12 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video [99% Berhasil]

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video

Mahirtransaksi.com – Menurut situs survey online zoho.com, 45% user TikTok mengalami kendala saat upload foto dan video. Apa penyebabnya? Berikut ulasan lengkapnya !

TikTok merupakan aplikasi video dengan durasi singkat yang paling populer saat ini. Saat ini, ada sekitar 92,5 juta pengguna TikTok aktif di Indonesia dan terus meningkatkan secara signifikan.

Sebagai platform pemutar video musik online, tentunya aplikasi ini mengizinkan siapa saja untuk membuat video sendiri di aplikasi TikTok untuk menarik interaksi pengguna lain.

Kenapa Tidak Bisa Upload Video Di TikTok?

Biasanya pengguna yang sering mengunggah video pada TikTok disebut dengan konten kreator. Sebagai konten kreator, mungkin kamu pernah atau sedang mengalami masalah tidak bisa upload video TikTok.

Tidak bisa upload video TikTok artinya kamu tidak dapat mengunggah video pada aplikasi TikTok. Penyebabnya sangat beragam, bisa karena faktor eksternal dan internal.

Faktor eksternal berasal dari pengguna atau terlepas dari pihak TikTok misalnya masalah koneksi internet, chache aplikasi atau video TikTok melanggar kebijakan komunitas TikTok.

Sedangkan faktor internal, penyebab berasal dari TikTok itu sendiri seperti masalah server TikTok yang sedang down atau sedang dalam tahap perbaikan (maintenance).

Penyebab TikTok Tidak Bisa Upload Video

Untuk mengatasi kenapa tidak bisa mengupload video di TikTok, tentunya kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut penyebab TikTok tidak bisa upload video :

1. Server TikTok Down

Penyebab TikTok tidak bisa upload video bisa berasal dari faktor internal yaitu server TikTok yang sedang Down. Ketika server TikTok down, secara otomatis seluruh kegiatan pada aplikasi tersebut akan terganggu.

Saat server terganggu, TikTok akan mengalami error dalam memproses data sehingga kamu tidak bisa mengupload video. Server down ini biasanya terjadi ketika sedang perbaikan server (maintenance).

2. Kualitas Koneksi Internet Yang Buruk

Tahukah kamu bahwa koneksi internet sangat berperan penting untuk mengolah aktivitas pada aplikasi? Begitu pula dengan aplikasi TikTok yang membutuhkan koneksi internet yang baik agar dapat mengolah aktivitas penggunanya.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Network Error Di TikTok

Koneksi internet yang buruk dapat menyebabkan ketika upload muncul notifikasi video is being processed di TikTok. Itulah sebabnya ketika koneksi kamu tidak lancar, maka kamu tidak bisa mengunggah video di aplikasi TikTok.

3. Cache Dan Data Aplikasi Menumpuk

Cache maupun data aplikasi yang menumpuk akan menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal karena memori / penyimpanan smartphone yang semakin sedikit.

Salah satu contohnya pada aplikasi TikTok. Ketika cache dan data menumpuk, maka kinerja aplikasi akan terganggu atau tidak dapat beroperasi dengan normal.

4. Belum Update Aplikasi

TikTok biasanya mengeluarkan versi terbaru yang sifatnya up to date untuk memberikan pembaharuan pada fitur atau tampilan aplikasi.

Mungkin saja salah satu fitur yang akan diperbaharui saat update aplikasi adalah fitur upload video atau foto.

Jika kamu masih menggunakan aplikasi TikTok versi lama, tentunya kamu tidak akan bisa menggunakan fitur upload video seperti biasa karena belum diperbaharui.

5. Video Melanggar Hak Cipta

Tidak bisa upload video di TikTok juga bisa disebabkan video TikTok terkena pelanggaran kebijakan seperti melanggar hak cipta atau copyright atau berisi konten kekerasan.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Video Melanggar Hak Cipta

Pelanggaran pada video yang di upload di TikTok dapat menyebabkan video TikTok ditinjau atau bahkan dihapus secara permanen tanpa sepengetahuan kamu.

Pun jika berhasil, video yang melanggar kebijakan komunitas (TOS) aplikasi TikTok tetap akan dihapus secara otomatis (take down).

6. Akun TikTok Diblokir

Penyebab tidak bisa upload video di TikTok karena diblokir adalah karena akun terbukti melanggar syarat dan ketentuan penggunaan fitur di aplikasi TikTok.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Akun TikTok Diblokir

Jika akun sudah diblokir, kamu tidak bisa mengupload video pada aplikasi TikTok. Hal ini dikarenakan TikTok telah membatasi akses terhadap akun tersebut.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video

Jika kamu telah mengetahui kenapa akun TikTok kamu tidak bisa mengunggah video, berikut beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut agar kamu bisa upload video kembali :

1. Periksa Dan Ganti Koneksi Internet

Pertama periksa kualitas koneksi internet yang sedang kamu gunakan dengan melihat langsung indikator signal pada ponsel kamu.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Cek Kecepatan Koneksi Internet

Kamu juga bisa menggunakan bantuan situs fast.id untuk melihat kecepatan internet yang kamu gunakan saat ini.

Bagi kamu yang menggunakan kuota, maka kamu bisa melakukan restart atau refresh koneksi dengan cara menonaktifkan data seluler atau memilih switch mode pesawat – data seluler.

Baca Juga : 10 Cara Menarik Saldo TikTok Ke Rekening Bank / e-wallet

Jika menggunakan wifi, anda juga bisa melakukan restart pada router yang kamu gunakan. Jika tidak bisa, coba gunakan hotspot portable dari ponsel teman-mu agar bisa upload video di TikTok.

2. Cek Kondisi Server Aplikasi TikTok

Berikutnya pastikan server TikTok dalam keadaan tidak down atau sedang dalam proses maintenance. Kamu dapat menggunakan aplikasi downdetector untuk mengetahui apakah server TikTok sedang down atau tidak.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Cek Server TikTok Lewat Donwdetector

Selain lewat aplikasi, mengecek kondisi server juga bisa kamu lakukan dengan mencari informasi di media sosial TikTok seperti twitter, instagram atau facebook.

3. Bersihkan Cache Dan Data Aplikasi

Salah satu cara mengatasi TikTok tidak bisa upload video yaitu dengan menghapus cache dan data aplikasi untuk mempercepat jalannya aplikasi TikTok.

Caranya :

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Hapus Chache & Data Aplikasi TikTok
  • Buka Pengaturan Ponsel.
  • Cari Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Cari aplikasi TikTok.
  • Scroll kebawah lalu pilih Hapus Chache.
  • Buka kembali aplikasi TikTok lalu coba upload beberapa video baru.

Jika tetap tidak bisa, coba Hapus Data aplikasi dengan cara yang sama seperti cara diatas lalu buka kembali aplikasi TikTok > login lalu upload beberapa video.

4. Update Aplikasi TikTok

Jika kamu masih menggunakan TikTok versi lama, sebaiknya update aplikasi TikTok ke versi terbaru lewat Playstore atau AppStore.

Caranya :

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Update Aplikasi TikTok
  • Buka PlayStore atau AppStore di ponsel kamu.
  • Cari aplikasi TikTok.
  • Klik Update di bagian bawah icon aplikasi.
  • Tunggu sampai proses updating selesai lalu klik Buka.
  • Coba upload beberapa video di akun-mu.

Kalaupun masih terkendala, kamu bisa mencopot aplikasi TikTok terlebih dahulu kemudian install ulang aplikasi TikTok di ponsel kamu.

5. Perhatikan Isi Konten Video

Cara mengatasi tidak bisa upload video di TikTok adalah dengan mengganti video yang tidak sesuai dengan aturan dengan video baru.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Cek Konten Video

Untuk itu, kamu harus memperhatikan isi atau konten video yang akan diunggah. Pastikan video tersebut tidak melanggar hak cipta, mengandung unsur kekerasan atau perjudian.

Baca Juga : TikTok Tidak Bisa Live? Ini 9 Penyebab Dan Solusinya !

Pastikan juga konten yang kamu upload adalah konten original dengan membaca peraturan upload video TikTok. Hindari video yang melanggar aturan komunitas TikTok agar akun kamu tidak diblokir atau dibatasi.

6. Laporkan Masalah Ke CS TikTok

Jika masalah ini tidak kunjung selesai, ada baiknya kamu membuat Laporan Masalah ke CS TikTok.

Caranya :

Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video
Laporkan Masalah Ke CS TikTok
  • Buka aplikasi TikTok lalu tap menu Profil di kanan bawah.
  • Klik ikon 3 garis di kanan atas.
  • Pilih Laporkan Masalah dan pilih topik yang ingin dilaporkan.
  • Ikuti Langkah – langkah di aplikasi untuk mengirimkan masalah tersebut.

Untuk masalah tidak bisa upload video, kamu harus memilih kategori video and sound. Ajukan masalah tersebut, agar CS TikTok dapat memberikan solusi atas permasalah kamu.

Penutup

Cara mengatasi TikTok tidak bisa upload video adalah dengan melakukan pengecekan pada koneksi internet dan server, chache aplikasi hingga pelanggaran akun TikTok.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Mengikuti Akun Lain

Cara agar video TikTok tidak kena pelanggaran adalah dengan memperhatikan ketentuan video yang akan di upload agar memenuhi kriteria aplikasi TikTok.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Komentar 

Pastikan kamu selalu mengikuti kebijakan komunitas TikTok agar akun kamu tidak diblokir atau dinonaktifkan sehingga tidak bisa mengupload video di TikTok.

Selamat mencoba !

5/5 - (27 votes)
x