11 Penyebab GoPay Tidak Bisa Digunakan / Dipakai Transaksi

GoPay Tidak Bisa Digunakan

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab fitur pembayaran GoPay tidak bisa digunakan ketika akan transaksi yaitu karena koneksi internet di ponsel kamu terganggu atau terputus. Selain karena masalah koneksi, berikut penyebab GoPay tidak bisa dipakai lainnya yang perlu kamu ketahui !

Sebagai salah satu fitur pembayaran unggulan di Indonesia, GoPay telah dipakai oleh 38 juta pengguna setiap bulan (Monthly Active User/MAU).

Pada umumnya, fitur GoPay dapat digunakan untuk di aplikasi GoJek, Tokopedia, tagihan PPOB, pembayaran di Merchant maupun bertransaksi dengan sesama pengguna GoPay.

Seperti masalah Dompet Digital pada umumnya, kamu juga pasti pernah mengalami kendala saat menggunakan GoPay baik di aplikasi GoJek atau Tokopedia.

Kenapa GoPay Tidak Bisa Dipakai?

Seharusnya fitur pembayaran GoPay dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Namun, ada saja momen dimana kamu tidak dapat menggunakan fitur pembayaran GoPay sama sekali.

Biasanya masalah ini muncul ditandai dengan notifikasi error / gangguan, koneksi lemot atau saldo GoPay tidak cukup.

Penyebab GoPay tidak bisa dipakai yang paling umum terjadi karena aplikasi GoJek sedang mengalami gangguan akibat perbaikan server (maintenance) atau pembaharuan aplikasi (updating).

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab GoPay saldo, GoPay Coins maupun GoPay PayLater  tidak bisa dipakai agar kendalanya cepat diatasi.

Penyebab GoPay Tidak Bisa Digunakan

Fitur pembayaran GoPay tidak bisa digunakan saat transfer, top up atau tarik saldo disebabkan karena gangguan pada layanan aplikasi, koneksi terputus, GoPay belum terverifikasi dan tidak menutup kemungkinan akun GoPay sedang terkunci atau diblokir.

Berikut rincian penyebab fitur GoPay tidak bisa digunakan :

1. Saldo GoPay Tidak Cukup

Penyebab utama kenapa saldo GoPay tidak bisa digunakan yaitu karena akumulasi saldo tidak cukup untuk melakukan transaksi baik transfer maupun pembayaran merchant.

Baca Juga : GoPay Tidak Bisa Transfer? Ini 1o Penyebab Dan Solusinya !

Ketika saldo kamu tidak mencukupi untuk melakukan transaksi, meskipun itu hanya kurang 1 rupiah maka transaksi akan gagal.

Contohnya ketika kamu akan membayar tagihan listrik sebesar Rp 156.003 dan saldo kamu hanya tersedia Rp 156.002 maka transaksi akan gagal.

2. Belum Upgrade GoPay Plus

Akun GoPay yang belum di upgrade ke GoPay Plus dapat menyebabkan akun GoPay tidak bisa digunakan saat transfer saldo ke akun lain maupun transfer saldo ke Bank.

Perlu kamu ketahui bahwa fitur transfer di aplikasi GoJek hanya dapat dilakukan jika akun GoPay sudah terverifikasi dan keanggotaannya sudah di upgrade menjadi GoPay Plus.

3. Koneksi Internet Terputus

Salah satu faktor penting dalam melakukan transaksi di aplikasi GoJek adalah kualitas koneksi internet yang stabil.

GoPay Tidak Bisa Digunakan
Koneksi Internet Terputus

Koneksi tidak stabil ini biasanya disebabkan karena :

  • Paket Data telah memasuki limit FUP (Fair Usage Policy).
  • Paket Data habis.
  • Wifi terputus.
  • Koneksi Wifi terganggu.

Gagal menggunakan GoPay saat akan transfer, top up maupun Tarik saldo ke Bank adalah salah satu indikasi koneksi internet di ponsel kamu sedang mengalami masalah.

4. Akun GoPay Terkunci

Pembatasan akses karena akun GoPay terkunci disebabkan karena adanya indikasi pelanggaran dan aktivitas tidak wajar di akun GoJek sehingga sistem pemblokiran otomatis aktif.

GoPay Tidak Bisa Digunakan
GoPay Terkunci

Selain GoPay terkunci, hal yang melatarbelakanginya yaitu:

  • GoPay tidak tersedia.
  • Dompet GoPay diblokir.
  • GoPay sedang dibekukan.

5. Izin Penggunaan Media Belum Disetujui

Sebelum menggunakan GoPay untuk transaksi, tentunya kamu harus menyetujui penggunaan media seperti kamera, maps dan kontak.

GoPay Tidak Bisa Digunakan
Izin Pengguna Media Belum Disetujui

Misalnya saja saat akan mengirim saldo menggunakan QR Code, tentunya kamu harus memberikan izin kamera kepada aplikasi GoPay untuk menggunakan kamera.

Oleh sebab itu, perizininan kamera yang belum di setujui dapat menyebabkan GoPay tidak bisa digunakan saat transfer menggunakan QR Code / QRIS.

Solusi Akun GoPay Yang Tidak Bisa Dipakai

Ada beberapa cara mengatasi akun GoPay yang tidak bisa dipakai untuk transaksi seperti memastikan akun sudah di upgrade ke GoPay Plus, saldo cukup, internet normal serta akun tidak sedang terkunci / terblokir.

Berikut rincian penyebab akun GoPay tidak bisa dipakai :

1. Verifikasi Ke GoPay Plus

Jika kamu masih pengguna biasa GoPay atau regular user maka kamu tidak akan dapat melakukan transaksi GoPay untuk transfer ke sesama atau transfer ke bank.

GoPay Tidak Bisa Digunakan
Upgrade GoPay Plus

Oleh sebab itu, upgrade keanggotaan akun basic ke Plus dengan melakukan Verifikasi menggunakan eKTP untuk Warga Negara Indonesia atau Passport untuk Warga Negara Asing.

Verifikasi dilakukan dengan mengirimkan foto eKTP atau Passport beserta foto selfie dengan ID eKTP atau Passport.

2. Pastikan Saldo GoPay Cukup

Untuk kamu yang akan melakukan transaksi menggunakan GoJek selalu pastikan bahwa saldo kamu mencukupi untuk membayar atau melakukan transaksi.

Baca Juga : 9 Cara Bayar Indomaret Pakai GoPay Yang Mudah Dan Praktis

Kamu tetap akan bisa melakukan transaksi meskipun saldo GoPay kamu sesuai  dengan nilai transaksi. Misalnya kamu akan membayar tagihan listrik Rp 402.500 dan saldo kamu Rp 402.500 maka transaksi akan berhasil.

Jika saldo kamu tidak mencukupi lakukan Top Up melalui Alfamart, Virtual Accoun Bank atau melalui Tokopedia.

3. Periksa Koneksi Internet

Jika koneksi internet milik kamu bermasalah silahkan ganti koneksi internet menggunakan wifi atau beralih Provider Internet lain agar dapat terhubung dengan GoPay.

GoPay Tidak Bisa Digunakan
Beralih SIM Data Internet

Namun ketika server GoPay mengalami gangguan baik perbaikan maupun pembaharuan, maka tunggulah hingga perbaikan selesai dan GoPay dapat digunakan kembali.

Fyi, saldo yang terdapat pada GoPay tidak akan hilang meskipun server GoPay sedang perbaikan.

4. Setujui Izin Pengguna Media Aplikasi

Aplikasi GoPay yang belum memiliki izin penggunaan media misalnya kamera dapat menyebabkan kamu tidak dapat menggunakan GoPay untuk bertransaksi seperti pembayaran QRIS.

Oleh sebab itu, setujui izin penggunaan media pada aplikasi GoPay dengan cara :

  • Pastikan kamu sudah menginstall GoJek di Handphone kamu.
  • Buka Pengaturan pada ponsel.
  • Pilih Pengaturan Aplikasi Terinstal.
  • Cari Aplikasi GoPay.
  • Periksa perizinan aplikasi
  • Klik Izinkan aplikasi GoPay menggunakan media.
  • Simpan lalu buka kembali aplikasi GoPay.

Perizinan kamera pada GoPay hanya digunakan untuk melakukan pembayaran via scan QR code seperti pembayaran merchant dengan QRIS.

5. Pastikan PIN GoPay Valid

PIN GoPay tidak bisa digunakan saat melakukan transaksi di aplikasi GoJek dapat diatasi dengan memastikan PIN valid sesuai security code yang terverifikasi.

Jika terjadi kesalahan PIN sehingga GoPay tidak bisa digunakan, segera atasi dengan memanfaatkan fitur lupa password dengan cara :

  • Pilih Lupa PIN pada saat kamu memasukkan PIN GoPay.
  • Masukkan kode PIN baru sebanyak 2 (dua) kali.
  • Masukkan kode OTP yang kamu terima melalui SMS.
  • Reset PIN selesai.

5. Hubungi CS GoJek Jika Akun Terkunci

Jika fitur GoPay terkunci sehingga GoPay tidak bisa dipakai dapat diatasi dengan mengajukan permintaan pemulihan akun ke CS GoJek melalui email, telepon atau media sosial :

  • Email : customerservice@GoJek.com
  • Telepon GoJek : +6221-5084-9000
  • Instagram : @GoJekIndonesia
  • Twitter: @GoJekindonesia
  • Line : GoJek Indonesia

Kamu akan dibantu oleh CS GoJek untuk menyelesaikan masalah akun terkunci atau dibekukan.

Akhir Kata

Cara mengatasi GoPay yang tidak bisa digunakan sangat bervariasi tergantu dari penyebab utama kenapa GoPay tidak bisa dipakai seperti memastikan akun tidak terkunci, server tidak mengalami gangguan atau koneksi internet tidak stabil.

Baca Juga : 15 Cara Top Up GoPay Pakai Pulsa All Provider Terbukti Berhasil

Untuk mengantisipasi akun tidak bisa digunakan karena dicuri maka kamu harus selalu berhati – hati ketika melakukan transaksi dan jangan memberikan OTP kepada orang yang mengaku dari pihak GoPay.

Selamat mencoba !

4.8/5 - (17 votes)
x