√ 5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online Seluruh Indonesia

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online

Mahirtransaksi.com – Membayar pajak kendaraan adalah sesuatu yang wajib dilakukan bagi seluruh pemilik kendaraan. Agar kamu lebih mudah mengetahui biaya pajak, kamu dapat menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online.

Membayar pajak kendaraan menggunakan aplikasi tentunya merupakan pilihat tepat agar pembayaran lebih efektif dan efisien.

Kamu tidak perlu antri di kantor Samsat untuk membayar pajak. Dengan aplikasi kamu dapat menghemat waktu dan tenaga serta dapat dilakukan hanya lewat ponsel.

Jenis Pajak Kendaraan Yang Harus Dibayar Lewat Aplikasi

Sebelum membayar pajak, penting untuk kamu ketahui bahwa pajak kendaraan terbagi sesuai dengan waktu pembayaran. Apa saja jenis pajak kendaraan bermotor?

Pajak Tahunan

Jenis pajak pertama yaitu pajak tahunan yang berguna untuk mengesahkan STNK tahunan. Kamu dapat mengurus pajak tahunan kendaraan melalui kantor Samsat ataupun melalui aplikasi secara online.

Agar kamu dapat mengurus pajak tahunan ini, kamu membutuhkan beberapa dokumen. Dokumen yang harus kamu siapkan antara lain fotokopi KTP, STNK asli, serta dokumen yang berisikan informasi pribadi seperti nama KTP dan STNK yang sesuai.

Karena kamu tidak dapat mengurus pajak tahunan jika nama pemilik kendaraan berbeda dengan data dirimu.

Pajak Lima Tahunan

Pajak kendaraan lainnya yang harus kamu bayar yaitu pajak lima tahunan. Selain membayar, kamu juga akan mengganti plat nomor kendaraan ketika melakukan pembayaran pajak lima tahunan.

Kendaraan yang kamu miliki akan diperiksa oleh petugas yang ada di kantor Samsat untuk memastikan kesesuaian dari informasi kendaraan yang telah tercantum di STNK.

Saat melakukan pembayaran jenis ini, kamu juga membutuhkan beberapa dokumen yang sesuai seperti KTP, STNK, BPKB, dan formulir cek fisik kendaraan yang telah kamu isi.

Karena dibutuhkannya cek fisik, maka pajak lima tahunan ini tidak dapat dilakukan melalui aplikasi. Untuk membayar pajak jenis ini, kamu harus datang secara langsung ke kantor Samsat terdekat.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online

Agar tidak telat membayar, kamu dapat mengandalkan aplikasi untuk mengecek pajak kendaraan. Hadirnya aplikasi ini semakin memudahkanmu untuk tidak telat membayar pajak. 

Berikut 5 aplikasi cek pajak kendaraan online serta cara menggunakannya :

1. Cek Pajak Lewat Samsat Online

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Online
Samsat Online

Aplikasi Samsat Online ini dapat memudahkan kamu untuk melakukan berbagai pembayaran terkait kendaraan.

Seperti melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pengesahan STNK tahunan, dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Berbagai pembayaran tersebut dapat dilakukan karena adanya data dari database kendaraan bermotor. Data tersebut disatukan secara nasional ke dalam aplikasi ini, sehingga kamu dapat lebih mudah untuk mengecek dan membayar pajak kendaraan.

2. Cek Pajak Kendaraan

Bagi kamu yang ingin mengecek pajak kendaraan di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan, kamu dapat menggunakan aplikasi ini.

Selain untuk mengecek pajak kendaraan, aplikasi ini juga dapat mengecek nomor polisi kendaraan bermotor.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini, kemudian memilih kendaraan mana yang telah terdaftar sesuai beberapa provinsi pilihan.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi detil seperti tanggal akhir pajak, tanggal akhir STNK, hingga jumlah pajak yang harus kamu bayarkan.

3. Cek Pajak Motor Mobil

Aplikasi ini terbilang baru, yang berguna untuk membantu kamu mengetahui status pajak kendaraan. Setelah menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui data kendaraan, baik alamat, maupun nomor polisi.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk kendaraan seperti mobil, dan motor. Tentunya dengan aplikasi ini pula kamu bisa mengetahui tagihan pajak dari kendaraanmu.

4. Aplikasi SAMBARA

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
Aplikasi SAMBARA

SAMBARA adalah salah satu aplikasi untuk cek pajak kendaraan, namun hanya dapat digunakan untuk kamu yang tinggal di wilayah Jawa Barat. Karena aplikasi ini dikelola oleh Pemerintah Jawa Barat.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melihat status pajak kendaraan, mengetahui lokasi Samsat di wilayah Jawa Barat, hingga melakukan pembayaran pajak secara online.

Caranya, kamu hanya perlu menuliskan nomor plat kendaraan, lalu akan muncul segala informasi pajak kendaraan.

5. Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan
SAKLPOLE e-Samsat Jateng

Jika aplikasi SAMBARA khusus untuk warga Jawa Barat, aplikasi ini dapat digunakan untuk kamu yang tinggal di daerah Jawa Tengah. Karena aplikasi Sakpole e-Samsat Jateng dikelola secara langsung oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Hadirnya aplikasi ini memudahkan kamu untuk melakukan pembayaran pajak secara online. Jadi, kamu tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan.

Selain mendapatkan informasi pajak, kamu juga bisa mengakses beberapa informasi terkait kendaraan lainnya. Seperti informasi status blokir kendaraan bermotor, serta pencarian lokasi layanan masyarakat di Jawa Tengah, seperti Samsat, ATM, kantor polisi, hingga kantor Jasa Raharja.

Manfaat Aplikasi Online Cek Pajak Kendaraan

Apakah kamu tahu, jika mengecek pajak kendaraan bermotor secara berkala itu penting? Karena, bukan tidak mungkin jika kamu lupa kapan batas terakhir untuk perpanjangan pajak kendaraan milikmu.

Setelah kamu mengetahui kelima aplikasi cek pajak, kamu akan mengetahui manfaat dari adanya aplikasi ini, lho. Yuk simak berikut ini manfaat dari adanya aplikasi untuk mengecek pajak kendaraan.

1. Tidak Perlu Merasa Khawatir Saat Berkendara

Adanya aplikasi cek pajak kendaraan online, membuat kamu merasa nyaman saat berkendara. Selain kekurangan atribut berkendara, atau tidak membawa SIM, maupun STNK, kamu dapat terkena tilang karena tunggakan pajak kendaraan.

Tentunya jika kamu sudah lengkap membawa atribut dan surat-surat penting saat berkendara, kamu tidak ingin kena tilang hanya karena lupa membayar pajak, kan? Dengan adanya aplikasi di smartphone, kamu dapat rutin memeriksa kapan waktunya untuk membayar pajak.

2. Menyiapkan Anggaran Terlebih Dahulu

Untuk membayar pajak kendaraan, biayanya tergantung dari jenis kendaraanmu. Jika kamu menggunakan aplikasi cek pajak, kamu dapat menyiapkan anggarannya terlebih dahulu.

Jadi kamu tidak akan merasa kesulitan ketika tenggat waktu pembayaran pajak, kamu tidak memiliki dana. Itulah pentingnya menggunakan aplikasi ini.

3. Bebas dari Denda

Karena kamu telah menyiapkan dana untuk membayar pajak, tentunya kamu tidak akan terkena denda. Karena denda tilang diberlakukan jika kamu terlambat membayar.

Jika terkena denda, tentu dana tersebut akan kamu keluarkan di luar dari anggaran yang telah kamu siapkan. Tentunya kamu tidak ingin mengeluarkan uang untuk denda, bukan?

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bayar denda tilang online hanya lewat HP untuk menghemat waktu jika pajak kamu telat dibayar.

4. Mempermudah Akses Informasi Terkait Kendaraan

Manfaat ini adalah yang paling umum kamu rasakan ketika memiliki aplikasi cek pajak. Karena di dalam aplikasi ini, kamu dapat mencari segala macam informasi terkait kendaraan bermotor.

Kamu dapat mengetahui kapan waktu membayar pajak, detail informasi kendaraan bermotor, hingga layanan kantor Samsat terdekat di wilayahmu. Tidak hanya sekedar informasi, tentunya kamu juga dapat membayar pajak tahunan melalui aplikasi.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Zakat Fitrah Online Resmi Dan Terpercaya

Kemajuan teknologi saat ini lebih memudahkan kamu untuk melakukan segala macam pembayaran atau mengakses informasi. Salah satunya dengan adanya aplikasi cek pajak kendaraan, membuat kamu tidak perlu datang ke kantor Samsat.

Baca Juga : 8 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Online Lewat Ponsel

Selain menghemat waktu dan tenaga, kamu juga dapat menghemat biaya jika menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan. Dengan adanya artikel ini, semoga dapat membantu kamu untuk tepat waktu dalam membayar pajak kendaraan bermotor ya.

Semoga bermanfaat !

4.9/5 - (17 votes)
x