Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

11 Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI 2021 Dijamin Berhasil

4 min read

Mahirtransaksi.com – Membayar tagihan Akulaku lewat ATM BRI dapat dilakukan dengan dua metode, pertama membuat kode Virtual Account lewat aplikasi Akulaku kemudian melakukan pembayaran lewat ATM BRI terdekat. Berikut panduan lengkap cara bayar Akulaku via ATM BRI lewat Virtual Account.

BRI sebagai bagian dari Himpunan Bank Negara (Himbara) tidak pernah absen dari daftar layanan keuangan nasional. Cara ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan metode pembayaran alternatif seperti pembayaran lewat Dompet Digital.

Opsi pembayaran tagihan Akulaku via ATM BRI memang terdengar konvensional. Kamu harus pergi ke ATM untuk menyelesaikan pembayaran dan menyimpan struk sampai mendapatkan notifikasi lunas.

Walaupun begitu, metode ini bebas biaya admin sesuai yang tertera di Syarat & Ketentuan Akulaku. Jadi kalau tempat tinggalmu tidak jauh dari ATM BRI, cara ini memang paling direkomendasikan.

Bayar Tagihan Akulaku Lewat ATM BRI

BRI Virtual Account (BRIVA) adalah metode pembayaran Bank Rakyat Indonesia lewat kode Virtual tanpa Nomor Rekening. BRIVA biasanya digunakan diberbagai aplikasi layanan pinjaman uang online, Marketplace hingga E-Wallet sebagai metode pembayaran.

Akulaku sebagai layanan kredit digital terbesar di Indonesia pun menggunakan Virtual Account untuk mempermudah proses pembayaran. Fitur ini bisa kamu gunakan di semua ATM BRI untuk bertransaksi di berbagai produk finansial.

Cara bayar Tagihan Akulaku pakai ATM BRI adalah dengan membuat kode Virtual Account lewat aplikasi Akulaku yang digunakan sebagai Nomor Rekening transfer via ATM BRI dengan nominal tagihan sesuai yang tertera di aplikasi Akulaku.

Syarat Bayar Akulaku Lewat ATM BRI

Sebelum membayar tagihan Akulaku lewat ATM BRI, tentunya kamu harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan berikut ini :

1. Rekening BRI Aktif

Pertama pastikan kamu memiliki Rekening BRI aktif dan masih dapat digunakan untuk Transfer saldo. Selain itu, pastikan pula Kartu ATM masih bisa digunakan karena sistem pembayaran yang digunakan adalah transfer via gerai ATM.

Baca Juga : 14 Cara Menaikkan Limit Akulaku Dijamin Berhasil

Jika Rekening atau ATM sedang bermasalah, sebaiknya kunjungi bank BRI terdekat untuk memperbaiki masalah pada rekening atau ATM BRI kamu.

2. Cek Tagihan Akulaku

Selanjutnya cek tagihan Akulaku yang harus kamu bayar. Kamu bisa melihat total tagihan sedang berjalan di bagian Credit > Lihat Tagihan di aplikasi Akulaku.

Total tagihan sedang berjalan merupakan total tagihan yang harus kamu bayar lewat ATM BRI. Pastikan tagihan tidak memasuki masa jatuh tempo pembayaran agar kamu tidak dikenakan denda sebesar Rp50.000 rupiah.

3. Pastikan Saldo BRI Cukup

Sebelum membayar tagihan Akulaku, sebaiknya cek saldo rekening lewat ATM atau Mobile Banking di ponsel kamu. Pastikan saldo BRI cukup ketika membayar tagihan agar proses transfer berhasil.

Baca Juga : 12 Cara Kredit HP Di Akulaku Tanpa DP & Tanpa Survei

Jika ternyata saldo BRI kurang, kamu bisa menambah saldo terlebih dahulu dengan mengirim saldo dari rekening lain. Selain itu, pastikan ATM yang kunjungi memiliki kertas (struk) sebagai bukti transfer pembayaran Akulaku.

Cara Buat Kode Akulaku BRI (BRIVA)

Oleh karena itu, langkah pertama membayar Akulaku lewat ATM BRI adalah membuat kode VA (Virtual Account) di aplikasi Akulaku dengan cara :

  • Buka aplikasi Akulaku. Pilih Menu Keuangan / Credit dihalaman Beranda Akulaku.
Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Lihat Tagihan Akulaku
  • Selanjutnya klik Lihat Tagihan pada halaman Credit.
  • Pada halaman Tagihan Akulaku, kamu akan melihat nominal tagihan sedang berjalan yang harus dibayar lalu klik Lunasi Sekarang.
  • Kemudian akan muncul rincian pembayaran tagihan. Untuk melanjutkan proses pembayaran tagihan klik Bayar Sekarang.
Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Bayar Tagihan Akulaku
  • Pilih Metode Pembayaran Via Bank Transfer VA.
  • Kemudian pilih BRIVA.
Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Pilih BRIVA
  • Selanjutnya akan muncul kode Virtual Account Bank BRI (BRIVA). Klik Salin pada kode VA yang muncul.
Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Salin Kode BRIVA

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI

Setelah kode Virtual Account telah berhasil kamu salin atau simpan, segera kunjungi ATM BRI terdekat dari tempat tinggal-mu untuk melakukan pembayaran tagihan Akulaku.

Berikut cara bayar Akulaku via ATM BRI lewat kode Virtual Account BRIVA :

1. Kunjungi ATM BRI Terdekat

Pertama kunjungi Gerai ATM BRI terdekat dari lokasimu. Kamu dapat menemukan ATM di Indomaret atau Alfamart. ATM biasanya juga tersedia di sekitar area Bank BRI.

Setelah sampai di mesin ATM, masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM lalu Pilih Bahasa Indonesia kemudian input PIN ATM. Jangan lupa untuk mengikuti prosedur keamanan sesuai yang disarankan oleh Pemerintah, misalnya menutup papan ketik dengan telapak tangan saat memasukkan PIN.

2. Pilih Menu Transfer Virtual Account

Selanjutnya pilih Menu Lainnya pada menu mesin ATM. Menu ini biasanya terletak di sudut kanan bawah.

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Klik Lainnya

Di bagian selanjutnya, klik Pembayaran / Pembelian. Jangan pilih Transfer karena fungsinya berbeda.

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Pilih Pembayaran

Kemudian pilih Pembayaran / Pembelian Lain. Tetap pilih menu ini misal pun suatu hari kamu hendak membayar salah satu produk Akulaku yang jenisnya tertera di opsi pembayaran.

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Pilih Pembayaran Lainnya

3. Pilih Transfer BRIVA

Selanjutnya kamu bisa melihat beberapa jenis layanan yang pembayarannya bisa dilakukan via BRI seperti Angsuran, Kartu Kredit, bahkan Top Up Go-Pay. Di bagian ini, pilih BRIVA (BRI Virtual Account).

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Pilih BRIVA

4. Masukkan Nomor Virtual Account Akulaku

Langkah selanjutnya adalah memasukkan Nomor Virtual Account (VA) yang telah kamu salin / simpan sebelumnya ke kolom yang tersedia.

Pastikan nomor VA yang kamu input sesuai dengan yang tertera di aplikasi Akulaku. Jika kode VA yang kamu masukan salah, kemungkinan besar pembayaran akan gagal karena kode VA kamu tidak dikenali.

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Masukkan Kode VA Akulaku

Jika kode VA yang kamu input sudah benar, klik Benar untuk melanjutkan proses transfer.

Jika kode VA kamu valid, mesin ATM akan menampilkan informasi lengkap meliputi Nama akun kamu di Akulaku, Keterangan, dan nominal yang akan dibayar. Periksa semuanya sesuai data-data kamu di Akulaku. Kalau sudah benar, klik Tekan Jika Ya.

Cara Bayar Akulaku Via ATM BRI
Tekan YA

5. Pilih Jenis Rekening

Ada dua opsi rekening yang dapat kamu pilih yaitu, Rekening Giro dan Rekening Tabungan. Silahkan pilih Dari Rekening Tabungan untuk memastikan saldo dipotong dari saldo di ATM BRI kamu.

6. Transfer BRIVA Berhasil

Setelah transaksi berhasil dilakukan, mesin ATM akan menampilkan notifikasi bahwa Transfer Sukses dan struk pembayaran akan keluar dari mesin ATM.

Simpan struk transfer BRI sebagai bukti untuk berjaga – jaga apabila terjadi kendala saat verifikasi pembayaran tagihan di aplikasi Akulaku.

7. Cek Status Pembayaran Di Akulaku

Kemudian buka lagi aplikasi Akulaku dan cek status tagihanmu. Mungkin perlu waktu beberapa menit sampai beberapa jam untuk konfirmasi pembayaran antara Akulaku dengan BRI.

Selanjutnya klik Riwayat Tagihan, jika pembayaran berhasil di validasi maka status tagihanmu akan otomatis berubah menjadi sudah terbayar.

Penutup

Cara bayar Akulaku via ATM BRI adalah dengan membuat kode Virtual Account BRI (BRIVA) di aplikasi Akulaku lalu mengunjungi Gerai ATM BRI terdekat kemudian transfer lewat kode VA sesuai nominal tagihan di aplikasi Akulaku.

Baca Juga : 10 Cara Bayar Akulaku Pakai Dana Dijamin Berhasil

Dengan BRIVA, proses pembayaran tagihan Akulaku menjadi mudah dan cepat. Apalagi dengan dukungan jaringan ATM BRI yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Kamu tidak akan kesulitan membayar cicilan bulanan atau melunasi tagihan Akulaku sekaligus.

Baca Juga : 12 Cara Bayar Akulaku Lewat OVO : Syarat & Keuntungan !

Sekian dulu cara bayar Akulaku via ATM BRI gratis biaya admin yang terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Akulaku, silahkan tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat Mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *