Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

45 List Harga Tomat Hari Ini Per 1 Kg Di Pasar Tradisional

Harga Tomat Hari Ini

Mahirtransaksi.com – Sebagai bahan baku penting untuk pembuatan sambal atau bumbu dapur, harga tomat per kg di pasar tradisional tergolong normal hingga saat ini. Berikut daftar harga tomat per kilo di pasar tradisional update hari ini !

Tomat merupakan jenis buah yang sering dijumpai untuk bumbu masakan maupun dikonsumsi secara langsung. Orang-orang juga biasanya menggunakan buah tomat sebagai bahan utama membuat sambal. Buah satu ini bisa dijumpai di supermarket dan pasar tradisional terdekat.

Harga tomat di supermarket memang lebih mahal jika dibandingkan dengan di pasar tradisional. Namun biasanya tomat di supermarket merupakan produk pilihan yang terjamin kesegarannya.

Meski demikian, banyak juga penjual yang menyediakan tomat segar dan berkualitas di pasar tradisional dengan harga yang lebih murah.

Harga Tomat Hari Ini Di Pasar Tradisional

Banyak orang kebingungan apakah tomat termasuk buah atau sayur. Tomat kadang ditemukan di dapur sebagai bahan masakan, kadang juga berderet bersama buah-buahan lainnya seperti apel dan jeruk.

Tak perlu bingung, karena ternyata tomat ada banyak jenisnya. Jenis tomat tertentu lebih cocok sebagai bumbu dapur, dan jenis tomat lainnya lebih cocok untuk jus buah ataupun dijadikan topping es campur.

Berikut daftar harga tomat berbagai jenis di Pasar Tradisional :

Harga Tomat Apel

Dinamakan tomat apel karena jenis tomat satu ini memiliki ukuran yang besar hampir sebesar buah apel. Buah tomat satu ini juga memiliki daging yang tebal dan manis sehingga cocok dijadikan jus atau topping es campur.

Adapun harga tomat apel hari ini di pasar tradisional sekitar Rp4.500 / 250 gram atau Rp28.000 per 1 Kg tomat apel atau tomat hijau baik ukuran kecil maupun besar.

Harga Tomat Merah

Tak seperti tomat apel dengan ukuran yang lebih besar, tomat merah memiliki ukurang yang lebih kecil. Tomat jenis ini merupakan jenis yang paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari karena biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan sambal.

Harga Tomat Hari Ini
Tomat Merah

Adapun harga tomat merah hari ini sekitar Rp6.500 / 250 gram atau sekitar Rp26.000 per 1 Kg baik untuk varian tomat merah kecil maupun besar di pasar tradisional maupun minimarket.

Harga Tomat Beef

Selain tomat apel, ada juga jenis tomat beef dengan ukuran yang besar. Daging buahnya tebal dengan kulit yang tipis.

Tomat beef memiliki rasa yang lezat dengan tekstur padat, menjadikannya cocok dijadikan bahan tambahan dalam aneka sajian.

Adapun harga tomat beef hari ini yaitu sekitar Rp28.000 per 1 kg atau sekitar Rp7.000 per 250 gram baik di pasar tradisional maupun minimarket.

Harga Tomat Hijau

Tomat hijau sebenarnya tomat biasa yang belum matang namun sudah dipanen. Untuk bumbu dapur dan tumisan, tomat hijau akan memberikan cita rasa unik dan segar.

Harga Tomat Hari Ini
Tomat Hijau

Tomat hijau juga seringkali digunakan untuk bahan pembuatan sambal hijau. Dibandingkan jenis tomat lainnya, tomat ini memiliki tekstur lebih keras karena kandungan airnya yang sedikit.

Adapun harga tomat hijau yaitu sekitar Rp22.000 per kilogram atau sekitar Rp5.500 per 250 gramnya baik di pasar tradisional maupun di minimarket.

Harga Tomat Plum

Tomat plum memiliki bentuk yang unik yaitu bulat lonjong. Buahnya tebal dengan ruang bisi yang sempit, menjadikannya cocok digunakan untuk jus buah ataupun sambal tomat.

Adapun harga tomat plum yang berhasil kami rangkum hari ini sekitar Rp7.500 per 250 gram atau sekitar Rp30.000 per 1 kg baik untuk ukuran kecil, sedang maupun ukuran besar.

Harga Tomat Cherry

Dibandingkan dengan jenis tomat lainnya, tomat cherry memiliki ukuran yang paling kecil selayaknya buah cherry. Warna tomat cherry yang sudah matang ialah merah merona.

Warna tersebut tampak cantik dan kontras saat disandingkan dengan aneka sayuran segar di dalam sajian salad sayur. Adapun harga tomat cherry hari ini yaitu sekitar Rp30.000 rupiah per kilogram.

Harga Tomat Globe

Jenis tomat berikutnya adalah tomat globe. Memiliki bentuk bulat dengan warna merah cerah, tomat globe tampak sangat menggiurkan. Jenis tomat satu ini kerap digunakan untuk isian burger, topping salad, dan berbagai sajian mewah.

Adapun harga tomat globe hari ini baik di Pasar tradisional maupun di Minimarket yaitu sekitar Rp20.000 per kilogram atau hanya sekitar Rp5.000 per 250 gram nya.

Harga Tomat Merah Biasa

Tomat merah biasa merupakan tomat yang sangat familiar dengan masyarakat kita yang biasa menggunakan tomat ini sebagai bahan dalam pembuatan sambal pada umumnya.  

Harga tomat merah biasa hari ini masih yang paling murah dibandingkan harga tomat lainnya. Di pasaran harga tomat merah masih dijual sekitar Rp1.000,- hingga Rp1.200,- per 250 gram atau sekitar Rp10.000,- hingga Rp12.000,- per 1 kg nya.

Daftar Harga Tomat 1 kg Hari Ini

Harga tomat per kg di pasar tradisional akan berbeda-beda di setiap daerah. Harga tomat di luar pulau Jawa bisa jadi lebih mahal ataupun lebih murah, tergantung situasi pasar.

Namun berdasarkan pemantauan kami di beberapa pasar tradisional di pulau Jawa, berikut ini daftar harga tomat 1 Kg hari ini di pasar tradisional hari ini :

No. Jenis Tomat Banyaknya Harga
1. Tomat apel 1 kg Rp 28.000
2. Tomat merah 1 kg Rp 26.000
3. Tomat beef 1 kg Rp 28.000
4. Tomat hijau 1 kg Rp 22.000
5. Tomat plum 1 kg Rp 30.000
6. Tomat cherry 1 kg Rp 30.000
7. Tomat globe 1 kg Rp 20.000

Harga di atas merupakan harga perkiraan, sehingga tidak menutup kemungkinan harga berbeda meskipun selisihnya tidak banyak. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung situasi pasar.

Harga Saos Tomat Hari Ini

Selain tomat utuh, kamu juga bisa membeli saos tomat kalengan atau kemasan botol sebagai alternatif pengganti tomat jika sewaktu – waktu tomat mengalami kenaikan harga.

Harga Tomat Hari Ini
Saos Tomat

Berikut daftar harga saos tomat hari ini yang kamu rangkum dari berbagai sumber :

No. Jenis Saos Tomat Harga
1 1 Saos Tomat Sachet 9 gr Rp5.000
2 Saus Tomat Red 1 20 x 9 gr Rp5.000
3 Dua Belibis Saos Tomat sachet 20 x 9 gram Rp6.200
4 Sasa Saus Tomat Sachet 24 x 9 gr Rp6.500
5 Delmonte Ketchup Saus Tomat 24 x 9 gr Rp6.500
6 Indofood Saus Tomat 216 gram (24 sachet x 9g) Rp6.500
7 ABC Saus Tomat (22 sachet x 9gram) Rp7.000
8 Euro Gourmet Saos Tomat sachet Rp8.100
9 McLewis Tomato Sauce pack sachet Rp8.500
10 Indofood Saus Tomat Sachet 1 karton isi 504 sachet @9gr Rp110.000
11 Dua Belibis Saos Tomat sachet 1 dus Rp185.000
12 Delmonte Ketchup Saus Tomat 1 karton isi 20 pack @24 x 9 gr Rp110.000

Kandungan Tomat

Banyak orang kebingungan apakah tomat termasuk buah atau sayur. Jika dibilang buah, ia lebih sering ada di dapur dan digunakan sebagai bumbu masakan. Jika dibilang sayur, ada juga tomat apel yang biasanya diolah dengan cara dijus.

Tak perlu bingung, karena tomat termasuk jenis buah-buahan. Pasalnya, komoditi satu ini memiliki biji di dalamnya. Berbeda dengan sayur yang tak memiliki biji. Maka dari itu tomat dikategorikan sebagai buah.

Harga Tomat Hari Ini
Kandungan Gizi Tomat

Tomat mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti serat, kalium, vitamin K1, likopen, asam klorogenat, serta flavonoid.  Buah yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin B9.

Buah tomat bisa disajikan secara langsung maupun diolah menjadi bumbu masakan. Tomat jenis tertentu juga cocok dijadikan jus buah atau dicampur ke dalam sop buah agar memberikan cita rasa asam segar.

Manfaat Tomat

Manfaat tomat sudah tak diragukan lagi. Selain sangat baik untuk kesehatan, buah tomat juga dipercaya ampuh untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Likopen merupakan salah satu zat yang terkandung dalam tomat. Zat inilah yang membuat buah tomat berwarna merah.

Likopen sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas penyebab beragam penyakit. Tomat mampu membuat tubuh tetap fit dan bugar. Kamu bisa menyajikannya sebagai makanan ataupun minuman.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah tomat :

  • Mencegah Kanker – Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini sangat ampuh untuk mencegah penyakit kanker.
  • Menjaga Kesehatan Jantung – Kandungan beta karoten dan likopen di dalam buah tomat sangat baik untuk kesehatan jantung.
  • Melancarkan Pencernaan – Tomat mengandung serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan.
  • Menjaga Kesehatan Kulit – Vitamin C yang terkandung di dalam tomat berperan untuk membentuk kolagen. Kolagen sangat dibutuhkan oleh rambut dan kulit agar kulit tetap sehat dan kencang.
  • Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil – Tomat sangat baik untuk ibu hamil. Pasalnya, buah satu ini mengandung asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan janin.
  • Menjaga Kesehatan Mata – Kandungan antioksidan seperti likopen, lutein serta beta karoten sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Update Harga Tomat Per Hari Ini

Dirangkum per hari ini tanggal 26 November 2022, harga tomat berkisar antara Rp3.500 – Rp6.500 / 250 gram atau sekitar Rp18.000 – Rp30.000 rupiah per 1 kg tergantung jenis tomat yang akan kamu beli.

Baca Juga : 81+ Daftar Harga Janji Jiwa Terbaru : Kopi, Toast Hingga Franchise

Sebagai salah satu komoditi yang dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, tomat cukup berlimpah ruah di tanah air. Maka tak heran jika harga tomat per kg di pasar tradisional cenderung stabil dan jarang mengalami kenaikan yang drastis.

Harga tomat juga tergolong murah jika dibandingkan cabai atau bawang. Harga di pasaran bisa saja lebih murah atau lebih mahal dari daftar harga di atas.

Baca Juga : 49 Daftar Harga Indomie 1 Dus Hari Ini : Indomie Goreng Dan Kuah

Tomat biasanya diolah sebagai bahan utama pembuatan sambal tomat. Rasanya yang segar dan nikmat cocok dijadikan pendamping untuk berbagai masakan nusantara.

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.