Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

Akun Anda Dikunci Sementara Instagram? Ini 11+ Solusinya

Akun Anda Dikunci Sementara Instagram

Mahirtransaksi.com – Akun Anda dikunci sementara Instagram merupakan salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna IG. Jika kamu juga mengalaminya, maka kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk memulihkannya.

Akun Instagram yang terkunci merupakan salah satu bentuk tindakan keamanan untuk mencegah akun Instagram dibatasi atau bahkan diblokir permanen.

Penyebab akun IG dikunci sementara juga sangat beragam, misalnya karena melakukan aktivitas yang tidak wajar seperti follow atau unfollow ribuan akun sekaligus.

Pengertian Akun Dikunci Sementara Instagram

Akun Anda dikunci sementara Instagram adalah salah satu bentuk notifikasi pembatasan aktivitas karena adanya indikasi pelanggaran pada akun yang bersifat sementara.

Adapun notifikasi tersebut biasanya berisi kalimat sebagai berikut :

“Tindakan ini diblokir. Coba lagi nanti. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beri tahu kami jika menurut anda kami telah melakukan kesalahan“.

Namun pada beberapa kasus, pemblokiran mungkin berlaku dalam periode yang lebih lama atau bahkan permanen. Kalau sampai hal ini terjadi, maka kemungkinan untuk dapat memulihkan akun sangatlah kecil.

Akun Anda Dikunci Sementara Instagram
Akun IG Dikunci Sementara

Oleh karena itu, sebelum akun kamu terblokir secara permanen, sebaiknya kamu harus secepatnya mengambil tindakan pemulihan.

Selama kamu memiliki informasi lengkap mengenai akun dan tidak melakukan pelanggaran kebijakan yang berat, maka kamu tetap berpeluang untuk mendapatkan akun kamu kembali.

Kenapa Akun IG Dikunci Sementara?

Akun IG dikunci sementara tentunya disebabkan berbagai alasan. Instagram sendiri memiliki mekanisme untuk mendeteksi aktivitas tidak wajar dan mencurigakan yang dilakukan oleh penggunanya.

Berikut beberapa faktor penyebab yang memungkinkan akun IG dikunci sementara serta solusinya :

Faktor Penyebab Solusi
Lupa kata sandi atau informasi login Gunakan opsi Lupa Kata Sandi untuk mengatur ulang kata sandi.
Aktivitas yang mencurigakan atau pelanggaran Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Instagram untuk membuktikan identitas kamu dan membuka kunci akun.
Pelaporan atau tindakan spam oleh pengguna lain Kontak Instagram melalui opsi Bantuan atau Laporkan Masalah dalam aplikasi untuk mengklarifikasi masalah dan meminta pembukaan kunci akun.
Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang melanggar kebijakan Instagram Hentikan penggunaan aplikasi pihak ketiga yang melanggar kebijakan Instagram.
Masalah teknis pada platform Instagram Coba keluar dari akun dan masuk kembali setelah beberapa waktu.
Verifikasi tidak berhasil Ikuti petunjuk verifikasi yang diberikan oleh Instagram dan pastikan kamu memberikan informasi yang akurat dan valid.
Pelanggaran kebijakan atau kesalahan lainnya Pelajari kebijakan Instagram dan pastikan kamu mengikuti aturan yang ditetapkan.

Jika Instagram mendeteksi hal-hal yang tidak wajar di akun milikmu, maka sistem Instagram akan secara otomatis melakukan pemblokiran. Biasanya pemblokiran hanya berlaku sementara, tidak permanen.

Kamu tetap bisa memulihkan akun kembali seperti sedia kala dengan mengikuti prosedur yang sudah Instagram siapkan untuk membuktikan bahwa kamu tidak melanggar kebijakan Instagram.

Penyebab Akun Anda Dikunci Sementara Instagram

Jika akun Instagram terblokir sementara, maka kamu perlu menganalisis penyebabnya terlebih dahulu untuk mengetahui solusi paling tepat untuk mengatasinya.

Berikut beberapa penyebab akun Anda dikunci sementara Instagram :

Mendapatkan Report Dari Akun Lain

Penyebab pertama akun Anda sudah dikunci sementara Instagram adalah laporan dari pengguna lain yang merasa bahwa konten atau tindakan dari akun kamu melanggar aturan Instagram.

Akun Anda Dikunci Sementara Instagram
Report Akun IG

Instagram kemudian akan memeriksa laporan tersebut dan menilai apakah ada pelanggaran yang telah terjadi. Jika Instagram memang mendeteksi adanya pelanggaran, maka Instagram akan memblokir akun yang dilaporkan.

Selama masa blokir sementara, Instagram akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan apakah benar-benar ada pelanggaran atau kesalahan yang dilakukan oleh akun tersebut.

Terlalu Banyak Follow Akun Lain Dalam Sehari

Kemungkinan faktor lain yang menyebabkan akun Anda dikunci sementara Instagram adalah terlalu banyak mengikuti (follow) pengguna lain dalam sehari.

Tindakan ini dianggap sebagai following spam atau mengikuti terlalu banyak pengguna dalam waktu singkat yang merupakan tindakan yang tidak sah atau melanggar pedoman IG.

Terlalu Sering Like Postingan

Akun Anda sudah dikunci sementara Instagram bisa jadi karena terlalu sering like post. Tindakan ini disebut spam like, yaitu memberikan terlalu banyak like pada postingan pengguna lain dalam waktu singkat.

Instagram memiliki kebijakan dan batasan harian terkait jumlah like yang dapat kamu berikan untuk mencegah penyalahgunaan fitur ini.

Terlalu sering memberikan like pada postingan orang lain dalam waktu singkat dapat dianggap sebagai tindakan spam atau upaya untuk mendapatkan perhatian tanpa memperhatikan kualitas dan relevansi konten.

Melakukan Aktivitas Mencurigakan

Akun IG dikunci sementara juga disebabkan karena akun telah terdeteksi melakukan aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh sistem keamanan Instagram.

Akun Anda Dikunci Sementara Instagram
Aktivitas Mencurigakan Instagram

Aktivitas tersebut dapat termasuk penggunaan otomatis atau bot untuk mengikuti, menyukai, mengomentari atau mengirim pesan kepada pengguna lain dalam jumlah yang tidak wajar.

Hal ini karena Instagram memiliki mekanisme keamanan yang dirancang untuk melindungi pengguna dari spam, penipuan dan perilaku yang melanggar aturan komunitas.

Terlalu Sering Pindah Device

Selain itu, akun Instagram terkunci sementara disebabkan karena terlalu sering melakukan pergantian perangkat (device) yang tidak wajar.

Hal ini karena Instagram menganggap aktivitas tersebut mencurigakan dan berpotensi melanggar kebijakan keamanan.

Login Instagram Dari Aplikasi Lain

Akun Anda dikunci sementara Instagram jika terdeteksi adanya aktivitas login yang mencurigakan dari aplikasi atau perangkat yang tidak dikenali oleh sistem keamanan Instagram.

Hal ini dapat terjadi jika kamu mencoba login ke akun Instagram melalui aplikasi pihak ketiga atau perangkat yang tidak sah atau tidak terpercaya.

Hal ini karena Instagram mengambil langkah-langkah keamanan untuk melindungi pengguna dan mencegah akses yang tidak sah ke akun-akun mereka.

Posting Konten Yang Melanggar

Akun IG terkunci sementara Instagram jika melakukan posting konten yang melanggar pedoman atau kebijakan komunitas Instagram seperti konten yang mengandung kekerasan, pornografi, kebencian atau pelanggaran hak cipta.

Hal ini karena Instagram memiliki aturan-aturan yang mengatur jenis konten yang diperbolehkan dan yang dilarang untuk diposting.

Cara Mengembalikan Akun IG Yang Dikunci Sementara

Setelah mengetahui berbagai faktor yang mungkin menjadi penyebab akun Anda dikunci sementara Instagram, sekarang kamu bisa mengambil tindakan untuk memulihkan akun IG yang terkunci.

Berikut beberapa cara mengembalikan akun IG yang dikunci sementara :

Re-Login Akun IG Pada Device Utama

Langkah pemulihan akun Anda dikunci sementara Instagram yang pertama adalah dengan login ulang dari perangkat utama milikmu yang bertujuan untuk membuktikan kepada pihak Instagram bahwa akun dalam keadaan aman.

Setelah login ke device utama, maka sistem Instagram akan membuat kesimpulan bahwa akun tidak sedang disalahgunakan. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan ke Langkah pemulihan selanjutnya.

Tunggu Hingga Notifikasi Akun Dikunci Hilang

Akun Anda dikunci sementara Instagram bisa terjadi mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah bersabar dan menunggu masa pemblokiran berakhir.

Akun Anda Dikunci Sementara Instagram
Notifikasi Akun IG Dikunci Telah Hilang

Setelah beberapa waktu berlalu dan notifikasi akun IG terkunci telah hilang maka akun IG kamu mungkin aktif kembali dan dapat digunakan seperti biasa.

Hentikan Penggunaan Instagram Beberapa Saat

Saat akun IG dikunci sementara maka kamu perlu menghentikan penggunaan Instagram untuk sementara waktu. Langkah ini bertujuan untuk memulihkan status akun yang terblokir akibat terlalu banyak follow atau like.

Dengan menghentikan penggunaan Instagram, sistem Instagram akan memulihkan status dan menghilangkan semua kecurigaan terhadap akun IG milikmu.

Selain itu, kamu juga harus menjaga aktivitas selama penggunaan akun Instagram agar tidak melanggar kebijakan agar notifikasi pembatasan segera hilang.

Hubungi Layanan Bantuan Instagram

Untuk mengatasi akun Instagram dikunci sementara karena phising, kamu bisa langsung menghubungi layanan bantuan Instagram dengan mengajukan laporan tindakan phising kepada tim dukungan Instagram.

Gunakan opsi Laporkan Masalah yang tersedia di aplikasi atau situs web Instagram dengan kontak berikut ini :

Cantumkan informasi akun IG milikmu dan kronologi pemblokiran akun agar tim Instagram dapat membantu kamu untuk melakukan pemulihan IG yang terkunci sementara.

Akun IG Dikunci Sementara Dan Nomor Tidak Aktif

Dalam beberapa kasus, pihak Instagram akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi data diri untuk memulihkan akun IG yang terkunci termasuk meminta nomor HP yang terkait ke akun IG.

Oleh sebab itu, kamu dapat memilih beberapa opsi berikut jika akun IG dikunci sementara dan nomor tidak aktif :

  • Gunakan Email Yang Terhubung : Gunakan opsi Lupa Kata Sandi di halaman login dan ikuti langkah-langkah untuk mengatur ulang kata sandi melalui email.
  • Pilih Opsi Lainnya Di Halaman Login : Opsi Lainnya dapat membantu kamu untuk mendapatkan akses ke akun yang terkunci.
  • Hubungi Instagram Help Center : Hubungi Instagram Help Center melalui formulir kontak di halaman Help Center.
  • Aktifkan Kembali Nomor Telepon : Kunjungi Gerai Provider Nomor HP yang kamu gunakan untuk meminta aktivasi nomor kembali.
  • Cari Bantuan Melalui Media Sosial : Hubungi layanan IG melalui akun resmi Instagram di media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Berapa Lama Akun Instagram Dikunci Sementara?

Lama akun Instagram dikunci sementara bervariasi tergantung pada penyebab penguncian dan kebijakan Instagram. Secara umum, akun IG dikunci sementara akan berlangsung selama 3 jam sampai 3 hari kerja.

Jika akun IG dikunci sementara karena pelanggaran kebijakan atau aktivitas yang mencurigakan maka kamu mungkin perlu menunggu hingga Instagram menyelesaikan proses pemeriksaan dan verifikasi.

Jika akun IG dikunci dalam waktu yang cukup lama sebaiknya hubungi tim dukungan pelanggan Instagram untuk mendapatkan informasi atau bantuan lebih lanjut terkait akun IG kamu.

Cara Mencegah Akun IG Diblokir Sementara

Mencegah akun Instagram diblokir sementara adalah langkah penting untuk menjaga keamanan dan kelangsungan akun. Berikut beberapa cara mencegah akun Instagram diblokir sementara :

  • Jangan melanggar aturan seperti penyebaran konten spam, penipuan, kekerasan atau pelanggaran hak cipta.
  • Hindari menggunakan bot atau alat otomatis untuk menyukai, mengomentari atau mengikuti akun.
  • Lindungi akun dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda dari akun lainnya.
  • Hindari mengikuti, mengirim pesan atau menyukai secara berlebihan pada akun orang lain.
Akun Anda Dikunci Sementara Instagram
Akun Instagram Diblokir Sementara
  • Pastikan email dan nomor telepon telah terverifikasi pada akun Instagram milikmu.
  • Hindari membeli followers IG atau menggunakan layanan yang menjanjikan peningkatan followers secara instant.
  • Gunakan hashtag yang relevan dan tidak melanggar kebijakan Instagram.
  • Periksa dan hapus akses aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal atau tidak dipercaya yang terhubung dengan akun Instagram kamu.
  • Jangan terlibat dalam praktik seperti follow-unfollow secara berlebihan atau meminta orang untuk mengikuti akun IG milikmu.
  • Jaga keamanan akun IG dengan tidak mengklik tautan yang mencurigakan atau situs web atau pesan yang tidak terpercaya.

Kesimpulan

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi akun Anda dikunci sementara Instagram. Jika akun kamu saat ini sedang terblokir maka kamu dapat mencoba beberapa cara di atas untuk memulihkannya.

Baca Juga : 1K Followers Instagram Gratis Indonesia Tanpa Login Free APK

Perlu kamu ketahui bahwa penting untuk mematuhi kebijakan Instagram dan menghindari aktivitas yang melanggar untuk mencegah akun IG dikunci sementara.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.