√ 8 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor Online Lewat HP

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor

Mahirtransaksi.com – Hadirnya aplikasi cek nama pemilik kendaraan beserta plat nomornya memberi kemudahan untuk pengecekan keaslian kepemilikan kendaraan. kamu dapat melakukan pengecekan baik secara offline maupun online.

Nama pemilik kendaraan dapat diketahui dari plat nomor kendaraan yang ada pada mobil maupun motor. Plat nomor ini merupakan sebuah alat identifikasi sebuah kendaraan.

Selain itu, nama pemilik kendaraan juga dapat diketahui dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) karena digunakan saat registrasi kendaraan ketika kendaraan dibeli atau berpindah tangan.

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Online

Untuk pengecekan secara offline, kamu dapat mendatangi kantor Samsat setempat. Jika online, kamu dapat membuka website maupun mengunduh aplikasi. Lalu apa saja aplikasi untuk pengecekan plat nomor kendaraan online?

1. Aplikasi SAMBARA

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
Aplikasi SAMBARA

SAMBARA merupakan singkatan dari Samsat Mobile Jawa Barat. SAMBARA adalah aplikasi pertama yang dapat kamu gunakan untuk pengecekan nomor kendaraan online.

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat digunakan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Barat. Dengan  menggunakan SAMBARA, kamu dapat melakukan pengecekan plat nomor dengan mudah, sehingga kamu mengetahui informasi terkait kepemilikan kendaraan.

2. E-Smart Samsat Jatim

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
E-Smart Samsat Jatim

Aplikasi E-Smart Samsat Jatim ini dapat digunakan bagi kamu yang tinggal di wilayah Provinsi Jawa Timur. Aplikasi ini diluncurkan oleh Ditlantas Jatim, serta dapat digunakan secara gratis dan mudah, .

Ukuran aplikasinya sangat ringan, yaitu 4,6 MB saat pertama kali diunduh. Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu dapat memeriksa keabsahan plat nomor kendaraan, cek pajak, BPKB Jawa Timur, mekanisme layanan Samsat, dan lain sebagainya.

3. Aplikasi SAKLPOLE e-Samsat Jateng

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
SAKLPOLE e-Samsat Jateng

Aplikasi selanjutnya dapat digunakan bagi kamu warga Jawa Tengah yaitu Sakpole E-Samsat Jateng.

Sama seperti aplikasi lainnya, kamu dapat mengakses berbagai informasi penting terkait identitas kepemilikan, maupun informasi lain mengenai kendaraan bermotor.

Informasi yang dapat kamu temukan antara lain yaitu terkait PKB terkini, status pemblokiran kendaraan bermotor, nilai jual kendaraan bermotor, pengecekan plat nomor, pencarian lokasi Samsat, dan lain sebagainya.

4. Cek Ranmor Dan Pajak DKI Jakarta

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
Cek Ranmor Dan Pajak DKI Jakarta

Sesuai namanya, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa keabsahan plat nomor dan identitas kendaraan di wilayah DKI Jakarta. Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu diharuskan untuk memasukkan NIK dan plat nomor kendaraan yang akan diperiksa.

Penggunaan aplikasi sangat mudah, kamu dapat mencari informasi seputar kendaraan bermotor. Setelah kamu memasukkan NIK dan nomor plat kendaraan yang ingin diperiksa, berbagai informasi yang kamu butuhkan tersedia di aplikasi ini.

5. ESamsat KEPRI

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
e-Samsat KEPRI

Bagi kamu yang berada di wilayah Kepulauan Riau, aplikasi ini dapat kamu gunakan. Penggunaan aplikasi ini sama seperti aplikasi pengecekan plat nomor dan pemilik kendaraan lainnya.

Kelebihan dari ESamsat KEPRI ini yaitu memiliki user interface yang simpel, sehingga penggunaannya jauh lebih mudah dan bisa diakses oleh siapa saja. kamu dapat mencari informasi-informasi penting, seperti nama pemilik kendaraan, dan lain sebagainya.

6. e-Dempo Samsat Sumatera Selatan

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
e-Dempo Samsat Sumatera Selatan

Aplikasi e-Dempo Samsat Sumatera Selatan dibuat untuk memudahkan kamu yang ingin memeriksa plat nomor kendaraan di wilayah Sumatera Selatan. Kamu dapat mengunduh terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Penggunaan yang mudah dan praktis, membuat aplikasi ini dapat digunakan siapa saja. Selain untuk mengecek plat nomor, kamu dapat mengecek pajak kendaraan di Samsat setempat, lho!

7. Aplikasi SAMSAT DELIVERY

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Bermotor
Aplikasi SAMSAT DELIVERY

SAMSAT DELIVERY adalah aplikasi yang tak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi cek kendaraan lainnya. Namun, aplikasi ini dikhususkan untuk pemilik kendaraan bermotor yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk penggunaannya, setelah mengunduh aplikasi ini kamu dapat memasukkan nomor kendaraan secara lengkap. Selain itu, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk membayar pajak secara COD.

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Di Indonesia

Ketujuh aplikasi cek nama pemilik kendaraan online tersebut dapat digunakan sesuai dengan wilayah dimana kamu berada. Wilayah lain juga tentunya memiliki aplikasi dengan fungsi yang sama.

Contohnya yaitu :

  • Wilayah Aceh dengan nama aplikasi PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH.
  • Wilayah Kalimantan Tengah dengan nama aplikasi RC POLDA KALIMANTAN TENGAH.
  • Wilayah Kalimantan Utara dengan nama aplikasi eSAMSAT Kalimantan Utara.
  • Wilayah Lampung dengan nama Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung.
  • Wilayah Pontianak dengan nama Samsat Pontianak.
  • Wilayah Sulawesi Utara dengan nama Info Pajak Kendaraan Sulut, dan
  • Wilayah Yogyakarta dengan  nama aplikasi PAJAK KENDARAAN YOGYAKARTA.

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi dan cara penggunaan yang sama seperti aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya. Pengecekan nama pemilik dan nomor kendaraan dapat digunakan salah satunya untuk pelacakan jika dibutuhkan.

Keuntungan Mengetahui Identitas Pemilik Kendaraan 

Plat nomor kendaraan memiliki salah satu fungsi yang sama dengan KTP (Kartu Tanda Pengenal), yaitu sebagai alat identifikasi. Plat nomor kendaraan terdiri dari beberapa kombinasi rangkaian huruf dan angka yang unik.

Tujuan dari kombinasi huruf dan angka tersebut untuk memberikan tanda pada kendaraan dan identitas pemilik kendaraan. Jika melihat kode depan plat nomor, kamu dapat mengetahui informasi terkait daerah registrasi kepemilikan kendaraan.

Selain itu, jika kamu mengecek lebih lanjut, kamu juga dapat mengetahui berbagai informasi tambahan. Seperti nama pemilik kendaraan, alamat pemilik kendaraan, merk dan jenis kendaraan, tahun pembuatan kendaraan, warna kendaraan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Aplikasi Bayar Tilang Online, Praktis Dari Rumah

Pengecekan plat nomor dan identitas kepemilikan kendaraan biasanya digunakan untuk penelusuran masalah pembayaran pajak kendaraan bermotor, menertibkan kendaraan yang telah melakukan pelanggaran, bahkan untuk penelusuran kasus kriminal seperti pencurian kendaraan maupun tabrak lari.

Jika kamu membeli kendaraan baru dari dealer, kamu dapat menggunakan identitasmu sendiri untuk nama di BPKB maupun STNK. Namun jika kamu membeli kendaraan secara bekas dari orang lain, kamu dapat melakukan balik nama terlebih dahulu.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Zakat Fitrah Online Resmi Dan Terpercaya

Proses balik nama menjadi penting, agar memudahkan kamu dalam proses pengesahan STNK maupun pajak lima tahunan. Karena identitas pemilik kendaraan yang terdaftar di kantor Samsat harus sesuai dengan identitas pemilik kendaraan saat ini.

Menurut Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar, pentingnya data pemilik kendaraan yang terdaftar di kantor Samsat harus sesuai dengan data pemilik saat ini bertujuan untuk:

  • Tertib kepengurusan administrasi dalam rangka :
    • Terjaminnya keabsahan kendaraan bermotor dan kepemilikannya, dalam rangka mewujudkan perlindungan hukum.
    • Terwujudnya sistem informasi dan komunikasi sebagai bentuk tertib administrasi sebagai landasan penyelenggaraan fungsi kontrol kepolisian.
  • Pengendalian dan pengawasan kendaraan bermotor dalam rangka :
    • Pengawasan kendaraan bermotor yang dioperasikan.
    • Pemberian dukungan pengendalian jumlah dan operasional kendaraan bermotor.
  • Memudahkan penyidikan pelanggaran atau kejahatan dalam bentuk :
    • Penyediaan data forensik kepolisian untuk mendukung penyidikan kejahatan yang terkait dengan kendaraan.
    • Penyediaan data untuk dukungan proses penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas.
  • Perencanaan, operasional manajemen, dan rekayasa lalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka :
    • Perencanaan manajemen dan rekayasa infrastruktur lalu lintas dan angkutan jalan.
    • Perencanaan manajemen kapasitas dan kebutuhan lalu lintas dan angkutan jalan.
    • Operasional dan manajemen rekayasa serta pendidikan lalu lintas dan angkutan jalan.
  • Perencanaan pembangunan nasional dalam rangka penyediaan data untuk mendukung :
    • Pembangunan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan.
    • Pengembangan industri dan teknologi lalu lintas dan angkutan jalan.
    • Pembangunan di bidang jalan.
    • Pembangunan di bidang lain terkait dengan lalu lintas dan angkutan jalan.

Setelah kamu mengetahui pentingnya menggunakan aplikasi cek nama pemilik kendaraan, kamu dapat memeriksanya terlebih dahulu. Jika kendaraan yang kamu miliki belum sesuai segera lakukan proses balik nama.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya!

4.9/5 - (14 votes)