Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

√ 8 Aplikasi Transaksi Online Terbaik : Cek / Lunasi Tagihan

Aplikasi Transaksi Online Terbaik

Mahirtransaksi.com – Bayar tagihan masih harus ke kantor? Saatnya gunakan aplikasi transaksi online terbaik yang kami rekomendasikan agar pembayaran tagihan kamu lebih mudah dan praktis.

Saat ini banyak orang mulai menggunakan transaksi non tunai dibandingkan tunai. Maka segala transaksi dapat kamu bayar dengan menggunakan aplikasi.

Lewat beberapa aplikasi ini, kamu dapat melakukan transaksi online tanpa harus keluar dari rumah. Cukup dengan ponsel yang kamu gunakan, maka pembayaran tagihan secara online sudah dapat dilakukan.

Adapun beberapa transaksi online yang dapat kamu lakukan lewat aplikasi antara lain seperti bayar tagihan listrik, pembayara air PDAM, tiket, pembelian pulsa atau kuota internet.

Disamping itu, aplikasi pembayaran online tanpa biaya admin ini pun kerap memberi promosi menarik yang dapat kamu memanfaatkan untuk mendapatkan cashback atau diskon tagihan.

Kelebihan Transaksi Online Lewat Aplikasi

Selain karena pandemi yang harus meminimalisir penggunaan uang tunai, penggunaan aplikasi untuk transaksi secara online lebih mudah dibandingkan membawa uang tunai.

Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi transaksi online?

1. Transaksi Lebih Aman

Transaksi menggunakan aplikasi dianggap lebih aman karena kamu tidak perlu membawa uang tunai berlebihan. Selain itu, dalam transaksi apapun secara online biasanya terdapat bukti transaksi yang bisa dilacak dan disimpan.

Seperti jika kamu transaksi tagihan PDAM, kamu tidak lagi mendapat nota namun mendapatkan bukti transaksi yang bisa kamu simpan di smartphone. Selain itu transaksi online biasanya menggunakan sandi atau kode PIN.

2. Lebih Fleksibel

Jika menggunakan aplikasi transaksi secara online, kamu bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Jika kamu memiliki kegiatan atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, kamu tetap bisa melakukan transaksi secara online.

Selama kamu menggunakan smartphone dan jaringan internet, kamu bisa mengakses aplikasi dan pembayaran transaksi yang dilakukan karena kamu tidak perlu ke bank atau ATM.

3. Pembayaran Lebih Cepat Dan Mudah

Berkembangnya teknologi yang cukup pesat tentunya memberikan banyak kemudahan. Seperti tidak perlu mengantri untuk transaksi tagihan seperti PDAM atau PLN.

Selain menghemat waktu dan tenaga, transaksi secara online dapat dilakukan dengan sangat mudah. Cukup membuka aplikasi, pilih apa yang ingin kamu transaksi, kemudian lakukan proses transaksi.

Jenis – Jenis Transaksi Online

Pada zaman digital seperti saat ini, kamu dapat membiasakan diri untuk melakukan transaksi dengan digital payment.

Digital payment atau transaksi digital adalah salah satu cara pembayaran yang menggunakan media elektronik seperti smartphone.

Setelah kamu mengetahui aplikasi online untuk melakukan berbagai transaksi, saat ini kami akan menguraikan jenis – jenis transaksi digital yang bisa dilakukan lewat aplikasi.

Berikut ini adalah jenis – jenis transaksi online digital :

1. Mobile Banking

Mobile banking atau biasa dikenal dengan sebutan m-banking adalah layanan yang diberikan oleh setiap bank untuk nasabahnya agar lebih mudah melakukan proses perbankan melalui smartphone.

Untuk mengaktifkan fitur ini, biasanya kamu harus mengunjungi bank terlebih dahulu. Kemudian kamu dapat menggunakan m-banking untuk memudahkan transaksi.

Fitur yang tersedia pada m-banking yaitu pengecekan saldo, mutasi rekening, transfer antar rekening atau antar bank, top up, hingga pembelian pulsa, dan transaksi berbagai tagihan.

Melalui m-banking, kamu dapat transaksi segala transaksi di seluruh e-commerce atau aplikasi belanja dan aplikasi untuk transaksi tagihan lainnya. Biasanya cukup masukkan nomor virtual account dari aplikasi tersebut ke m-banking, dan transaksi telah terbayarkan.

2. Internet Banking

Fitur ini hampir serupa dengan m-banking, internet banking atau ibanking ini adalah layanan perbankan yang diberikan bank untuk nasabah dengan mengandalkan jaringan internet.

Kamu bisa mendapat berbagai akses perbankan, seperti pengecekan saldo, transfer, dan pembayaran transaksi lainnya melalui situs resmi milik bank.

Selain menggunakan smartphone, kamu bisa mengakses situs resmi bank tersebut melalui berbagai perangkat seperti PC, laptop, atau tablet. Namun jaringan internet juga harus tersambung pada perangkat tersebut agar kamu bisa melakukan transaksi.

Jika kamu pengguna Bank BCA, atau pernah melihat seseorang membawa token berwarna biru berisi angka dan layar kecil, barang tersebut dapat menghubungkan kamu dengan layanan i-banking.

Melalui token tersebut, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan seperti menulis nominal, menulis nomor rekening, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, kamu juga bisa menghubungi customer service dari bank yang bersangkutan.

3. E-Money

Electronic money atau e-money adalah uang digital yang dapat kamu lakukan sebagai alat transaksi . E-money dapat kamu isi dengan melakukan top up terlebih dahulu, baru kamu dapat melakukan transaksi.

Kamu dapat berbelanja, menggunakan transportasi umum, hingga melewati jalan tol. Metode ini sangat efektif dan aman.

Aplikasi Transaksi Online Terbaik

Setelah kamu mengetahui keuntungan menggunakan aplikasi transaksi secara online, kamu bisa menggunakan untuk membayar tagihan listrik, air PDAM, telepon, TV langganan hingga kuota internet kamu lewat aplikasi.

Berikut rekomendasi aplikasi transaksi online terbaik saat ini :

1. Flip – Transaksi Bebas Biaya

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi Flip

Flip adalah aplikasi transaksi online pertama yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi berbagai tagihan, seperti transaksi tagihan listrik, pembelian pulsa, dan paket data.

Selain itu, Flip juga memiliki fitur transfer uang ke semua Bank secara gratis. 

Kamu dapat mengunduh aplikasi Flip secara gratis melalui Playstore. Jadi bertransaksi dapat lebih mudah dan cepat.

2. Aplikasi LinkAja 

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi LinkAja

Aplikasi transaksi online ini telah dirilis pada tahun 2014, dan digunakan lebih dari 10 juta pengguna di Play Store.

Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan berbagai transaksi seperti donasi, pajak, voucher game, minimarket, tiket kereta api, dan transaksi lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk transaksi pada e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan lain sebagainya. Kamu dapat mengisi saldo LinkAja melalui Alfamart, Circle K, atau top up melalui mobile banking.

Selain itu, LinkAja menyediakan fitur LinkAja syariah. Pada fitur LinkAja syariah, terdapat kelebihan seperti asuransi syariah, hingga pinjaman syariah.

3. Sakuku – PPOB Transaksi Online 

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi Sakuku

Sakuku adalah dompet elektronik milik Bank BCA yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai transaksi online. Seperti transaksi tagihan rumah, top up saldo, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

Tenang saja, kamu tidak perlu merasa terbebani dengan biaya bulanan bank. Meskipun milik Bank BCA, namun aplikasi Sakuku tidak memungut biaya bulanan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan promo jika sering melakukan transaksi dengan aplikasi ini.

4. Doku – Transaksi Digital Wallet

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi Doku

Doku adalah aplikasi untuk transaksi digital wallet baik offline maupun online yang sangat aman karena sudah dilengkapi dengan Password dan PIN.

Di aplikasi ini, kamu dapat melakukan berbagai macam transaksi untuk pembayaran tagihan bulanan, membeli pulsa, serta melakukan transfer saldo ke sesama pengguna Doku.

Tersedia juga berbagai metode pembayaran seperti AlfaOnline, Citilink, KAI, untuk beli paket data BOLT, bayar langganan First Media, membayar cicilan motor, tarik tunai dan masih banyak lagi.

5. Mandiri e-Cash – Transaksi Tanpa Kartu

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi Mandiri e-Cash

Serupa seperti aplikasi transaksi online Sakuku, Mandiri e-cash merupakan dompet elektronik milik Bank Mandiri. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu membuka rekening bank terlebih dahulu.

Karena, kamu bisa menggunakan nomor telepon smartphone sebagai rekening itu sendiri. Melalui aplikasi ini, kamu menggunakan layanan seperti ATM pada umumnya, lho.

Contohnya seperti berbelanja di merchant yang telah bekerja sama, melakukan transfer, pengecekan saldo, top up, hingga penarikan tunai di ATM Mandiri tanpa menggunakan kartu ATM.

Kamu dapat mengunduh secara gratis Mandiri e-cash melalui play store maupun app store. Kemudian kamu hanya perlu mengisi data diri dan membuat PIN serta password.

6. Aplikasi i-Saku

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi i-Saku

Saat ini telah hadir fitur pembayaran dan transaksi digital yang aman dan nyaman yaitu aplikasi i-Saku.

Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan pembayaran tagihan secara online, setor tunai maupun tarik tunai saldo dengan menggunakan fasilitas token.

Disamping itu, kamu juga bisa menikmati sistem poin dari setiap transaksi yang dilakukan dengan iSaku yang bisa kamu tukarkan dengan berbagai hadiah menarik dari My Poin setelah melakukan berbagai transaksi.

7. SpeedCash – Transaksi Online Lebih Aman

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi SpeedCash

SpeedCash adalah aplikasi e-money serba bisa yang memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia. Melalui aplikasi ini, banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan.

Seperti bebas transfer ke bank lain, top up OVO, gopay, dan e-money lainnya, hingga transaksi transaksi. Kamu dapat melakukan pembelian pulsa dan paket data, voucher game online, hingga tiket pesawat, kereta, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 9 Aplikasi Beli Pulsa Bayar Nanti : Pinjam Pulsa Bayar Bulan Depan

Aplikasi ini tentunya dapat membantu kamu transaksi berbagai tagihan, seperti:

  • PLN
  • PDAM
  • E-Samsat
  • BPJS Kesehatan
  • Indihome
  • TV Kabel
  • Asuransi
  • Cicilan
  • Telepon Pascabayar
  • Pajak SPT
  • Bayar Tilang
  • Pembayaran Paspor

Serta masih banyak layanan lain yang bisa kamu gunakan pada aplikasi ini. Melalui aplikasi ini, kamu dapat menghemat waktu, tenaga, dan tentunya anti dari keterlambatan transaksi tagihan.

Kamu juga bisa melakukan quick payment dengan fitur auto transaksi. Transaksi tagihan jadi lebih cepat dan mudah.

8. T-Cash – Transaksi Terbaik 

Aplikasi Transaksi Online Terbaik
Aplikasi T-Cash

Telkomsel juga membuat aplikasi T-Cash untuk mempermudah transaksi online agar kamu bisa melakukan banyak transaksi finansial termasuk Digital Payment.

Uniknya, kamu bisa mengisi saldo aplikasi T-Cash di GraPari Telkomsel, minimarket, atau melalui transfer bank.

Gunakan aplikasi transaksi online agar lebih memudahkan transaksi pembayaran kamu. Semoga tulisan ini bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.