Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

√ Kenapa Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana? Ini 7 Penyebabnya !

4 min read

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana

Mahirtransaksi.com – Saldo TikTok tidak masuk ke Dana sering terjadi karena pengguna belum mengupdate versi aplikasi TikTok sehingga penarikan koin tidak bisa dilakukan.

TikTok adalah salah satu aplikasi video online yang digandrungi oleh banyak kalangan saat ini.

Hanya dengan membuat video sesuai dengan durasi yang telah ditetapkan, kamu akan mendapatkan koin atau saldo TikTok. Nantinya saldo tersebut bisa dikonversi sekaligus dicairkan ke Rekening Bank, Voucher Digital, atau E-Wallet OVO atau Dana.

Namun sering terjadi kegagalan dalam proses penarikan saldo TikTok ke akun Dana dengan penyebab yang berbeda – beda. Padahal banyak yang mengandalkan TikTok sebagai “ladang cuan” yang terbukti membayar untuk menambah uang jajan bagi pelajar.

Bahkan pada tahun ini, aplikasi TikTok semakin hype karena menyediakan fitur gift untuk kreator yang disukai TikTokers.

Selain itu, saldo TikTok juga bisa semakin berlipat ganda dengan adanya fitur TikTok Shop. Wah, sangat lengkap bukan? Itulah yang menjadi alasan mengapa TikTok sangat disukai oleh pengguna smartphone.

Saldo TikTok Tidak Bisa Masuk Ke Dana

Bagi pengguna Indonesia sendiri TikTok menyediakan opsi pencairan saldo dengan lewat Rekening Bank serta Dompet Digital seperti OVO dan DANA.

Oh ya, cara menarik saldo TikTok ke Dana sudah saya ulas secara lengkap dan dapat kamu baca Disini.

Jika saldo TikTok tidak bisa masuk ke Dana berarti ada beberapa masalah dan kendala yang harus diperhatikan seperti versi aplikasi TikTok serta kualitas jaringan yang kamu gunakan.

Namun sampai saat ini belum tersedia penjelasan resmi dari pihak TikTok mengenai alasan mengapa saldo TikTok gagal dicairkan ke akun Dana.

Penyebab Saldo TikTok Tidak Masuk ke Dana

Selain karena faktor jaringan, kamu mungkin tidak akan menemukan penyebab jika status penarikan saldo di aplikasi TikTok sudah sukses tapi saldo Dana belum bertambah.

Oleh karena itu, simak penyebab saldo TikTok tidak masuk ke Dana berikut ini :

1. Server TikTok Sedang Dalam Perbaikan

Sebagai aplikasi yang penuh dengan challenge dan segudang fitur, TikTok bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Beberapa tren yang ada pun pasti bisa dengan mudah kamu temui di TikTok.

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
Server TikTok Maintenance

Nah, oleh sebab itu pihak pengembang TikTok tentu saja senantiasa melakukan pemeliharaan dan pembaharuan server agar penggunanya semakin betah menggunakan aplikasi ini.

Dengan pengguna aktif harian mencapai angka 30 juta user, server TikTok bisa saja mengalami masalah. Jika telah melakukan proses penarikan saldo ke Dana namun saldo Dana tidak bertambah, tenang saja karena server aplikasi yang sedang diperbaiki.

2. Telah Mencapai Limit Penarikan Saldo Harian

Ketika kamu melakukan penarikan saldo lebih dari satu kali perhari biasanya akan muncul pop up peringatan yang berisi informasi “Anda Sudah Menyelesaikan Tugas Ini”.

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
Penarikan Saldo TikTok Limit

Gagal menarik saldo TikTok Lite ke Dana bisa disebabkan batas atau limit penarikan saldo sudah tercapai. Untuk pengguna TikTok Lite, kamu hanya bisa melakukan penarikan maksimal satu kali saja dalam satu hari dengan jumlah saldo yang ditarik maksimal 300 ribu rupiah.

3. Akun Dana Belum Premium

Meskipun telah menghubungkan akun Dana ke aplikasi TikTok tidak menjamin penarikan saldo akan berjalan lancar. Akun Dana yang belum berstatus premium juga dapat menjadi alasan lho di balik gagalnya proses penarikan saldo TikTok.

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
Dana Belum Upgrade

Kalau kamu sudah berusia 18 tahun ke atas dan memiliki KTP ada baiknya melakukan verifikasi akun Dana premium agar proses penarikan saldo TikTok ke Dana berhasil.

Lalu bagaimana jika proses verifikasi Dana premium gagal? Tenang, kamu masih bisa kok menarik saldo TikTok ke akun Dana lewat Bank dengan menggunakan kode rekening Virtual Account (VA).

4. Belum Update Aplikasi TikTok

Perlu kamu ketahui bahwa fitur penarikan saldo / koin TikTok hanya tersedia di aplikasi TikTok versi terbaru (update). Sebagian besar kegagalan saat menarik saldo TikTok ke Dana juga disebabkan karena versi aplikasi TikTok yang belum diperbaharui.

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
Update Aplikasi TikTok

Oleh karena itu, sebaiknya cek pembaharuan aplikasi secara berkala agar aplikasi TikTok yang kamu gunakan agar tidak terkedala dalam proses penarikan saldo.

5. Akun Dana Belum Terhubung

Saldo tiktok tidak bisa ditarik juga disebabkan akun Dana yang belum terhubung ke aplikasi tiktok kamu. Jika ingin menarik saldo, kamu bisa mendaftarkan akun Dana terlebih dahulu. 

Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana
Hubungkan TikTok Ke Dana

Perhatikan pula nama dan Nomor HP yang terdaftar untuk menghindari akun Dana yang sudah tidak digunakan / tidak aktif sehingga saldo tidak bisa masuk ke akun Dana.

Cara Mengatasi Saldo TikTok Tidak Masuk Ke Dana

Sebenarnya proses penarikan uang TikTok ke aplikasi Dana membutuhkan waktu 1- 5 hari kerja. Jika tidak ada kendala, proses penarikan saldo ini biasanya hanya membutuhkan waktu 1 – 10 menit saja.

Jika terjadi delay saat penarikan atau pasca penarikan saldo sehingga saldo TikTok tidak masuk ke akun Dana itu disebabkan karena koneksi internet atau server TikTok yang mengalami keterlambatan dalam memproses transaksi pemindahan saldo.

Baca Juga : 10 Cara Top Up Dana Pakai Pulsa Gratis [Updated]

Untuk mempercepat penarikan saldo, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti :

  • Update aplikasi TikTok ke versi terbaru.
  • Upgrade akun Dana menjadi premium terlebih dahulu jika masih menggunakan akun standar.
  • Lakukan penarikan satu kali dalam sehari.
  • Cek akun media sosial atau website resmi TikTok untuk melihat pembaharuan aplikasi / server.
  • Pastikan koneksi internet lancar.

Jika setelah melakukan beberapa tips diatas saldo TikTok belum masuk juga ke akun Dana kamu, sebaiknya hubungi Customer Service TikTok dengan membuka halaman Support TikTok.

Kapan Saldo TikTok Masuk Ke Dana?

Biasanya saldo TikTok masuk ke Dana secara otomatis dalam hitungan menit. Jika saldo belum masuk, kamu bisa menanyakan jadwal penarikan atau pengembalian saldo (refund) TikTok ke CS TikTok melalui halaman Pusat Bantuan.

Baca Juga : 9 Cara Transfer Neo Ke Dana Gratis [Updated]

Kamu tidak perlu khawatir, saldo TikTok akan tetap ditransfer ke akun Dana jika aplikasi TikTok yang kamu gunakan tidak melanggar TOS aplikasi. Pastikan akun Dana yang kamu daftarkan sesuai dengan nomor HP kamu ya.

FaQ Seputar Penarikan Saldo TikTok Ke Dana

Jika kamu masih bingung apakah saldo TikTok masuk ke Dana atau tidak, kamu bisa membaca beberapa FaQ seputar penarikan koin TikTok ke aplikasi Dana berikut ini :

Apakah saldo TikTok akan di-refund jika gagal ditarik ke Dana?

Ya, tentu saja. Jangan khawatir saldo akan hilang atau hangus karena TikTok akan mengembalikan saldo tersebut ke akun kamu dalam waktu 1 – 5 hari kerja. Tetapi kamu perlu membuat laporan gagal tarik saldo ke CS TikTok terlebih dahulu.

Bagaimana jika terjadi Error saat menarik uang TikTok ke Dana?

Jika kamu mendapatkan notifikasi error saat proses penarikan saldo, sebaiknya hentikan penarikan uang untuk beberapa saat untuk menghindari saldo gagal masuk ke akun Dana.

Kenapa saldo TikTok Lite tidak masuk ke Dana?

Saldo TikTok Lite tidak masuk ke dana dikarenakan adanya keterlambatan (delay) pemindahan saldo dari aplikasi TikTok versi Lite ke akun Dana. Silahkan tunggu hingga 5 hari kerja dan cek riwayat saldo Dana secara berkala ya.

Berapa minimal penarikan saldo TikTok ke Dana?

Hal ini tergantung dari berapa banyak saldo TikTok yang kamu miliki. Jika masih terhitung sedikit, maka biasanya jumlah minimum untuk penarikan saldo mulai dari Rp500. Tampilan halaman penarikan saldo juga bervariasi tergantung dari berapa banyak jumlah koin dan referral yang berhasil kamu kumpulkan.

Kesimpulan

Penyebab kenapa saldo TikTok tidak masuk ke Dana bervariasi mulai dari kesalahan sistem, koneksi / jaringan, versi aplikasi, hingga delay saat transfer saldo TikTok ke akun Dana.

Baca Juga : 7 Cara Mendapatkan Saldo Dana Gratis Dari Neo+

Jika kamu sabar, silahkan tunggu proses penarikan saldo 1 – 5 hari kerja sesuai dengan ketentuan di aplikasi TikTok. Namun jika kamu ingin saldo cepat masuk, silahkan lakukan beberapa tips diatas atau hubungi CS TikTok segera.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.