Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 7 Cara Melaporkan Penipuan Shopee Yang Terbukti Berhasil

4 min read

Cara Melaporkan Penipuan Shopee Yang Terbukti Berhasil

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengalami penipuan di Shopee? Tentu sangat “menjengkelkan” bukan? Tapi tenang, sekarang coba simak cara melaporkan penipuan Shopee ini !

Shopee merupakan marketplace terbesar dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Meski begitu, pengguna Shopee tidak bebas terhadap berbagai macam ancaman penipuan.

Modus pelaku juga berbagai macam, mulai dari perbaikan teknis, memenangkan undian berhadiah, mendapatkan bonus pulsa, dan sebagainya.

Penipu biasanya akan meminta syarat khusus yang bisa merugikan. Seperti meminta kode OTP (One Time Password) sehingga, akun Shopee dapat diretas oleh penipu tersebut.

Melaporkan Penipuan Di Shopee

Jika kamu mengalami hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara melaporkan penipuan di Shopee sehingga, penipu tidak bisa melakukan hal serupa pada orang lain.

Tak jarang pula penipu akan menggunakan situs palsu yang dibagikan melalui SMS, WhatsApp, media sosial, email, dan sebagainya.

Biasanya, tautan tersebut dikirim dengan alasan untuk mengece status pengiriman, kendala pemesanan, adanya potongan harga, dan voucher.

Situs Shopee yang palsu biasanya memakai akhiran domain yang mencurigakan. Pun, diawali menggunakan penyingkat alamat situs seperti bit.ly/statuspengirimanShopee, dan sebagainya.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee Yang Terbukti Berhasil
Contoh Penipuan Shopee

Jika kamu mendapati hal-hal tersebut, lantas apakah penipuan Shopee bisa dilaporkan? Lalu bagaimana cara pengaduan di Shopee?

Untuk membantu Kamu dalam mengatasi berbagai jenis penipuan yang mengatasnamakan Shopee, silakan simak cara membuat laporan penipuan Shopee berikut ini !

1. Cara Melaporkan Penipuan Shopee Lewat Telepon

Jika penipuan yang dialami melalui SMS, Kamu bisa langsung melaporkan pada provider supaya nomor tersebut bisa dibekukan.

Biasanya, pada SMS penipuan berisikan bahwa kamu memenangkan hadiah uang tunai sekian juta rupiah dalam rangka Big Sale 5.5 misalnya.

Melalui pesan yang dikirimkan, oknum terebut biasanya akan memberitahukan bahwa Kamu mendapatkan hadiah atau sedang ada perbaikan teknis akun yang mesti dilakukan. Kerap kali dalam isi pesan akan diberikan tautan ke situs palsu untuk mengisi data pribadi yang bisa saja disalahgunakan.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee Yang Terbukti Berhasil
Melaporkan Nomor HP Penipu Shopee

Untuk melaporkan penipuan Shopee lewat telepon melalui provider Telkomsel, maka kamu bisa mengirim SMS sebagai berikut :

  • Kirim pesan dengan format Penipuan#nomor hp penipu#kasus yang dikeluhkan.
  • Kemudian, kamu kirim ke 1166.
  • Nantinya Telkomsel akan memproses laporan kamu dan memblokir nomor penipu.

Jika nomor yang mendapatkan SMS penipuan Shopee adalah nomor XL, maka lakukan langkah berikut ini :

  • Silakan kirim pesan dengan format Lapor#nomor penipu#kasus yang dikeluhkan.
  • Kirim SMS ke 588.

Apabila kamu menggunakan nomor Indosat, maka formatnya adalah sebagai berikut :

  • Kirim pesan dengan format SMS (spasi) nomor penipu (spasi) isi SMS penipu.
  • Lalu, kirimkan ke 726.

Note : Pastikan kamu memastikan bahwa informasi seputar Shopee merupakan situs / media sosial resmi Shopee Disini.

2. Cara Melaporkan Penipuan Shopee Ke Pihak Shopee

Selain melalui provider, kamu juga bisa melaporkan penipuan mengatasnamakan Shopee ke situs resmi Shopee.

Diketahui bahwa sejak bulan November 2018, sudah tersedia Formulir yang disediakan oleh Shopee yang dapat digunakan korban penipuan untuk melaporkan kejadian tersebut.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee Yang Terbukti Berhasil
Membuat laporan via Live Chat Shopee

Namun sayangnya, Formulir pengaduan Shopee saat ini sudah ditutup dan tidak dapat digunakan lagi. Tapi tenang, kamu masih bisa membuat pengaduan penipuan Shopee untuk melaporkan penipuan undian Shopee Disini.

3. Cara Melaporkan Penipuan Shopee ke Pihak Bank

Selain melaporkan penipuan ke website resmi Shopee, kamu juga bisa melaporkannya pada bank.

Hal ini bisa dilakukan jika kamu sudah mentransfer sejumlah uang yang diminta oknum penipu ke rekeningnya. Nah, supaya uang tersebut bisa kembali lagi ke rekening kamu, silakan lakukan cara berikut ini :

  • Hubungi Pihak Bank dan sampaikan masalah yang telah kamu alami.
  • Sebutkan nomor rekening kamu serta nomor rekening penipu. Pihak Bank akan membekukan sementara rekening penipu tersebut.
  • Siapkan dokumen yang diperlukan agar uang bisa kembali, seperti surat keterangan polisi, bukti transaksi, chat WhatsApp dengan penipu, dan sebagainya.
  • Lalu pergi lah ke kantor cabang terdekat dan buat lah surat permintaan blokir rekening.

Jika data dan dokumen sudah sesuai, maka permintaan kamu akan segera diproses. Kemudian, bank akan berusaha melakukan penarikan dana yang sudah di transfer agar kembali ke rekening milik kamu.

4. Cara Melaporkan Penipuan Shopee Ke OJK

Penipuan Shopee melalui SMS memang sangat meresahkan. Untuk itu, kamu harus bertindak supaya tidak ada orang lain yang menjadi korbannya.

Salah satu caranya adalah dengan melaporkan ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah, pelaporan penipuan di Shopee ke OJK bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Screenshot nomor rekening yang terdapat ada SMS penipuan yang dikirim.
  • Kemudian laporkan pada layanan konsumen OJK ke email konsumen@ojk.go.id
  • Lalu nomor rekening tertera akan dibekukan sementara oleh OJK melalui bank.

Selain itu, OJK juga akan memblokir nomor seluler yang dipakai untuk melakukan penipuan. Dalam hal ini, OJK bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga : 10 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang [Worth It]

Selain melalui email, melaporkan penipuan ke OJK juga bisa melalui telepon. Silakan Kamu catat baik-baik nomornya dan segera laporkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan mengatasnamakan Shopee.

Berikut nomor Telepon yang dapat dihubungi : 1-500-655. Pastikan Kamu menyimpan bukti nomor rekening dan nama bank supaya dapat ditindak lanjuti oleh pihak OJK.

5. Melaporkan Penipuan Di Shopee Ke Kominfo

Cara melaporkan penipuan Shopee yang selanjutnya adalah melalui Kominfo. Kamu bisa melaporkan beberapa jenis spam penipuan baik melalui pesan atau SMS.

Alur penanganan pengaduan pelanggan yang dapat Kamu lakukan adalah :

  • Rekam percakapan atau meng-capture pesan, dan sertakan nomor pengirim pesan atau penelepon.
  • Buka lama layanan.kominfo.go.id kemudian klik menu “aduan BRTI”.
  • Isi form berupa identitas pelapor dan pilih pengaduan, dan tuliskan isi aduan. Klik “mulai chat”.
  • Kamu akan dilayani petugas Help Desk dan akan diminta memberikan bukti yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Kirimkan nomor telepon pelapor, lalu petugas akan melakukan verifikasi serta analisis percakapan.
  • Petugas akan membuat tiket laporan ke provider terkait supaya nomor diblokir.

Selain cara di atas, melaporkan penipuan Shopee ke Keminfo juga bisa melalui email. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengirim email dengan isi aduan penipuan yang disertakan bukti berupa chat, SMS, atau rekaman telepon ke aduankonten@mail.kominfo.go.id.

6. Cara Melaporkan Penipuan Shopee Ke Cekrekening.id

Penipuan di Shopee juga bisa dilakukan oleh pihak penjual online yang tidak bertanggung jawab. Selain dengan cara-cara sebelumnya, Kamu juga dapat melaporkan ke www.cekrekening.id.

Situs yang dinaungi oleh Keminfo ini akan membantu Kamu mengecek nomor rekening penjual yang memang terpercaya atau tidak.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee Yang Terbukti Berhasil
Cek Keaslian Rekening di Cekrekening.id

Agar rekening penipu Shopee di blacklist, berikut cara memasukan rekening ke daftar rekening penipu di Cekrekening.id :

  • Kunjungi situs https://cekrekening.id/.
  • Di bagian bawah pilih menu Laporkan Rekening.
  • Isi form Buat Laporan.
  • Jangan lupa lampirkan bukti berupa tangkapan layar bukti transfer maupun percakapan dengan penipu.
  • Klik Submit.
  • Verifikasi oleh tim cekrekening.

7. Cara Melaporkan Penipuan Shopee Ke Lapor.go.id

Jika cekrekening.id milik Keminfo, maka www.lapor.go.id dikelola Kementerian PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

Kamu bisa melaporkan penipuan yang dialami dengan membuat aduan di situs tersebut.

Tahapan yang perlu kamu lakukan adalah dengan menuliskan laporan, lalu pihak lapor.go.id akan memverifikasi, menindaklanjuti, lalu memberi tanggapan.

Tips Menghindari Penipuan Di Shopee

Agar penipuan Shopee lewat Whatsapp, lewat Telepon atau SMS tidak terjadi pada akun-mu, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips menghindari penipuan di Shopee berikut ini :

  • Ganti Data Akun Secara Berkala – Ganti nomor telepon, Email atau Password akun Shopee dalam jangka waktu beberapa bulan untuk meminimalisir penipu  mencoba masuk menggunakan data akun secara acak.
  • Jangan Klik Link Sembarangan – Pastikan kamu tidak klik Link penawaran atau sejenisnya baik lewat SMS atau Live Chat Shopee.
  • Jaga Kerahasiaan Data – Pastikan tidak ada orang lain yang mengetahui Password dan Nomor Telepon akun Shopee milik-mu.
  • Jangan Tergiur Undian Berhadiah – Jika kamu menerima telepon atau SMS undian dari Shopee, segera hapus atau tolak telepon tersebut.
  • Laporkan Tindakan Penipuan – Jangan lupa untuk selalu membuat laporan penipuan di Shopee untuk meminimalisir korban penipuan di kemudian hari.

Penutup

Dalam beberapa kasus, cara melaporkan penipuan mengatasnamakan Shopee juga bisa dilakukan secara langsung ke Customer Service Shopee di halaman Pusat Bantuan.

Baca Juga : 10 Jenis Penipuan Shopee & Cara Mengatasinya !

Namun yang paling penting jika kamu mengalami penipuan ShopeePay lewat telepon adalah mengganti data Login akun Shopee untuk menghindari penipu menggunakan akun untuk berbelanja menggunakan saldo ShopeePay atau Shopee PayLater kamu.

Baca Juga : 9 Cara Belanja Aman Di Shopee Agar Terhindar Dari Penipuan 

Demikian pembahasan mengenai cara melaporkan penipuan Shopee melalui berbagai platform. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kasus penipuan Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba & Stay Safe !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *