Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli [Ulasan Lengkap]

5 min read

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli

Mahirtransaksi.com – Tidak sedikit pengguna Shopee yang tidak tahu cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar maupun yang belum dibayar bagi penjual dan pembeli.

Apakah uang akan kembali? Apakah pesanan dapat dibatalkan jika sudah dibayar? Apakah bisa membatalkan pesanan Shopee COD? Pertanyaan – pertanyaan tersebut akan saya ulas secara lengkap dalam pembahasan kali ini. Simak ya !

Membatalkan Pesanan Di Shopee

Fitur pembatalan pesanan Shopee sebenarnya telah tersedia di aplikasi maupun website Shopee. Baik sebagai penjual maupun pembeli dapat membatalkan pesanan pesanan yang sudah dibayarkan maupun yang belum dibayar.

Tetapi sebelum membahas cara membatalkan pesanan di Shopee, sebaiknya kamu mengetahui dua jenis pembatalan pesanan di Shopee ini.

Jenis Pembatalan Pesanan Shopee

Pembatalan pesanan di Shopee terdiri atas pembatalan pesanan secara instan, Non – instan dan pembatalan otomatis. Berikut ulasan nya !

#1 Pembatalan Instan

Pembatalan Shopee secara instan adalah proses pembatalan pesanan yang dilakukan sebelum penjual mengatur pengiriman atau menginput resi.

Misalnya saja kamu membuat pesanan Shopee pada pukul 17.00. Kamu masih memiliki kesempatan kurang lebih 1 jam tergantung lama tidaknya penjual menginput resi pengiriman.

Atau untuk pesanan produk digital, kamu masih bisa membatalkan pesanan sebelum produk-mu berubah status menjadi “Terkirim”. Tentunya semua proses pembatalan harus sesuai kesepakatan seller dan buyer.

#2 Pembatalan Non – Instan

Pembatalan Non – instan di Shopee adalah proses pembatalan pesanan yang dilakukan setelah 1 jam proses pembayaran terverifikasi.

Dalam hal ini, dibutuhkan respon penjual apakah setuju dengan pengajuan pembatalan atau tidak.

Misalnya pesanan berhasil kamu buat pada pukul 17.00, dan kamu ingin membatalkan pesanan setelah pukul 19.00, maka diperlukan tanggapan penjual apakah setuju atau tidak dengan penganjuan pembatalan pesanan-mu.

Dan jika penjual tidak memberikan respon sama sekali, maka pesanan-mu akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem Shopee.

#3 Pembatalan Otomatis

Pembatalan otomatis Shopee dapat terjadi karena faktor – faktor berikut ini :

  • Penjual tidak mengirimkan produk sesuai dengan batas waktu pengiriman yang ditentukan oleh Shopee.
  • Penjual tidak masuk ke aplikasi Shopee maksimal 7 haris setelah pembayaran terverifikasi.
  • Penjual tidak menginput resi atau mengirimkan paket ke jasa pengiriman dalam dua hari sesuai dengan batas waktu pengiriman Shopee.

Misalnya saja pesanan-mu berhasil dibuat dan pembayaran terverifikasi pada tanggal 05 Mei 2020, biasanya Shopee akan memberikan estimasi batas waktu pengemasan. Jika dalam waktu tersebut penjual tidak mengirimkan, menginput resi atau bahkan tidak aktif kembali, maka pesanan kamu akan dibatalkan di hari berikutnya.

Cara Batalkan Pesanan Shopee

Jadi sebenarnya apa alasan pengguna membatalkan pesanan di Shopee? Tentu akan sangat banyak faktor yang alasannya hanya diketahui oleh pengguna yang membatalkan pesanan tersebut.

Namun, ada beberapa alasan mengapa pesanan Shopee dibatalkan. Berikut beberapa alasan tersebut.

Bagi Pembeli :

  1. Penjual Tidak Menjawab Chat Pembeli, biasanya terjadi akibat pembeli menanyakan informasi lebih lanjut namun penjual tidak memberikan respon kepada pembeli.
  2. Ingin Mengubah Pesanan, misalnya mengubah rincian pesanan atau bahkan membuat pesanan baru dengan variasi yang berbeda.
  3. Penjual Mencurigakan Atau Bahkan Melakukan Tindakan Penipuan, misalnya menawarkan transaksi dilanjutkan di luar aplikasi Shopee.

Bagi Penjual :

  1. Pembeli Tidak Membalas Chat, biasanya penjual menanyakan beberapa informasi tambahan namun pembeli tidak memberikan respon.
  2. Permintaan Penjual, misalnya stok ternyata kosong atau sedang ada perubahan harga produk.
  3. Pembeli Mencurigakan, misalnya alamat pembeli yang tidak jelas (pesanan COD) atau data informasi pembeli yang tidak lengkap.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu dapat memilih membatalkan pesanan Shopee. Berikut ini beberapa cara membatalkan pesanan di Shopee sebagai penjual dan pembeli yang dapat kamu coba !

1. Cara Membatalkan Pesanan Shopee Yang Sudah Di Bayar

Membatalkan pesanan Shopee yang sudah dibayar masih dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli. Berikut caranya :

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli
Cara Membatalkan Pesanan Yang Sudah Dibayar Di Shopee
  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya.
  • Kemudian klik pesanan dalam status “Dikemas”. Lalu pilih produk yang ingin dibatalkan.
  • Selanjutnya klik Batalkan Pesanan. Silahkan pilih atau masukan alasan pembatalan pesanan.
  • Klik Ya pada konfirmasi pembatalan pesanan.
  • Terakhir klik Kirimkan untuk membatalkan pesanan.

Sampai tahap ini pesanan belum sepenuhnya dibatalkan. Karena status nya sudah dibayar, maka diperlukan respon penjual apakah setuju atau tidak dengan pembatalan tersebut. Sebagai penjual, kamu dapat konfirmasi pembatalan pesanan dengan cara :

  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya lalu pilih Toko Saya di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya klik Penjualan Saya. Pilih status pesanan Perlu Dikirim.
  • Kemudian pilih barang dengan pengajuan pembatalan. Klik Jawab untuk memberikan respon apakah setuju atau tidak dengan pembatalan.
  • Terakhir klik Konfirmasi untuk melanjutkan atau membatalkan proses pembatalan pesanan.

2. Cara Membatalkan Pesanan Shopee Yang Belum Dibayar

Untuk pesanan Shopee dalam status Perlu Dibayar dapat dibatalkan dengan mudah. Berikut cara cancel pesanan Shopee yang belum dibayar bagi penjual dan pembeli.

Cara Pembeli Membatalkan Pesanan Shopee :

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli
Cara Membatalkan Pesanan Yang Belum Dibayar Di Shopee
  • Pertama buka aplikasi Shopee. Lalu tap halaman Saya.
  • Pada menu status pesanan, klik Belum bayar.
  • Pilih produk yang ingin dibatalkan, lalu klik Batalkan Pesanan.
  • Kemudian pilih alasan pembatalan pesanan.
  • Pilih Ya dibagian konfirmasi pembatalan.
  • Selesai.

Selain itu, jika dalam waktu 1 x 24 jam kamu tidak melalukan pembayaran, maka pesanan akan dibatalkan otomatis oleh sistem Shopee.

Cara penjual membatalkan pesanan di Shopee :

Pembatalan pesanan yang belum dibayar tidak dapat dilakukan oleh penjual. Karena produk akan masuk ke status pesanan Perlu Dikirim saat pembayaran pembeli berhasil diverifikasi oleh Shopee.

Jadi sebagai penjual tidak perlu khawatir dengan produk pembeli yang belum dibayar karena tidak akan masuk ke daftar list produk yang perlu dikirim oleh penjual.

3. Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee

Proses pembatalan orderan Shopee dengan sistem pembayaran Cash On Delivery (COD) sebenarnya sama dengan proses pembatan pada point pertama dan kedua diatas.

Perbedaan utamanya terletak pada sistem pembayaran. Karena pada dasarnya sistem pembayaran COD dilakukan saat Paket diterima oleh pembeli maka saat proses pembatalan melalui aplikasi Shopee, tidak ada dana yang dikembalikan ke pembeli.

4. Cara Membatalkan Pesanan Produk Digital Shopee

Membatalkan pesanan produk digital seperti pulsa atau voucher di Shopee dapat dilakukan secara instant dan otomatis. Jika pesanan sudah dikirimkan oleh seller Shopee maka proses pembatalan pesanan akan sangat sulit dilakukan (Produk digital).

Jadi jika pembeli ingin membatalkan pesanan berupa produk digital, wajib konfirmasi dahulu ke seller Shopee. Jika seller setuju, pembeli dapat membatalkan pesanan sesuai prosedur pembatalan orderan Shopee.

Untuk produk jasa dengan sistem Pre-order seperti jasa pembuatan website dan sejenisnya, dibutuhkan koordinasi antara penjual dan pembeli sebelum pembatalan dilakukan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian salah satu pihak baik itu penjual maupun pembeli produk jasa ini.

5. Cara Membatalkan Pesanan Dengan Status Dikirim

Jika status pesanan sudah dikirim, apakah pesanan Shopee masih bisa dibatalkan? Tidak, pesanan akan tetap dikirim ke alamat pembeli.

Namun jangan khawatir, pembeli dapat mengajukan pengembalian barang. Tentunya didukung oleh alasan logis yang dapat diterima oleh seller. Berikut cara mengajukan pengembalian barang di Shopee :

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli
Cara Membatalkan Pesanan Status Dikirim Atau Diterima
  • Buka aplikasi Shopee. Lalu tap halaman Saya.
  • Dibagian Status Pesanan, klik Pesanan dengan status Dikirim atau Diterima.
  • Scroll kebawah lalu klik Ajukan Pengembalian Barang.
  • Selanjutnya pilih alasan pengembalian barang. Lalu masukan alamat Email.
  • Terakhir klik Kirimkan.

Jika disetujui oleh seller, maka pesanan dapat kamu kirim ulang melalui jasa pengiriman. Jika produk sudah diterima oleh seller kembali, maka dana akan dikembalikan ke dompet ShopeePay atau kartu kredit-mu.

Pengembalian Dana Shopee

Jika penjual setuju dengan pembatalan, apakah dana akan hangus? Tentu tidak. Dana/saldo Shopee akan dikembalikan 100% sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan saat berbelanja. Namun, proses ini membutuhkan waktu sampai dana berhasil dikembalikan. Berikut rinciannya :

  • Proses pengembalian Dana melalui Transfer Bank, ShopeePay, Debit Online, One KlikVirtual Account, Indomaret/alfamart, dan COD  akan dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam kerja (Tidak termasuk hari minggu dan haris libur nasional).
  • Proses pengembalian Dana melalui Shopee Paylater akan dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam kerja.
  • Proses pengembalian Dana melalaui Kredivo dan Akulaku akan dilakukan dalam 1 – 3 hari kerja.
  • Proses pengembalian Dana melalui Kartu Kredit dan Cicilan Kartu Kredit akan dilakukan dalam waktu 7 – 14 hari kerja.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Shopee pada tabel berikut :

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli
Estimasi Pengembalian Dana Shopee. Sumber : Help.shopee.co.id

Dana Shopee akan dikembalikan, jika memenuhi syarat berikut ini :

  1. Transaksi gagal dan pesanan telah dibatalkan oleh penjual.
  2. Pengajuan pengembalian dana disetujui karena barang tidak diterima.
  3. Pengajuan pengembalian dana karena barang rusak/salah.

Frequently Asked Question (FaQ)

Jika kamu ingin membatalkan pesanan Shopee, mungkin ada beberapa informasi tambahan yang perlu kamu ketahui. Berikut tanya jawab seputar pembatalan pesanan Shopee :

  1. Apa yang terjadi jika penjual menolak pembatalan pesanan Shopee? Jika penjual menolak pembatalan karena alasan yang tidak relevan, maka produk pesanan akan tetap dikirimkan ke pembeli.
  2. Berapa kali maksimal pengajuan pembatalan pesanan Shopee? Hanya 1 kali pengajuan, jika pengajuan tersebut ditolak oleh seller, maka pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan pesanan kedua kalinya.
  3. Jika membatalkan pesanan di Shopee, apakah Voucher kembali? Ya, voucher dan koin Shopee yang digunakan untuk produk yang dibatalkan akan dikembalikan dan dapat digunakan kembali untuk pesanan berikutnya.
  4. Bagaimana cara membatalkan salah satu pesanan di Shopee? Tidak bisa. Jika pesanan dalam status Belum Bayar/Dikemas, maka penjual dan pembeli tidak dapat memilih salah satu produk yang akan dibatalkan.
  5. Jika penjual tidak memberikan respon saat mengajukan pembatalan Shopee, apa yang harus dilakukan? Kamu bisa menunggu sampai pembatalan dilakukan otomatis atau membuat laporan ke Shopee melalui Pusat Bantuan Shopee.

Kesimpulan

Perlu diingat bahwa kamu perlu mengaktifkan ShopeePay agar proses pengembalian dana di Shopee dapat lebih mudah dilakukan. Jika akun Shopee mu sudah memiliki fitur ShopeePay, maka dana akan terlebih dahulu dikembalikan ke saldo ShopeePay. Untuk mengaktifkan ShopeePay kamu dapat membaca caranya Disini.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Naikan Omzet Hingga 90% !

Jika dana sudah dikembalikan ke saldo ShopeePay, kamu dapat mengirim saldo ShopeePay ke Rekening Bank atau Mengirim Saldo ShopeePay ke aku Shopee lain. Namun, mengirim saldo ShopeePay memerlukan verifikasi KTP di akun Shopee. Jika kamu tidak memiliki KTP, kamu tetap dapat transfer saldo ShopeePay tanpa Verifikasi KTP. Baca caranya Disini.

Baca Juga : 10 Modus Penipuan Shopee Dan Cara Menghindarinya !

Sekian dahulu ulasan Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan Pembeli ini. Jika kamu memiliki kendala lain saat cancel orderan di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

One Reply to “5 Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Bagi Penjual Dan…”

  1. Setelah mengajukan pembatalan pesanan di shopee yang sudah dibayar, maka semua tergantung dari penjual, kita dapat menghubungi penjual untuk segera merespon permintaan pembatalan atau menghubungi nomor pusat panggilan layanan pelanggan atau Live Chat dengan pusat penjual Shopee saat kita membeli produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *