci di website GoJek Indonesia yaitu antara 2 juta rupiah hingga 20 juta rupiah tergantung jenis keanggotaan akun.

Untuk akun GoPay yang belum upgrade GoPay Plus, maka limit transfer yang bisa kamu lakukan adalah 2 juta rupiah. Hal ini juga berlaku untuk limit top up GoPay perhari yaitu 2 juta rupiah melalui bank atau non bank, tarik saldo sesama pengguna GoPay termasuk cashback.

Sedangkan limit GoPay plus adalah 10 juta rupiah yang merupakan akumulasi transaksi transfer, top up dan penarikan saldo dalam sekali transaksi.  

Sedangkan limit kumulatif saldo GoPay dari semua transaksi baik top up, transfer, maupun tarik saldo untuk akun yang belum atau sudah upgrade yaitu sebesar 20 juta per bulannya.

Perlu kamu ketahui, bahwa transaksi yang dilakukan setelah GoPay limit akan berstatus pending sampai limit saldo GoPay kembali. Limit saldo ini akan di reset secara otomatis setiap tanggal 1 bulan depannya.

Limit Top Up GoPay

Limit top up GoPay merupakan batasan maksimum jumlah uang yang dapat diisi ke dalam saldo GoPay dalam satu hari, satu minggu atau satu bulan.

Setiap pengguna memiliki limit top up yang berbeda-beda tergantung dari verifikasi akun dan riwayat penggunaan GoPay sebelumnya.

Untuk pengguna dengan level dasar, limit top up harian GoPay adalah sebesar Rp1.000.000, sedangkan untuk pengguna yang telah melakukan verifikasi akun dan menggunakan GoPay secara aktif, limit top up harian GoPay bisa mencapai Rp10.000.000.

Penting untuk diingat bahwa limit top up GoPay bukanlah batasan saldo maksimum yang dapat dimiliki oleh pengguna. Jumlah saldo maksimum yang dapat dimiliki oleh pengguna GoPay adalah sebesar Rp20.000.000.

Oleh karena itu, jika pengguna telah mencapai batasan saldo maksimum, maka pengguna tidak dapat melakukan top up lagi meskipun batasan limit top up belum tercapai.

Limit Transfer GoPay

Namun, seperti halnya limit top up, pengguna GoPay perlu memperhatikan limit transfer yang ada. Setiap pengguna memiliki limit transfer yang berbeda-beda tergantung dari verifikasi akun dan riwayat penggunaan GoPay sebelumnya.

Limit transfer GoPay merupakan batasan maksimum jumlah uang yang dapat ditransfer dari saldo GoPay ke pengguna GoPay lainnya dalam satu hari atau satu bulan.

Adapun limit transfer GoPay basic adalah sebesar Rp1.000.000 dan limit transfer harian GoPay yang telah melakukan verifikasi akun dan menggunakan GoPay secara aktif mencapai Rp10.000.000.

Limit Tarik Saldo GoPay

Selain fitur top up dan transfer, GoPay juga menyediakan fitur tarik saldo yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari saldo GoPay ke rekening bank pribadi.

Limit tarik saldo GoPay merupakan batasan maksimum jumlah uang yang dapat ditarik dari saldo GoPay ke rekening bank pribadi dalam satu hari atau satu bulan.

Adapun limit penarikan saldo GoPay basic adalah sebesar Rp1.000.000, sedangkan untuk GoPay Premium yang telah melakukan verifikasi akun memiliki limit penarikan saldo harian mencapai Rp10.000.000 rupiah.

Cara Cek Limit GoPay

Di aplikasi GoJek tidak ada fitur khusus untuk melakukan pengecekan limit dan sisa limit akun akun GoPay. Oleh sebab itu, cara cek limit GoPay dapat dilakukan dengan menghitung manual total akumulasi transaksi bulanan di akun GoPay.

Caranya :

  • Buka aplikasi GoJek.
  • Klik Saldo GoPay pada halaman beranda.
  • Klik filter tanggal lalu pilih 30 hari terakhir kemudian pilih pasang filter.
Cara Mengatasi GoPay Limit
Cek Limit GoPay
  • Selanjutnya hitung total akumulasi transaksi 30 hari terakhir.
  • Setelah diketahui totalnya, selanjutnya kurangkan dengan total limit bulanan akun yaitu 20 juta rupiah.

Setelah melakukan pengurangan total saldo GoPay, maka kamu akan melihat selisih saldo. Selisih saldo tersebut merupakan limit saldo GoPay yang masih tersisa di akun GoPay kamu.

Cara Mengatasi GoPay Limit

Nah, Akun GoPay yang sudah limit dapat diatasi dengan beberapa cara seperti upgrade akun GoPay Plus atau menunggu hingga limit transaksi bulanan akun GoPay direset. Berikut langkah – langkah mengatasi akun GoPay yang limit :

1. Upgrade Ke GoPay Plus

Cara meningkatkan saldo GoPay dapat dilakukan dengan mengupgrade keanggotaan akun GoPay ke GoPay Plus untuk mendapatkan limit saldo hingga 10 juta rupiah / transaksi.

Bagi kamu pengguna GoPay aktif dan sering melakukan transaksi dalam jumlah besar, maka cara ini efektif untuk mengatasi limit GoPay karena limit akan meningkat hingga 20 juta rupiah perbulannya.

Cara Mengatasi GoPay Limit
Upgrade GoPay Plus

Oleh sebab itu, simak langkah – langkah menaikkan limit GoPay dengan upgrade akun berikut ini :

  • Buka aplikasi GoJek lalu pilih menu GoPay lalu klik Lainnya.
  • Pada menu paling atas pilih Upgrade ke GoPay Plus.
  • Pilih Upgrade Sekarang untuk melanjutkan Upgrade Akun GoPay.
  • Ambil foto kartu identitas kamu (WNI : eKTP & WNA : Paspor).
  • Ambil foto wajah kamu (selfie) bersama kartu identitas (eKTP/PASPOR) kamu dengan jelas.
  • Lalu pilih Upgrade Sekarang  untuk melanjutkan upgrade ke GoPay Plus.

Setelah proses pengajuan selesai, silahkan tunggu feedback dari tim GoPay terkait pengajuan upgrade akun yang telah kamu kirim lewat email atau aplikasi GoJek.

Setelah upgrade akun di terima, maka secara otomatis limit saldo bulanan akun GoPay kamu akan meningkat dari 2 juta rupiah menjadi 10 juta rupiah dengan total akumulasi hingga 20 juta rupiah.

2. Tunggu Limit Bulanan GoPay Direset

Karena limit akun GoPay merupakan kebijakan layanan sesuai TOS GoJek, maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi limit akun GoPay selain menunggu limit tersebut direset.

Cara Mengatasi GoPay Limit
Tunggu Limit GoPay Direset

Seperti dijelaskan diatas, limit akun GoPay akan direset pada tanggal 1 setiap bulannya. Oleh sebab itu, apabila akunmu telah mencapai limit, dengan menunggu tanggal 1 bulan depan maka kamu dapat menggunakan akun GoPay kembali.

Jika kamu terlanjur menggunakan akun GoPay yang sudah limit dan transaksi menjadi pending, maka kamu dapat menunggu hingga transaksi tersebut batal secara otomatis dan saldo GoPay akan kembali.

3. Gunakan GoPay Teman Untuk Transaksi

Ketika kamu ingin menggunakan layanan GoPay untuk mengirim saldo namun akun GoPay kamu sudah limit, maka kamu dapat meminjam akun GoPay teman untuk melakukan transaksi sementara.

Namun perlu kamu ingat bahwa akun GoPay yang sudah limit tetap tidak dapat mengirim saldo ke akun GoPay lain.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih top up saldo ke akun GoPay teman daripada mengirim saldo dari akun GoPay kamu karena nantinya transaksi akan berstatus pending karena limit.

4. Lakukan Transaksi Dengan Nominal Tertentu

Terkadang pengguna GoPay tidak mengetahui batas maksimal level akun mereka dalam melakukan transaksi sehingga membuat transaksi tersebut terkadang melebihi batas maksimal saldo sebelum limit.

Cara Mengatasi GoPay Limit
Transaksi Dengan Nominal Tertentu

Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan pengecekan sisa saldo yang dapat digunakan sebelum akun GoPay limit.

Misalnya, total akumulasi transaksi sampai saat ini adalah 19 juta rupiah dengan limit 20 juta rupiah, maka kamu hanya dapat melakukan transaksi dibawah 1 juta rupiah agar akun GoPay tetap dapat digunakan.

5. Hubungi CS GoPay

Ketika kamu sudah terlanjur mengirim uang dan saldo telah hilang namun tidak masuk karena limit, maka kamu dapat mengatasinya dengan menghubungi pihak GoJek.

Cara Mengatasi GoPay Limit
Hubungi CS GoJek

GoJek memberikan jaminan kepada pengguna yang mengalami status transaksi pending karena limit dengan perlindungan hingga 60 hari sejak kejadian.

Selain itu, kamu dapat mengajukan perubahan limit akun GoPay dengan cara yang sama yaitu dengan menghubungi CS GoPay melalui :

  • Email : customerservice@GoJek.com
  • Telepon GoJek : +6221-5084-9000
  • Instagram : @GoJekIndonesia
  • Twitter : @GoJekindonesia
  • Line : GoJek Indonesia

Setelah mengajukan permasalahan biasanya pihak objek akan memproses aduan tersebut kurang lebih 2 x 24 jam.

Tips Agar GoPay Tidak Cepat Limit

Cara mengatasi GoPay limit dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menaikkan keanggotaan akun GoPay ke GoPay Plus, menunggu limit GoPay direset, meminjam akun GoPay teman hingga menghubungi CS GoJek.

Baca Juga : 11 Cara Top Up GoPay Pakai Pulsa Gratis, Rate Murah Dan Aman

Berikut beberapa tips agar akun GoPay tidak cepat limit yang perlu kamu coba :

  • Lakukan verifikasi akun GoPay untuk meningkatkan limit transaksi.
  • Gunakan fitur top up secara teratur untuk menjaga saldo GoPay tetap cukup.
  • Gunakan fitur transfer uang hanya jika benar-benar dibutuhkan.
  • Jangan meminta atau menerima transfer uang dari pengguna yang tidak dikenal.
  • Batasi penggunaan GoPay untuk transaksi dengan nominal besar dan hanya pada tempat-tempat terpercaya.
  • Lindungi akun GoPay dengan cara mengaktifkan fitur keamanan seperti PIN atau verifikasi sidik jari.
  • Lakukan transaksi secara teratur dan hindari melakukan transaksi dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi GoPay Terblokir, Terkunci Atau Dibekukan

Ingat, jika kamu merasa transaksi tidak mencapai 20 juta rupiah / bulan namun transaksi GoPay tetap pending, maka kamu mengetahui alasan kenapa GoPay tidak bisa digunakan.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.