Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Modus Penipuan Shopee Paling Sering Terjadi !

7 min read

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya

Mahirtransaksi.com – Maraknya modus penipuan Shopee yang terjadi akhir – akhir ini perlu menjadi perhatian, beragan jenis indikasi penipuan Shopee mulai dari modus penipuan ShopeePay, Penipuan Shopee COD, penipuan Shopee OTP hingga modus penipuan Shopee Cashback.

Penipuan yang marak terjadi sebenarnya tidak memandang pembeli atau penjual secara tertarget. Karena pada dasarnya informasi akun Shopee sepenuhnya hanya diketahui oleh pemiliki akun Shopee itu sendiri.

Itu artinya penipu yang mencoba masuk ke aplikasi Shopee pengguna memilihnya secara acak. Kecuali, ada data berupa informasi akun seperti nomor handphone atau email yang terkait ke akun Shopee tersebar di media sosial tertentu.

Modus Penipuan Shopee

Penipuan di aplikasi Shopee sendiri sebenarnya sudah ada sejak aplikasi booming di masyarakat khususnya yang ingin berbelanja secara daring. Tetapi semakin hari, kasus penipuna Shopee ini semakin marak terjadi.

Modus yang digunakan penipu Shopee juga beragam, mulai dari meretas aplikasi Shopee, modus penipuan berkedok pemesanan COD atau menelpon pengguna Shopee agar dapat akses masuk ke aplikasi Shopee itu sendiri.

Ingat, penipuan ini tidak memandang apakah kamu buyer atau seller di aplikasi Shopee. Untuk itu selalu waspada terhadap modus – modus penipuan Shopee yang akan saya ulas ini.

Ciri – Ciri Penipuan Shopee

Penipuan Shopee adalah adalah kegiatan meretas, merampas bahkan mengambil alih akun Shopee yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di aplikasi Shopee.

Apasih sebenarnya yang di cari penipu di aplikasi Shopee? Menurut beberapa kasus yang sering saya baca di forum dan media sosial seperti Facebook dan Quora, terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan oleh aksi penipuan di aplikasi Shopee ini.

Hal ini dapat diketahui jika pengguna dapat mengambil alih kembali akun Shopee yang dibajak menggunakan fitur lupa password Shopee. Lalu apa saja keuntungan yang di cari penipu dari aksi penipuan ini?

  1. Mengambil saldo ShopeePay yang akan dikirim ke Rekening Bank atau Di transfer ke akun Shopee lain.
  2. Memanfaatkan Shopee PayLater pengguna untuk belanja.
  3. Mengambil koin Shopee.
  4. Memanfaatkan akun untuk tindakan penipuan lainnya termasuk Fake Order (FO).
  5. Melakukan manipulasi penjualan produk Shopee (khusus seller).

Oleh karena itu, kamu perlu mengentahui ciri – ciri penipuan Shopee berikut :

  1. Meminta kode verifikasi (OTP) berupa akses masuk ke aplikasi Shopee secara paksa melalui SMS atau panggilan telepon.
  2. Pemberitahuan pemenang undian berhadiah dari Shopee melalui SMS atau Whatsapp Mesengger.
  3. Mengirim Link aktif melalui fitur Live Chat Shopee yang mengarahkan transaksi keluar aplikasi Shopee.
  4. Meminta penjual pengganti metode pembayaran atau metode pengiriman agar sesuai dengan keinginan pembeli.
  5. Memaksa penjual mengirimkan produk secara cepat untuk menghindari penjual memeriksa informasi akun pembeli.

Berkaca dari ciri – ciri penipu Shopee diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penipuan Shopee dapat terjadi di luar aplikasi Shopee maupun di dalam aplikasi Shopee itu sendiri.

Modus Penipuan Di Luar Aplikasi Shopee

Modus penipuan Shopee di luar aplikasi Shopee umumnya terjadi akibat kurangnya pengetahuan akan peraturan dan ketentuan penggunaan aplikasi Shopee.

30% persen pengguna Shopee tidak membaca User Guide penggunaan aplikasi Shopee sebelum digunakan.

Hal ini berdampak terhadap maraknya penipuan Shopee di luar aplikasi Shopee. Dan penipun dengan mudah berhasil mengambil alih akun Shopee.

Berikut 3 Modus penipuan di luar aplikasi Shopee :

1. Penipuan Shopee Via Panggilan Telepon

Dalam kasus pertama ini, kamu akan menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak kamu kenal. Selanjutnya penipu tersebut akan berbicara seolah – olah sebagai Costumer Service Shopee dengan maksud meng-konfirmasi bahwa kamu berhasil memenangkan undian berhadiah dengan nominal tertentu.

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya
Penipuan Shopee Via Panggilan Telepon

Terakhir penipu tersebut akan meminta kode Verifikasi (OTP) yang dikirimkan ke nomor HP-mu. Dan jika kamu memberikan kode OTP tersebut, maka penipu tersebut telah berhasil masuk ke akun Shopee-mu.

Faktanya 80% Kasus penipuan Shopee berhasil dilakukan dengan modus panggilan telepon.

Ciri – ciri modus penipuan melalui panggilan telepon Shopee :

  • Sebelum kamu menerima panggilan masuk dari nomor tidak dikenal, kamu akan menerima permintaan kode verifikasi (OTP) terlebih via SMS. Nantinya kode verifikasi (6 Digit angka) inilah yang diminta oleh si penipu.
  • Panggilan telepon dari nomor telepon yang tidak kamu kenal sebelumnya dan si penelepon mengatasnamakan agen Shopee.
  • Penipu meminta kode Verifikasi (OTP) dengan nada terburu – buru.

Jika kamu mengalami modus penipuan ini, yang harus kamu lakukan :

  • Pertama, jika kamu menerima panggilan telepon dari nomor tidak dikenal dan mengatasnamakan agen Shopee, jangan pernah turuti permintaan si penelepon. Cukup tutup telepon dengan sopan, lalu blokir nomor tersebut.
  • Kedua, jangan pernah memberikan kode Verifikasi (OTP) login Shopee kepada siapapun. Kecuali kamu yang memintanya.
  • Ketiga, jangan pernah memberitahukan atau menyebar nomor telepon yang terkait ke aplikasi Shopee melalui media sosial atau orang yang tidak kamu kenal sebelumnya.

Dalam kasus lainnya, penipu terkadang mengirimkan link aktivasi aplikasi pinjaman online seperti Moka atah Uangku.

Penipuan Shopee Moka atau Uangku ini kerap terjadi jika terdapat Rekening Pribadi yang terkait di aplikasi Shopee. Dan pastinya aplikasi pinjaman online ini akan dihubungkan ke data pribadi serta Rekening-mu.

2. Penipuan Shopee Via Whatsapp

Modus penipuan Shopee via whatsapp tentunya beragam, berikut beberapa jenisnya :

  1. Chat whatsapp dengan nama pengguna Shopee Indonesia dengan maksud mengadakan seminar online.
  2. Chat whatsapp dengan tujuan konfirmasi hadiah undian dengan nominal tertentu.
  3. Chat whatsapp dengan maksud membantu pengguna Shopee menyelesaikan permasalahan/kendala yang terjadi seputar Shopee.

Intinya, semua chat whatsapp tersebut akan bertujuan mengarahkan kamu untuk transfer sejumlah uang dengan alasan tertentu.

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya
Modus Penipuan Shopee Via Whatsapp

Berikut cara mengantisipasinya :

  • Jangan pernah membalas chat whatsapp mengatasnamakan Shopee Indonesia, kecuali kamu yang mengirimkan pesan terlebih dahulu.
  • Cek nama pengguna dan pastikan akun whatsaap sudah centang biru (Verified). Hal ini juga berlaku untuk akun instagram official serta akun Fanspage Facebook Shopee.
  • Jangan pernah klik Link aktif di fitur Live Chat Shopee yang mengarahkan transaksi melalui Whatsapp.

3. Penipuan Shopee Via SMS

Modus penipuan aplikasi Shopee yang ketiga yaitu melalui SMS. Sebagian besar SMS berisi hadiah undian yang dimenangkan oleh pengguna Shopee. Berikut contoh penipuan Shopee undian melalui SMS ini :

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya
Penipuan Shopee Via SMS

Di akhir pesan, biasanya penipun menyertakan Link konfirmasi. Jika dibuka, link tersebut akan mengarahkan pengguna ke website penipu. Di dalam website ini, kamu akan menemukan landing page yang di desain sedemikian rupa agar meyakinkan pengguna benar telah mendapatkan uang tunai tersebut.

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya
Penipuan Link Shopee Via SMS

Jika di baca pada syarat dan ketentuan pemenang undian, kamu diwajibkan membayar biaya administrasi agar hadiah dikirim ke tempat-mu. Dan jelas, ini adalah tindakan penipuan.

Pengguna Shopee yang telah membayar biaya administrasi ini tidak akan pernah dikirimkan hadiah seperti yang dijanjikan sebelumnya. Ingat, Shopee tidak pernah memberikan hadiah kepada pengguna Shopee di luar aplikasi Shopee.

Berikut tips mengantisipasi modus penipuan Shopee via SMS ini :

  • Jika kamu menerima SMS ini, lebih baik di abaikan saja. Jika perlu kamu harus menghapusnya agar orang lain tidak dapat mengaksesnya.
  • Jika kamu menemukan orang lain yang sudah membuka website ini, segera beritahu bahwa ini adalah tindakan penipuan berkedok undian Shopee.

Modus Penipuan Di Dalam Aplikasi Shopee

Modus penipuan di dalam aplikasi Shopee dapat dilakukan oleh penjual maupun bembeli. Berikut 5 jenis penipuan di aplikasi Shopee :

1. Penipuan Deskripsi Produk

Deskripsi produk biasanya berisi informasi produk serta spesifikasi lengkapnya. Namun, penjual “nakal” terkadang memanfaatkan deskripsi untuk mekalukan penipuan.

Misalnya seller menjual produk Smartphone HDC (Imitasi) tetapi di deskripsi produk penjual menjelaskan bahwa produk tersebut original. Dengan harga miring tentu pembeli akan terkecoh modus penipuan ini.

Dan tentunya yang dirugikan adalah buyer. Untuk itu, selalu baca deskripsi produk lalu bandingkan dengan produk sejenis. Dan yang terpenting, jangan tergiur pada produk dengan harga murah. Selalu pastikan harga dengan produk kompetitor.

2. Penipuan Produk Rusak

Modus penipuan produk Shopee yang kedua ini sering dialami oleh seller yang baru pertama kali belanja di aplikasi Shopee.

Dalam hal ini, seller mengirimkan produk rusak atau tidak berfungsi dengan baik secara sengaja.

Ciri utama modus penipuan kedua ini ditandai dengan seller yang “Agresif”. Artinya seller akan meminta buyer segera konfirmasi produk diterima sesaat setelah produk tersebut diterima oleh pembeli.

Tujuannya agar dana dilepaskan ke penjual dan pembeli tidak dapat mengajukan pengembalian produk (Retur).

3. Mengarahkan Transaksi Di Luar Aplikasi Shopee

Tidak sepenuhnya transaksi keluar dari aplikasi Shopee merupakan tindakan penipuan. Namun selalu ada “indikasi” yang mengarah ke hal tersebut.

Seperti dijelaskan dalam Pedoman Komunitas Shopee. Dilararang keras mencantumkan nomor Whatsaap atau media sosial melalui fitur Live Chat Shopee. Tentu tujuannya untuk menghindari indikasi penipuan tadi.

Misalnya, kamu ingin membeli produk elektronik berupa charger Handphone, lalu seller memberikan nomor whatsaap dan menawarkan percakapan dilanjutkan via Whatsapp, lebih baik abaikan saja dan cari toko lain.

4. Penipuan Shopee COD

Tidak sedikit pengguna Shopee khususnya seller yang memberikan kesan negatif saat mencoba fitur Cash On Delivery (COD) Shopee ini. Yap, tentu saja alasan utamanya karena maraknya kasus penipuan dengan sistem cod Shopee ini.

Baca Juga : Cara Belanja COD Di Shopee [Ulasan Lengkap]

Misalnya pembelian produk dengan sistem COD namun alamat pembeli tidak jelas serta nomor telepon tidak bisa dihubungi. Belum lagi kalau pembeli menolak menerima paket karena alasan yang tidak masuk akal.

Walaupun pada akhirnya paket akan dikembalikan ke penjual (retur), namun tidak sediki seller yang merasa “tertipu” karena harus menanggung resiko produk rusak atau adanya biaya tambahan ongkir tetur produk.

5. Penipuan Shopee PayLater

Pernahkah kamu telat membayar tagihan Shopee PayLater? Jika waspadai tindakan penipuan yang mengatasnamakan Shopee dengan cara meminta pembayaran segera dilakukan disertai ancaman.

Kode pembayaran ini biasanya terdiri dari beberapa digit kode acak seperti ini :

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya
Kode Tagihan Shopee PayLater

Nantinya kamu akan di arahkan untuk melakukan pembayaran via Alfamart/Indomaret terdekat. Ingat, ini adalah penipuan. Tagihan Shopee PayLater hanya dapat dibayarkan melalui aplikasi Shopee.

Tipsnya, selalu bayar tagihan Shopee PayLater-mu agar kamu terhindar dari modus penipuan Shopee PayLater ini.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee

Dilansir dari Shopee help.Shopee.co.id, berikut cara melaporkan penipuan Shopee berdasarkan ketentuan pihak Shopee :

  • Penipuan informasi dapat berupa pesan SMS, email ataupun tautan dari pihak yang mengaku sebagai Shopee.
  • Mohon diperhatikan bahwa seluruh informasi dan komunikasi dari Shopee terkait promosi, undian, maupun penanganan keluhan dan gangguan hanya akan dilakukan melalui halaman website, aplikasi, dan media komunikasi resmi Shopee.

Apa yang harus kamu lakukan apabila mengalami indikasi penipuan :

  • Jangan berikan password/OTP kepada siapapun.
  • Jangan klik tautan selain dari Shopee.co.id dan memberikan data di tautan tersebut.
  • Apabila kamu menyampaikan keluhan melalui Instagram atau media sosial lainnya, jangan ikuti arahan dari akun Instagram selain dari Instagram resmi Shopee.
  • Hubungi CS Shopee untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Jika Anda sudah terlanjur memberikan data pribadi/melakukan transfer uang, hubungi Bank untuk melakukan permintaan pemblokiran.

Jika penipuan menggunakan panggilan telepon atau melalui SMS, kamu bisa melaporkan nomor HP penipu ke provider terkait. Simak caranya pada gambar berikut :

Modus Penipuan Shopee : Ciri - Ciri & Cara Menghindarinya
Melaporkan Nomor HP Penipu Shopee

Namun sayangnya, provider yang mendukung laporan ini hanya Telkomsel, XL dan Indosat. Jika kamu menemukan nomor penipu dengan provider lain, silahkan cari cara lainnya di website resmi Shopee.

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Shopee

Bayangkan ada ribuan pengguna Shopee yang mungkin akan mengalami kasus penipuan Shopee ini. Jika kamu mengalaminya, apa yang harus kamu lakukan? Berikut beberapa tips agar terhindar dari indikasi penipuan Shopee :

  1. Jangan pernah memberikan data informasi akun Shopee kepada orang yang tidak kamu kenal. Termasuk menyebarkan Username atau nomor telepon yang kamu gunakan untuk masuk ke aplikasi Shopee.
  2. Hindari mengakses Link berbahaya seperti Link Undian Shopee yang dikirim melalui SMS atau Whatsapp. Termasuk menginstall aplikasi yang meminta nomor telepon seperti VPN, Browser dan aplikasi sejenis lainnya.
  3. Jaga kerahasian data akun Shopee-mu. Ingat, backup semua data informasi akun ke notepad. Ganti password dan PIN Shopee secara berkala.
  4. Jangan tergiur dengan harga diskon dan promo yang tidak masuk akal. Selalu bandingkan harga dengan produk sejenis.
  5. Terakhir, selalu cek ulasan dan rating penjual jika ingin berbelanja di aplikasi Shopee.

Perlu kamu ketahui, bahwa akses masuk aplikasi Shopee yang mencurigakan akan menyebabkan akun Shopee mengalami Gagal Login. Kamu akan menerima notifikasi Gagal Login Shopee.

Artinya, terdapat indikasi login berulang dengan password yang salah. Jika kamu mengalaminya, baca cara mengatasi Gagal Login Shopee ini.

Kesimpulan

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa akun Shopee-mu akan aman. Tetapi selalu antisipasi tindakan penipuan akun Shopee melalui tips diatas.

Penipuan terjadi bukan hanya karena ada Celah, tetapi karena ada Kesempatan – Admin Mahir Transaksi

Terakhir baca Panduan Komunitas Shopee untuk menghindari akun Shopee-mu dibatasi karena tindakan penipuan ini.

Baca Juga : 11+ Penyebab Produk Tidak Muncul Di Shopee Dan Cara Mengatasinya !

Sekian dulu ulasan 10 Modus Penipuan Shopee : Ciri – Ciri & Cara Menghindarinya untuk kamu pengguna Shopee. Jika kamu memiliki pertanyaan atau pengalaman terkait kasus penipuan Shopee ini, segera tanyakan melalui kolom komentar.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *