Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

10 Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Web Dan Excel Gratis

Aplikasi Pembayaran SPP

Mahirtransaksi.com – Dengan aplikasi pembayaran SPP berbasis web dan Excel yang bisa kamu gunakan secara gratis, maka kamu tidak perlu repot – repot menginput pembayaran karena semua akan terintegrasi dalam satu aplikasi.

Teknologi semakin canggih, semua aspek kehidupan dibuat instan dengan tidak memisahkan teknologi dan internet. Kini ada aplikasi pembayaran SPP yang dipakai di sekolah untuk jenjang SMP, SMA/K atau Madrasah.

Sebagian kota besar di Indonesia, sudah mengimplementasikan sistem informasi administrasi dan akademik berbasis online. Hal ini dinilai efektif dan efisien untuk kepentingan administrasi dan pembayaran SPP.

Aplikasi Pembayaran SPP

Di sekolah, biasanya administrasi pembayaran SPP biasanya dikerjakan oleh petugas Tata Usaha sebuah lembaga pendidikan secara manual.

Dalam dunia Pendidikan, SPP merupakan singkatan dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan yang merupakan biaya yang dibebankan kepada siswa membantu lembaga pendidikan, sekolah maupun perguruan tinggi dalam meningkatkan fasilitas belajar mengajar.

Besarnya biaya SPP setiap sekolah tidak sama. Setiap jenjang sekolah maupun perguruan tinggi menentukan sendiri besarnya biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan meskipun tetap mengacu pada peraturan pemerintah.

Jumlah SPP yang dibayarkan oleh siswa dan mahasiswa di sekolah swasta biasanya lebih besar daripada sekolah negeri. Hal ini terjadi karena sekolah swasta membiayai penyelenggaraan pendidikan hanya dari SPP sedangkan penyelenggaraan pendidikan sekolah negeri mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah.

Namun seiring perkembangan zaman, sekarang penginputan pembayaran SPP dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi baik yang berbasis web secara online maupun excel secara offline. 

Aplikasi Pembayaran SPP
Pembayaran SPP

Pada dasarnya aplikasi pembayaran SPP merupakan merupakan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran administrasi Sekolah.

Aplikasi manajemen ini menyajikan informasi data yang dapat diakses melalui smartphone wali murid atau orang tua secara berkala.

Cara Menggunakan Aplikasi Pembayaran SPP

Saat ini aplikasi pembayaran SPP secara umum dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan memang belum ada, namun aplikasi ini pada dasarnya bisa dibuat sendiri oleh sekolah.

Pada umumnya, ada 3 pihak yang terlibat dalam proses administrasi pembayaran SPP, yaitu :

  • Orang Tua / Wali Murid : Yakni pihak yang bertanggung jawab untuk membayar SPP murid setiap bulan.
  • Murid : Yaitu pihak yang menyampaikan pembayaran SPP ke orang tua atau wali murid setiap bulan. Apabila setor tunai, murid bertanggung jawab untuk menyetorkan uang SPP kepada bendahara sekolah.
  • Bendahara Sekolah : Yaitu pihak yang bertugas menerima, input data dan menyimpan seluruh pembayaran SPP bulanan serta membuat laporan.

Adapun ketiga pihak tersebut masing – masing harus dapat menggunakan aplikasi pembayaran SPP berbasis web maupun yang berbasis Excel.

Secara umum, berikut tata cara pengoperasian aplikasi pembayaran SPP :

1. Pilih Aplikasi Pembayaran SPP

Pertama tentunya kamu harus memilih aplikasi pembayaran SPP baik berbasis web maupun Excel. Kamu bisa memilih aplikasi apa yang akan kamu gunakan untuk membayar sesuai kesepakatan sekolah kamu.

Aplikasi pembayaran SPP berbasis Excel dapat kamu unduh Disini. Adapun fitur – fitur aplikasi pembayaran SPP Excel ini antara lain :

  • Input Data Siswa.
  • Input Pembayaran.
  • Pembayaran SPP.
  • Sisa Pembayaran SPP.
  • Jumlah SPP terbayar dan belum terbayar.
  • Rekapitulasi Pembayaran.
  • Cetak Kwitansi.

2. Input Data Siswa

Untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya kamu harus melakukan penginputan data siswa atau siswi di setiap sekolah untuk mempermudah dalam penginputan pembayaran SPP.

Penginputan data siswa atau siswi ini dibuat berdasarkan berdasarkan absensi masing – masing sekolah yang menggunakan aplikasi ini.

3. Input Pembayaran SPP

Disitu nantinya akan tertera tagihan pembayaran SPP yang belum dibayar oleh siswa dan tagihan yang sudah dibayar.

Aplikasi Pembayaran SPP
Input Pembayaran SPP

Misalnya biaya praktikum atau biaya Kunjungan Industri. Kamu pun bisa memilih tagihan yang akan kamu bayarkan. Bisa pilih tagihan SPP yang tertera di layar smartphone kamu.

4. Cetak Kuitansi SPP

Setelah siswa atau siswi di sekolah sudah melakukan pembayaran SPP sekolah, maka siswa/i tersebut harus diberikan kuitansi sebagai bukti pembayaran SPP yang sudah lunas.

Nah dengan aplikasi ini, kamu bisa mencetak bukti pembayaran SPP serta melakukan ceklist pada nama siswa yang sudah melakukan pembayaran.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembayaran SPP

Tentu keuntungan ini sangat banyak yang dirasakan murid, orang tua dan bendahara sekolah.

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan jika aplikasi pembayaran SPP diterapkan di sekolahmu, berikut diantaranya :

1. Pekerjaan Lebih Rapi

Pekerjaan bendahara sekolah lebih tertata dan rapi dengan adanya aplikasi SPP. Selain itu dapat dengan mudah mencari data apabila menggunakan aplikasi.

Menghindari terjadinya salah tulis nama, nominal ataupun tanggal. Bisa saja typo, namun dengan menggunakan aplikasi bisa sedikit meminimalisir kesalahan.

2. Kemudahan Dalam Mencetak Laporan

Dengan adanya aplikasi, dapat dengan mudah membuat dan mencetak laporan. Sebelum mencetak pun juga dapat meneliti terlebih dahulu.

Kamu bisa mengecek data, hal ini dapat dilakukan dengan mudah dibanding pembayaran manual.

3. Fitur Lengkap

Dalam aplikasi pembayaran, terdapat fitur yang lengkap seperti :

  • Beranda.
  • Data Siswa.
  • Transaksi.
  • Kartu Pembayaran.
  • Pengaturan.
  • Keluar.

Disamping itu, kamu juga bisa kustomisasi sendiri fitur – fitur aplikasi agar lebih mudah digunakan oleh sesama rekan kerja yang melakukan penginputan data pembayaran SPP.

4. Notifikasi

Akan ada notifikasi pembayaran berhasil atau diingatkan ketika belum membayar. Jadi meminimalisir keterlambatan pembayaran SPP baik oleh murid, orang tua murid maupun guru di sekolah.

Notifikasi ini dikirim via WA yang dapat langsung dibaca oleh masing – masing pihak yang bertanggung jawab.

5. Cek Pembayaran Tagihan

Dimanapun dan kapanpun kamu dapat mengecek pembayaran tagihan, nominal ataupun jatuh tempo.

Kamu juga bisa melihat status pembayaran serta kapan siswa melakukan pembayaran SPP mereka.

6. Kuitansi Dapat Di Cetak

Kwitansi pembayaran bisa dikirim melalui WA atau di cetak dan kamu bisa melihat dan mendapatkan bukti fisik.

Selain itu, kwitansi pembayaran SPP juga langsung dapat dicetak secara langsung sehingga siswa mendapatkan bukti pembayaran SPP saat itu juga.

Kekurangan Aplikasi Pembayaran SPP

Pembayaran melalui aplikasi tidak hanya keuntungan, namun juga ada kekurangannya. Kekurangannya yaitu :

  • Apabila orang tua atau wali murid sudah tua dan tidak memiliki smartphone, maka akan kesusahan.
  • Memerlukan akses internet khusus aplikasi berbasis Web, jika di area kamu susah sinyal maka akan kesusahan juga melakukan pembayaran SPP.

Kendati demikian, untuk pembayaran offline juga ada kekurangannya, yaitu :

  • Rentan kehilangan data.
  • Bisa terjadi kesalahan menulis.
  • Bisa saja terjadi kehilangan kartu SPP.
  • Kurang cepatnya pelayanan (antri).

Manfaat Aplikasi SPP

Aplikasi SPP via online ini sangat bermanfaat bagi semua pihak, bagaimana tidak pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Untuk orang tua bisa dengan mudah membayar di rumah sembari istirahat sepulang dari kerja. Murid pun juga tidak perlu antri bayar di sekolahan.

Bahwasanya sistem tagihan pembayaran secara manual sehingga banyak siswa yang terlambat membayar SPP dan menghabiskan waktu bendahara sekolah dalam pencarian arsip. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian cepat, maka membutuhkan sistem yang dapat mempermudah dalam proses administrasi pembayaran SPP.

Baca Juga : 10 Cara Mendapatkan Sertifikat CPL Ir Flying School Khusus Pilot

Aplikasi pembayaran SPP sangat membantu pekerjaan pihak sekolah, bisa dengan mudah mengecek setiap saat serta proses penyimpanan.

Selain itu, juga pemeliharaan data dalam database menjadi lebih mudah. Sehingga pihak sekolah bisa mengakses aplikasi setiap saat butuh dengan cepat dan akurat.

Baca Juga : 10 Cara Dapat Dana Hibah Gratis Langsung Cair : Dalam / Luar Negeri

Sistem informasi pembayaran berbasis aplikasi tersebut, dapat memudahkan bendahara sekolah dalam mengolah data administrasi. Sehingga bendahara sekolah dapat dengan mudah laporan pembayaran SPP kepada pihak terkait.

Demikian uraian mengenai aplikasi pembayaran SPP, yang bisa kamu pelajari. Semoga sekolahmu segera menggunakan kecanggihan teknologi yang kini sudah marak.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.