Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

10 min read

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Mahirtransaksi.com – Membuka toko di aplikasi Shopee saat ini sedang menjadi trend kaum millenial. Tapi, sebagai pemula, tentu butuh waktu untuk dapat membuka toko sekaligua optimasi toko di Shopee agar cepat laku. Oleh karena itu saya akan membahas Panduan lengkap cara jualan di Shopee untuk pemula dalam 10  langkah mudah.

Cara Jualan Di Shopee

Shopee sebagai marketplace terbesar saat ini selalu manjanjikan untuk dijadikan ladang penghasilan khususnya bagi bagi penjual yang ingin memasarkan produk-nya. Yang paling dasar tentunya kamu wajib memiliki toko di aplikasi Shopee terlebih dahulu untuk mulai berjualan.

Keuntungan Jualan Di Shopee

Saya yakin saat ini kamu sangat berantusias untuk membuka toko mu sendiri di Shopee. Namun, tahukah kamu mengapa kamu memilih Shopee sebagai marketplace untuk memasarkan produk-mu?

Data Kunjungan Marketplace Shopee
Data Kunjungan Marketplace Shopee. Sumber : https://iprice.co.id/

Shopee merupakan marketplace dengan julmlah pencarian terbanyak & instalasi terbanyak di Google Playstore saat ini. Walapun dari segi pengguna masih berada di urutan kedua setelah tokopedia, tetapi Shopee tetap layak kami jadikan marketplace pilihan untuk mulai berjualan.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan marketplace Shopee sebagai media memasarkan produk-mu.

1. Shopee Memiliki Fitur Live Chat

Fitur live chat Shopee adalah salah satu fitur yang digunakan untuk berkomunikasi antara seller dan buyer. Tujuan komunikasi ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman antara seller dan buyer ketika produk sudah dikirimkan.

Selain itu fitur live chat ini dapat meminimalisir rating jelek bagi toko seller. Sebab sebelum produk dikirimkan, seller dan buyer dapat memastikan bahwa produk yang akan di beli benar – benar sudah sesuai dengan keinginan buyer.

Misalnya, saat stok barang yang dipesan oleh pembeli sedang kosong, penjual akan konfirmasi produk kosong ke pembeli serta menanyakan opsi yang akan diambil. Pembeli dapat mengganti varian produk, jenis produk bahkan membatalkan pemesanan atas kesepakatan penjual dan pembeli.

2. Kecepatan & Kemudahan Transaksi

Sebagai calon penjual di Shopee. Pasti point kecepatan dan kemudahan adalah yang terpenting. Di Shopee, kamu bisa posting produk hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Jika kamu punya ribuan produk yang akan kamu pasarkan, kamu tidak membutuhkan waktu berbulan bulan hanya untuk posting produk-mu.

Selain itu, pembeli dapat memilih jasa pengiriman sesuai dengan pilihan yang kamu tetapkan di metode pengiriman produk-mu. Dengan pengiriman yang cepat, kamu juga tidak perlu khawatir produk-mu rusak, busuk (makanan) atau hilang. Semua proses pengiriman digaransikan oleh Shopee.

Tentunya jika kamu mematuhi peraturan penjual di Shopee semua fitur kemudahan transaksi ini bisa kamu dapatkan. Kamu dapat mengatur waktu-mu berjualan kapan saja dan dimana saja.

3. Fitur Pembayaran Terlengkap

Proses transaksi yang mudah tentu harus dilengkapi dengan sistem pembayaran yang lengkap. Shopee memiliki fitur pembayaran terlengkap mulai dari transfer bank melalui Virtual Account yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BCA.

Selain itu, kamu dapat langsung menerima pembayaran penjualan yang langsung masuk ke saldo ShopeePay kamu. Kemudian nantinya saldo penjualan kamu dapat kamu transfer dari ShopeePay ke Rekening Bank Pribadimu.

Baca Juga : 10 Cara Top Up ShopeePay Pakai Pulsa Gratis

Sistem pembayaran ini online 24 jam selama hari kerja. Jadi kamu tidak perlu takut ketika orderan masuk di waktu istirahat, sistem pembayaran Shopee tetap akan aktif untuk memudahkan kamu menerima pembayaran dari pembeli.

Selain tiga keuntungan tersebut, sebenarnya masih banyak lagi keuntungan menggunakan Shopee sebagai platform penjualan kamu. Diantaranya produk yang bisa dinaikan (Up produk), dukungan sistem yang memudahkan penjual untuk berjualan, potensi penjualan yang besar dan beragam fitur – fitur penghargaan bagi penjual.

Syarat Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Sebenarnya tidak ada syarat khusus untuk menjadikan-mu seller di Shopee. Tapi, saya tidak menyarankan kamu hanya sekedar coba saja. Berikut beberapa syarat untuk berjualan di Shopee :

1. Memiliki Akun Shopee Terverifikasi

Syarat utama untuk mulai berjualan di marketplace Shopee yang satu ini tentu nya wajib untuk semua seller Shopee.

Jika kamu sudah mempunyai akun Shopee, maka kamu sudah bisa membuka toko sendiri di Shopee. Tetapi sebelum itu, pastikan kamu memikirkan username dan nama Toko-mu terlebih dahulu.

Perlu kamu tahu bahwa username toko Shopee tidak bisa diganti kecuali menghapus akun dan membuatnya kembali. Pastikan kamu telah memikirkan username dan nama Shopee dengan matang sebelum membuat toko di Shopee. Untuk lebih jelasnya, baca panduan cara mengganti username Shopee ini.

2. Memiliki Produk Sendiri

Pertanyaannya, apakah kamu memiliki produk yang akan kamu jual di Shopee? Coba pikirkan terlebih dahulu, produk apa yang ingin kamu jual di Shopee.

Produk di Shopee terdiri atas :

  • Produk Fisik, yaitu produk yang berbentuk secara fisik. Misalnya Sepeda, kamera, Lukisan dan produk produk sejenis lainnya.
  • Produk Non-Fisik, produk non-fisik atau sering disebut juga produk digital yaitu produk yang tidak dapat dilihat dan digunakan untuk keperluan digital. Misalnya Voucher game, pulsa, tiket serta produk – produk digital lainnya.

Jika kamu ingin memasarkan produk UKM tentunya akan menjadi nilai plus. Walaupun kamu tidak memiliki produknya, kamu bisa membantu memasarkan produk mereka. Salah satunya dengan berjualan di marketplace Shopee.

Lalu bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang? Jika kamu tidak mempunyai produk sendiri tetapi tetap ingin berjualan di Shopee. Kamu bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper. Tetapi kamu harus memastikan suplier produk yang akan kamu jual dengan sistem reseller atau dropshipper ini.

3. Memiliki KTP & Rekening Bank

Syarat terakhir untuk mulai berjualan di Shopee yaitu memiliki KTP dan Rekening Bank sendiri.

Mengapa harus memiliki KTP?

Syarat ini memang tidak mutlak, namun suatu saat kamu akan membutuhkannya. Jika sewaktu – waktu kamu memiliki kendala saat proses transaksi, misalnya akun di blokir atau dibatasi maka Shopee akan meminta verifikasi identitas KTP kamu.

Mengapa harus punya Rekening Bank?

Jika produk-mu dibeli, maka kamu akan menerima pembayaran. Selanjutnya pembayaran ini dapat kamu transfer ke rekening pribadi-mu. Hal ini sangat dianjurkan untuk berjaga – jaga jika sewaktu – waktu akun Shopee-mu dibatasi dan dana penjual ditahan.

Selain 3 syarat utama diatas, sebenarnya masih banyak syarat teknis yang harus kamu penuhi untuk menunjang penjualan kamu. Contohnya :

  • Perangkat PC atau Ponsel dan Akses internet.
  • Kendaraan untuk mengirim paket ke jasa pengiriman atau kurir.
  • Kamera dengan resolusi mencukupi untuk foto produk.
  • Peralatan packing produk.

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Sudah yakin memilih Shopee? Yap, artinya kamu sudah membaca artikel ya tepat. Sekarang saatnya kamu membuka toko di Shopee. Berikut langkah cara jualan di Shopee mulai dari pembuatan akun Shopee hingga posting produk yang akan di jual di Shopee.

1. Membuat Akun Shopee

Langkah pertama yang untuk mulai berjualan di Shopee pastinya kamu harus membuat akun Shopee terlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki akun Shopee, skip langkah pertama ini. Berikut cara membuat akun Shopee untuk jualan :

  • Pertama install aplikasi Shopee di Google Playstore atau Appstore.
  • Setelah berhasil di install, Buka aplikasi Shopee. Pada halaman Saya.
Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Tap Halaman Saya
  • Klik Daftar.
Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Daftar Akun Shopee
  • Masukan Nomor Handphone kamu yang masih aktif dan belum pernah terdaftar di akun Shopee lain.
  • Selanjutnya kamu akan diminta menginput kode verifikasi melalui panggilan telepon. Klik Hubungi Saya, lalu input kode Verifikasi (OTP).
Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Masukan No Telepon
  • Masukan Username serta password. Lalu konfirmasi Password. Kemudian klik Lanjut.
  • Selesai.

Tips : Kamu bisa memilih mendaftar menggunakan metode lain seperti ID Line, ID Apple, Email atau Facebook. Caranya Baca Disini.

Sampai tahap ini, kamu sudah memiliki akun Shopee. Pastikan kamu menjaga kerahasiaan password Shopee kamu. Hal ini penting untuk menghindari akun Shopee-mu di bajak orang yang tidak bertanggung jawab dikemudian hari.

2. Membuat Toko Shopee

Langkah kedua untuk berjualan di aplikasi Shopee adalah membuat toko-mu sendiri. Dan ini gratis. Caranya mudah, ikuti cara membuat toko Shopee berikut ini :

  • Tap halaman Saya. Lalu klik Mulai Jual di pojok kiri atas.
Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Klik Mulai Jual
  • Klik Tambah Produk.
Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Tambah Produk Baru
  • Pilih metode menambahkan foto produk kamu.

Tambah Produk Melalui :

  • Kamera : Foto produk langsung menggunakan kamera.
  • Foto : Unggah foto produk dari galeri.
  • Instagram : Unggah foto produk dari instagram pribadimu.
  • Selanjutnya Isi Detail Produk.

Keterangan Detail produk :

  • Kategori : Menambah Jenis produk yang kamu jual. Misalnya Majalah atau Makanan.
  • Harga : Nilai harga produk-mu. Misalnya Rp.50.000.
  • Stok : Jumlah stok produk yang tersedia. Misalnya 5 Buah.
  • Variasi : Menambah varian produk (Optional). Misalnya Varian warna : Merah, Kuning & Hijau.
  • Berat : Estimasi berat produk-mu. Misalnya 2 Kg.
  • Kondisi : Jenis kondisi produk-mu. Misalnya baru atau bekas (Second).
  • Klik Simpan Dan Tampilkan.

Sekarang produk kamu sedang ditinjau oleh pihak Shopee. Pastikan kamu tidak melanggar kebijakan produk yang dilarang agar produk-mu tampil di pencarian Shopee.

3. Lengkapi Profil Toko Shopee

Memberikan kesan pertama yang menarik kepada pelanggan tentunya akan menjadi nilai plus untuk toko-mu. Salah satu caranya dengan melengkapi Profil Toko Shopee-mu. Berikut langkah – langkahnya :

  • Buka aplikasi Shopee lalu Tap halaman Saya.
  • Klik Toko Saya di pojok kiri atas.
  • Pilih Asisten Penjual > Profil Toko.
Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Pilih Asisten Penjual > Profil Toko
  • Kemudian lengkapi profil Toko-mu.

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Keterangan :

  • Nama Toko : Isi dengan nama toko dan sesuaikan dengan produk yang kamu jual. Misalnya kamu menjual produk kecantikan maka nama toko yang tepat adala Beauty.store. Rekomendasi Nama Toko Unik selengkapnya baca Disini.
  • Deskripsi Gambar : Isi dengan foto profil atau foto sampul Toko-mu.
  • Deskripsi Toko : Isi dengan informasi mengeni toko-mu. Mulai dari produk yang kamu jual hingga jasa pengiriman yang kamu pakai.
  • Setelah itu, simpan profil toko dengan cara klik tanda centang di kanan bagian atas profil toko.
  • Selesai.

4. Pilih Jasa Pengiriman

Sekarang kamu sudah mempunyai toko serta produk-mu sendiri. Selanjutnya pilih jasa pengiriman yang akan kamu gunakan untuk mengirim produk-mu ke pembeli. Berikut cara memilih jasa pengiriman produk di Shopee :

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Mengaktifkan Jasa Pengiriman Toko Shopee
  • Buka aplikasi Shopee lalu Tap halaman Saya.
  • Klik Toko Saya di pojok kiri atas.
  • Pilih Jasa Kirim Saya.
  • Aktifkan centang pada jasa pengiriman yang kamu inginkan.
  • Simpan jasa pengiriman dengan cara klik centang di pojok kanan atas aplikasi Shopee.

Berikut Jasa Pengiriman yang didukung oleh Shopee :

  1. J&T Express
  2. SiCepat Reg
  3. SiCepat Halu
  4. JNE Reg
  5. JNE Reguler (Cashless)
  6. JNE JTR (Cashless)
  7. JNE YES (Cashless)
  8. GrabExpress Sameday
  9. GO Send Sameday
  10. JNE OKE
  11. Post Kilat Khusus

Perlu kamu ingat, bahwa setiap mengaktifkan jasa pengiriman baru di level toko kamu wajib  mengaktifkannya juga di level produk. 

5. Verifikasi Rekening Bank & ShopeePay

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menambahkan serta verifikasi kepemelikan Rekening Bank serta ShopeePay di Shopee. Berikut daftar rekening bank yang dapat kamu tambahkan :

  • Bank BRI
  • Bank Mandiri
  • Bank BNI
  • Bank BCA

Berikut cara menambah dan verifikasi Rekening Bank di Shopee :

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Menambah Rekening Bank Shopee
  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya.
  • Lalu klik Pengaturan Akun.
  • Pilih Rekening Bank > Tambah Rekening Baru.
  • Masukan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  • Isi Data Rekening Bank.

Keterangan :

  • Nama Lengkap Di Rekening Bank : Isi dengan nama lengkap-mu di buku Rekening.
  • Nomor Rekening : Isi dengan nomor Rekening Bank yang terdapat di buku Tabungan.
  • Nama Bank : Isi dengan jenis Bank yang kamu gunakan.
  • Nama Cabang : Isi dengan cabang Bank yang terdapat di Buku Rekening.
  • Kota : Isi dengan kota pembuatan Rekening Bank.
  • Klik Simpan Rekening Bank.
  • Selesai.

Untuk mengaktifkan ShopeePay kamu perlu menyiapkan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik-mu. Selanjutnya baca Cara Aktivasi ShopeePay Terbaru ini.

6. Posting Produk

Posting produk Shopee sebaiknya kamu lakukan secara berkala agar akun Shopee-mu tetap aman. Upload produk secara massal atau bahkan menggunakan bot atau aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan akun Shopee-di blokir.

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Posting Produk Shopee

Tips posting produk Shopee :

  1. Upload produk dengan kualitas terbaik.
  2. Lakukan secara berkala. Misalnya pagi hari kamu posting 5 produk lalu dilanjutkan siang dan malam hari masing – masing 5 produk lagi.
  3. Pastikan kamu memperbaiki atau menghapus produk yang dihapus oleh pihak Shopee karena tidak memenuhi persyaratan.

7. Mulai Berjualan Di Shopee

Langkah terakhir jualan di Shopee tentunya promosi produk-mu agar dilirik pembeli. Dalam proses-nya, kamu akan merasa jenuh dengan kegiatan ini. Kuncinya hanya satu yaitu konsisten.

Baca Juga : Cara Mengganti Username Shopee – Ubah Nama Toko Shopee

Jika kamu konsisten dalam memperbaiki kesalahan dan meningkatkan performa toko-mu, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan ratusan orderan sekaligus.

Ketentuan Produk Yang Diperbolehkan Di Jual Di Shopee

Sekarang kamu sudah punya toko sendiri di Shopee dan mulai berjualan. Kamu dapat menggunggah produk baru secara berkala. Namun, pastikan bahwa produk yang kamu posting mengikuti ketentuan produk yang diperbolehkan dan tidak di perbolehkan oleh Shopee. Berikut produk yang dilarang dijual di Shopee :

  • Alkohol.
  • Produk binatang dan satwa liar (termasuk, dengan tidak terbatas pada, binatang liar).
  • Artefak dan barang antik.
  • Kosmetik bekas.
  • Mata uang dan perangko palsu.
  • Kartu kredit dan debit.
  • Mata uang termasuk, dengan tidak terbatas pada, mata uang digital.
  • Obat-obatan (dengan resep atau non resep), zat seperti obat kuat, obat perangsang dan parafilia terkait.
  • Obat pelangsing yang tidak mempunyai izin edar resmi.
  • Peralatan telekomunikasi, pengawasan elektronik dan peralatan elektronik serupa seperti TV kabel, pelaras acakan, pemindai radar, perangkat kendali sinyal lalu lintas, perangkat penyadapan dan perangkat penyadap telepon.
  • Barang yang diembargo.
  • Senjata api, senjata seperti semprotan merica, replika, airsoft gun, dan senjata bius, dsb.
  • Makanan yang dengan bahan berikut:
  • Mengandung klaim obat-obatan berbahaya
  • mengandung zat terlarang
  • Produk susu non-pasteurisasi
  • Jamur liar
  • Makanan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan manusia.
  • Barang yang berkaitan dengan pemerintah atau Polisi seperti lencana, tanda pangkat atau seragam.
  • Bagian tubuh atau jenazah manusia.
  • Alat pembobol kunci.
  • Tiket lotre.
  • Pestisida.
  • Barang replika, barang palsu, dan tiruan produk atau barang tanpa izin.
  • Jasa, kecuali secara tegas diizinkan oleh Shopee.
  • Mesin slot.
  • Barang yang sudah ditarik.
  • Saham, surat berharga dan perangko lainnya.
  • Produk tembakau atau terkait tembakau, termasuk dengan tidak terbatas pada rokok elektronik.
  • Bahan yang cabul, menghasut atau berbau makar.
  • Publikasi, buku, film, video dan/atau video game yang tidak mematuhi hukum yang berlaku di negara tempat penjualan dan/atau pengiriman.
  • Barang curian.
  • Barang dengan label yang salah.
  • Pembelian produk dalam game atau isi ulang kredit game melalui ID pengguna untuk telepon selular dan/atau tablet Android.
  • Barang-barang dan/jasa yang memuat konten dengan materi yang berpotensi menciptakan atau mempromosikan kebencian atau menghasut atau menyalahgunakan anak-anak atas dasar kepentingan politik, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia, atau cacat tubuh.
  • Setiap barang yang, atau mengandung komponen ilegal.

Tips Jualan Di Shopee Agar Dapat Orderan Pertama

Orderan pertama Shopee pasti memiliki kesan yang menarik buat kamu. Tetapi jika kamu baru memulainya, menunggu adalah kata yang membosankan. Pastinya ada kiat – kiat khusus yang harus kamu lakukan agar dapat orderan pertama dari Shopee. Apa saja? Berikut 7 tips mendapatkan orderan pertama dari Shopee.

1. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir Shopee

Jika kamu menginginkan pembeli melirik produk-mu, maka pertimbangan gratis ongkir akan jadi prioritas kedua selain harga. Tentunya bagi pembeli ini akan menghemat pengeluaran mereka. Untuk itu kamu perlu mengaktifkan fitur gratis ongkir ini di toko-mu. Berikut cara mengaktifkan gratis ongkir di Shopee :

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Mengaktifkan Voucher Gratis Ongkir Toko
  • Buka aplikasi Shopee. Lalu klik menu Gratis Ongkir Xtra.
  • Pilih menu Semua Gratis Ongkir.
  • Klik Daftar sekarang.
  • Lengkapi semua syarat pendaftaran lalu klik Daftar. Tunggu sampai proses pengajuan gratis ongkir untuk toko-mu di setujui.
  • Selesai.

2. Buat Harga Se-Kompetitif Mungkin

Harga merupakan poin penting yang harus kamu pertimbangkan saat mengunggah produk-mu. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menetapkan harga yang cocok untuk produk-mu lalu banding dengan produk sejenis.

Pastikan harga yang kamu tawarkan kompetitif dan lebih menarik bagi pembeli. Jangan lupa untuk mengambil keuntungan penjualan dari harga yang kamu tetapkan.

3. Isi Informasi Produk Dengan Akurat

Pembeli pastinya akan memilih gambar serta deskripsi produk yang paling lengkap untuk di beli. Seperti apa informasi produk yang akurat? Berikut rinciannya :

  • Unggah foto produk yang relevan dan berkualitas tinggi. Pastikan resolusi gambar sangat baik serta rekomendasi backgroud foto berwarna solid putih.
  • Buat nama produk yang terstruktur yaitu Merek + Model produk + Spesifikasi + Ukuran
  • Tulis Deskripsi Produk yang informatif dengan menjelaskan spesifikasi dan kegunaan produk.
  • Pilih kategori yang tepat sesuai dengan produk yang di upload.

4. Naikan Produk (Up produk)

Fitur “Naikan produk” di Shopee dapat membuat produk tampil di pencarian teratas. Hal ini memungkinkan persentase produk-mu di beli akan semakin besar. Fitur ini hanya dapat menaikan 5 produk dalam waktu 4 jam.

Cara menaikan produk Shopee :

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Menaikkan Produk Shopee
  • Buka aplikasi Shopee. Tap halaman Saya > Toko Saya.
  • Scroll kebawah lalu pilih Produk.
  • Klik Naikan Produk.

5. Perbanyak Variasi Produk

Variasi produk sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan produk di beli. Misalnya kamu menjual produk berupa minuman. Maka kamu dapat menambah variasi produk berdasarkan rasa atau berat produk.

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Menambah Variasi Produk

Variasi rasa dapat kamu bagi lagi menjadi beberapa variasi seperti melon, green tea, apple. Sedangkan variasi berat dapat kamu bagi sesuai dengan berat kemasan produk yang kamu miliki.

6. Buat Voucher Toko

Membuat voucher toko juga dapat meningkatkan performa penjualan-mu. Kamu dapat mengaktifkan voucher gratis ongkir maupun voucher cashback untuk toko-mu. Berikut cara mengaktifkan voucher toko Shopee :

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Membuat Voucher Toko Shopee
  • Buka aplikasi Shopee lalu Tap halaman Saya.
  • Klik Toko Saya > Promosi Saya.
  • Lalu pilih Voucher Saya. Klik tambah Voucher baru.
  • Selesai.

7. Hubungan Toko Shopee Ke Media Sosial

Tips berjualan di Shopee yang terakhir yaitu menghubungkan media sosial seperti Instagram atau Facebook dengan Toko Shopee. Salah satu caranya yaitu dengan menyisipkan link toko Shopee-mu di bio Instagram seperti ini :

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula
Menghubungkan Toko Ke Media Sosial

Cara ini dapat meningkatkan jumlah jangkauan kunjungan toko Shopee serta meningkatkan penjualan Shopee.

Akhir Kata

Cara berjualan di Shopee dapat dilakukan dengan mudah dan gratis. Kamu hanya membutuhkan ponsel atau laptop untuk memantau perkembangan toko-mu. Pastikam kamu memberikan pelayanan terbaik ketika membalas pesan sampai mengirimkan pesanan pertama-mu agar performa toko-mu semakin meningkat. Untuk informasi lebih lengkap dapat kamu lihat di websiter seller.Shopee.co.id atau klik Disini.

Sekian dulu ulasan 10 Langkah Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula ini dan semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis jualan di aplikasi Shopee. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kendala saat berjualan di Shopee, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar. Selamat berjualan.

Sumber Gambar : seller.Shopee.co.id

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

2 Replies to “10 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]”

  1. Seandainya penjual telah “mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir Shopee” apakah:
    a. Pembeli betul-betul gratis ongkir 100%? atau
    b. Gratis ongkir tadi ditanggung penjual atau ditanggung Shopee?
    c. Gratis ongkir itu apakah untuk seterusnya atau hanya sekali-sekali saja? atau ada syarat dan ketentuannya?
    Mohon infonya. Makasih.

    1. Saya coba jawab ya :
      a. Tidak 100%. Biasanya Shopee memberikan batas maksimal diskon pada keterangan voucher gratis ongkir. Jadi hanya memotong biaya kirim sesuai dengan ketentuan voucher gratis ongkir ya.
      b. Gratis ongkir ditanggung sepenuhnya oleh Shopee (pembeli). Sedangkan penjual akan dikenakan biaya layanan saat pesanan selesai jika mengaktifkan fitur Gratis Ongkir XTRA.
      c. Gratis ongkir untuk pembeli, Ya selama voucher masih berlaku. Gratis ongkir untuk penjual akan aktif jika penjual masih mengaktifkan fitur gratis ongkir Xtra / Voucher gratis ongkir toko.

      Semoga membantu, CMIIW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *