Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13+ Cara Beli Token Listrik Di BRImo Sekaligus Cetak Struk

Cara Beli Token Listrik Di BRImo

Mahirtransaksi.com – Pembelian token listrik di aplikasi BRI Mobile Banking dapat dilakukan 24 jam tanpa jam offline tidak seperti aplikasi PPOB pada umumnya. Berikut cara beli token listrik di BRImo lengkap beserta cara cetak struk pembeliannya.

Tahukah kamu, saat ini hampir semua meteran rumah sudah menggunakan Token sebagai media pengisian pulsa listrik. Ada dua jenis pelanggan PLN yang menggunakan pembayaran dengan metode prabayar atau pascabayar.

Jika menggunakan metode Prabayar maka pelanggan harus menggunakan meteran listrik yang disertai dengan Stroom Token, dimana jika stroom telah habis maka pengguna harus mengisi ulang token listrik agar listrik menyala kembali.

Apa Itu Token Listrik?

Token listrik adalah 20 digit angka yang dimasukkan ke meteran untuk menambah jumlah energi listrik (kWH).

Token listrik menjadi salah satu bentuk pembayaran listrik prabayar yang dapat kamu gunakan untuk membeli kredit listrik sebelum menggunakannya. Token listrik biasanya dijual oleh PLN atau agen-agen resmi PLN.

Setiap token listrik memiliki kode unik yang digunakan untuk memasukkan kredit listrik ke dalam meteran prabayar.

Kamu dapat memasukkan kode token listrik ke dalam meteran prabayar secara manual atau menggunakan perangkat pembaca token listrik yang tersedia di pasaran.

Biasanya kode pembayaran token listrik untuk setiap rumah berbeda – beda dan dapat kamu lihat di alat Meter Prabayar (MPB) token listrik.

Pengisian token listrik sekarang kebanyakan sudah dilakukan lewat aplikasi PPOB (Payment Point Online Banking) yang tersedia di Playstore atau AppStore.

Bisakah Melakukan Pembelian Token Listrik Di BRImo?

Selain lewat aplikasi PPOB, kamu juga bisa membeli token listrik lewat aplikasi perbankan dan keuangan. Salah satunya aplikasi BRImo.

BRImo atau BRI Mobile Banking adalah aplikasi perbankan dan keungan resmi milik PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Aplikasi memiliki fitur yang hampir sama seperti mesin ATM (Automatic Teller Machine).

Cara beli token listrik di BRI Mobile atau BRImo yaitu memilih menu “Listrik” dengan memasukkan Nomor Meter. Setelah itu kamu tinggal menentukan Nominal Token listrik yang akan kamu beli.

Pembelian token listrik di aplikasi BRImo hanya akan dikenakan biaya admin Rp3.000 rupiah yang nantinya akan di tambahkan ke total tagihan yang harus dibayar.

Cara Beli Token Listrik Di BRImo

Sebelum membeli token listrik di BRImo, sebaiknya perhatikan beberapa syarat berikut ini :

  • Cek Nomor Token – Pastikan kamu memiliki Nomor Token listrik. Biasanya di setiap pembelian, akan muncul nama pemilik sesuai dengan kode token yang di daftarkan.
  • Pastikan Saldo BRI Cukup – Pastikan kamu memiliki setidaknya Rp50.000 rupiah di BRImo. Ingat, pembelian token listrik di BRI Mobile akan dikenakan biaya admin. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki saldo : Total tagihan token + Biaya admin Rp1.500 rupiah.

Secara ringkas, cara membeli Token Listrik Prabayar di BRImo adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi BRImo di HP kamu dan masuk ke akun BRImo milikmu.
  • Pada menu utama, pilih Beli lalu klik Tagihan Listrik kemudian pilih Token Listrik.
  • Pilih jenis meteran listrik, misalnya prabayar atau pasca bayar.
  • Masukkan nomor meteran listrik dan nominal token listrik yang ingin kamu beli.
  • Pastikan data yang kamu masukkan benar dan sesuai dengan meteran listrik dirumahmu.
  • Konfirmasi pembelian token listrik dengan memasukkan PIN BRImo.
  • Setelah pembayaran berhasil, kode token listrik akan ditampilkan di layar aplikasi BRImo.
  • Masukkan kode token listrik ke dalam meteran listrik sesuai dengan petunjuk yang tertera pada meteran atau panduan yang diberikan oleh PLN.
  • Token listrik yang kamu beli akan terisi ke dalam meteran listrik dan dapat digunakan untuk mengaliri listrik di rumah atau tempat kamu tinggal.

Jika sudah kamu sudah memastikan kedua syarat diatas sudah terpenuhi, selanjutnya simak cara beli token listrik di BRImo terbaru berikut ini :

1. Buka Aplikasi BRImo

Pertama buka aplikasi BRImo yang sudah terinstall di ponsel kamu. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi BRI Mobile Banking di Playstore atau Appstore.

Selain itu, pastikan pula kamu sudah aktivasi BRImo yang terdiri atas aktivasi Akun, Nomor HP dan m-Token.

2. Login Ke Akun BRImo

Setelah aplikasi terbuka, selanjunya login ke akun BRImo menggunakan username dan password akun yang telah terdaftar.

Cara Beli Token Listrik Di BRImo
Login Ke Akun BRImo

Pastikan kamu tidak salah memasukkan username atau password sebanyak tiga kali agar akun-mu tidak terblokir.

Jika akun BRImo terblokir, segera atasi tanpa harus ke Bank dengan mengganti password akun. Baca panduannya Disini.

3. Pilih Menu Tagihan Listrik

Setelah berhasil masuk, selanjutnya pilih menu Listrik. Pada halaman ini, kamu dapat memilih riwayat pembelian sebelumnya tanpa harus memasukkan kode token.

Cara Beli Token Listrik Di BRImo
Pilih Tagihan Listrik

Jika baru pertama kali membeli token listrik lewat BRImo, silahkan klik Tambah Daftar Baru.

4. Pilih Produk Lalu Input ID Pelanggan

Selanjutnya pilih jenis produk Token Listrik kemudian masukkan 11 ID pelanggan sesuai dengan nomor meter yang kamu gunakan saat ini lalu klik Lanjutkan.

Cara Beli Token Listrik Di BRImo
Masukkan ID Pelanggan Dan Nominal Token

Tips : Jika kamu lupa kode token, silahkan klik icon Barcode di ID Pelanggan lalu scan Barcode yang terdapat di MPB / sekring listrik rumah-mu.

5. Konfirmasi Pembelian

Silahkan cek kembali Nama Pelanggan yang muncul sesuai dengan kode token yang kamu masukkan serta nominal token yang akan kamu beli.

Jika sudah benar, silahkan klik Beli untuk memproses pembayaran.

6. Masukkan PIN BRImo

Cara Beli Token Listrik Di BRImo
Masukkan PIN BRImo

Terakhir, masukkan 6 digit kode PIN (Personal Identification Number) akun BRImo. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai struk pembelian token muncul.

7. Pembelian Token Listrik Sukses

Setelah beberapa menit, akan muncul struk pembelian sukses yang berisi 20 digit angka kode token listrik.

Cara Beli Token Listrik Di BRImo
Pembelian Token Listrik Berhasil

Simpan / screenshot halaman ini. Kamu juga bisa melihat halaman ini kembali pada menu Mutasi atau Aktivitas.

8. Input Kode Token Ke Sekring Listrik

Untuk menghindari kode disalahgunakan oleh orang lain, sebaiknya segera input kode token ke Meteran Listrik dengan menekan 20 digit angka pada struk lalu klik Enter (biasanya tombol berwarna biru).

Setelah di input, akan muncul tulisan Benar dan jumlah kWH di meteran listrik akan bertambah sesuai dengan nominal token yang kamu beli.

Cara Cetak Struk Token Listrik Di BRImo

Jika kamu menjual jasa pengisian token listrik lewat aplikasi BRImo, tentunya kamu harus mencetak struk pembelian yang berisi kode token pelanggan.

Tidak perlu khawatir, BRImo juga menyediakan fitur cetak struk token listrik. Kamu bisa mengirim struk token ini ke Whatsapp atau email lalu mencetaknya lewat printer mini atau printer digital.

Berikut cara cetak token listrik di aplikasi BRImo :

Cara Beli Token Listrik Di BRImo
Cetak Struk Token Listrik
  • Buka aplikasi BRImo > Login akun menggunakan Username dan Password.
  • Pilih menu Aktivitas lalu pilih transaksi pembelian Token Listrik yang ingin dicetak.
  • Klik icon Share disudut kanan atas.
  • Kirim struk ke Whatsapp atau e-mail.
  • Download struk lalu cetak menggunakan Printer.

FaQ Seputar Pembayaran Listrik Di BRImo

Untuk melengkapi ulasan diatas, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar cara beli token listrik lewat BRImo yang wajib kamu ketahui :

Berapa Harga Token Listrik di BRImo?

Harga token listrik di BRImo (aplikasi mobile banking BRI) bervariasi tergantung pada nominal yang dibeli dan juga jenis meteran listrik yang dimiliki.

Harga token listrik pada umumnya disesuaikan dengan tarif listrik yang ditetapkan oleh PLN dan dapat berbeda-beda di setiap daerah.

Harga token listrik di BRImo terdiri atas 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu, 500 ribu, 1 juta, 5 juta hingga 10 juta rupiah. Biaya admin untuk pembelian token listrik di BRImo adalah 3 ribu rupiah untuk semua nominal pembelian.

Bagaimana Jika Token Listrik Tidak Masuk?

Jika setelah memasukkan kode token listrik ke dalam meteran listrik dan tidak terisi dengan benar, berikut beberapa cara mengatasinya :

  • Periksa kembali apakah kode token listrik yang dimasukkan sudah benar dengan memastikan tidak ada kesalahan dalam memasukkan kode token, seperti salah mengetik angka atau huruf.
  • Pastikan juga bahwa meteran listrik dalam keadaan baik dan tidak mengalami kerusakan.
  • Cek apakah masih ada sisa kredit listrik di meteran listrik. Jika masih ada, coba gunakan kredit tersebut terlebih dahulu sebelum memasukkan token listrik baru.

Jika setelah memasukkan kode token listrik, listrik masih belum terisi dengan benar, segera hubungi call center PLN di nomor 123 atau datang ke kantor PLN terdekat untuk meminta bantuan teknisi.

Jika terjadi kendala beli token listrik di BRImo, kamu bisa mengatasinya dengan menghubungi CS BRI lewat Telepon : 14017 / 1500017 atau lewat e-mail : callbri@bri.co.id.

Apakah Pembelian Token Listrik Di BRImo Bisa Dibatalkan?

Pembelian token listrik di BRImo masih bisa dibatalkan jika belum memasukkan PIN BRI Mobile. Tetapi setelah memasukkan PIN, transaksi otomatis akan diproses dan tidak dapat dibatalkan kembali.

Setelah kamu melakukan pembelian token listrik di BRImo (mobile banking BRI), pembelian tersebut tidak dapat dibatalkan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian token listrik, pastikan untuk memeriksa kembali nomor meteran listrik dan nominal token listrik yang ingin dibeli agar tidak terjadi kesalahan.

Namun, jika terjadi kesalahan dalam memasukkan nomor meteran listrik atau nominal token listrik, kamu masih dapat menghubungi call center PLN di nomor 123 atau datang ke kantor PLN terdekat untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Tips Membeli Token Listrik Lewat BRImo

Cara membeli token listrik lewat BRImo yaitu dengan memilih Produk Token Listrik kemudian masukkan Nomor ID Pelanggan serta Nominal kWH yang akan dibeli lalu input Kode Token pada Meteran Listrik.

Berikut beberapa tips membeli token listrik lewat BRImo yang perlu kamu ketahui :

  • Pastikan nomor meteran listrik dan nominal token listrik yang ingin dibeli sudah benar sebelum melakukan pembayaran.
  • Periksa ketersediaan saldo di rekening BRImo sebelum melakukan pembelian token listrik.
  • Pilih nominal token listrik yang sesuai dengan kebutuhan konsumsi listrik di rumah mu.
  • Pastikan jaringan internet atau sinyal ponsel dalam kondisi baik dan stabil saat melakukan pembelian token listrik.

Baca Juga : 11 Cara Beli Pulsa Lewat BRImo Yang Mudah Dan Praktis

  • Lakukan pembelian token listrik di tempat yang aman dan terhindar dari penipuan.
  • Simpan bukti pembelian token listrik untuk keperluan dokumentasi atau jika terjadi masalah saat proses pembelian.
  • Jika mengalami masalah saat pembelian, segera hubungi call center PLN di nomor 123 atau datang ke kantor PLN terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Pastikan kamu cek kembali nomor ID pelanggan telah sesuai sebelum memasukkan PIN karena Strom token akan otomatis muncul setelah pembayaran sukses dan hanya bisa dimasukan ke Meteran terdaftar sesuai dengan ID Pelanggan.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.