10 Cara Dapat Dana Hibah Gratis Langsung Cair : Dalam / Luar Negeri

Dana Hibah Gratis Langsung Cair

Mahirtransaksi.com Ada berbagai cara mendapatkan Dana Hibah gratis langsung cair baik dari dalam negeri maupun luar negeri baik dari Timur Tengah, Arab Saudi maupun Internasional yang bisa langsung cair.

Pengajuan Dana Hibah biasanya berasal dari organisasi non profit atau NGO namun, ada juga pribadi atau perorangan. 

Baru-baru ini perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Facebook telah memberikan Dana Hibah atau bantuan modal sebanyak 12,5 miliar untuk para pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi covid-19.

Apa Itu Dana Hibah?

Pada dasarnya, Dana Hibah adalah pemberian uang atau barang atau jasa dari suatu badan baik pemerintah, swasta atau badan independent kepada badan lainnya, organisasi masyarakat, UKM, IKM, UMKM dan masyarakat umum yang secara khusus telah ditetapkan peruntukannya serta bersifat tidak mengikat dan diberikan untuk menunjang suatu kegiatan.

Bukan seperti pinjaman online, Dana Hibah diberikan secara gratis oleh organisasi atau perusahaan tertentu sebagai misi kemanusiaan seperti bantuan modal bagi perusahaan kecil, pendirian sekolah gratis, pelestarian hewan yang hampir punah, dan pendirian rumah sakit gratis.

Program pemberian Dana Hibah ini biasanya dilakukan tiap tahun setelah tutup buku oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan setelah pembagian deviden oleh Badan Usaha Milik Negera atau Perusahaan Swasta.

Dana Hibah Gratis Langsung Cair

Ketika suatu badan usaha memperoleh keuntungan tahunan, maka sebagian keuntungan itu akan disalurkan kepada masyarakat sebagai Dana Hibah.

Selain itu, ada juga Dana Hibah dari Jepang yang diberikan kepada organisasi non profit untuk misi kemanusiaan sebagai pengentasan kemiskinan.

Dana Hibah Gratis Langsung Cair
Dana Hibah Gratis

Namun, tidak sembarang orang bisa mendapatkan Dana Hibah gratis baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri karena hanya organisasi atau orang telah memenuhi syarat saja yang bisa mendapatkannya.

Untuk mendapatkan Dana Hibah gratis langsung cair untuk usaha atau yayasan tentunya kamu harus memenuhi semua persyaratan yang di tetapkan oleh pemberi Dana Hibah.

Sumber Dana Hibah

Selain cara mendapatkan Dana Hibah gratis dari luar negeri, kamu juga ajib tahu hal ini. Dana Hibah bisa didapatkan melalui sumber-sumber tertentu. Berikut merupakan sumber-sumber Dana Hibah:

1. Dana Hibah Dari Pemerintah

Sumber Dana Hibah yang pertama yaitu dari pemerintah. Dana Hibah yang diberikan oleh pemerintah pusat biasanya melalui perwakilan kementerian.

Contohnya bantuan yang berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM dengan program wirausaha pemula.

Tetapi untuk mendapatkan Dana Hibah dari pemerintah terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi seperti : 

  • Mempunyai usia maksimal 45 tahun. 
  • Jika individu harus punya usaha yang terbukti produktif atau paling tidak usahanya sudah berjalan 6 bulan dan memiliki waktu maksimal 3 tahun.
  • Usaha sebelumnya harus belum pernah mendapatkan bantuan yang berasal dari kemenkop dan UKM. 
  • Mempunyai pendidikan minimal SLTP/sederajat. 
  • Mempunyai KTP elektronik yang masih berlaku.

2. Dana Hibah Kementerian Badan Ekonomi Kreatif

Badan ekonomi kreatif juga bisa memberikan Dana Hibah. Dana Hibah yang diberikan oleh Badan Ekonomi Kreatif berupa Bantuan Insentif Pemerintah. Skema bantuan yang digunakan yaitu modal non perbankan. 

Lembaga ini mengalokasikan Dana bagi tiap pelaku usaha dengan nominal Rp200.000.000.

Modal non perbankan yaitu penambahan modal kerja serta investasi aktiva tetap. Jika kamu ingin mendapatkannya bisa mendaftar secara online melalui situs Bekraf.

3. Dana Hibah Dari BUMN

Badan Usaha Milik Negara juga sering memberikan Dana Hibah. Beberapa BUMN dilengkapi dengan program yang bertujuan untuk membantu UMKM.

Program ini disebut dengan nama Program Kemitraan & Bina Lingkungan atau PKBL. Nanti yang dapat memperoleh Hibah dari BUMN yaitu Bina Lingkungan, program kemitraan itu bukanlah Hibah.

4. Dana Hibah Dari Pemerintah Daerah

Selain BUMN, Pemerintah Daerah juga mau memberikan Dana Hibah gratis langsung cair dengan syarat mempunyai kepengurusan jelas serta erkedudukan di dalam wilayah administrasi pemda bersangkutan.

Cara mendapatkan Dana Hibah untuk yayasan dari Pemerintah Daerah dapat dilakukan dengan syarat berkedudukan di dalam wilayah atau daerah administrasi pemda yang bersangkutan, udah didaftarkan di pemerintah daerah paling lambat 3 tahun serta punya sekretariat tetap.

Pada umumnya, Lembaga yang memperoleh Dana Hibah yang berasal dari pemerintah provinsi ini adalah Majelis, LSM, dan sejenisnya.

5. Dana Hibah Dari Perusahaan Swasta

Selain BUMN, Perusahaan Swasta juga kerap memberikan Dana Hibah gratis langsung cair dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang menunjukkan kepedulian perusahaan swasta terhadap lingkungan sekitar.

Pada beberapa Perusahaan Swasta lain, tidak hanya memperoleh Hibah modal tetapi juga mendapatkan pembinaan dari Perusahaan pemberi Dana Hibah sehingga UMKM dapat meningkatkan skill dan profit.

Cara Mendapatkan Dana Hibah Gratis Dari Luar Negeri

Banyak orang yang masih bingung ketika mereka akan mendapatkan Dana Hibah dari luar negeri. Tetapi jika kamu selalu update mengenai informasi yang terkait Dana Hibah pasti kamu juga bisa mendapatkannya.

Contohnya untuk Dana Hibah dari Facebook, kamu bisa mendapatkan bantuan dari Facebook berupa kredit dan uang. Siapa saja dapat mendaftarkan bisnis kecil untuk mendapatkan bantuan dari Facebook. 

Dana Hibah Gratis Langsung Cair
Dana Hibah Gratis Dari Luar Negeri

Sedangkan untuk organisasi, kamu bisa mendapatkan Dana Hibah untuk kemanusiaan dari SC Johnson dan Dana Hibah dari program Grassroots dari pemerintah Jepang.

Berikut cara mendapatkan Dana Hibah gratis dari luar negeri :

  • Pastikan kamu merupakan lembaga amal, LSM, atau organisasi Non Profit. Jika perorangan, maka carilah informasi Dana Hibah yang khusus untuk perorangan.
  • Selalu update informasi tentang pemberian Dana Hibah dari luar negeri.
  • Catat email perusahaan luar negeri yang memberikan Dana Hibah gratis.
  • Kirimkan proposal mengenai program organisasi kamu kepada email perusahaan tersebut.
  • Jika proposal kamu disetujui, maka proses pencairan Dana Hibah bisa segera dilakukan.
  • Kirimkan juga kegiatan organisasi bermanfaat untuk banyak orang yang dilakukan oleh perusahaan milikmu.
  • Kirimkan report hasil kegiatan ketika sudah mendapatkan Dana Hibah gratis.

Mendapatkan Dana Hibah Dari Timur Tengah

Banyak orang Indonesia yang mencari Dana Hibah dari Timur Tengah seperti Qatar, Arab Saudi, dan UEA.

Mereka mengajukan Dana Hibah biasanya untuk kepentingan umat seperti pembangunan pondok pesantren, masjid, dan panti asuhan.

Sebaiknya sebelum mengajukan, kamu benar-benar telah mempersiapkan proposal pengajuan Dana Hibah dengan terpercaya dan lengkap. 

Hal itu dilakukan karena jika kamu mendapatkan informasi tentang Dana Hibah dari negara Timur Tengah, proposal yang telah kamu siapkan bisa diterima dengan cepat.

Cara mendapatkan Dana Hibah gratis dari Timur Tengah dapat dilakukan dengan mengajukan proposal Dana Hibah melalui website kedutaan besar negara Timur Tengah. Biasanya kedutaan Besar Arab Saudi telah memberikan beberapa program bantuan untuk negara-negara Islam.

Siapapun dapat mengajukan Dana Hibah ke Kedubes Arab Saudi. Namun akan tetap dipilih siapa yang berhak menerima tergantung penilaian dari tim yang dibentuk oleh Arab Saudi.

Prosedur Pengajuan Proposal Dana Hibah

Untuk mendapatkan Dana Hibah gratis langsung cair baik dari dalam maupun dari luar negerti, tentunya kamu harus memahami prosedur pengajuan proposal Dana Hibah agar disetujui.

Berikut prosedur pengajuan proposal Dana Hibah agar cepat di ACC :

  • Pertama lengkapi legalitas usaha seperti NIB, SIUP, NPWP, Domisili usaha dan berkas administrasi lainnya.
  • Pastikan usaha sudah berjalan minimal 6 bulan atau 1 tahun.
  • Pastikan usaha produktif, memiliki target pasar yang menjanjikan serta memerlukan tambahan modal.
  • Buat proposal pengajuan Dana Hibah, tujuan serta rencana penggunaan Dana Hibah.
  • Kirimkan proposal yang dilengkapi legalitas usaha melalui website / email atau kirimkan kepada Pemerintah melalui kementerian terkait, BUMN, Pemerintah Daerah atau perusahaan swasta.
  • Lakukan presentasi dengan baik ketika pemberi Dana Hibah melakukan pemanggilan untuk melihat kelayakan penerima Hibah.
  • Setelah proses kamu ikuti, maka usaha kamu akan memperoleh Dana Hibah gratis yang lansung cair dan bisa kamu gunakan.
  • Setelah program berakhir, pastikan kamu menyusun Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) terkait penggunaan Dana Hibah dengan baik.

Nah, itu dia cara mendapatkan Dana Hibah gratis yang langsung cair ke rekenung baik itu dari dalam maupun luar negeri yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga : √ 7 Cara Mendapatkan Saldo Dana Gratis Dari Neo+

Pastikan menggunakan Dana Hibah untuk hal yang bermanfaat baik untuk lingkungan maupun orang – orang di sekitar tempat usaha kamu ya.

Baca Juga : 10 Cara Mendapatkan Saldo OVO Gratis : Lewat / Tanpa Aplikasi

Atau dengan kata lain, jangan pergunakan Dana Hibah untuk keperluan yang tidak penting karena penyaluran Dana Hibah yang kamu dapatkan nantinya akan dipertanggung jawabkan melalui LPJ.

Selamat mencoba !