Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay Berhasil Tahun 2023

Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay

Mahirtransaksi.com – Mengirim saldo Shopee PayLater ke Dompet Digital maupun ke rekening Bank memang bisa dilakukan. Namun bagaimana cara transfer Shopee PayLater ke ShopeePay, apakah bisa?

Menjadi salah satu e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini, Shopee juga memanjakan para penggunanya dengan metode pembayaran Shopee Paylater.

Metode pembayaran ini memungkinkan kamu untuk membeli barang saat ini juga dan dibayar di bulan berikutnya. Bagi sebagian orang, keberadaan Shopee PayLater sangat membantu saat berbelanja di Shopee karena tidak perlu top up atau transfer sejumlah uang terlebih dahulu.

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah bisa mencairkan limit Shopee PayLater ke akun Shopeepay? Berikut ini akan dibahas cara transfer Shopee PayLater ke ShopeePay, pastikan kamu simak penjelasannya sampai akhir.

Apa Itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater merupakan pembiayaan yang terhubung langsung dengan aplikasi Shopee. Jika mengaktifkan Shopee PayLater, kamu bisa menggunakannya sebagai metode pembayaran saat berbelanja di Shopee.

Fitur Deskripsi SPaylater
Fungsi ShopeePay Later adalah layanan kredit virtual yang disediakan oleh Shopee untuk penggunaannya di platform Shopee.
Limit Limit kredit ShopeePay Later dapat berbeda-beda untuk setiap pengguna, tergantung pada profil kredit dan riwayat belanja.
Penggunaan
  • Pilih produk yang ingin kamu beli di Shopee.
  • Pilih ShopeePay Later sebagai metode pembayaran saat checkout.
  • Verifikasi identitas kamu sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Jika disetujui, kamu dapat memilih untuk membayar secara penuh atau dalam cicilan.
  • Setelah belanjaan diterima, kamu dapat mengatur pembayaran sesuai jadwal cicilan yang ditentukan.

Tidak hanya bisa digunakan untuk berbelanja barang fisik, Shopee PayLater juga bisa digunakan untuk membeli produk non fisik seperti pulsa, paket data, bahkan membeli token listrik.

Limit Shopee PayLater

Setelah berhasil aktivasi Shopee PayLater, kamu akan diberikan limit awal sebesar 750 ribu rupiah. Kamu dapat menaikkan limit Shopee PayLater dengan beberapa cara hingga mencapai limit maksimum yaitu 9 juta rupiah.

Terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih mulai bayar nanti dan opsi cicilan. Kamu bisa mencicil barang yang kamu inginkan mulai cicilan 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Semakin lama tenornya, semakin ringan cicilannya.

Proses Verifikasi Shopee PayLater

Tidak semua pemilik akun Shopee memiliki Shopee PayLater, karena pada sebagian akun fitur Shopee PayLater tidak akan muncul di aplikasi. Untuk mengaktifkan metode pembayaran ini, kamu harus melalukan aktivasi dan proses verifikasi diri terlebih dahulu.

Tidak berbeda dengan pengajuan kredit lainnya, pihak Shopee PayLater akan meninjau apakah kamu layak atau tidak. Metode pembayaran ini baru bisa digunakan jika pengajuan sudah disetujui.

Keamanan Shopee PayLater

Shopee PayLater merupakan pembiayaan resmi di bawah naungan PT Commerce Indonesia yang sudah mengantongi izin dari OJK. Sehingga kamu tidak perlu khawatir saat bertransaksi di Shopee menggunakan Shopee PayLater karena dijamin aman.

Pihak Shopee PayLater juga mengklaim bahwa metode pembayaran ini memiliki bunga yang rendah. Jika kamu memilih opsi bayar nanti, maka tidak dikenakan bunga namun hanya biaya penanganan sebesar 3% dari total transaksi.

Pada opsi bayar nanti, tagihan dibayar di bulan berikutnya tergantung tanggal jatuh tempo yang ditetapkan.

Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay

Semakin sering digunakan untuk bertransaksi, limit Shopee PayLater akan semakin besar. Saat mulai diaktifkan biasanya limit Shopee PayLater hanya 750 ribu rupiah saja. Namun setelah beberapa bulan digunakan, limit Shopee PayLater akan terus bertambah bahkan bisa mencapai 9 juta rupiah.

Dengan limit yang besar, kamu mungkin berniat ingin mencairkan limit Shopee PayLater ke Shopee Pay sehingga bisa digunakan untuk belanja di Shopee atau langsung tarik ke Rekening Bank.

Berikut ini cara transfer Shopee PayLater ke Shopee Pay yang wajib kamu coba :

Posting Produk Di Shopee

Limit Shopee PayLater tidak bisa ditransfer secara langsung ke Shopeepay. Kamu harus memposting produk di Shopee terlebih dahulu agar dapat mencairkan limit Shopee PayLater dengan cara :

  • Pada akun Shopee milikmu, klik opsi Toko Saya.
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi nama toko, alamat toko, email dan nomor HP.
  • Klik Lanjut. Kini kamu bisa mulai upload produk.
Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay
Posting Produk Di Shopee
  • Isilah foto, harga, deskripsi produk, berat produk, jasa pengiriman, serta kategori produk.
  • Jika semua rinciannya sudah diisi, klik Tampilkan. Kini produkmu sudah tampil di Shopee.

Upload produk dengan harga sesuai limit Shopee Paylater yang ingin kamu cairkan ke Shopee Pay. Misalnya kamu ingin mencairkan limit Shopee PayLater sebesar Rp 1 juta rupiah, maka harga produk sebaiknya tidak jauh dari nominal tersebut.

Beli Menggunakan Shopee PayLater

Jika produk sudah ditampilkan, saatnya untuk membeli produk tersebut menggunakan limit Shopee PayLater. Caranya tidak berbeda seperti saat kamu membeli produk dari toko lainnya di Shopee, yaitu :

  • Buka aplikasi Shopee lalu cari produk yang telah kamu posting sebelumnya.
  • Buka terlebih dahulu produk tersebut kemudian klik Checkout.
Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay
Buat Pesanan Shopee
  • Pilihlah metode pembayaran dengan Shopee PayLater, lalu tentukan berapa lama tenor yang diinginkan.
  • Terakhir klik Buat Pesanan.

Atur Pengiriman Pesanan

Langkah selanjutnya, segera atur pengiriman pesanan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Buka akun Shopee, kamu akan melihat pemberitahuan bahwa kamu mendapatkan pesanan baru.
  • Klik opsi Atur Pesanan.
  • Setelah itu pilih apakah kamu ingin mengirim paket atau menggunakan opsi Pick Up (jemput paket).
  • Jika memilih opsi pick up, kurir akan menjemput paket ke alamat toko yang kamu daftarkan. Jangan lupa untuk mengatur jadwal penjemputan.

 

Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay
Atur Pengiriman Produk
  • Cetak resi paket, atau cukup dengan menuliskan nomor resinya di selembar kertas.
  • Setelah itu, bungkus paket seperti biasa. Isilah paket dengan plastik atau kresek, atau pakaian bekas, agar paket tidak terkesan kosong.
  • Tungulah kurir menjemput paketmu.

Tunggu Saldo Ditransfer Ke ShopeePay

Biasanya diperlukan satu hingga dua hari waktu pengiriman. Jika proses pengiriman sudah selesai, maka limit Shopee PayLater akan segera masuk ke saldo penjual berupa saldo ShopeePay.

Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay
Transfer Saldo Penjual Ke ShopeePay

Perlu diingat, saldo yang masuk ke saldo penjual sebelumnya telah dikurangi biaya komisi Shopee. Jadi tidak perlu kaget apabila saldonya kurang dari harga produk yang telah kamu cantumkan.

Cairkan Saldo ShopeePay

Kini saatnya untuk mencairkan saldo Shopeepay. Prosesnya mudah dan cepat. Dana akan segera cair ke akun bank yang telah kamu daftarkan hanya dalam hitungan menit.

Berikut cara mencairkan limit Shopee PayLater yang telah berhasil diubah menjadi saldo ShopeePay :

  • Buka Shopeepay.
  • Kemudian, pilih opsi Transfer Bank.
  • Klik Tambah Rekening Baru.
Cara Transfer ShopeePay Ke Dana Tanpa Verifikasi
Transfer Saldo ShopeePay Ke Bank
  • Isilah nama bank serta nomor rekening yang dituju. Lalu klik Lanjutkan.
  • Jika data sudah benar, berikutnya lakukan transfer saldo ShopeePay dan isilah nominal yang ingin ditransfer.
  • Klik Lanjutkan dan masukkan PIN ShopeePay milikmu.

Apabila proses transfer sudah selesai, segeralah cek rekening bankmu, apakah saldo sudah masuk atau belum. Transfer bank dari ShopeePay tidak dikenakan biaya admin alias gratis dengan minimal transfer Rp 50 ribu rupiah.

Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay Tanpa 2 Akun

Selain menggunakan 2 akun, kamu juga bisa mencairkan limit Spaylater ke ShopeePay tanpa menggunakan 2 akun dengan menggunakan jasa gestun limit Shopee PayLater.

Gestun adalah kependekan dari Gesek Tunai dimana pengguna dapat mengambil uang tunai dari kartu kredit atau akun PayLater pemiliknya.

Jasa Gestun adalah layanan yang disediakan oleh individu atau bisnis yang mengizinkan pemilik kartu kredit untuk mengambil uang tunai dari Shopee Paylater.

Berikut cara transfer Shopee PayLater ke ShopeePay tanpa 2 akun :

Pemilihan Jasa Gestun

Pemilik akun Shopee yang ingin mendapatkan uang tunai akan mencari gerai gestun yang terpercaya atau direkomendasikan.

Kamu bisa mencari tempat gestun limit berupa toko fisik atau usaha kecil yang menyediakan layanan gestun.

Penyerahan Limit Shopee PayLater

Pemilik Shopee PayLatermemberikan limit mereka kepada pihak gerai gestun untuk di cairkan.

Akun Shopee PayLater ini umumnya memiliki batas kredit tertentu yang bisa digunakan untuk penarikan tunai.

Penarikan Uang Tunai

Pihak gerai gestun kemudian melakukan penarikan uang tunai dari mesin ATM atau rekening bank mereka menggunakan kartu kredit yang telah diberikan oleh pemilik kartu.

Selain itu, pemiliki akun Shopee PayLater juga akan membayar biaya layanan gestun kepada gerai gestun. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada gerai dan kesepakatan yang dibuat.

Penyebab SPayLater Tidak Bisa Transfer Ke ShopeePay

Penyebab utama kenapa Shopee PayLater tidak bisa ditransfer secara langsung ke ShopeePay dikarenakan Shopee Paylater merupakan sebuah metode pembayaran, bukan KTA atau kredit tanpa agunan.

Sehingga penggunaannya pun terbatas yaitu hanya untuk melakukan transaksi pembelian saja.

Maka dari itu banyak orang menyiasatinya dengan terlebih dahulu membuat toko di Shopee dan mengupload produk. Hasil dari penjualan produk akan segera masuk ke saldo penjual dan bisa langsung dialihkan ke ShopeePay.

Jika kamu ingin mencairkan uang dari Shopee, sebaiknya gunakan SPinjam. Proses pencairannya berlangsung dalam kurun waktu beberapa menit melalui akun bank terdaftar atau melalui Sea Bank. Limit Spinjam yang bisa kamu dapatkan juga bisa mencapai Rp 10 juta bahkan lebih.

Cara Mendapatkan Limit Shopee PayLater

Jika saat ini kamu belum memiliki Shopee PayLater dan ingin segera mendapatkan limit agar bisa digunakan untuk bertransaksi, terlebih dahulu kamu harus melakukan aktivasi.

Cara Transfer Shopee PayLater Ke ShopeePay
Limit Shopee PayLater

Berikut cara mengaktifkan Shopee PayLater agar mendapatkan limit yang bisa ditransfer ke ShopeePay :

  • Pada halaman profil Shopee, klik opsi Aktifkan Sekarang di menu SPayLater/Shopee PayLater.
  • Berikutnya, masukkan kode OTP lalu klik Lanjut.
  • Akan muncul halaman untuk mengisi data diri dan upload KTP. Pastikan kamu mengisi form tersebut dengan benar.
  • Lakukan verifikasi wajah. Arahkan kamera ke wajah dan pastikan kamu mengambil gambar di tempat yang terang.

Proses aktivasi sudah selesai. Waktu peninjauan biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari kerja. Jika pengajuan Shopee PayLater-mu disetujui, kamu akan segera mendapatkan limit awal sebesar 750 ribu rupiah.

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai prosedur pencairan atau pemindahan saldo Shopee Paylater ke ShopeePay. Dengan mengikuti panduan yang sama, kamu juga bisa memindahkan saldo ShopeePay ke akun Shopee Paylater milikmu.

Baca Juga : 10 Cara Membatalkan Shopee PayLater Tanpa Denda Terbaru

Semakin sering digunakan belanja, maka limit Shopee PayLater akan semakin bertambah. Dengan catatan, kamu harus rutin membayar tagihannya tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo.

Selamat mencoba !

4/5 - (1 vote)
Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.