Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

17+ Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini 2023 Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini

Mahirtransaksi.com – Kenapa TikTok error hari ini? Pada dasarnya ada 2 faktor yang menyebabkan aplikasi TikTok tidak bisa dibuka yaitu faktor internal dan eksternal. Silahkan simak cara mengatasi TikTok error hari ini tidak bisa dibuka secara lengkap berikut ini.

Error merupakan kesalahan atau kejadian yang mengakibatkan aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya seperti lemot, tidak bisa dibuka atau aplikasi keluar sendiri saat digunakan.

Sebagai pengguna aplikasi TikTok, tentunya error pada aplikasi yang sedang digunakan akan sangat menggangu. Misalnya, saat menonton video kamu akan kehilangan video tersebut akibat aplikasi TikTok error.

Bahkan aplikasi TikTok yang error dapat menyebabkan upload video gagal atau tidak dapat diproses. Tentunya ini akan sangat “menjengkelkan” bukan?

Kenapa TikTok Error Hari Ini?

Error pada aplikasi TikTok akan menyebabkan perintah pada fitur yang tersedia sulit dijalankan sehingga aplikasi menjadi tidak responsif.

Penyebab TikTok error atau layanan bermasalah biasanya karena ada maintenance (perbaikan) atau perawatan rutin server aplikasi TikTok. Perawatan rutin server diperlukan untuk menjaga stabilitas server dan juga pengecekan terhadap jika ada software penyusup yang mengancam keberadaan server.

Selain itu, TikTok kkerap mengalami gangguan karena masalah pada perangkat seperti koneksi internet yang buruk, RAM Ponsel yang penuh, versi smartphone yang kurang mendukung atau ponsel mengalami overheat.

Apa saja indikasi aplikasi TikTok error :

  • Lemot – Aplikasi TikTok lambat dalam memproses perintah seperti membuat komentar pada video.
  • Down – Aplikasi TikTok tidak bisa dibuka sama sekali untuk beberapa saat dan terus berulang.
  • Force Close – Force close adalah kejadian yang mana aplikasi TikTok berhenti sendiri. Pada saat force close, kamu akan melihat kotak dialog bertuliskan ‘sayangnya aplikasi telah berhenti’.
  • Ngelag – Aplikasi TikTok tidak lambat dalam menampilkan video.

Penyebab aplikasi TikTok error ada dua jenis yaitu :

  • Faktor internal – Masalah disebabkan oleh kesalahan akun atau pengguna TikTok seperti koneksi internet lemot, akun TikTok bermasalah atau aplikasi tidak di update / chache menumpuk.
  • Faktor ekternal –  Masalah disebabkan oleh server dan pembaharuan pada aplikasi.

Cara Mengetahui TikTok Gangguan Hari Ini

Gangguan pada aplikasi TikTok bisa menyebabkan layanan TikTok yang tidak dapat diakses, video yang tidak dapat dimuat, komentar yang tidak dapat diposting atau tampilan aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengetahui apakah aplikasi TikTok sedang error atau tidak, ada beberapa metode yang bisa dilakukan seperti :

Cek TikTok Gangguan Lewat Bantuan Tools

Untuk mengetahui apakah server TikTok sedang down, kamu dapat menggunakan bantuan tools / website downdetector.

Caranya :

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Cek Server TikTok Lewat Donwdetector
  • Buka website downdetector.
  • Ketik “TikTok” pada kolom pencarian / deteksi aplikasi.
  • Tunggu sampai proses loading data selesai.
  • Cek apakah server TikTok sedang down atau tidak.

Dengan bantuan website ini, kamu dapat menganalisa kapan saja aplikasi TikTok mengalami error sehingga kamu dapat mengantisipasinya.

Cek TikTok Error Lewat Media Sosial

Apakah TikTok error saat ini juga bisa diketahui melalui media media sosial aplikasi TikTok seperti twitter, Instagram, youtube, atau facebook.

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Cek Status TikTok Lewat Twitter

Di media social resminya, biasanya TikTok akan selalu mengupdate perkembangan atau masalah yang sedang terjadi pada aplikasi TikTok.

Dengan mengecek informasi pada media sosial ini, tentunya kamu dapat mengantisipasi TikTok error dikemudian hari.

Cek Gangguan TikTok Lewat Pengguna Lain

TikTok tidak bisa dibuka atau lemot juga bisa diketahui dengan menanyakannya secara langsung ke pengguna lain baik itu teman atau kerabat-mu.

Jika setelah di buka di perangkat lain ternyata aplikasi TikTok berjalan dengan lancar, berarti masalahnya terletak di pengaturan ponsel atau aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Penyebab TikTok Error Hari Ini Tidak Bisa Dibuka

Pada umumnya, penyebab TikTok hari ini sangat bervariasi seperti masalah teknis pada server TikTok, kepadatan pengguna yang tinggi atau masalah koneksi internet.

Dalam banyak kasus, TikTok berusaha untuk segera mengatasi gangguan di aplikasi untuk memulihkan layanan secepat mungkin agar pengguna dapat kembali menggunakan aplikasi dengan lancar.

Berikut beberapa penyebab TikTok error hari ini tidak bisa dibuka yang wajib kamu tahu :

TikTok Error No Internet Connection

Salah satu penyebab umum TikTok mengalami error dan tidak dapat dibuka adalah koneksi internet yang tidak stabil atau lemah yang ditandai dengan notifikasi TikTok error no network connection.

Aplikasi TikTok memerlukan koneksi internet yang kuat untuk memuat video dan konten dengan baik. Jika kamu berada di daerah dengan sinyal lemah atau koneksi yang tidak stabil, maka aplikasi TikTok tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Masalah Teknis Dalam Aplikasi

Kesalahan teknis dalam aplikasi juga dapat menyebabkan TikTok error hari ini untuk membuka aplikasi meskipun kuota masih ada.

Hal ini terjadi jika ada masalah dalam pembaruan aplikasi atau jika aplikasi mengalami konflik dengan aplikasi lain di HP kamu. Kamu bisa memperbarui atau menginstal ulang TikTok untuk mengatasi masalah ini.

Pemblokiran Di Wilayah Tertentu

Beberapa negara atau wilayah mungkin memblokir atau membatasi akses ke TikTok karena alasan regulasi atau kebijakan tertentu.

Jika kamu berada di wilayah yang membatasi akses ke TikTok maka kamu tidak dapat membuka aplikasi TikTok tanpa menggunakan layanan VPN untuk mengaksesnya.

Aplikasi TikTok Tidak Diperbarui

Versi TikTok yang lama atau tidak diperbarui juga dapat mengakibatkan kesalahan dan tidak dapat membuka aplikasi sehingga muncul pesan error saat membuka aplikasi TikTok.

Pastikan kamu telah menginstal versi terbaru dari TikTok dari toko aplikasi resmi (Google Play Store atau App Store) untuk menghindari kemungkinan aplikasi gagal membuka karena error.

Pengaturan Keamanan Atau Privasi

Beberapa pengaturan keamanan atau privasi di HP seperti pengaturan kontrol orang tua atau aplikasi keamanan pihak ketiga juga dapat menyebabkan TikTok error hari ini untuk dibuka.

Oleh sebab itu, kamu bisa memeriksa pengaturan privasi dan keamanan di perangkat kamu untuk memastikan TikTok tidak terhalang oleh pembatasan tertentu.

Penggunaan VPN Yang Tidak Stabil

Selain itu, masalah pada VPN seperti koneksi yang tidak stabil atau server yang terlalu sibuk dapat mengakibatkan munculnya pesan kesalahan error saat membuka TikTok.

Kamu bisa memilih VPN yang handal dan pastikan koneksi VPN berfungsi dengan baik jika kamu menggunakan layanan VPN untuk mengakses TikTok di wilayah yang membatasi akses aplikasi.

Masalah Server TikTok

Aplikasi TikTok juga bisa mengalami gangguan server di pihak developer yang dapat menyebabkan kesalahan saat mencoba membuka aplikasi sehingga TikTok error tidak bisa memutar video.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini di luar kendali pengguna dan akan memerlukan waktu beberapa saat hingga penyedia layanan TikTok memperbaikinya.

Perangkat Tidak Kompatibel

Perangkat yang sangat kuno atau tidak memenuhi persyaratan minimum TikTok mungkin tidak mendukung aplikasi TikTok dibuka sehingg muncul pesan error pada aplikasi.

Ponsel yang tidak kompatibel dapat mengakibatkan kesalahan dan ketidakmampuan untuk membuka aplikasi. Pastikan HP kamu memenuhi spesifikasi yang diperlukan oleh TikTok.

Akun TikTok Diblokir Atau Dihapus

Jika akun TikTok telah diblokir atau dihapus oleh TikTok karena pelanggaran terhadap kebijakan maka kamu tidak akan dapat membuka aplikasi atau mengakses konten TikTok lagi.

Pastikan untuk mematuhi kebijakan dan pedoman komunitas TikTok untuk menghindari akun TikTok error karena akun telah diblokir atau dihapus.

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini 2023 Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui penyebab aplikasi gangguan (error), sekarang kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara. Untuk mengatasinya, kamu dapat melihat rangkuman penyebab dan solusi untuk mengatasi aplikasi TikTok yang error dibawah ini :

Penyebab TikTok Error Hari Ini Solusi
✅ Server TikTok sedang gangguan ⭐ Tunggu sampai TikTok selesai maintenance
✅ OS Ponsel tidak mendukung ⚡ Update OS Ponsel ke versi terbaru
✅ Akun TikTok bermasalah ⭐ Hubungi CS TikTok
✅ Koneksi Internet Terputus ⚡ Cek koneksi internet atau gunakan Hotspot / Wifi
✅ Bug Pada Aplikasi TikTok ⭐ Re-login aplikasi TikTok
✅ Menggunakan TikTok MOD ⚡ Install aplikasi TikTok dari Playstore atau Appstore
✅ Aplikasi TikTok belum di update ⭐ Update aplikasi TikTok

Berikut penjelasan masing – masing cara mengatasi aplikasi TikTok error berdasarkan rangkuman diatas :

Cek Kapasitas Memori Ponsel

Mengatasi TikTok down yaitu dengan memastikan penyimpanan atau memori ponsel yang kamu gunakan masih memiliki ruang / space yang memadai.

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Penyimpanan Ponsel Penuh

Aplikasi TikTok memerlukan RAM (Random Acces Memory) yang cukup besar. Tidak hanya TikTok, seluruh aplikasi yang anda gunakan akan menggunakan RAM selama beroperasi.

Jika kapasitas penyimpanan ponsel tinggal sedikit (biasanya bar akan berwarna merah) maka dapat menyebabkan aplikasi TikTok lemot atau susah dibuka karena kurangnya ruang penyimpanan pada ponsel.

Hapus Cache Dan Data Aplikasi TikTok

Cache dan Data aplikasi TikTok akan mengurangi ruang penyimpanan (storage), sehingga saat cache dan data aplikasi menumpuk akan menyebabkan aplikasi TikTok ngelag.

Oleh karena itu, hapus chache aplikasi TikTok secara berkala dengan cara :

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Hapus Chache & Data Aplikasi TikTok
  • Buka Pengaturan Ponsel.
  • Cari Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Cari aplikasi TikTok.
  • Scroll kebawah lalu pilih Hapus Chache.

Jika tetap tidak bisa, coba Hapus Data aplikasi dengan cara yang sama seperti cara diatas lalu buka kembali aplikasi TikTok.

Restart Aplikasi TikTok

Pada saat aplikasi digunakan, aplikasi tersebut akan menggunakan RAM untuk bekerja. Jika aplikasi dijalankan secara bersamaan, maka secara otomatis RAM yang digunakan semakin besar.

Agar aplikasi TikTok tidak lemot saat dibuka, coba restart aplikasi TikTok dengan cara :

  • Tutup aplikasi TikTok yang sedang digunakan.
  • Klik recent apps lalu klik tombol X pada aplikasi TikTok.
Cara Mengatasi Tidak Bisa Komentar Di TikTok
Hapus Recent Apps Aplikasi TikTok
  • Klik menu Hapus Semua untuk menghapus seluruh aplikasi dari daftar recent apps.
  • Setelah itu, buka kembali aplikasi TikTok seperti biasa.

Gunakan HP Yang Mendukung Aplikasi TikTok

Menggunakan perangkat yang memadai justru menjadi faktor yang mempengaruhi apakah aplikasi TikTok bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Perangkat yang memadai identik dengan ukuran RAM yang memadai, sistem yang bagus, dan kapasitas penyimpanan (storage) yang cukup.

Sebaliknya, ponsel yang kurang mendukung dari segi penyimpanan atau versi OS-nya akan menyebabkan gangguan seperti crash, delay atau force close pada aplikasi TikTok.

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Salah satu penyebab aplikasi TikTok tidak bisa dibuka adalah karena koneksi internet kurang lancar  / lemot yang menyebabkan traffic data menjadi lebih berat dan terputus- putus.

Akibatnya smartphone menjadi lemot. Dalam keadaan seperti itu, aplikasi TikTok bisa delay bahkan tidak terhubung sama sekali.

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Cek Kecepatan Koneksi Internet

Oleh karena itu, cek apakah koneksi internet lancar atau tidak dengan menggunakan bantuan tools seperti fast.id sehingga muncul indikator kecepatan internet yang kamu gunakan seperti ini :

Jika ternyata koneksi internet kamu buruk atau kurang lancar, segera atasi dengan cara :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi tau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.

Hindari Aplikasi TikTok Mod

Aplikasi modifikasi atau sering disebut Mod adalah aplikasi yang tidak original / resmi dari developernya.

Aplikasi ini sering kali memiliki “indikasi” bug yang mungkin akan terjadi selama aplikasi sedang digunakan.

Aplikasi TikTok Mod sering menyebabkan beberapa kendala seperti error, down atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Oleh karena itu, hindari penggunaan aplikasi TikTok Mod pada ponsel kamu.

Selalu gunakan aplikasi original yang bisa kamu dapatkan secara gratis di PlayStore atau AppStore.

Cek Kondisi HP Yang Digunakan Untuk Membuka TikTok

Tahukah kamu penggunaan smartphone terlalu lama akan mengakibatkan perangkat tersebut panas atau overheat.

Pada kondisi yang tidak optimal tersebut, aplikasi TikTok akan mengalami error saat dibuka.

Oleh karena itu, pastikan kondisi ponsel kamu tetap optimal dengan melakukan pengecekan pada ruang penyimpanan, chache atau data serta rutin melakukan update aplikasi TikTok.

Re-install Aplikasi TikTok

Jika aplikasi TikTok tidak bisa dibuka, sebaiknya kamu melalukan re-install aplikasi TikTok. Dengan cara ini, secara otomatis cache dan data aplikasi TikTok akan terhapus.

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Re-Install Aplikasi TikTok

Copot pemasangan aplikasi TikTok yang terpasang di ponsel kamu lalu install kembali. Setelah itu login menggunakan akun TikTok kamu seperti biasa.

Restart HP Yang Mengakses Aplikasi TikTok

Bukan hanya aplikasi saja yang mengalami error, terkadang smartphone juga mengalami hal yang sama.

Untuk me-refresh sistem operasi pada smartphone sebaiknya restart ponsel yang sedang kamu gunakan.

Caranya, tutup semua aplikasi yang terbuka lalu matikan telepon melalui tombol off kemudian hidupkan kembali ponsel selanjutnya buka kembali aplikasi TikTok.

Update Aplikasi TikTok Ke Versi Terbaru

Mengupdate atau memperbaharui aplikasi TikTok dapat mengatasi aplikasi TikTok error atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Update Aplikasi TikTok

Aplikasi dengan versi terbaru akan memberikan performa yang lebih sempurna. Oleh karena itu, selalu cek pembaharuan aplikasi TikTok di PlayStore atau AppStore dengan cara :

  • Buka PlayStore atau AppStore di ponsel kamu.
  • Cari aplikasi TikTok.
  • Klik Update di bagian bawah icon aplikasi.
  • Tunggu sampai proses updating selesai lalu klik Buka.

Tips Atasi TikTok Bermasalah Hari Ini

Cara mengatasi TikTok error hari ini adalah dengan melakukan pengecekan faktor internal seperti koneksi internet, pengaturan aplikasi atau versi ponsel serta faktor eksternal misalnya kendala pada server TikTok.

Baca Juga : TikTok Tidak Bisa Live? Ini 13 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jika tidak ada perubahan pada aplikasi TikTok setelah mencoba semua cara diatas, segera buat Laporan Masalah ke CS TikTok dengan cara :

Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini
Buat Laporan Masalah Ke TikTok
  • Buka aplikasi TikTok lalu tap menu Profil di kanan bawah.
  • Klik ikon 3 garis di kanan atas.
  • Pilih Laporkan Masalah dan pilih topik yang ingin dilaporkan.
  • Ikuti langkah – langkah di aplikasi untuk mengirimkan masalah tersebut.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.