Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

10 Aplikasi Bayar Zakat Online Yang Resmi Dan Terpercaya

Aplikasi Bayar Zakat Online

Mahirtransaksi.com – Aplikasi bayar zakat online dapat memudahkan kamu untuk membayar zakat secara cepat dan mudah. Pilih aplikasi terpercaya, dan simak tata cara pembayaran yang resmi dan aman berikut ini.

Kemajuan teknologi yang pesat saat ini dapat memudahkan kamu untuk melakukan transaksi secara online melalui aplikasi. Contohnya seperti aplikasi pembelian tiket transportasi, hingga aplikasi bayar zakat online.

Kamu dapat menemukan berbagai aplikasi terpercaya yang telah menyediakan fitur pembayaran zakat

Aplikasi Bayar Zakat Online

Untuk memudahkan kamu membayar zakat fitrah secara online, kamu dapat menggunakan aplikasi pemabayaran zakat yang aman dan resmi. 

Tentunya dengan menggunakan aplikasi, pembayaran zakat fitrah akan semakin mudah dan praktis. Berikut 10 aplikasi pembayaran zakat fitrah online yang dapat kamu coba :

1. Baznas (Badan Amil Zakat Nasional)

Aplikasi Bayar Zakat Online
Aplikasi BAZNAZ

Baznas merupakan organisasi resmi dari pemerintah Indonesia yang berwenang untuk melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Organisasi ini menggunakan media offline maupun online untuk melakukan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah.

Kamu dapat membayar zakat melalui Baznas dengan menggunakan beberapa metode pembayaran, seperti mobile banking, payroll system, dompet elektronik, hingga transfer bank via ATM.

Nantinya sedekah yang dikumpulkan akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima zakat fitrah.

2. Kitabisa

Kamu dapat mengakses Kitabisa melalui situs maupun aplikasi secara online. Aplikasi ini bekerja sama dengan tiga organisasi penyalur donasi seperti Baznas, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Saat kamu akan membayar zakat melalui aplikasi ini, nantinya Kitabisa akan menghadirkan sistem kode unik yang biasanya terletak di 2 atau 3 angka dari belakang.

Misalnya, kamu akan membayar sebesar Rp.100.000, nantinya akan muncul angka unik seperti Rp.100.023 atau Rp.100.112. Setelah transfer, sistem akan langsung mengkonfirmasi transaksi secara otomatis.

3. Zakat Kita

Aplikasi Zakat Kita menawarkan berbagai layanan untuk kamu yang ingin menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan donasi lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah.

Zakat Kita adalah aplikasi yang dibuat oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat. Lembaga ini merupakan lembaga amil zakat resmi dibawah naungan BAZNAS.

4. Zakat Fitrah Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Selain untuk membeli barang atau membayar tagihan lainnya, disini kamu juga bisa membayar zakat fitrah.

Aplikasi Bayar Zakat Online
Bayar Zakat Via Tokopedia

Kamu cukup memilih kolom “top up dan tagihan”, lalu pilih “semua kategori”, kemudian kamu akan menemukan pilihan donasi dan zakat. Pada pilihan tersebut tersedia Fidyah, Donasi, Wakaf dan Zakat.

5. Gojek

Aplikasi Gojek berkolaborasi dengan Kitabisa dan Baznas. kamu dapat melakukan pembayaran zakat melalui fitur GoGive.

Kamu cukup membuka aplikasi Gojek, kemudian pilih GoGive. Nantinya akan muncul beberapa pilihan untuk membayar zakat. kamu dapat menggunakan fitur GoPay, mobile banking, maupun transfer via ATM untuk pembayarannya.

6. Zakatpedia

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini melalui smartphone. Pada Zakatpedia, kamu dapat menghitung berapa besaran, maupun jumlah zakat yang akan kamu bayarkan.

Ketika membuka aplikasi ini, tersedia beberapa fitur yang dapat kamu pilih. Selain itu, terdapat pula fitur hitung menghitung jumlah zakat yang harus kamu bayarkan, baik itu zakat fitrah maupun zakat maal.

7. Aplikasi LinkAja

Aplikasi LinkAJa menyediakan fitur layanan untuk kamu yang ingin membayar zakat secara online. kamu dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini melalui smartphonemu.

Cara untuk membayar zakat melalui aplikasi ini yaitu, setelah kamu membuka aplikasi kamu dapat memilih menu “LinkAja Berbagi”.

Aplikasi Bayar Zakat Online
Bayar Zakat Via LinkAja

Kemudian pilih menu “Zakat Fitrah”, dan pilih amil zakat yang bekerja sama seperti Rumah Zakat, Rumah Yatim, dan lain sebagainya. kamu dapat menentukan jumlah yang ingin dibayarkan, ucapkan niat zakat, tekan tombol konfirmasi.

8. Bukalapak

Fitur BukaZakat di Bukalapak dapat kamu gunakan untuk menghitung dan membayarkan zakat penghasilan (profesi), zakat fitrah, dan zakat harta (maal).

Selain itu, Bukalapak juga bekerjasama dengan Baznas, Lazisnu Nahdlatul Ulama (NU), Lazismu Muhammadiyah, hingga PZU Persatuan Islam (Persis).

Aplikasi Bukalapak juga memiliki kalkulator zakat untuk membantu menghitung zakat yang harus dibayarkan dan biasa digunakan untuk zakat penghasilan.

9. Indonesia Dermawan

Aplikasi Indonesia Dermawan tersedia di iOS dengan rating 4,9 yang dapat kamu jadikan aplikasi pembayaran zakat fitrah online.

Aplikasi Indonesia Dermawan merupakan aplikasi milik Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang memiliki fitur update layaknya sistem smartphone kamu.

10. Aplikasi Amalin

Amalin merupakan aplikasi untuk membayar zakat fitrah online khusus Android buatan Rumah Amal. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menghitung dan membayar zakat profesi atau malal.

Aplikasi Amalin memiliki beragam fitur yang terkait, salah satunya alarm zakat. Alarm itu juga bisa diaktifkan secara manual, untuk kebutuhan yang lebih personal.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Bayar Zakat Online

Meskipun pada umumnya pembayaran zakat dilakukan di masjid atau melalui petugas amil zakat di kawasan tempat tinggal kamu. Namun dengan menggunakan aplikasi bayar zakat online, kamu juga tetap dapat membayar zakat dari mana saja.

Perbedaan dari membayar zakat secara online dengan offline hanya berbeda dari cara pembayarannya saja. Jadi kamu tidak perlu khawatir apakah menggunakan aplikasi bayar zakat online, pembayaran sah atau tidak, karena hukumnya tetap sah.

Banyak kelebihan yang kamu dapatkan jika membayar zakat menggunakan aplikasi secara online. Berikut kelebihan membayar zakat online lewat aplikasi :

1. Aman Saat Pandemi

Adanya pandemi di Indonesia membuat masyarakat harus lebih waspada, salah satunya dengan cara meminimalisir bahkan menghindari kerumunan.

Dengan tersedianya aplikasi bayar zakat secara online, dapat membuat kamu mengurangi potensi penyebaran virus. Selain menghindari kerumunan, pembayaran yang dilakukan tidak menggunakan uang tunai, jadi kamu juga dapat terhindar dari penularan virus melalui uang.

2. Bukti Transaksi Secara Otomatis

Jika kamu membayar zakat secara online, bukti transaksi akan secara otomatis terkirim ke aplikasi pilihanmu. Pemberitahuan yang transparan ini akan menghindari kamu dari rasa kekhawatiran.

Pengelola zakat atau Amil dapat lebih mudah untuk membuat laporan keuangan zakat yang telah dilakukan secara transparan. Karena pembayaran secara online dapat terlihat track record dari bukti transaksi.

4. Penyaluran Dana Kepada Penerima Lebih Cepat

Melalui aplikasi, pengumpulan zakat lebih efisien, karena penyalurannya yang lebih cepat dibandingkan konvensional. Aplikasi pembayaran zakat bukan hanya mencakup satu daerah, melainkan seluruh daerah di Indonesia.

Terdapat banyak pilihan aplikasi yang menyediakan fitur layanan pembayaran zakat. kamu cukup memilih salah satu aplikasi terpercaya pilihanmu yang menyediakan layanan tersebut.

5. Lebih Praktis dan Proses yang Cepat

Kelebihan yang kamu dapatkan jika membayar zakat secara online yaitu prosesnya yang cepat dan praktis. Melalui aplikasi, kamu hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk melakukan transaksi.

Dibandingkan membayar secara offline, hal ini lebih memudahkan kamu untuk membayar kapan saja dan dimana saja. Jadi kamu tidak akan lupa untuk membayar zakat, karena kamu cukup membuka smartphone dan aplikasi saja.

Cara Membayar Zakat Fitrah Online Menggunakan Aplikasi

Setelah kamu mengetahui apa saja aplikasi online untuk membayar zakat, serta kelebihan-kelebihannya. kamu juga dimudahkan dengan cara pembayarannya yang jauh lebih praktis. 

Berikut cara membayar zakat fitrah secara online menggunakan aplikasi :

1. Menghitung Kewajiban Membayar Zakat

Kamu dapat menghitung berapa jumlah yang harus dikeluarkan untuk pembayaran zakat. Salah satunya, untuk lebih memudahkan kamu dapat menggunakan kalkulator zakat

Sebelum membayar zakat, tentukan terlebih dahulu zakat apa yang akan kamu bayar. Karena setiap jenis zakat memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

2. Ucapkan Niat

Setelah kamu mengetahui berapa jumlah yang akan dikeluarkan, kamu dapat mengucapkan niat zakat dengan doa. Doa tersebut disesuaikan dari niat zakat dengan jenisnya.

Kamu dapat mengucapkan doa dalam hati untuk meminta keridhoan Allah SWT. Niat ini dapat kamu ucapkan sebelum melakukan transaksi.

3. Melakukan Transaksi Via Aplikasi Online

Setelah mengucapkan niat, kamu dapat memilih aplikasi terpercaya pilihanmu yang menyediakan layanan pembayaran zakat. Pastikan kamu menulis nominal sesuai dan teliti.

Pada beberapa aplikasi, terdapat kode unik saat kamu melakukan pembayaran. Kode unik dapat berguna sebagai kode verifikasi, jadinya proses pembayaran akan lebih cepat.

4. Memilih Metode Pembayaran

Ketika kamu selesai melakukan transaksi, kamu akan diarahkan untuk memilih metode pembayaran apa yang ingin digunakan. Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut memiliki banyak pilihan metode yang tersedia.

Kamu dapat menggunakan dompet elektronik, transfer via ATM atau Bank, maupun mobile banking. Banyaknya pilihan metode pembayaran dapat semakin memudahkan kamu untuk melakukan transaksi.

5. Berdoa

Setelah melakukan pembayaran, kamu dapat melakukan konfirmasi apakah data dirimu telah sesuai atau tidak. Kemudian kamu dapat berdoa agar Allah SWT senantiasa membuka pintu rezeki atas zakat yang telah kamu tunaikan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online Seluruh Indonesia

Salah satu kewajiban kamu sebagai umat Islam telah kamu jalankan. Jangan lupa untuk memilih aplikasi terpercaya agar zakat yang kamu bayar benar-benar sampai di tangan orang yang berhak untuk menerima.

Penutup

Cara Membayar zakat fitrah online lewat aplikasi yaitu dengan memilih aplikasi pembayaran zakat terlebih dahulu, kemudian hitung zakat yang harus dibayar menggunakan kalkulator zakat online lalu lakukan pembayaran zakat secara online.

Baca Juga : 7 Aplikasi Cek Yang Tidak Follow Back Terbaik Di Instagram

Kamu telah mengetahui pilihan aplikasi, kelebihan, dan tata cara melalui aplikasi pembayaran zakat online. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya. Temukan informasi lainnya terkait aplikasi-aplikasi pembayaran online yang lebih praktis lainnya.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.