Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

Snapgram Adalah Instastory : Ini 10 Perbedaannya Dengan Snapchat !

Snapgram Adalah Instastory

Mahirtransaksi.com – Banyak orang yang salah mengartikan Spangram adalah gabungan antara Snapchat dan Instagram. Namun kenyataannya Snapgram adalah salah satu fitur media sosial Instagram.

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram. Media sosial yang terkenal milik Kevin Systrom yang dibangun sejak tahun 2010. Didalam Instagram ini terdapat fitur menarik, yang dimana salah satunya adalah snapgram.

Snapgram Adalah

Snapgram adalah istilah lain dari Instagram Story atau Instastory di media sosial Instagram dimana pengguna bisa mengupload foto atau video dengan durasi maksimal 15 detik yang akan bertahan selama 24 jam.

Setelah lebih dari 24 jam gambar ataupun video yang diupload tidak dapat muncul kembali atau akan hilang dengan sendirinya.

✅ Nama Fitur ⭐ Snapgram
✅ Asal Kata ⚡ Snapgram + Instagram
✅ Asal Mula Fitur  💰 Snapchat
✅ Nama Lain ⭐ SG atau Instastory
✅ Cara Buat Snapgram Klik Disini ⭐⭐⭐⭐⭐

Fitur yang dimunculkan sejak tahun 2016 ini ternyata tetap bisa memunculkan gambar ataupun video yang hilang melalui arsip cerita sehingga kamu bisa melihat serta membagikannya kembali kapan saja.

Kenapa Disebut Snapgram?

Sebagian orang pasti bertanya mengapa Instagram Story disebut dengan Snapgram, apa hubungannya? Padahal kata snapgram sebenarnya gabungan antara Snapchat dan Instagram.

Snapgram Adalah Instastory
Instagram Story

Orang – orang lebih familiar dengan kata snapgram dibanding Instagram Story yaitu karena penyebutan Instagram Story pastinya akan lebih sulit sedangkan Snapgram telah familiar diucapkan banyak orang.

Asal Mula Fitur Snapgram

Awalnya aplikasi Snapchat telah merilis sebuah fitur dimana pengguna bisa menggunakannya untuk membagikan kegiatan ataupun kenangan baik lewat foto, video serta tulisan.

Karena fitur tersebut dilihat cukup populer, Instagram ternyata berinisiatif untuk meniru fitur aplikasi Snapchat tersebut dengan nama Instagram Story.

Kevin Systrom yang merupakan CEO dari Instagram sendiri pun mengakui bahwa Instagram telah meniru fitur Snapchat tersebut.

Namun ternyata saat ini, Instastory Instagram kini lebih banyak diminati oleh orang-orang karena fiturnya yang beragam dan pastinya menarik.

Fitur – Fitur Snapgram

Penggunaan Instastory ini lebih populer bukan tanpa alasan. Tentunya fitur ini memiliki fitur – fitur unggulan yang menyebabkan fitur ini sering digunakan oleh pengguna Instagram, seperti :

1. Bisa Posting Foto Dan Video

Memposting foto dan video di Instastory bisa kamu lakukan secara langsung menggunakan kamera ataupun diupload melalui galeri.

Selain itu, kamu bisa upload video dengan durasi maksimal 15 detik serta memiliki kualitas HD seperti kualitas kamera pada umumnya.

2. Memiliki Fitur Boomerang

Boomerang adalah fitur di aplikasi Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek yang berulang-ulang (looping).

Fitur ini membuat video yang dibuat menjadi seperti boomerang, dimana video itu memutar mundur dan kembali lagi ke posisi awal.

Boomerang dapat digunakan untuk menciptakan video yang menarik dan menyenangkan yang dapat dibagikan dengan followers kamu di Instagram.

3. Tersedia Ratusan Filter Gratis

Selanjutnya ada fitur filter yang akan membuat foto atau video yang kamu posting lebih menarik. Filter dibuat dengan berbagai macam jenis dan bentuk yang telah dibuat oleh para creator.

Terdiri dari filter kartun, aesthetic, bahkan sampai filter muka lucu pun juga tersedia. Dan juga pastinya akan membantu kamu mengurangi rasa insecure saat mengupload foto atau video.

4. Tersedia Games Pertanyaan

Nah bagi kamu yang sedang gabut bisa mencoba fitur yang satu ini. Fitur ini memang masih tergolong kedalam filter namun konsepnya saja yang berbeda.

Kamu bisa menjawab pertanyaan, menirukan bentuk hewan, menebak gambar ratusan game menarik lainnya yang dapat mengundang pengguna lain untuk berinteraksi langsung dengan akun IG kamu.

5. Tag Akun IG Lain

Jika kamu memposting Snapgram bersama teman-teman tentu saja tidak asing lagi dengan kalimat, “Tag ke aku dong” atau “Jangan lupa Tag ya”.

Kamu hanya perlu membuat icon @ lalu masukkan nama pengguna Instagram teman kamu maka secara otomatis akun IG tema kamu akan tertaut sehingga dapat dilihat lewat notifikasi maupun DM.

6. Repost IG Story

Jika kamu berhasil menandai teman-teman di Snapgram kamu maka otomatis Snapgram tersebut akan muncul didalam Direct Message teman kamu.

Snapgram Adalah Instastory
Repost IG Stories

Nah postingan tersebut bisa di kirim ulang kembali oleh orang yang telah di Tag dan di jadikan sebagai Instastory mereka secara langsung..

7. Tambahkan Stiker Dan Gift

Jika ada sesuatu bagian di dalam postingan kamu yang tidak ingin kamu tampilkan namun kamu sedikit malas untuk mengedit nya, kamu bisa menggunakan stiker untuk menutupi bagian tersebut.

Dan juga stiker bisa kamu gunakan sebagai aksesoris dari foto atau video yang kamu posting di Instagram Story.

Fitur Tersembunyi Snapgram

Fitur Snapgram secara umum masih banyak lagi. Namun ada sebagain fitur  tersembunyi yang hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Berikut beberapa fitur tersebunyi snapgram :

1. Bagikan Story Ke Orang Terdekat

Dengan fitur ini, kamu bisa memilih orang yang ingin kamu kecualikan dibagian pengaturan, dengan cara :

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Lalu masuk ke menu profil.
  • Setelah itu klik icon garis tiga dikanan atas.
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi silahkan pilih Pengaturan dibagian paling atas.
  • Setelah itu pilih menu privasi kemudian klik Cerita.
  • Dan kemudian kamu bisa mencari akun yang tidak ingin kamu izinkan untuk melihat story kamu.

2. Menambah Musik Di Snapgram

Fitur musik juga baru baru ini menjadi trending topik di fitur snapgram. Karena tentunya akan lebih asik dimana sebuah foto, tulisan bahkan video ditambahkan musik agar lebih terkesan menarik.

Caranya :

  • Buka aplikasi instagram yang ada dihandphone kamu.
  • Kemudian pilih Cerita kamu yang ada di sudut kiri atas pads tampilan beranda Instagram .
  • Pilih foto, video atau tulisan yang ingin kamu jadikan Snapgram.
  • Lalu pilih icon wajah kotak yang ada di bagian atas.
  • Akan muncul beberapa pilihan, pilih Music.
  • Silahkan cari music yang ingin kamu tambahkan.
  • Lalu setelah itu kamu bisa membagikan cerita kamu.

3. Lihat Story Yang Telah Hilang

Seperti yang diketauhi bahwa Snapgram hanya dapat dilihat selama 24 jam dan lebih dari itu story akan hilang dengan sendirinya.

Tapi tentu saja tidak hilang secara permanen, kamu masih bisa melihatnya diarsip akun kamu serta bisa membagikannya kembali ke Snapgram kamu.

Caranya :

  • Pada menu profil di Instagram kamu, silahkan klik icon garis 3 disudut kanan atas.
  • Pada pilihan yang tersedia klik arsip.
  • Kemudian story yang telah kamu buat sebelum-sebelumnya bisa kamu jangkau kembali.

Kekurangan Snapgram

Dari banyaknya kelebihan dari fitur-fitur yang terdapat di Snapgram, tentu saja ada kekurangan didalamnya.

Berikut beberapa kekurangan Snapgram yang perlu kamu ketahui :

1. Durasi Story Yang Terbatas

Lama durasi postingan tidak sampai 1 menit, hal tersebut akan sedikit mengganggu bagi yang sedang menjalankan promosi karena video akan terpotong-potong sehingga deskripsi barang jadi sulit dipahami.

2. Story Hanya Bertahan 24 Jam

Postingan story di IG hanya bertahan dalam 24 jam. Jika lebih dari itu kamu tidak lagi bisa melihat Snapgram orang tersebut.

Namun kamu bisa memilih opsi posting di Feed agar postingan tidak hilang selama kamu tidak menghapus postingan tersebut.

Perbedaan Snapgram Dan Instastory

Sebenarnya mereka hanya berbeda dalam hal penyebutan bagi beberapa orang. Dikarenakan ada yang telah familiar dengan sebutan Snapgram namun jika belum pernah menggunakan aplikasi Snapchat pasti akan menyebutnya Instastory.

Baca Juga : 11 Aplikasi Cek Yang Unfollow Instagram Yang Aman Tahun Ini

Snapgram dan Instastory tidak memiliki perbedaan karena konsepnya tetap sama yaiti fitur dari aplikasi Instagram yang telah mengikuti fitur Snapchat.

Cara Membuat Snapgram Di Instagram

Langkah – langkah membuat Snapgram di Instagram adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke aplikasi Instagram, pastikan kamu telah memiliki akun.
  • Pilih Cerita kamu yang ada disudut kiri atas.
  • Silahkan masukkan foto, video ataupun tulisan yang ingin kamu jadikan story.
  • Kemudian akan ada pilihan fitur-fitur menarik yang bisa kamu tambahkan.
  • Jika kamu tidak ingin kamu bisa melewatinya dan langsung bisa membagikannya.

Tips Menggunakan Snapgram Di Instagram

Berikut beberapa tips menggunakan fitur Snapgram di Instagram :

  • Padukan Warna Dan Font : Gunakan warna dan font yang menarik dan sesuai dengan brand kamu untuk membuat Instagram Stories yang menarik perhatian pengguna lain.
  • Posting Foto / Video Kualitas HD : Pastikan bahwa konten yang kamu bagikan di Instagram Stories adalah konten berkualitas HD.
  • Gunakan Efek Dan Stiker : Tujuannya untuk mempercantik konten Instagram Stories sehingga lebih menarik untuk dilihat.
  • Gunakan Hashtag : Pakai hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas konten kamu di Instagram.

Baca Juga : 10+ Cara Dapat 1000 Followers Instagram Gratis Indonesia Tanpa Login

Dengan mengikuti tips ini, kamu akan dapat membuat Snapgram yang efektif dan menarik perhatian pengguna lain. Itulah penjelasan singkat mengenai fitur Snapgram di Instagram.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.