Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

11 Penyebab Sudah Bayar Listrik Tapi Belum Menyala

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala

Mahirtransaksi.com Sudah bayar listrik tapi belum menyala memang terkadang membuat jengkel. Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa listrik belum menyala padahal sudah dibayar.

Listrik adalah aliran elektron dari atom ke atom lainnya ke sebuah penghantar atau pada suatu energi yang bisa berpengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Kehidupan sehari-hari manusia memang tidak bisa jauh dari listrik. Listrik sangat penting untuk manusia karena segala aktivitas manusia bisa bergantung oleh listrik.

Listrik merupakan sumber energi yang dibutuhkan manusia pada masa modern saat ini. Pada masa sekarang banyak alat-alat yang harus terhubung dengan listrik agar dapat menyala.

Alat tersebut seperti kulkas, mesin cuci, televisi, radio, ponsel, dan juga komputer. Alat ini juga sangat berpengaruh untuk mendukung aktivitas kehidupan manusia.

Jenis Tagihan Listrik

Ada dua pilihan jenis listrik yang bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar.

Sebelumnya masyarakat banyak menggunakan listrik pascabayar namun, sekarang sudah ada yang beralih menggunakan listrik prabayar.

Banyak masyarakat yang tetap bertahan menggunakan listrik pascabayar dengan berbagai alasan seperti bingung dengan sistem prabayar dan tidak mau mengeluarkan biaya penggantian alat.

1. Listrik Prabayar

Listrik prabayar merupakan listrik yang bayarnya pada awal sebelum memakainya yaitu dengan pulsa.

Alat meteran listrik tidak berbentuk analog lagi tetapi berbentuk digital yang berguna untuk memasukan token listrik. Sistem yang dipakainya sama seperti saat membeli pulsa telepon genggam, hal ini pasti sangat memudahkan kamu.

Listrik prabayar mempunyai kelebihan misalnya tidak terkena biaya tambahan jika terlambat, dapat mengontrol pemakaian listrik setiap hari, dan tempat pembelian pulsa listrik pun banyak tersebar dimana-mana.

Tidak hanya mempunyai kelebihan listrik prabayar juga memiliki kekurangan seperti meteran lebih mudah rusak karena sensitif, listrik akan habis secara tidak terduga sehingga dapat merepotkan kamu, dan sering terjadi masalah saat mengisi pulsa listrik.

2. Listrik Pascabayar

Sedangkan listrik pascabayar merupakan listrik yang pembayarannya berada pada akhir bulan yaitu setelah kamu memakainya.

Meterannya pun masih menggunakan analog untuk menunjukan besaran daya yang telah digunakan. Pembayarannya dapat melalui loket pembayaran atau bank.

Kelebihan jika menggunakan listrik pascabayar ini yaitu listrik tetap tersedia hingga waktu akhir bulan dan kamu tidak perlu repot melakukan pembayaran tagihan listrik saat sewaktu-waktu habis.

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan begitu juga pada listrik pascabayar ini. Kekurangannya yaitu pemakaian bisa saja melampaui batas dan kamu akan mendapat denda jika telat membayar listrik.

Sudah Bayar Listrik Tapi Belum Menyala

Listrik yang mati pasti membuat resah bagi kamu yang sangat membutuhkannya. Jika listrik belum menyala walaupun sudah dibayar dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut beberapa penyebab kenapa sudah bayar listrik tapi belum menyala :

1. Nomor Token Listrik Salah

Penyebab listrik belum menyala padahal sudah membayar selanjutnya yaitu memasukan token yang salah.

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala
Stroom / Token Listrik

Untuk yang menggunakan listrik pulsa, hal ini bisa saja terjadi jika kamu tidak teliti saat memasukan token pulsa listrik. Jika ingin hal itu tidak terjadi pastikan kamu teliti saat memasukan nomor token.

2. Pemasangan Instalasi Kurang Baik

Penyebab sudah bayar listrik tapi belum menyala yang pertama yaitu jaringan instalasi listrik yang jelek atau kurang baik. Seharusnya jaringan instalasi listrik pada rumah dilakukan oleh ahlinya atau PLN.

Kebanyakan mereka memilih orang sembarangan untuk memasang instalasi listrik di rumah.

Jaringan instalasi listrik yang tidak sesuai akan mengakibatkan berbagai masalah seperti kerusakan pada meteran atau korsleting. Pastikan jangan memilih orang sembarangan untuk memasang instalasi listrik jika tidak mau hal itu terjadi.

3. Jalur Instalasi Rusak

Jika rumah kamu menggunakan kabel serabut sebagai jalur instalasi akan rentan oleh gigitan tikus.

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala
Instalasi Listrik

Listrik akan mati jika terjadi kerusakan pada jalur instalasi. Maka kamu harus cek pada kabel yang digigit tadi kemudian sambungkanlah.

4. Putusnya Fuse Box Listrik

Penyebab sudah bayar listrik tapi belum menyala selanjutnya adalah putusnya fuse box. Pada instalasi listrik model lama, kamu akan menemui fuse box atau sering disebut dengan sekering.

Jika listrik rumah overload akan menyebabkan fuse box rusak sehingga listrik padam. Segera hubungi petugas PLN untuk mengganti kabel fuse box jika hal ini terjadi.

5. Meteran Listrik Tidak Tersambung Ke MCB

Jika kwh terputus dengan MCB listrik dirumah kamu akan mati dengan MCB yang menyala. Bisa juga karena sambungan tersebut terbakar.

Sudah Bayar Listrik Tapi Masih Belum Menyala
MCB Listrik

Hal itu disebabkan karena pemasangan instalasi tidak baik. Segera hubungi petugas PLN jika hal itu terjadi.

6. Kabel Twist Terputus

Kabel twist merupakan kabel penghubung dari rumah ke tiang listrik. Jika pemasangan tidak benar dan kuat maka listrik tidak akan menyala walaupun kamu sudah membayarnya.

Jika hal ini terjadi kamu harus segera menghubungi petugas PLN agar segera mendapatkan bantuan.

Manfaat Listrik Bagi Rumah Tangga

Dalam kehidupan manusia, banyak sekali manfaat listrik yang menunjang kegiatan sehari – hari dalam beraktivitas, seperti berikut :

1. Untuk Memasak

Saat ini banyak alat rumah tangga yang beralih dari cara tradisional menjadi cara modern, alat tersebut seperti blender, rice cooker, kulkas, dan masih banyak lagi.

Alat ini sangat memudahkan bagi kita untuk menyelesaikan pekerjaan rumah karena menggunakan daya listrik.

2. Alat Penerangan

Manfaat listrik yang kedua yaitu sebagai alat penerangan dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya.

Alat penerangan sangat membantu kita dalam beraktivitas pada malam hari baik untuk belajar, bepergian, ataupun kegiatan yang lainnya. Bayangkan jika tidak ada listrik, pasti dunia akan gelap gulita.

3. Sebagai Pendukung Industri

Dunia industri pada saat ini telah menggunakan robot untuk membantu pekerjaan manusia. Hal ini bertujuan agar mempercepat dan mempermudah kegiatan produksi yang berlangsung.

Banyak contoh robot yang digunakan untuk membantu kegiatan industri seperti dalam packing dan perakitan barang. Itu semua sangat membutuhkan listrik untuk sumber daya robot tersebut.

4. Tenaga Kendaraan

Pada masa ini banyak yang sedang mencari sumber energi terbarukan agar tidak bergantung dengan energi fosil.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah energi listrik dengan energi gerak untuk kendaraan listrik.

Selain itu, kendaraan dengan energi listrik juga tidak menghasilkan gas yang berbahaya. Kendaraan listrik akan menghasilkan air untuk proses gas yang dibuangnya.

5. Pengisi Daya

Saat ini banyak aktivitas manusia yang bergantung dengan listrik. Manusia sering menggunakan ponsel, laptop, maupun tablet setiap hari untuk mendukung aktivitasnya.

Semua alat itu membutuhkan energi listrik untuk mengisi daya agar dapat digunakan lagi.

Baca Juga : 8 Cara Beli Token Listrik Di BRImo [Cetak Struk Pembelian]

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang penyebab dan solusi mengatasi masalah sudah bayar listrik tapi belum menyala juga.

Jika hal ini terjadi jangan ragu untuk segera menghubungi petugas PLN untuk menanyakan penyebab pasti kenapa listrik belum juga menyala.

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.