Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Gagal Checkout Shopee? Ini 5 Penyebab Dan Cara Mengatasinya !

4 min read

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee

Mahirtransaksi.com – Apakah kamu pernah mengalami masalah gagal Checkout Shopee? Pasti kamu merasa kesal bukan. Oleh karena itu, kali ini saya akan mengulas tuntas penyebab gagal Checkout Shopee dan cara mengatasinya.

Gagal Checkout di aplikasi Shopee dapat merugikan bagi pengguna Shopee. Kendala ini sering terjadi ketika kamu ingin membeli barang yang kamu inginkan di aplikasi Shopee. Penyebabnya pun beragam baik kendala teknis maupun kesalahan pengguna Shopee sendiri.

Proses – Proses Mengatasi Gagal Chekout Di Aplikasi Shopee

Ada beberapa proses yang harus kamu lakukan sebelum mengatasi gagal Checkout di aplikasi Shopee. Berikut beberapa proses tersebut yang saya rangkum dalam bentuk pertanyaan :

  1. Apakah kamu sudah memastikan stok produk yang akan kamu beli masih tersedia? Jika belum kamu dapat cek ketersediaan produk di keterangan produk. Jika stok nya sudah habis maka otomatis kamu tidak dapat melakukan Checkout produk tersebut walaupun kamu sudah memasukannya kedalam keranjang belanjaan kamu.
  2. Apakah jasa pengiriman produk mendukung? Jika tidak, kamu dapat mengganti jasa pengiriman produk mu agar proses Checkout dapat dilakukan. Masalah ini hanya muncul untuk beberapa produk tertentu.
  3. Apakah pembelian kamu hari ini sudah mencapai limit untuk produk tersebut? Jika ya, maka kamu pembelian kamu sudah mencapai limit sesuai deskripsi produk, maka kamu tidak akan dapat melakukan chekout produk tersebut lagi untu hari ini. Peraturan ini dibuat oleh seller yang menjual hanya beberapa produk saja untuk buyer di aplikasi Shopee. Solusinya kamu dapat mencoba melakukan pembelian produk yang sama esok hari.
  4. Apakah kuantitas pembelian produk di batasi? Misalnya kamu ingin membeli 4 buah produk, tetapi seller hanya membatasi pembelian setiap produk maksimal 2 produk, maka kamu tidak akan dapat melakukan Checkout belanjaan kamu. Kamu bisa mengurangi kuantitas produk yang ingin kamu beli agar dapat melakukan Checkout pembelian produk tersebut.
  5. Apakah akun Shopee kamu bermasalah? Jika terjadi masalah maka kamu akan menerima notifikasi akun bermasalah saat Checkout. Hal ini terjadi akibat penyalahgunaan akun yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas Shopee. Pastikan kamu membaca Pedoman Komunitas Shopee untuk menghindari akun Shopee-mu di blokir atau dinonaktifkan.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee

Jika akun Shopee kamu mengalami gagal Checkout lalu kamu mendapatkan notifikasi peringatan dari Shopee, tentu ada yang tidak beres dengan Shopee-mu. Notifikasi gagal Checkout yang paling umum diterima oleh pengguna Shopee adalah Gagal Checkout Shopee (F01) dan Gagal Checkout Shopee (F05).

1. Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee (F01)

Biasanya pengguna Shopee yang mengalami kendala gagal chekout akan menerima notifikasi seperti ini saat menekan tombol chekout di aplikasi Shopee. Kamu akan menerima Notifikasi Peringatan Shopee seperti ini :

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee
Gagal Checkout Shopee (F01)

“Checkout gagal (F01) : Upaya untuk chekcout telah ditolak karena akun Anda terdeteksi melanggar kebijakan Shopee. Pelanggaran lebih lanjut dapat berakibat pada pembekuan akun”

Atau seperti ini :

“Checkout gagal (F01) : Checkout gagal karena adanya aktivitas mencurigakan. Pastikan kamu telah membaca kebijakan Shopee”

Pemberian kode F01 pada peringatan tersebut artinya kamu telah melanggar kebijakan Shopee pada point F01. Untuk detail kebijakan yg kamu langgar, kamu dapat membacanya di Peraturan Komunitas Shopee.

Setelah saya coba cari tahu, peringatan tidak sepenuhnya diberikan karena adanya pelanggaran yang di sengaja oleh pengguna Shopee. Kamu juga pasti melalukannya saat menerima notifikasi peringatan Shopee ini. Apa penyebabnya?

Berikut ini 2 penyebab utama gagal Checkout Shopee F01 :

  • Login 2 Akun Shopee Dalam 1 HP

Penyebab Checkout gagal F01 pertama yang sering tidak disadari oleh pengguna Shopee adalah login dengan dua akun Shopee yang berbeda dalam satu HP atau perangkat. Coba kamu ingat, apakah kamu pernah melakukannya?

Kamu mungkin pernah login menggunakan akun Shopee temanmu, atau saudaramu di HP-mu. Lalu kamu login kembali menggunakan akun Shopee pribadimu. Jika ya, itulah penyebabnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay Di Blokir

Pada dasarnya Shopee melarang tindakan ini. Untuk mengatisipasi terjadi pencurian akun maka Shopee memberikan peringatan saat kamu mencoba Checkout belanjaan kamu.

  • Menggunakan Alamat Pengiriman Yang Sama Di Dua Akun Shopee

Penyebab gagal Checkout Shopee F01 yang kedua adalah mengatur alamat pengiriman yang sama di dua akun Shopee yang berbeda.

Mengapa tindakan ini tidak diperbolehkan? Kamu pasti pernah berpikir banyak orang yang memanfaatkan banyak akun Shopee untuk melakukan pembelian produk sekaligus. Yap, itulah penyebabnya. Shopee mendeteksi akun disalahgunakan untuk melakukan pembelian secara massal dengan alamat yang sama.

Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mencobanya di akun Shopee teman-mu dengan mengatur alamat pengiriman dan nomor telepon yang sama. Pastinya kamu akan menerima notifikasi gagal Checkout Shopee F01.

Berikut solusi Untuk mengatasi 2 penyebab gagal Checkout Shopee F01 di atas :

  • Pertama kamu harus mencari tahu akun Shopee lain yang menggunakan perangkat atau alamat pengiriman yang sama dengan akun Shopee-mu.
  • Setelah kamu menemukannya, hapus alamat pengiriman yang sama dengan akun Shopee-mu. Kemudian Logout dari aplikasi Shopee.
  • Hapus Data & Chache aplikasi Shopee baik di perangkat orang lain yang terdeteksi akun ganda maupun di HP yang kamu gunakan untuk login Shopee. Caranya Klik Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi >  Shopee > Hapus Data & Clear Chache.
Cara Mengatasi Gaga Checkout Di Shopee
Clear Data & Chache Shopee
  • Login kembali menggunakan Username & Password Shopee kamu, jika kamu lupa kamu dapat memulihkannya Disini.
  • Buat pesanan baru, lalu Checkout belanjaan kamu.

Tips : Jika pada saat proses Checkout peringatan gagal Checkout Shopee F01 masih muncul, hapus data kembali lalu hapus instalasi aplikasi Shopee, kemudian install kembali.

2. Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee F05

Buat kamu pengguna Shopee yang mengalami kendala gagal Checkout Shopee F05 ini, kamu akan menerima notifikasi peringatan Shopee seperti ini :

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee
Gagal Checkout Shopee (F05)

“Checkout Gagal F05 : Produk ini tidak dapat dibeli. Mohon coba produk lain”

Penyebab gagal Checkout F05 tentunya dapat kamu tebak dari isi notifikasi Shopee yang muncul. Yap, produk yang ingin kamu beli sedang bermasalah. Kesalahan ini umumnya dilakukan oleh seller yang tidak membaca Pedoman Komunitas Shopee.

Berdasarkan pusat edukasi penjual Shopee, terdapat beberapa produk yang tidak dapat dijual di Shopee, antara lain :

  • Alkohol
  • Barang Palsu
  • Makanan Kadaluarsa
  • Obat – Obatan Tanpa Resep Dokter
  • Bagian & Aksesoris Senjata
  • Dan Beragam Produk Ilegal Lainnya

Kamu bisa membaca produk yang dilarang di jual di Shopee Disini.

Berikut solusi untuk mengatasi penyebab gagal Checkout Shopee F05 :

  • Pertama – tama bersihkan data pencarian Shopee kamu dengan cara Bersihkan Data & Chace di pengaturan ponsel-mu. Kemudian login kembali dan cari produk lain dengan toko yang berbeda.
  • Jika saat Checkout belanjaan kamu masih gagal, silahkan menggunakan akun Shopee lain.

Cara Alternatif Mengatasi Gagal Checkout Shopee

Jika setelah kamu mencoba cara di atas dan kendala gagal Checkout Shopee masih terjadi, maka kamu perlu mencoba cara alternatif mengatasi gagal Checkout Shopee ini.

  • Caranya masuk ke aplikasi Shopee lalu tap halaman Saya.
Cara Mengatasi Gagal Checkout Di Shopee
Tap Halaman Saya
  • Di bagian ini pilih Pusat Bantuan.
Cara Mengatasi Gagal Checkout Di Shopee
Pilih Pusat Bantuan
  • Selanjutnya kamu akan melihat 3 metode bantuan yang ditawarkan dan dapat kamu pilih sesuai dengan keinginan-mu.
Cara Mengatasi Gagal Checkout Di Shopee
Pusat Bantuan Shopee

Sampaikan keluhan gagal Checkout Shopee yang kamu alami menggunakan salah satu metode bantuan seperti Chat Costumer Service Shopee, Kirim keluhan Via Email Support.Shopee.co.id atau Menelpon CS Shopee.

Kesimpulan

Apakah kamu sudah menemukan solusi permasalahan gagal Checkout di di aplikasi Shopee yang kamu alami? Perlu kamu ketahui, jika kamu memilih menggunakan metode alternatif kirim keluhan melalui email, maka kamu harus menunggu balasan email kamu dalam 2 hari kerja.

Baca Juga : 2 Cara Mengganti Nomor HP Shope Yang Lupa, Diblokir Atau Dinonaktifkan

Dan ini yang paling penting ! Selalu patuhi Pedoman Komunitas Shopee agar kamu terhindar dari masalah gagal login Shopee, gagal Checkout Shopee atau bahkan akun Shopee-mu di blokir atau dinonaktifkan.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Gagal Login Shopee [99% Berhasil]

Nah sekian dulu ulasan penyebab gagal Checkout di Shopee dan cara mengatasinya yang telah terbukti berhasil. Jika kamu punya kendala lain seputar aplikasi Shopee, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Selamat mencoba

 

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *