Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

3 Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee !

3 min read

3 Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee !

Mahirtransaksi.com – Berawal dari pengalaman saya yang tidak sengaja klik pesanan diterima di Shopee, saat itu saya sangat panik karena takut barang tidak sampai. Namun karena solusi ini, pesanan saya berhasil sampai ke tujuan. Jadi simak baik – baik solusinya ya !

Berkaca dari pengalaman saya tersebut, saya melihat banyak kasus serupa di salah satu grup seller dan buyer marketplace Shopee di media sosial Facebook. Beragam reaksi pembeli yang menyatakan tidak sengaja memencet pesanan diterima Shopee yang saya amati.

Mulai dari pembeli yang panik karena takut pesanan Shopee tidak diterima, pembeli yang sudah ikhlas pesanannya lenyap karena seller tidak bisa dihubungi bahkan ada yang tidak terima dan melaporkan hal tersebut ke pihak Shopee.

Tidak Sengaja Klik Pesanan Di Terima Di Shopee

Sebenarnya kesalahan akan permasalahan ini sepenuhnya terdapat pada pembeli yang secara “tidak sengaja” klik tombol pesanan diterima.

Jadu dalam kasus ini tidak ada yang bisa disalahkan atau dilaporkan. Kehati – hatian buyer dituntut ketika ingin memeriksa status pesanan yang telah dibuat di aplikasi Shopee.

Membahas pesanan diterima, apakah kamu sudah paham apa fungsi tombol pesanan diterima di Shopee? Dan mengapa pembeli harus konfirmasi pesanan diterima? Berikut ulasannya !

Fungsi Tombol Pesanan Diterima Di Shopee

Tombol Pesanan diterima dapat kamu temui dalam daftar pesanan Shopee yang telah dikirim penjual ke pihak pengiriman. Tombol pesanan diterima tidak bisa di klik sebelum pesanan dikirim oleh seller Shopee.

Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee !
Pesanan Belum Diterima Di Shopee

Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk konfirmasi pesanan diterima, maka status pesanan harus sedang “Dikirim” oleh seller.

Adapun fungsi pesanan diterima di Shopee adalah :

  • Sebagai bukti konfirmasi bahwa produk telah diterima oleh pembeli.
  • Meneruskan Dana dari pembeli ke saldo penjual.
  • Bukti bahwa tidak adanya kendala yang diterima pembeli saat menerima paket dan pesanan telah sesuai yang diharapkan pembeli.
  • Bukti pembeli jika terdapat laporan dana tidak diteruskan ke pihak Shopee.

Sebagai pembeli, kamu dapat menekan tombol pesanan diterima di Shopee, hanya jika :

  • Pesanan yang kamu terima dalam keadaan baik.
  • Tidak ada kendala yang kamu alami saat berbelanja di toko sesuai dengan pesanan yang kamu buat.
  • Pembeli setuju Dana diteruskan ke seller Shopee karena kamu puas dengan pelayanan dan produk yang kamu terima.

Jika kamu dengan sengaja atau tidak menekan tombol konfirmasi pesanan di terima di Shopee, akibatnya adalah :

  • Kamu tidak dapat mengajukan Komplain terhadap produk jika pesanan yang kamu terima rusak atau tidak lengkap ke pihak Shopee.
  • Tidak dapat mengajukan pengembalian pesanan (retur produk) ke seller.
  • Tidak dapat meminta pengembalian dana yang telah kamu bayarkan, karena dana sudah diteruskan ke penjual (seller).

Nah jika kamu tidak klik tombol pesanan diterima di Shopee maka pesanan kamu akan diterima otomatis oleh pihak Shopee dalam waktu 1 x 24 jam. Artinya Shopee menyatakan bahwa pembeli telah memeriksa produk dan meneruskan dana ke penjual secara otomatis.

Solusi Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee

Lalu apa yang terjadi jika tidak sengaja mengklik pesanan diterima di Shopee? Tidak perlu panik. Kamu masih bisa mencoba 3 solusi utama berikut agar produk-mu sampai ke tempat-mu dengan kondisi baik.

1. Tunggu Hingga Pesanan Shopee Tiba

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mengembalikal tombol konfirmasi yang telah kamu klik sebelumnya. Satu – satunya cara yang dapat kamu lakukan adalah menunggu pesanan tersebut tiba.

Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee !
Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima

Nah tipsnya, selalu cek keberadaan paket pesanan melalui resi yang tersedia di detail produk. Kamu bisa melihat detail pengiriman melalui aplikasi Shopee atau kamu bisa mencoba melihat detail pengiriman pesanan melalui situs cek resi seperti cekresi.com.

Baca Juga : 10 Ciri – Ciri Modus Penipuan Shopee Dan Cara Menghindarinya !

Jika status pesanan sedang “dikirim” maka tidak ada kemungkinan pesanan kamu tidak sampai ke tujuan. Nah ketika pesanan kamu terima, segera cek pesanan tersebut. Pastikan tidak ada kerusakan atau cacat produk pada pesanan yang kamu terima.

Lalu bagimana jika pesanan tersebut rusak/cacat atau tidak lengkap? Selanjutnya coba solusi yang kedua ini.

2. Chat Penjual Shopee (Opsional)

Solusi kedua jika produk yang kamu terima rusak atau cacat, kamu bisa chat penjual atau toko yang bersangkutan. Solusi yang kedua ini memiliki dua kemungkinan. Untuk itu saya memberi tanda opsional agar kamu bijak dalam melakukan cara ini.

Kemungkinan pertama, seller atau toko mempunyai itikad baik mendiskusikan perihal produk cacat yang kamu terima. Kamu dapat meminta pengembalian produk (retur) secara manual tanpa bantuin marketplace Shopee.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp. 99 [99% Berhasil]

Kemungkinan kedua, seller atau toko tidak mau bertanggung jawab akan produk yang dikirimkan. Biasanya ditandai dengan membalas chat yang sangat lama (slow respon) atau bahkan memblokir akun Shopee-mu. Hal ini tentu menjadi kerugian bagi kamu sebagai pembeli.

Tapi jangan panik dulu, jika kejadian ini menimpamu, saya menyarankan kamu mencoba cara yang ketiga berikut ini.

3. Hubungi Costumer Service Shopee

Langkah terakhir yang dapat kamu coba untuk meminta pertanggung jawaban seller yang telah mengirimkan produk cacat adalah dengan menghubungi CS Shopee.

Kamu dapat memilih 3 metode menghubungi CS Shopee yaitu lewat Live Chat, Panggilan Telepon atau Mengirim Keluhan Via Email. Semua metode ini dapat kamu lihat dengan cara :

Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima Di Shopee !
Pusat Bantuan Shopee
  • Buka aplikasi Shopee. Lalu tap halaman Saya.
  • Scroll ke bawah lalu pilih Pusat Bantuan Shopee.
  • Terakhir pilih metode bantuan yang kamu inginkan.

Intinya sampaikan bahwa kamu mengakui kesalahan karena tidak sengaja klik konfirmasi pesanan diterima di Shopee. Lalu sampaikan keluhan-mu terhadap produk yang kamu terima. Jangan lupa lampirkan bukti percakapan-mu dengan seller yang tidak bertanggung jawab sebagi bukti.

Nantinya laporan-mu akan diperika oleh Shopee sebelum memutuskan memberi sanksi tegas kepada seller atau tidak.

Frequently Asked Question (FaQ)

Mengingat banyak nya kasus tidak sengaja kepencet pesanan diterima di Shopee ini, saya melampirkan beberapa pertanyaan dan jawaban untuk memperjelas masalah ini. Berikut daftarnya :

  1. Jika tidak sengaja klik pesanan diterima dari luar negeri (produk impor) apakah pesanan masih dikirim? Jika status sedang dikirim, maka pesanan tetap akan dikirimkan ke alamat tujuan yang tertera di Shopee.
  2. Saya tidak klik pesanan diterima, namun tombol berubah menjadi abu – abu? Artinya pesanan sedang berada di salah satu lokasi transit. Jika pesanan on proses maka tombol pesanan diterima akan berfungsi kembali.
  3. Berapa hari pesanan akan tiba jika saya tidak sengaja klik pesanan diterima? Tergantung alamat pengiriman yang kamu input. Kamu dapat melihat estimasi waktu di Shopee atau cek resi secara berkala.

Akhir Kata

Jika kamu mengalami kejadian tidak sengaja konfirmasi pesanan diterima di Shopee, apa yang akan kamu lakukan? Jangan panik ya, coba 3 solusi diatas untuk mengatasi masalah-mu.

Baca Juga : 5 Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli [Ulasan Lengkap]

Jangan lupa bagikan pengalaman-mu kepada pengguna Shopee lainnya melalui kolom komentar dibawah. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

8 Replies to “3 Solusi Paling Tepat Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan…”

  1. Barusan kepencet pesanan diterima, padahal belum. Gupek banget.. Alhamdulillah kalau masih diterima barangnya.

  2. Aku punya orderan yang estimasi sampai barang minggu tapi sampai hari senin ini belum terima barangnya. Aku harus gimana yaa ?

    1. Silahkan hubungi jasa pengiriman berdasarkan nomor resi yang kamu terima ya. Kamu bisa memanfaatkan situs cekresi.com untuk mengetahui lokasi dan jenis jasa pengiriman yang digunakan oleh Shopee.

    1. Silahkan buka website resmi jasa pengiriman yang kamu gunakan. Setelah itu, cari halaman kontak / hubungi kami. Kamu bisa menghubungi jasa pengiriman via live chat, telepon atau email.

  3. Kak ko ini tulisan pesanan diterimanya warna abu2 trus? Tapi brngnya udh nyampe gmna tuh kak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *