Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Cara Belanja Shopee Live Streaming : Syarat & Cara Checkout Terbaru

3 min read

Cara Belanja Shopee Live Streaming

Mahirtransaksi.com – Saat ini terdapat fitur Shopee Live Streaming yang memungkinkan kamu membeli produk Shopee secara langsung. Tertarik? Baca terus 5 Cara Belanja Shopee Live Streaming ini ya.

Belanja Lewat Shopee Live Streaming

Pernahkah kamu mendengar istilah Live Streaming Shopee. Yap, fitur siaran langsung (Live Streaming) di Shopee ini diluncurkan Shopee pada tanggal 07 Januari 2019 dan masih dapat digunakan untuk berbelja sampai sekarang.

Belanja lewat Shopee Live Streaming tentu tidak serumit yang kamu bayangkan. Justru sebaliknya, Shopee Live Streaming menawarkan kemudahan bagi pengguna Shopee.

Saat belanja dengan fitur Live Streaming Facebook atau instagram, kamu mungkin kesulitan saat ingin membeli beberapa produk sekaligus. Tetapi di Shopee, kamu dapat checkout sekaligus tanpa harus booking atau rebutan dengan pembeli lainnya.

Keuntungan Belanja Lewat Shopee Live Streaming

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di Shopee menggunakan Live Streaming ini :

1. Review Produk Secara Langsung

Keuntungan pertama mengapa kamu harus mencoba Shopee Live Streaming ini tentunya karena review produk yang dapat kamu lakukan secara langsung.

Kamu dapat melihat produk langsung (Real-time) serta menanyakan lebih lengkap spesifikasi produk yang kamu mau. Misalnya produk pakaian (Baju), kamu dapat menanyakan jenis bahan, ukuran dan kualitasnya.

2. Ketersediaan Stok Lebih Jelas

Ketika kamu pesan produk Shopee tanpa fitur Live Streaming, kamu pasti kadang menemukan stok produk yang kosong tetapi masih di pajang di etalase toko.

Nah untuk meminimalisir hal tersebut, kamu dapat belanja dengan memanfaatkan fitur Live Streaming. Selain menanyakan secara langsung, kamu juga dapat melihat ketersedian produk melalui penjelasan streamer.

3. Proses Checkout Mudah

Jika kamu rasa cocok dengan produk yang dijelaskan, selanjut produk tersebut dapat kamu checkout dengan mudah.

Biasanya setiap streamer Shopee membuat daftar list produk yang di jelaskan saat sesi Live berlangsung. Nah kamu dapat melihat sekaligus checkout produk dalam list ini.

Cara Belanja Shopee Live Streaming

Untuk checkout produk saat Live berlangsung, tentunya kamu wajib menonton siaran langsung penjual Shopee. Caranya Masuk ke aplikasi Shopee. Dibagian tengah bawah layar kamu akan menemukan Shopee Live.

Cara Belanja Shopee Live Streaming
Live Streaming Shopee

Dalam memesan produk yang di-list saat sesi Live Streaming berlangsung akan saya jelaskan berdasarkan cara streamer. Klik Lihat Lainnya untuk melihat lebih banyak penjual yang sedang melakukan siaran langsung.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Dapat Limit Kredit 6 Juta Rupiah

Kali ini saya akan menjelaskan cara memesan produk Shopee Live berdasarkan cara pemesanan produk yang dibuat oleh streamer.

Biasanya hal ini sudah di beritahukan melalui Pinned comment atau saat awal sesi siaran langsung dimulai. Sejauh ini ada 3 cara pemesanan produk Shopee saat sedang siaran langsung.

#1 Checkout Produk Di – List

Cara yang pertama ini adalah yang paling umum. Ciri – ciri tipe pemesanan produk ini biasanya ditandai dengan banyaknya list produk yang ditampilkan.

Dan pastinya streamer hanya akan menjelaskan produk yang di list ini secara berurutan. Berikut langkah – langkah memesan produk tipe list ini :

  • Klik Icon Tas Shopee berwarna Orange di kanan bawah layar. Kamu akan menemukan list produk yang di sedang dijelaskan oleh streamer. Klik salah satu atau beberapa produk yang ingin kamu beli. Kamu akan di arahkan ke halaman Checkout.
Cara Belanja Shopee Live Streaming
Checkout Produk Yang Di-List
  • Selanjutnya checkout seperti biasa. Isi alamat dan Nomor HP penerima. Lalu pilih Jasa Pengiriman. Selanjutnya masukan Voucher Gratis ongkir/Cashback yang kamu punya.
  • Pilih Metode Pembayaran dan Klik Buat Pesanan.
  • Lakukan pembayaran. Tunggu pembayaran di verifikasi oleh Pihak Shopee. Setelah berhasil diverifikasi, silahkan tunggu pesanan-mu di kirim oleh seller.

Ulasan cara belanja di Shopee lebih lengkap dapat kamu Baca Disini.

#2 Checkout Produk Dengan Komen Fix

Tipe pemesanan produk Shopee Live Streaming yang kedua yaitu dengan cara memberikan komentar Fix saat sesi Streaming Shopee berlangsung.

Dalam hal ini seorang streamer atau tim-nya sedang bersiap mencatat komentar penonton yang ingin memesan produk-nya. Contoh komentar sebagai tanda pemesanan produk adalah kata “Fix”.

Cara Belanja Shopee Live Streaming
Komentar “Fix”

Kata Fix ini biasanya di ikuti dengan kode warna, ukuran atau jenis produk. Misalnya “Fix Pink 32” artinya kamu ingin memesan produk berwarna Pink dan ukuran 32.

Jika kamu memberikan komentar Fix maka otomatis streamer Shopee akan mencatat nama/username Shopee kamu. Nantinya kamu akan di hubungi oleh akun penjual (Streamer) melalui Live chat Shopee untuk membuat pesanan sesuai produk yang kamu keep.

#3 Checkout Produk Via Link

Cara pemesanan produk dari Shopee Live terakhir yaitu dengan membuat Link Produk/Toko. Sebenarnya fitur ini sudah disediakan Shopee sebagai cara membagi tautan toko tanpa harus mencari di kolom pencarian.

Namun cara ini juga dimanfaatkan oleh penjual saat Live Streaming di Shopee. Biasanya link ini akan di tulis di deskripsi Live. Nah kamu sebagai pembeli dapat meng-klik link tautan tersebut untuk masuk ke toko penjual.

Cara Belanja Shopee Live Streaming
Checkout Produk Dari Link Toko

Sebagian besar penjual yang menggunakan Link Toko sebagai media pemesanan produk tidak menjelaskan produk satu persatu melainkan sekaligus. Karena keterbatasan produk yang dapat ditambahkan saat Live, maka penjual menggantinya dengan Link tautan Toko agar pembeli dapat memilih produk langsung di Etalase Toko Streamer.

Jika kamu merasa masih kurang mengerti, saya menyarankan kamu untuk menonton video cara beli produk Live Streaming Shopee ini :

Pastikan kamu memahami terlebih dahulu metode pemesanan produk yang dijelaskan oleh penjual di Deskripsi Live Streaming mereka ya.

Tips Belanja Shopee Live Streaming

Pernahkah kamu melihat pengguna Shopee yang berkomentar tidak baik (Badword) di Shopee? Hal ini di larang loh. Sebaiknya berkomentar lah dengan baik dan sopan saat menanyakan spesifikasi produk lebih detail.

Baca Juga : 7 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Selain itu, ada beberapa tips saat belanja via Shopee Live agar penjual tidak salah packing pesanan kamu.

  1. Saat ingin memesan produk Shopee Live, tanyakan segala hal yang berkaitan dengan produk yang akan kamu beli. Tujuannya agar mengurangi resiko produk ternyata tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.
  2. Selalu tanya ketersediaan stok produk karena tidak semua penjual memajang produk saat Live di Etalase Toko.
  3. Ikuti (Follow) Toko jika kamu ingin mendapatkan notifikasi Live Streaming selanjutnya dari Toko yang sedang kamu tonton.

Kesimpulan

Sekarang kamu dapat berbelanja sepuasnya melalui Live Streaming Shopee. Tapi ingat, selalu jaga hubungan baik dengan seller saat Live. Hindari membatalkan pesanan jika sudah di keep karena tindakan membatalkan pesanan Live ini dapat membuat seller kecewa.

Baca Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Menggunakan ShopeePay

Oh ya, kamu juga harus memanfaatkan voucher gratis ongkir untuk mendapatkan potongan saat checkout. Coba deh baca Cara belanja Shopee gratis ongkir ini.

Sekian dulu ulasan Cara Belanja Shopee Live Streaming Terbaru ini. Jika kamu mempunyai kendala saat checkout Shopee, segera tanyakan melalui kolom kometar. Selamat berbelanja.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *