Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 10 Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi

5 min read

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi

Mahirtransaksi.com – Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi padahal sudah sering belanja? Berikut 9 penyebab kenapa menu Shopee PayLater tidak muncul dan cara mengatasinya yang wajib kamu tahu !

Tidak sedikit pengguna Marketplace Shopee yang berharap menu Shopee PayLater muncul dan bisa diaktifkan, kemudian digunakan untuk belanja secara mencicil.

Bahkan semakin sering transaksi, SPayLater juga tidak muncul. Sebagai pengguna, tentu kamu akan merasa sedikit “kesal” bukan?.

Menu Shopee PayLater Tidak Ada Di Aplikasi

Pada dasarnya Menu Shopee PayLater akan muncul di aplikasi bukan hanya karena sering belanja atau akun sudah aktif lebih dari 3 bulan saja, melainkan banyak faktor lain yang menyebabkan Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi.

Shopee dalam situs resminya mengumumkan bahwa Shopee PayLater muncul pada pengguna yang dipilih sesuai kriteria yang telah ditetapkan dapat dapat kamu baca Disini.

Nah, jika sampai saat ini menu SPayLater ini belum muncul di aplikasi Shopee kamu, ada baiknya kamu melakukan evaluasi kriteria mana saja yang belum kamu penuhi sesuai ketentuan tim Shopee.

Apa Itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater atau sekarang diganti dengan nomenklatur SPayLater adalah program cicilan Shopee yang bekerjasama dengan dua financial technology sebagai sumber dana, yaitu PT Lantern Dana Nusantara dan PT Comerce Finance.

PT Lentera Dana Nusantara sebagai pemberi pinjaman memberikan cicilan 1 kali/Beli Sekarang Bayar Nanti. Sedangkan PT Commerce Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang memberikan kredit atau cicilan 2 kali, 3 kali, 4 kali, 6 kali dan 12 kali cicilan.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Aktivasi Shopee PayLater

Tenor yang tersedia mulai dari 1 bulan tanpa bunga, 2 atau 3 bulan tanpa kartu kredit, dan hingga 5 bulan.

Namun limit dari Shopee PayLater sendiri masih dapat ditingkatkan, hal ini tergantung dari aktivitas kamu di Shopee PayLater, baik itu aktivitas pembayaran maupun transaksi.

10 Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi Shopee

Dalam menentukan kriteria calon pengguna yang dapat menikmati SPayLater, pihak Shopee selaku penyelenggara menentukannya bersama dengan sumber dananya.

Namun sayangnya,  kriteria pengguna yang dapat menikmati cicilan Shope PayLater sampai saat ini masih belum pasti.

Shopee hanya memberikan petunjuk untuk sering berbelanja di Shopee agar ada kesempatan untuk menggunakan Shopee PayLater.

Terkait masalah mengapa Shopee PayLater terkunci, kamu perlu menganalisa beberapa penyebab dan solusinya dengan membaca list dibawah ini.

1. Akun Shopee Masih  Baru (New Account)

Pada saat membuat akun Shopee baru dan mulai berbelanja, tentunya kamu belum bisa memilih metode pembayaran SPayLater.

Hal ini dikarenakan, Shopee masih membutuhkan tindakan “Validasi” untuk memastikan bahwa akun benar – benar “Verified” dan dapat dipercaya.

Mengapa?

Karena Shopee PayLater merupakan salah satu metode cicilan di Shopee yang membutuhkan keseriusan pengguna dalam memanajemen keuangan untuk melunasi cicilan / tagihan.

Hal itulah yang menyebabkan Shopee PayLater tidak muncul saat checkout di akun Shopee yang baru di daftarkan.

2. Belum Memiliki Riwayat Transaksi Rutin

Faktor kedua yang “mungkin” menyebabkan Shopee PayLater tida ada di aplikasi adalah karena tidak adanya riwayat transaksi di akun Shopee.

  • Riwayat transaksi ini bisa berupa :
  • Pembelian produk secara rutin.
  • Pembuatan toko / jualan di Marketplace Shopee.
  • Tidak menggunakan metode cicilan lain seperti Shopee Pinjam, Kredivo atau Akulaku.

Seperti dilansir dari laman resmi Shopee, bahwa kamu harus meningkatkan pembelian di aplikasi Shopee agar masuk dalam kriteria “Pengguna terpilih” yang dapat menikmati cicilan Shopee PayLater.

3. Akun Shopee Belum Verifikasi Identitas

Untuk mendapatkan fitur Shopee seperti ShopeePay, Shopee PayLater hingga Shopee Pinjam, pengguna harus memverifikasi data pribadi di akun Shopee.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Verifikasi Identitas Shopee

Data – data yang harus dilengkapi antara lain :

  • Nama lengkap.
  • NIK sesuai KTP.
  • Kartu Identitas (KTP, KITAS, SIM atau KK)
  • Foto Selfie + KTP.

Panduan verifikasi identitas Shopee ini bisa kamu baca lebih lengkap Disini.

Selain itu, ada juga verifikasi Email dan Nomor HP berupa kode OTP (One Time Password).

Perlu kamu ketahui, pengguna yang belum melakukan verifikasi Shopee atau belum melengkapi data pribadinya, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan fitur Shopee PayLater di kemudian hari.

Jadi, untuk mendapatkan kesempatan menikmati SPayLater, silahkan lengkapi data diri Kamu sesuai KTP Kamu.

4. Loyalti Shopee Belum Tercapai

Terdapat juga pengguna yang mengatakan Shopee PayLater tidak bisa digunakan di toko tertentu karena belum memenuhi Loyalti “Gold” member. Tentunya fakta ini bisa benar bisa juga salah.

Shopee sendiri tidak pernah menyebutkan kriteria loyalty untuk memunculkan menu Shopee PayLater di Shopee. Tapi yang pasti, loyalty akun Shopee akan meningkat seiring dengan peningkatan rutinitas belanja akun Shopee.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Shopee Loyalty

Oh ya, penjelasan lengkap mengenai jenis – jenis loyalty Shopee dan keuntungannya sudah saya ulas secara lengkap Disini.

Jika berdasarkan pengalaman penulis, Shopee PayLater muncul saat level loyalty akun Shopee sudah silver.

Tapi ini bukan patokan, karena jumlah transaksi bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran.

5. Akun Shopee Terkena Penalti

Pernahkah kamu mendengar istilah akun Shopee dibatasi? Atau yang lebih familiar disebut dengan moderasi akun Shopee.

Yap, akun Shopee yang terkena penalty juga dapat menyebabkan beberapa fitur tidak dapat digunakan di aplikasi Shopee. Salah satunya adalah metode pembayaran Shopee PayLater ini.

Beberapa contoh aktivitas mencurigakan di akun Shopee diantaranya ;

  • Sering membatalkan pesanan
  • Melakukan FO (Fake Order)
  • Sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi ke penjual.
  • Login akun Shopee di beberapa perangkat.

Kamu bisa memastikan apakah akun Shopee-mu sedang dalam pembatasan melalui email atau notifikasi di aplikasi Shopee.

Jika akun Shopee sedang dibatasi karena melanggar kebijakan, kamu dapat memulihkannya terlebih dahulu Disini.

6. Kemampuan Finansial Pengguna

Aplikasi Shopee dilengkapi dengan credit scoring secara otomatis yang diambil dari data di ponsel kamu. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara singkat kemampuan finansial pengguna.

Baca Juga : 11 Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater [Worth It 100%]

Selain itu, riwayat transaksi seperti tingkat rutinitas pengguna menggunakan metode cicilan lain seperti Akulaku, Kredivo hingga kartu kredit di Shopee juga dapat menjadi alasan apakah pengguna layak mendapatkan fitur Shopee PayLater.

Tentunya hal ini harus dibarengi dengan pembayaran cicilan / tagihan tepat waktu untuk metode cicilan yang dipilih.

7. Belum Update Akun Shopee

Tidak mengupdate aplikasi Shopee ke versi terbaru juga dapat menyebabkan beberapa fitur Shopee tidak muncul. Salah satunya adalah fitur Shopee PayLater.

Oleh karena itu, pastikan cek pembaharuan aplikasi Shopee di Google Playstore atau AppStore secara berkala untuk memastikan akun Shopee berada pada versi terbaru.

8. Chache Aplikasi Terlalu Banyak

Penyebab Shopee PayLater tidak bisa digunakan di beberapa toko Shopee dapat disebabkan oleh Chache aplikasi yang sudah menumpak dan tidak dibersihkan secara berkala.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Hapus Chache Shopee

Chache sendiri merupakan memori penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan aktivitas – aktivitas terkini pengguna di aplikasi Shopee.

Nah jika kamu sudah selesai menggunakan aplikasi Shopee, sebaiknya hapus chache aplikasi melalui pengaturan aplikasi ponsel.

9. Shopee PayLater Terkunci

Menu Shopee PayLater dikunci karena masalah keamanan dapat disebabkan oleh aktivitas mencurigakan pada akun dan transaksi Shopee PayLater seperti :

  • Shopee mendeteksi adanya percobaan hack pada akun Shopee PayLater kamu. Sehingga pihak dari Shopee langsung bertindak dengan cara menguncinya.
  • Login akun Shopee di dua perangkat atau menggunakan emulator juga menjadi penyebab kenapa akun SPayLater kamu dikunci, karena itu melanggar ketentuan dari pihak Shopee.
  • Terjadi aktivitas mencurigakan dengan tujuan menguntungkan pribadi.
Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi
Shopee PayLater Dikunci

Oleh karena itu, pastikan akun Shopee kamu aman dengan menghindari tiga faktor penyebab menu Shopee PayLater dikunci diatas.

10. Akun Shopee Belum Berusia 3 Bulan

Beberapa pengguna Shopee juga mengatakan bahwa fitur Shopee PayLater baru akan muncul setelah akun shopee aktif minimal 3 bulan setelah didaftarkan. Fakta ini juga belum bisa dikatakan “Valid”.

Tetapi, berkaca dari pengalaman beberapa mitra Shopee yang sudah mengalaminya, maka penyebab SPaylater tidak muncul di aplikasi ini saya masukkan delam list

Baca Juga : 11 Cara Menaikkan Limit Shopee PayLater Hingga 15 Juta Rupiah

Tapi ingat, akun shopee yang telah aktif lebih dari 3 bulan juga tidak menentukan fitur Shopee Paylater ini muncul di metode pembayaran saat checkout.

Tetapi yang pasti, kamu harus tetap rutin melakukan transaksi di akun Shopee sembari menunggu akun Shopee berusia minimal 3 bulan sejak didaftarkan.

Bagaimana Cara Memunculkan Shopee PayLater?

Setelah saya cari tahu, sebenarnya tidak ada cara untuk memunculkan menu Shopee PayLater di aplikasi Shopee.

“Menu Shopee PayLater hanya muncul di akun Shopee terpilih yang sesuai dengan kriteria dan penilaian tim Shopee”

Satu – satunya cara memunculkan metode pembayaran Shopee PayLater ini di akun Shopee kamu adalah dengan menghindari 10 penyebab diatas dan meningkatkan transaksi kamu di aplikasi Shopee.

Jika sudah melakukan semuanya tetapi menu Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran, kamu dapat menghubungi Customer Service Shopee lewat beberapa cara berikut :

  • Chat 24 jam (gunakan aplikasi Shopee untuk respon cepat dan yang ditangani langsung oleh Agen Shopee). Untuk chat di aplikasi Shopee, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:
    • Masuk ke halaman Saya.
    • Klik Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee.
    • Jika melalui Pusat Bantuan, klik Chat Shopee Sekarang dan kamu akan diarahkan ke halaman Chat.
  • Call Center 24 jam di nomor 1500702.
  • Atau kirimkan Email ke tim Shopee Disini.

Penutup

Jadi dapat disimpulkan Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi disebabkan karena akun Shopee kamu belum memenuhi kriteria tim Shopee seperti kurangnya riwayat transaksi, akun belum verifikasi hingga loyalty belum tercapai.

Baca Juga : 8 Penyebab Shopee PayLater Ditolak Aktivasi & Pengajuan Pinjaman

Sekian dulu ulasan 10 penyebab Shopee PayLater tidak muncul di aplikasi dan cara mengatasinya yang telah terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Shopee PayLater, kamu bisa membaca FaQ seputar Shopee PayLater lengkap Disini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *