Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tidak Bisa Input Resi Di Shopee, Ini Solusinya [99% Berhasil]

3 min read

Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Dalam berjualan online, Resi sangat penting untuk mengetahui posisi paket ketika proses pengiriman pesanan. Resi harus di input manual atau otomatis oleh seller di Halaman Seller Centre Shopee sesudah paket di Pickup. Tetapi, kendala tidak bisa input resi di Shopee sering dialami oleh seller. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka simak cara mengatasi resi tidak bisa di input berikut ini !

Salah satu proses yang perlu diperhatikan dalam berjualan secara online adalah proses pengiriman. Saat ini telah tersedia berbagai jenis jasa pengiriman yang tersedia di Shopee seperti JNE, J&T Express, Ninja Express, Shopee Express, TIKI dan Pos Indonesia.

Semua jasa pengiriman diharuskan memberikan resi sebagai bukti pelacakan pengiriman produk. Artinya setiap resi memiliki kode unik yang berisi informasi paket pesanan, lokasi serta waktu realtime dimana paket tersebut berada.

Apa Itu Resi?

Resi adalah nomor yang didapatkan dari jasa pengiriman barang ketika barang tersebut masuk untuk proses kirim. Setiap pengiriman memiliki nomor yang unik, berbeda satu dengan lainnya. Sebagai contoh nomor pengiriman resi adalah sebagai berikut :

Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee
Contoh Nomor Resi

Resi ini dapat dilacak secara langsung oleh pembeli melalui website resmi masing – masing jasa pengiriman. Selain itu, buyer juga bisa melacak resi melalui website khusus pelacakan resi seperti cekresi.com dan beberapa website cek resi lainnya.

Mengapa Resi Tidak Bisa Di Input Di Shopee?

Terkadang ada masalah kesulitan saat melakukan penginputan resi di aplikasi Shopee, padahal produk sudah terlanjur dikirim. Mengapa bisa terjadi?

Kasus ini sering dialami para penjual di marketplace manapun, ditandai dengan munculnya pesan “input error” atau “resi gagal”. Akibatnya penjual bisa menderita kerugian karena produk telah sampai namun status menunjukkan bahwa barang masih “perlu dikirim”.

Skenario yang paling sering terjadi adalah keterlambatan melakukan penginputan. Sebagai contoh apabila si penjual mengirimkan produk jam 3 sore, namun penginputan resi dilakukan keesokan harinya.

Mengapa Resi Gagal Di input?

Sistem perlu membaca riwayat perjalanan kiriman paket dari mulai awal sampai akhir tujuan. Jika resi terlambat dimasukkan tentu akan terjadi ketidak-lengkapan data yang masuk ke sistem. Ini sebenarnya termasuk proteksi yang dibuat agar tidak terjadi pengiriman fiktif.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee
Riwayat Pengiriman Paket Shopee

Dengan memasukkan nomor resi artinya kamu mengirimkan sinyal kepada pembeli bahwa pesanan telah dikirim. Status pesanan akan berpindah dari status “sedang dikemas” menjadi “sedang dikirim”

Baca Juga : 7 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Disamping itu Shopee ingin memberikan kemudahan kepada para pembelinya. Dengan masuknya data ke sistem mulai dari awal sampai akhir perjalanan tentu sangat membantu pembeli dalam memantau keberadaan paket tersebut.

Penyebab Resi Shopee Gagal Di Input

Ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab kegagalan input resi, diantaranya :

#1. Faktor Teknis

Faktor teknis ini meliputi kesalahan server Shopee maupun server jasa pengiriman. Selain itu faktor koneksi juga menentukan keberhasilan saat menginput resi pengiriman. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Server bermasalah – Jika ini terjadi, cobalah untuk melakukan penginputan resi dalam 1 atau 2 jam kedepan, dengan harapan server sudah normal kembali.
  • Koneksi internet menuju Server bermasalah – Harap periksa koneksi internet/wifi, kemungkinan ada gangguan yang terjadi dari provider internet kamu. Atau bisa juga kamu sedang kehabisan paket internet.
  • Gangguan dari pihak kurir – Adakalanya jasa kirimnya yang mengalami gangguan server, sehingga ketidaksinkronan data antara penyedia jasa kurir dengan marketplace Shopee. Jika ini terjadi coba melakukan penginputan resi dalam 1 atau 2 jam kedepan.

#2. Kesalahan Penjual

Kesalahan penjual ini sering terjadi akibat kurangnya ketelitian saat menginput resi. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Nomor resi sudah pernah digunakan sebelumnya untuk pesanan lain. Cross-check kembali barang-barang yang dikirim apakah ada kesalahan kirim.
  • Memasukkan nomor resi yang tidak sesuai (misalnya kurang digit atau salah ketik). Periksa kembali nomor yang dimasukkan.
  • Keterlambatan pengiriman barang sehingga di reject oleh sistem Shopee

Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Shopee

Satu – satunya cara yang dapat kamu lakukan mengatasi masalah gagal saat menginput resi Shopee adalah dengan menghubungi Customer Service Shopee melalui email maupun aplikasi Shopee. Berikut langkah – langkahnya :

1. Hubungi CS Melalui email

Untuk menghubungi Shopee via email. Pastikan email yang kamu gunakan adalah email yang terkait ke akun Shopee. Hal ini untuk memudahkan Shopee melakukan verifikasi toko saat komplain via Email. 

  • Menghubungi CS via e-mail yang telah disediakan pada https://seller.Shopee.co.id/edu/form
  • Perlu diingat sebelum memasukkan e-mail, kamu harus memberikan informasi dengan jelas : No. Pengiriman, No. Resi dan Foto Resi Produk tersebut
  • Berikan alasan mengapa tidak dapat di input, misalnya dikarenakan “server error” dan sebagainya.
Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee
Hubungi CS Shopee Lewat Email
  • Silahkan tunggu sampai mendapat balasan, biasanya dibalas dalam 1 atau 2 jam, perhatikan notifikasi dan email kamu.

2. Hubungi CS Melalui aplikasi

Berikut langkah – langkah menghubungi CS Shopee melalui aplikasi :

Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee
Hubungi CS Shopee Lewat Aplikasi
  • Buka aplikasi Shopee, lalu klik di sebelah kiri atas Toko Saya.
  • Kemudian pilih Chat dengan Shopee.
  • Untuk aplikasi Shopee terbaru sudah dilengkapi dengan layanan penjawab, silahkan ketik saja “Gagal input resi”. Nantinya akan muncul pertanyaan lanjutan, kemudian silahkan masukkan informasi dengan jelas : No. Pengiriman, No. Resi dan Foto Resi Produk tersebut
  • Berikan alasan mengapa tidak dapat di input, misalnya dikarenakan “server error” dsb.
  • Terakhir tunggu balasan dari CS Shopee. Pastikan kamu memberikan penjelasan secara rinci agar Shopee dapat membantu menyelesaikan kendala kamu dengan mudah.

Cara Input Resi Shopee Yang Benar

Kamu dapat memasukkan nomor resi melalui beberapa cara sebagai berikut :

  • Scan Resi Shopee Melalui Ponsel – Setelah scan, silahkan cek dan pastikan bahwa nomor resi sudah sesuai dengan resi fisik. Untuk beberapa resi dengan barcode yang kurang sensitif, dianjurkan untuk melakukan scan ulang di tempat yang terang agar mendapatkan hasil yang optimal.
  • Masukkan Nomor resi secara manual ke aplikasi Shopee di ponsel – Kamu juga dapat memasukkan nomor resi tersebut secara manual dengan mengetik langsung ke dalam aplikasi. Kunjungi tab “Perlu Dikirim”, lalu tekan “Atur Pengiriman”.
Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee
Input Resi
  • Masukkan no. resi di Shopee Seller Centre via komputer – Caranya dengan akses ke https://seller.Shopee.co.id/ lalu buka tab “Perlu Dikirim” kemudian tekan “Buat no. Pelacakan”.
Cara Mengatasi Tidak Bisa Input Resi Di Shopee
Input Resi Di Shopee

Penutup

Perlu diingat pesanan bisa dibatalkan oleh sistem apabila tidak ada nomor resi yang terdaftar dalam sistem Shopee setelah masa pengemasan berakhir meskipun pesanan belum berpindah ke tab “Terkirim”.

Baca Juga : 3 Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Di Terima Di Shopee !

Sekian dulu ulasan lengkap cara mengatasi tidak bisa input resi di Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar resi Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Happy selling !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *